Siapa yang pertama kali main catur

UTARA TIMES – Catur adalah permainan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia, namun siapakah sosok yang pertama kali bermain catur?

Berikut ini sejarah permaianan tertua di dunia dan sosok yang pertama kali bermain catur selengkapnya.

Permainan catur memiliki sejarah yang panjang dan bertingkat. Gim ini telah sedikit berubah dari bentuknya yang paling awal di India.

Baca Juga: Hujan Meteor Tanggal 29 Juli 2022 Berbahaya Bagi Bumi? Begini Penjelasan Peneliti

Hingga saat ini masih belum diketahui siapa sosok yang pertama kali bermain catur. Akan tetapi telah disepakati oleh sebagian besar sejarawan bahwa permainan catur berasal dari India pada abad kelima atau keenam Masehi.

Dilansir Utara Times dari athleticscholarships.net bahwa bentuk catur paling awal yang diketahui adalah chaturanga dua tangan, bahasa Sansekerta untuk “empat cabang tentara.”

Seperti tentara India nyata pada waktu itu, potongan-potongan itu disebut gajah, kereta, kuda, dan prajurit berjalan kaki.

Baca Juga: Cinta di Balik Awan Tayang Setiap Hari Apa, Jam Berapa, Dimana, Berapa Episode? Inilah Jadwal Tayang Full

Tidak seperti catur modern, chaturanga terutama merupakan permainan kebetulan; hasil tergantung pada seberapa baik Anda melempar dadu.

Dari India, chaturanga menyebar dengan cepat ke Persia, yang disebut chatrang. Ketika orang-orang Arab menginvasi Persia pada abad ketujuh, mereka menyebutnya shatranj dan mempopulerkannya ke seluruh dunia Arab.

Editor: Nur Umar

Tags

  • dunia

  • pertama

  • tertua

  • permainan

  • sosok

  • sejarah

  • catur

(ilustrasi) Pecatur Chelsie Monica Sihite melakukan pertandingan melawan 10 pecatur sekaligus di halaman kantor Walikota Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (29/5/2021). Terjawab sudah siapa yang pertama kali bermain catur? simak sejarah permainan tertua di dunia.

TRIBUNKALTIM.CO – Terjawab sudah siapa yang pertama kali bermain catur? simak sejarah permainan tertua di dunia.

Pertanyaan siapa yang pertama kali bermain catur sebenarnya merupakan hal yang menarik untuk diulas. 

Kamu pasti pernah bermain catur. Catur merupakan permainan mengandalkan pikiran dan strategis yang dimainkan oleh dua orang.

Catur adalah salah satu permainan papan tertua dan populer di dunia.

Baca juga: Pengprov Percasi Kaltim Kirim Atlet Junior ke Kejurnas Catur di Bamgka Belitung

Potongan permainan ditemukan di Rusia, Cina, India, Asia Tengah, Pakistan.

Catur dirancang dan dibuat khusus.

Di mana buah catur dibuat bervariasi seperti kerajaan dengan diberi dua warna yang umumnya putih dan hitam.

Ada raja, menteri, gajah, kuda, benteng dan bidang (pion) atau prajurit.

Tahukah kamu sejarah dan perkembangan catur?

Pecatur muda beradu dalam Amir Open Chess Tournament 2018, Minggu (13/5/2018). Pecatur muda beradu dalam Amir Open Chess Tournament 2018, Minggu (13/5/2018). Terjawab sudah siapa yang pertama kali bermain catur? simak sejarah permainan tertua di dunia.(Tribun Kaltim / Rachim)

Sejarah catur

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015) seperti dilansir Kompas.com, catur sudah mulai ada pada abad ke-6 masehi.

Catur pertama kali muncul di India selama masa pemerintahan raja-raja Gupta.

Pada abad ke-10, catur menyebar dari Asia ke Timur Tengah dan Eropa.

Catur dikenal sebagai permainan perang yang disebut chaturanga.

Chaturanga berasal dari Sansekerta untuk formasi pertempuran yang disebut dalam cerita Mahabarata.

Chaturanga berkembang di India pada abad ke-7 dan sebagai pendahulu awal permainan catur modern. Karena memiliki dua fitur utama yang ditemukan dalam semua varian catur.

Kemudian bagian yang berbeda memiliki kekuatan yang berbeda dan kemenangan didasarkan pada one piece, raja catur modern.

Beberapa sejarawan mengatakan, chaturanga bermain dengan dadu persegi 64 kotak.

Secara bertahap berubah menjadi shatranj atau bentuk lama catur.

Permainan chaturanga ini juga merupakan pelopor dari permainan lainnya selain Catur.

Baca juga: Kategori Catur Standar, Kaltim Turun di Tiga Nomor, Pelatih Akui Masih Berpeluang Dulang Medali

Permainan tersebut populer di India utara, Pakistan, Afghanistan, dan negara bagian Asia Tengah pada 600 masehi.

Shatranj menyerupai chaturanga tapi menambahkan karya baru, yakni penasehat.

Permainan shatranj dapat dimenangkan dengan menghilangkan semua bagian lawan atau memastikan penangkapan raja.

Posisi awal pion dan ksatria tidak berubah.

Berkembang

Permainan tersebut kemudian berkembang dan menyebar ke berbagai wilayah di dunia dengan karakteristik berbeda.

Di wilayah timur dibawa oleh peziarah Budha, pedagang jalur sutra hingga sampai ke China.

Pada abab ke-11, catur datang ke Jepang dan Korea.

Di Eropa catur datang melalui Persia pada kekaisaran Bizantium dan terus mengalami perkembangan.

Di Arab, catur menjadi permainan yang populer, bahkan diyakini sebagai favorit tiga khalifah.

Mulai dari Persia kemudian catur mulai dikenal di seluruh penjuru dunia dan terus mengalami perkembangan dari segi permainan.

Sehingga lebih menarik dan lebih seru hingga menjadikan catur sebagai permainan rekreasi paling favorit di Persia.

Baca juga: Kisah Bhabinkamtibmas di Graha Indah Balikpapan, Tes Rapid Mandiri hingga Tragedi Catur

Pada abab ke-10, umat Islam membawa catur ke Afrika Utara, Sisilia, Spanyol, dan sejumlah negara-negara eropa lainnya, seperti Belanda, Italia, Irlandia, dan Inggris.

Catur merupakan favorit Raja Henry I, Henry II, John, dan Richard I dari Inggris, Philip II dan Alfonso X dari Spanyol, dan dari Ivan IV dari Rusia.

Pada zaman tersebut sekitar abad ke-15 catur dikenal sebagai permainan kerajaan.

Permainan catur secara berkala sempat dilarang oleh raja dan pemimpin agama.

Pada 1252, Raja Louis IX melarang permainan di Perancis.

Dalam sejarah catur di Eropa telah banyak mengembangkan permainan catur.

Di mana membuat papan catur berwarna hitam dan putih yang sebelumnya kotak-kotak berwarna sama.

Kemudian dibuat peraturan bahwa pion boleh maju dua kotak pada langkah pertama dan menteri (ratu) boleh bergerak lebih leluasa baik maju ke depan maupun diagonal.

Perlahan catur mengalami perkembangan.

Dari nama, bentuk, serta peraturan permainannya.

Kesemuanya itu mewakili simbol perubahan peradaban.

Pada abad ke-15 peraturan dan teori catur mulai ditulis dalam sebuah buku yang bernama “Repeticion de amores y Arte de Ajedrez” yang ditulis oleh Luis Ramirez de Lucena.

Orang-orang yang mengembangkan catur didaratan Eropa diantaranya seperti Lucena, Pedro, Gooachinio Greco dan masih banyak lagi.

Catur masuk ke Nusantara atau Indonesia di bawah Kolonial Belanda yang menjajahnya.

Pada abad ke-19, perkembangan catur di Indonesia mulai terlihat.

Itulah tadi ulasan siapa yang pertama kali bermain catur dan sejarah permainan tertua di dunia.

(*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Catur (bahasa Inggris: chess) adalah permainan papan strategi dua orang yang dimainkan pada sebuah papan kotak-kotak yang terdiri dari 64 kotak, yang disusun dalam petak 8×8, yang terbagi sama rata (masing-masing 32 kotak) dalam kelompok warna putih dan hitam.[1] Catur diyakini berasal dari permainan India, chaturanga (yang menjadi asal nama catur), sekitar abad ke-7. Chaturanga juga diperkirakan merupakan nenek moyang dari permainan strategi serupa yang berasal dari Dunia Timur, seperti xiangqi (catur Cina), janggi (catur Korea), dan shogi (catur Jepang). Catur mencapai Eropa pada abad ke-9, saat terjadi penaklukan Hispania oleh Umayyah. The pieces assumed their current powers in Spain in the late 15th century; the modern rules were standardized in the 19th century. Buah-buah catur tersebut diperkirakan mendapat bentuknya yang dikenal saat ini pada akhir abad ke-15 di Spanyol, sedangkan aturan catur modern distandardisasi pada abad ke-19. Pada mulanya, setiap pemain memiliki 16 buah catur: satu raja (king), satu menteri (dalam bahasa Inggris disebut queen atau ratu), dua benteng (rook), dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight atau kesatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop atau uskup), dan delapan bidak atau pion. Setiap jenis buah catur memiliki gerakannya masing-masing, dengan yang paling kuat adalah ratu dan yang paling lemah adalah pion.

Tujuan dari permainan ini adalah melakukan sekakmat. juara catur dunia pertama yang diakui secara umum, Wilhelm Steinitz, memenangkan gelar kejuaraannya pada tahun 1886. Sejak tahun 1948, Kejuaraan Catur Dunia dikelola oleh Fédération Internationale des Échecs (FIDE), badan pengaturan permainan catur internasional. FIDE juga memberikan gelar master seumur hidup kepada pemain-pemain terampil, yang tertinggi adalah Grandmaster (GM).Sejak paruh kedua abad ke-20, mesin catur telah diprogram untuk bermain catur dengan tingkat keberhasilan yang semakin meningkat, bahkan hingga ke titik di mana program yang terkuat dapat bermain di tingkat yang lebih tinggi daripada pemain manusia terbaik sekali pun. Sejak tahun 1990-an, analisis komputer telah memberikan kontribusi yang penting terhadap teori catur, terutama dalam permainan akhir. Komputer IMB bernama Deep Blue menjadi mesin pertama yang dapat menandingi Juara Catur Dunia bertahan dalam pertandingan yang mengalahkan Garry Kasparov pada tahun 1997. Kemunculan mesin catur yang kuat yang dapat dijalankan di perangkat genggam telah meningkatkan kekhawatiran atas kecurangan yang dapat terjadi selama turnamen berlangsung.

cara-bermain-catur-bagi-pemula

Artikel ini membahas mengenai cara bermain catur.

Kamu suka permainan yang menggunakan strategi? Atau suka olah raga yang tidak terlalu banyak bergerak? Mungkin catur bisa menjadi pilihan terbaik. Tapi belum tau cara mainya? Tenang guys, kali ini kita akan mempelajari cara mudah untuk bermain catur.  Setelah membaca artikel ini, kamu pasti langsung bisa memainkan olahraga ini. Yuk, Check it out!

1. Atur papan dan susun bidak catur

Dalam mengawali permainan catur, kamu harus mengatur papan dan menyusun semua bidak catur terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar permaianan dapat berjalan dengan baik. 

cara-menyusun-bidak-caturBerikut adalah penjelasan dari tahapan menyusun posisi bidak catur,

  • Baris kedua diisi 8 pion 
  • Kedua benteng diletakkan di sudut kanan dan kiri pada baris pertama.
  • Kuda berposisi di samping benteng.
  • Gajah berada di sebelah kuda
  • Ratu berposisi sebelah gajah dan berada pada kotak yang sesuai dengan warna bidak
  • Raja mengisis kotak terakhir

2. Ketahui gerakan bidak catur

  1. Pion (Pawn)

    pion
    Pion merupakan buah/bidak catur yang memiliki posisi paling depan dalam permainan catur. Dalam aturannya, pion hanya dapat melangkah satu kotak ke depan, kecuali pada saat melakukan langkah pertama, karena bisa melangkah sebanyak 2 kotak. Pada saat menyerang, pion hanya bisa memakan lawan yang ada di depannya secara diagonal. Namun, pion hanya bisa melangkah ke depan dan tidak bisa mundur.

  2. Benteng (Rook)

    benteng
    Benteng merupakan bidak dengan gerakan  yang paling mudah untuk dipahami, yaitu dapat melangkah sejauh yang kamu inginkan. Namun, langkahnya hanya bisa ke (depan) maju, mundur, dan ke samping. Hal tersebut berlaku untuk melakukan serangan atau memakan bidak lawan.

  3. Kuda (Knight)

    kuda
    Kuda adalah satu-satunya bidak yang memiliki langkah unik, yaitu berbentuk L, dengan dua kotak saat maju, mundur, atau menyamping, dan satu ruang di belokan. Selain itu, kuda merupakan satu-satunya bisa yang dapat “melompat” dari papan. Tidak seperti bidak lainnya, kuda tidak bisa diblokir jika ada bidak di antara  kotak tujuan.

  4. Gajah (Bishop)

    gajah
    Gajah juga merupakan bidak yang dapat melangkah jauh, namun gerakannya hanya dalam garis diagonal dan kotak menuju arah tujuan dalam keadaan kosong. 

  5. Ratu  (Queen)

    ratu
    Ratu bisa dikatakan sebagai bidak terkuat karena dapat bergerak ke segala arah, dan tentunya selama ruang pada kotak catur terbuka. Dengan menggunakan ratu. Kamu bisa melangkah kemana saja, ke kanan, ke kiri, ke depan, ke belakang, dan juga secara diagonal.

  6. Raja (King)

    raja
    Raja merupakan inti dari catur karena menentukan pemenang dalam permainan. Namun, walaupun disebut raja, gerakan bidak yang satu ini sangat terbatas karena hanya dapat bergerak dengan satu langkah (kotak) ke segala arah. 

3.

Pahami peraturan dasar

  1. Dalam permainan catur memiliki dua orang pemain
  2. Ketika melakukan permainan, pemain harus melangkah bergantian, yaitu pemain dengan bidak catur berwarna putih berjalan duluan.
  3. Bidak tidak dapat melewati kotak yang sudah diisi bidak lain. Kecuali bidak kuda, karena memiliki langkah yang berbeda dan dapat melompati bidak lain. 
  4. Bidak yang sudah dipegang harus dijalankan, kecuali bidak tersebut tidak mungkin untuk dijalankan, seperti  terhalang bidak lain atau kotak di depannya sudah terisi.
  5. Setiap bidak memiliki nilai masing-masing seperti,
    – Pion bernilai 1
    – Kuda bernilai 3
    – Gajah bernilai 3
    – Benteng bernilai 5
    – Ratu bernilai 9
    – Raja menentukan pemenang
  6. Check (Skak)

    Check/Skak adalah istilah atau tanda ketika bidak lawan berada dalam posisi yang dapat menyerang raja. Dalam permainan, kamu  harus mengeluarkan raja dari skak dengan keluar dari kotak, memblokir dengan bidak lain, atau menyerang balik bidak penyerang.

  7. Checkmate (Skakmat)
    Checkmate atau biasa disebut Skakmat adalah sebuah istilah untuk memberikan tanda bahwa raja dalam keadaan Skak tetapi tidak bisa untuk dilindungi lagi. Posisi raja dalam keadaan terkunci sehingga tidak bisa diblokir dan tidak dapat berpindah kotak. Menempatkan raja lawan dalam “Skakmat” adalah satu-satunya cara untuk memenangkan permainan. Ketika pion dapat mencapai kotak terakhir atau kotak pertama milik lawan, maka kamu dapat melakukan promosi. Promosi yaitu mengganti pion tersebut dengan bidak yang lebih kuat seperti, benteng, kuda, gajah, dan ratu.  

4. Gunakan semua bidak catur 

Meskipun kamu memiliki bidak andalan, cobalah untuk memanfaatkan semua bidak yang kamu miliki. Semakin banyak bidak yang digunakan, semakin banyak juga kemungkinan kombinasi serangan yang dapat kamu lakukan. Sehingga kamu dapat memenangkan permainan dengan memuaskan. 

Baca juga: Istilah-istilah dalam Dunia Kopi, Agar Kamu Lebih Gaul di Tongkrongan

5. Coba belajar berbagai strategi

Jika ingin membuat permainan menjadi lebih menarik, kamu dapat menggunakan berbagai strategi. Dengan menggunakan strategi, kamu dapat memenangkan permainan dengan lebih cepat, salah satunya seperti penggunaan strategi pembukaan.  

Strategi pembukaan adalah langkah-langkah khusus yang digunakan pada awal permainan. Dalam permainan catur, terdapat bermacam jenis strategi pembukaan dengan berbagai nama yang diantaranya seperti, Gambit, Pertahanan, Serangan, dan lainnya. 

 

Itulah penjelasan mengenai cara bermain catur buat kamu yang masih pemula. Bagi kamu yang ingin meningkatkan skill bermain catur, langsung saja klik banner di bawah ini. Karena di Skill Academy kini tersedia kelas catur bersama GM Irene yang merupakan Grand Master Internasional wanita pertama di Indonesia. GM Irene juga merupakan pemenang Kejuaraan Catur Wanita Indonesia empat kali berturut-turut dari tahun 2006 hingga 2010. Tunggu apa lagi, ayo upgrade kemampuanmu bersama Skill Academy. 

Kelas-Catur-GM-Irene

Referensi

Instructables.com. (2008). How to Play Chess. https://www.instructables.com/Playing-Chess/ [Daring] (Diakses 13 September 2021)

Chess.com. (2021). How to Play Chess: 7 Steps To Get You Started. https://www.chess.com/learn-how-to-play-chess [Daring] (Diakses 13 September 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *