Persamaan antara negara indonesia dan filipina adalah

Jakarta

Indonesia dan Filipina adalah dua negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki kemiripan kondisi geografis. Apa saja persamaan kondisi geografis negara Indonesia dan Filipina?

Dikutip dari buku Cakrawala Geografi 2 oleh Munawir dkk, letak geografis suatu negara dilihat dari kenyataan pada permukaan bumi. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia.

Sedangkan, Filipina terletak di wilayah Asia Tenggara yang diapit oleh laut Filipina dan Laut Cina Selatan. Sebelah timur wilayah ini berbatasan dengan Vietnam. Sedangkan pada bagian selatan, Filipina berbatasan dengan wilayah laut dari kepulauan Indonesia.

Daftar kondisi geografis negara Indonesia dan Filipina

Berikut empat persamaan kedua negara dari penampakan alam dan letaknya:

1. Terdiri dari banyak pulau

Indonesia adalah negara kepulauan terluas di dunia. Bahkan, Indonesia terletak pada kawasan yang strategis. Menurut data dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, Indonesia memiliki 16.771 pulau, baik pulau besar maupun pulau kecil.

Kondisi ini hampir sama dengan negara Filipina. Dikutip dari buku Geografi dan Sosiologi oleh Sugiharyanto, Filipina memiliki sekitar ± 7.100 pulau yang membentang dari utara ke selatan dan dari barat ke timur. Pulau-pulau besar di negara ini antara lain Pulau Luzon, Mindanao, Mindoro, Bohol, Pahlawan, dan Pulau Cebu.

2. Memiliki banyak gunung berapi

Dilansir dari MAGMA Indonesia, bumi pertiwi ini memiliki 127 gunung berapi aktif. Jumlah ini membawa Indonesia menjadi negara dengan jumlah gunung terbanyak di dunia. Gunung api aktif di Indonesia terbagi menjadi tiga tipe, sebagai berikut:

– Gunung api Tipe A, berjumlah 77. Merupakan gunung api yang memiliki catatan sejarah letusan sejak tahun 1600.

– Gunung api Tipe B, berjumlah 29. Merupakan gunung api yang memiliki catatan sejarah letusan sebelum tahun 1600.

– Gunung api Tipe C, berjumlah 21. Merupakan gunung api yang tidak memiliki catatan sejarah letusan, tetapi masih memperlihatkan jejak aktivitas vulkanik, seperti solfatara atau fumarole

Sementara itu, menurut data dari Philippine Institute of Volcanology and Seismology, Filipina memiliki 24 gunung api yang masih aktif hingga saat ini. Gunung api tersebut tercatat meletus dalam kurun waktu 600 tahun terakhir. Wilayah tertinggi Filipina adalah Gunung Apo dengan ketinggian 2.954 meter.

3. Terletak di wilayah Cincin Api Pasifik (Ring of Fire)

Indonesia dan Filipina merupakan dua negara yang terletak di wilayah Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire. Cincin Api Pasifik adalah gugusan gunung berapi yang terletak di Samudera Pasifik. Hal itulah yang membuat kedua negara ini memiliki banyak gunung berapi sebagaimana dijelaskan pada persamaan sebelumnya.

4. Terletak di zona tropis

Persamaan lain dari kedua negara ini adalah zona wilayah yakni berada pada kawasan tropis. Indonesia dan Filipina memiliki dua musim utama. Antara lain musim hujan dan musim kemarau. Hanya saja, musim kemarau di Filipina terbagi menjadi kemarau sejuk dan kemarau panas.

Selain yang telah disebutkan, Indonesia dan Filipina rawan terhadap bencana alam akibat kondisi geografis. Misalnya gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami.

Semoga penjelasan empat persamaan kondisi geografis Indonesia dan Filipina tidak membingungkan. Selamat belajar ya detikers.

Simak Video “

25 Produk Indonesia Hadir Ramaikan Mall di Manila


[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

Filipina dan Indonesia adalah dua negara yang berbeda. Meski begitu, jika ditelaah keduanya memiliki persamaan dalam sejumlah hal. Adapun persamaan antara Filipina dan Indonesia dirinci pada bagian berikut.

» Pembahasan

Berikut ini adalah sejumlah persamaan antara Filipina dan Indonesia:

  1. Baik Filipina dan Indonesia adalah negara yang terletak di benua Asia bagian tenggara.
  2. Filipina dan Indonesia merupakan anggota ASEAN di mana kedudukan keduanya juga adalah sebagai negara pendiri.
  3. Filipina dan Indonesia sama-sama berstatus sebagai negara kepulauan sebab wilayahnya dipisahkan oleh lautan. Meski begitu, wilayah Indonesia memanjang ke samping maka wilayah kepulauan Filipina memanjang ke arah bawah.
  4. Indonesia dan Filipina sama-sama negara berbentuk republik sehingga sama-sama dipimpin oleh presiden.
  5. Indonesia dan Filipina adalah negara berstatus sebagai Developing Country atau Negara Berkembang.
  6. Pusat ekonomi kedua negara ini cenderung berkonsentrasi pada ibukotanya, Indonesia pada Jakarta dan Filipina pada Manila.
  7. Indonesia dan Filipina sama-sama memiliki potensi di bidang agraris jika mengacu pada kondisi geografisnya.

» Pelajari Lebih Lanjut:

  • Materi tentang profil filipina brainly.co.id/tugas/5097758
  • Materi tentang mata uang filipina brainly.co.id/tugas/1560191

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

» Detil Jawaban

Kode           : 9.10.9

Kelas          : 3 SMP

Mapel         : IPS

Bab             : Asia Tenggara

Kata Kunci : Filipina, Indonesia, Asia, ASEAN

Natasyabrina N

23 Agustus 2019 08:57

*) Baik Filipina dan Indonesia adalah negara yang terletak di benua Asia bagian tenggara.*) Filipina dan Indonesia merupakan anggota ASEAN di mana kedudukan keduanya juga adalah sebagai negara pendiri.*) Filipina dan Indonesia sama-sama berstatus sebagai negara kepulauan sebab wilayahnya dipisahkan oleh lautan. Meski begitu, wilayah Indonesia memanjang ke samping maka wilayah kepulauan Filipina memanjang ke arah bawah.*) Indonesia dan Filipina sama-sama negara berbentuk republik sehingga sama-sama dipimpin oleh presiden.Indonesia dan Filipina adalah negara berstatus sebagai Developing Country atau Negara Berkembang.*) Pusat ekonomi kedua negara ini cenderung berkonsentrasi pada ibukotanya, Indonesia pada Jakarta dan Filipina pada Manila.*) Indonesia dan Filipina sama-sama memiliki potensi di bidang agraris jika mengacu pada kondisi geografisnya.

Penulis: Dedi Supriyanto, Widyaiswara PPPPTK Bahasa

Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu yang telah menjadi bahasaresmi dan bahasa persatuan rakyat Indonesia sejak tahun 1928. Sedangkan bahasa Filipino atau lebih dikenal dengan bahasa Tagalog merupakan bahasa yang dipertuturkan secara luas dansekaligus telah terpilih menjadi bahasa resmi rakyat Filipina sejak tahun 1937. Bahasa Filipino yang aslinyaberasal dari bahasa Tagalog ini mungkin mirip dengan bahasa Indonesia yangberasal dari bahasa Melayu. Bedanya adalah banyak masyarakat non-Tagalog yangtidak mau atau tidak mampu berbahasa Filipino. Sebagai contoh di wilayahMindanao Selatan atau tepatnya pada masyarakat Visaya, mereka tidak mauberbahasa Filipino sehingga secara umum lebih memilih berbahasa Visaya yangmerupakan bahasa daerah setempat. Sehingga bila ada orang yang berbicara bahasaTagalog, mereka akan mengira dia bukan dari masyaraat Visaya. Hal ini mungkin saja terjadi di IndonesIa, bila bahasa nasional kita diambildari bahasa Jawa (suku terbanyak yang ada di Indonesia).

Berdasarkansejarah masa lalu, bahasa Filipino yang dikenal dengan bahasa Tagalog ini masihmemiliki hubungan keluarga yang dekat dengan bahasa-bahasa daerah di Indonesia (Kalimantan, Sulawesi Utara–Gorontalo, dan Jawa) maupun Malaysia (Sabah).Oleh karena itu bahasa Indonesia dan Tagalog memiliki akar yang sama, yang berasaldari Malayo-Polynesianlanguage family. Hal ini tentunya membuat orang Indonesia relatif lebihmudah dan cepat mempelajari bahasa Tagalog dan begitu pulasebaliknya.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis selama menetap dan mengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) selama enam bulan di Filipina, ditemukan adanya kesamaan dan perbedaan antara kosakata bahasa Indonesia dan bahasa Tagalog. Berikut ini penulis sajikan beberapa kesamaan dan perbedaan kosakata bahasa Indonesia dan bahasa Tagalog, terutama dari segi penulisan kosakata, pelafalan atau pengucapan, dan maknanya.

1. Kesamaan Bilangan/Angka

Bahasa Tagalog memiliki kesamaan dengan bahasa Indonesia dalam hal bilangan/angka. Misalnya bilangan/angka 5 dalam dalam bahasa Tagalog dituliskan dan dilafalkan dengan “lima”. Bilangan/angka 1 dituliskan dan dilafalkan dengan “isa”. Dalam Bahasa Indonesia, ternyata bilangan/angka 1 yang sering dilafalkan dengan “satu” juga memiliki makna “esa” yang berarti tunggal. Kemudian bilangan/angka 7 dalam bahasa Tagalog yang dilafalkan dengan “pito”, dalam pelafalan bahasa Jawa “pitu” yang berarti tujuh. Demikian pula dengan “walo’ dalam bahasa Tagalog, ternyata dalam bahasa Jawa juga ada pelafalan “wolu” yang berarti delapan.

2. Kesamaan dan Kemiripan Kosakata

  • Tulisan,pelafalan dan makna yang sama

Beberapa kosakata dalam bahasa Tagalog memilikikesamaan dalam hal tulisan, pelafalan dan makna dengan bahasa Indonesia, sepertikosakata “kami”, “langit”, dan “anak”.

  • Tulisan sama, makna berbeda

Dalambahasa Tagalog ada beberapa kosakata yang tulisan dan pelafalannya sama dengan kosakatabahasa Indonesia namun maknanya sangat berbeda. Contoh kata “mahal” . Selainmemiliki makna yang sama dengan kata “mahal” namun dalam bahasa Tagalog juga berarti“cinta/sayang”. Kata “batik” . Dalam bahasa Tagalog bermakna“bintik” yang tentunya jauh berbeda maknanya dengan  “batik” yangbermakna “batik/baju batik/kain batik” dalambahasa Indonesia.

  • Tulisan berbeda,makna sama

Dalam bahasa Tagalog terdapat banyak sekali kata yang tulisannya berbeda dengan kosakata dalam bahasa Indonesia, namun memiliki makna yang sama atau relatif sama. Diantaranya adalah kata “ako” yang bermakna ”saya”. Sedangkan dalam bahasa Indonesia terdapat kosakata “aku” yang juga bermakna “saya” atau “aku”. Demikian pula dengan kata “ikaw” yang dalam bahasa Tagalog bermakna ‘kamu”, di mana dalam bahasa Indonesia juga ada kosakata “engkau” yang bermakna “kamu’ atau “anda”.

3. Perbedaan Kosakata Secara Umum

Secara umumperbedaan makna kosakata dalam bahasa Tagalog dengan bahasa Indonesia lebihkurang pada penulisan dan pelafalan. Ada beberapa kosakata dalam bahasa Tagalogyang penulisannya mirip dengan bahasa Indonesia namun memiliki arti yang samaseperti kata “ako” (saya), “mukha” (muka/wajah), dan bangkay (bangkai). Selainitu dalam bahasa Tagalog juga terdapat kosakata yang penulisannya berbeda namunpelafalannya sama dengan bahasa Indonesia, seperti seperti kata “bato” (dibaca:batu), ibo (dibaca: ibu), dan “dato” (dibaca: datu).

Adapula kosakata bahasa Tagalog yang tulisannya berbeda namunsepintas kita menyangka maknanya sama dalam bahasa Indonesia, misalnya kata “tahanan” dan “hukuman”. Dalam bahasaTagalog “tahanan” bermakna rumah, sedangkan “hukuman” bemakna pengadilan.Oleh karena banyaknya kesamaan dan kemiripan kosakatabahasa Indonesia dengan bahasa Tagalog tentunya akan memberikan kemudahan bagipara penutur asli bahasa Indonesia untuk mempelajari bahasa Tagalog, begitupulasebaliknya.

Navigasi pos

RINGTIMES BALI – Mari kita simak pembahasan kunci jawaban terkait persamaan dan perbedaan Negara Indonesia dan Filipina.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas Tema 1 Kelas 6 SD dan MI Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 sesuai edisi revisi 2018 tentang Negara ASEAN.

Pada halaman 100, adik-adik diminta untuk membandingkan dua Negara yang telah dipilih misalnya Indonesia dan Filipina dalam segi ekonominya.

Baca Juga: Diagram Venn Perbandingan 2 Negara ASEAN, Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 71, 100

Dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 sesuai edisi revisi 2018, adapun perbandingan Indonesia dan Filipina sebagai berikut:

Persamaan Indonesia dan Filipina

  • Beriklim tropis
  • Dipengaruhi angin muson
  • Negara agraris
  • Curah hujan tinggi dan suhu udara panas
  • Pendiri ASEAN dan bergabung pada 8 Agustus 1967
  • Terletak di Kawasan Asia Tenggara
  • Terletak diantara tiga perairan yaitu Samudera Hindia dan Teluk Benggala, Laut China Selatan, dan Samudera Pasifik
  • Rumpun bahasa Austronesia
  • Bentuk pemerintahan yaitu Republik
  • Kepala Pemerintahan yaitu Presiden

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 SD MI Halaman 100 101 102 Subtema 2 Hewan Sahabatku

Perbedaan Indonesia dan Filipina

  • Bahasa Nasional Indonesia yaitu Bahasa Indonesia, Filipina yaitu Bahasa Filipino
  • Indonesia Ibukota Jakarta, Filipina Ibukota Manila
  • Lambang Negara Indonesia adalah Burung Garuda, sedangkan Filipina yaitu Matahari berjurai delapan berkas sinar
  • Julukan Negara Indonesia yaitu Negara Agraris, Maritim, dan Jamrud Khatuliswa, sedangkan Filipina yaitu Lumbung Padi.
  • Bunga nasional Indonesia yaitu Bunga melati putih, sedangkan Filipina yaitu Bunga Sampaguita

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 SD MI Halaman 107 108 109 Subtema 2 Hewan Sahabatku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *