Perbedaan uk dan britania raya

Banyak yang menyamakan Inggris, Britania Raya, atau United Kingdom untuk menyebut negara di Eropa Barat. Padahal perbedaan ketiganya sangat ketara.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Banyak dari masyarakat Indonesia menyebut Inggris, Britania Raya, atau United Kingdom untuk menyebut salah satu negara monarki terbesar di Eropa Barat. Padahal perbedaan antara Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom sangat ketara dan tidak bisa disamakan. Secara garis besar, perbedaan tersebut terkait klasifikasinya terhadap cakupan wilayah.

United Kingdom atau Inggris Raya meliputi seluruh wilayah Britania Raya dan Irlandia bagian utara. Total terdapat empat negara yang tergabung dalam kesatuan Inggris Raya, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Proses pembentukan Inggris Raya melewati sejarah panjang dan rumit, dimulai pada tahun 925 M saat Kerajaan Inggris pertama kali lahir.

perbedaan inggris dan britania raya Peta pembagian wilayah Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom (theculturetrip.com)

Kerajaan Inggris lahir dari gabungan suku Anglo-Saxon. Tahun 1536 M, Raja Henry VIII membuat Wales dan Inggris bergabung di bawah hukum dan pemerintahan yang sama. Sekitar tahun 1707 M, Kerajaan Inggris, termasuk Wales membentuk Britania Raya bersama Skotlandia. 1801 M, Irlandia bergabung dengan Britania Raya membentuk Inggris Raya.

Tahun 1922 M, Irlandia menjadi republik dan melepaskan diri dari Inggris Raya, menyisakan Irlandia Utara yang masuk wilayah Inggris Raya. Setelah peristiwa tersebut, Inggris Raya hanya terdiri dari Inggris, Skotlandia, dan Wales dari Britania Raya, serta Irlandia Utara. Formasi ini adalah United Kingdom atau Inggris Raya yang dikenal sampai dengan hari ini.

Empat negara yang tergabung dalam United Kingdom dipimpin seorang ratu dari Kerajaan Inggris, Ratu Elizabteh II dengan segala keunikan tradisi dalam keluarga kerajaannya sebagai kepala negara. Kepala pemerintahan United Kingdom dipimpin oleh seorang Perdana Menteri. Semua peraturan dan kebijakan di empat negara tersebut ditentukan oleh Kerajaan Inggris.

United Kingdom juga memiliki bendera sendiri yang disebut sebagai Union Jack. Bendera ini unik karena berasal dari gabungan bendera tiga negara, yaitu Irlandia Utara, Inggris, dan Skotlandia. Wales tidak terwakili dalam bendera Union Jack karena baru dirancang setelah invasi Inggris ke Wales. Oleh karena itu, wales diwakilkan oleh bendera Inggris dalam Union Jack.

perbedaan inggris dan britania rayaRatu Inggris adalah kepala negara United Kingdom yang meliputi empat negara, yaitu Iggris, Skotlandia, Irlandia Utara, dan Wales (lifestyle.okezone.com).

Britania Raya bukanlah sebuah negara, tapi wilayah terbesar. Disebut ‘Raya’ karena kawasan ini merupakan satu kesatuan pulau di Kepulauan Inggris. Pendapat lain menyebutkan, penggunaan kata ‘Raya’ digunakan untuk membedakan Britain dengan Brittany di Prancis. Ada juga yang menyebut penambahan ‘Raya’ adalah ego Raja James I akan kekuasaan.

Sedangkan Inggris adalah sebuah negara bukan wilayah yang berdaulat. Inggris menjadi negara terbesar dalam Inggris Raya, baik secara wilayah maupun jumlah penduduk. Oleh karena itu sering terjadi salah paham bahwa Inggris Raya disamakan dengan Inggris. Inggris menjadi pusat dari United Kingdom dan tempat kediaman Ratu Inggris sang kepala negara.

SHARE :

Jakarta, CNN Indonesia

Inggris menjadi sorotan usai Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 pada Kamis pekan lalu. 

Ratu Elizabeth II dikenang sebagai pemimpin Kerajaan Inggris terlama yakni selama 70 tahun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selama 70 tahun berkuasa, Ratu Elizabeth menjadi simbol persatuan Inggris Raya karena berhasil menjaga kesatuan negara ketika sejumlah wilayah kekeh ingin menggelar referendum pemisahan diri. Salah satunya yakni pemberontakan Irlandia Utara.

Sebetulnya apa perbedaan Inggris, Inggris Raya, dan Britania Raya?

Istilah Inggris (England) dan Britania Raya (Great Britain) kerap digunakan untuk merujuk negara Inggris yang terletak di Eropa Barat. Selain itu, ada pula sebutan Inggris Raya (United Kingdom).

Britania Raya

Britania Raya merupakan sebutan yang merujuk pada wilayah geografis, bukan suatu negara.

Britania Raya mencakup wilayah Inggris, Skotlandia, dan Wales. Pulau ini disebut merupakan pulau terluas kesembilan di dunia, dengan luas 209.331 km persegi.

Inggris

Sementara itu, Inggris atau England merupakan salah satu negara bagian di Inggris Raya. Status wilayah ini sama dengan Wales, dan Skotlandia.

Namun, banyak pihak keliru menganggap Inggris identik dengan negara Inggris Raya.

[Gambas:Video CNN]

Britannica melaporkan Inggris tak secara resmi memiliki pemerintahan atau politik sendiri, sebagaimana Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Inggris merupakan negara bagian terbesar di Inggris Raya secara luas wilayah dan jumlah penduduk.

Negara bagian ini juga punya peran penting dalam pembentukan Inggris Raya. Salah satunya pada awal abad ke-19, Inggris menjadi pusat revolusi Industri di seluruh dunia.

Inggris Raya

Inggris Raya adalah yang biasa dikenal sebagai United Kingdom.

Negara ini meliputi Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Singkatnya, Inggris Raya atau United Kingdom adalah negara berdaulat yang wilayahnya terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Sementara itu, Britania Raya merupakan daratan besar di Kepulauan Inggris yang wilayahnya mencakup Inggris, Wales, hingga Skotlandia. Sedangkan Inggris sendiri adalah salah satu bagian atau negara konstituen dari Inggris Raya atau United Kingdom.

(isa/rds)

[Gambas:Video CNN]

JAKARTA- Ini perbedaan Inggris, Britania Raya dan United Kingdom. Walau merujuk pada satu negara yang sama yaitu Inggris tapi ternyata ketiga kata itu memiliki perbedaan.

Inggris memiliki sejarah yang sangat panjang sebagai negara dengan sistem monarki konstitusional dan sistem politik dasar parlementer. Sebagai negara parlementer, Inggris menjadi negara yang terdiri dari beberapa negara bagian seperti Skotlandia, Inggris, Wales, dan Irlandia Utara.

Inggris

Jika berbicara lebih dalam tentang Inggris orang akan merujuk negara kerajaan ini dengan sebutan Inggris (England), Britania Raya (Great Britain) dan United Kingdom (Inggris Raya). Sebenarnya tidak ada yang salah hanya saja ketiga istilah itu tidak bisa disamakan karena memiliki makna berbeda.

Berikut perbedaan Inggris, Britania Raya dan United Kingdom dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tata Letak Geografis

Sebagaian besar Inggris terletak di satu pulau yang merupakan bagian dari kumpulan pulau yang lebih besar. Dalam istilah geografis dikenal Britania Raya. Britania Raya adalah sebuah pulau yang terletak di antara Laut Utara dan Selat Inggris, yang pada titik tersempitnya berjarak sekitar 20 mil dari benua Eropa. Sedangkan Inggris Raya adalah bagian dari Kepulauan Inggris.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

2. Sistem Pemerintahan

Banyak orang mengira Inggris sama dengan Britania Raya. Padahal seperti negara bagian lain yakni Skotlandia dan Wales, Inggris adalah sebuah negara yang berdaulat di wilayah Britania Raya.

Inggris juga menjadi negara terbesar, terluas dengan populasi terbanyak di Britania Raya. Bahkan ibu Inggris (England) juga merupakan ibu kota dari United Kingdom.

Sedangkan Britania Raya dalah sekelompok kepulauan atau daratan Inggris yang ada laut lepas. Sedangkan

United Kingdom (Inggris Raya) sering disebut sebagai The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Wilayah Inggris Raya meliputi Britania Raya dan Irlandia Utara. United Kingdom atau Inggris Raya merujuk istilah politik untuk negara-negara berdaulat yang menjadi satu. Ada empat negara berdaulat yang bergabung dalam Inggris Raya yaitu Skotlandia, Ingris, Wales dan Irlandia Utara.

Jadi jika disimpulkan Inggris adalah negara bagian yang berada di kepulauan Britania Raya. United Kingdom adalah wilayah yang didalamnya mencakup Britania Raya dan Irlandia Utara.

Nah, demikian perbedaan Inggris, Britania Raya dan United Kingdom.

(RIN)

Sebelumnya

1

2

Selanjutnya

Jakarta

Banyak yang menyebut negara Inggris sebagai Inggris Raya atau Britania Raya. Padahal ketiganya tidaklah sama. Baik Inggris, Inggris Raya, maupun Britania Raya memiliki perbedaan secara geografis.

Melansir laman Britannica, perbedaan ketiganya berkaitan dengan sejarah ekspansif Kepulauan Inggris, yakni sekelompok pulau di lepas pantai barat laut Eropa.

Pulau yang terbesar di kawasan itu adalah Inggris dan Irlandia. Pada Abad Pertengahan, nama Inggris mulai diterapkan pada sebagian kecil wilayah Prancis yang sekarang dikenal sebagai Brittany.

Akibatnya, istilah Inggris Raya mulai digunakan untuk merujuk secara khusus ke pulau itu. Namun, nama itu tidak memiliki arti resmi sampai tahun 1707, ketika kerajaan saingan Inggris dan Skotlandia di pulau itu disatukan sebagai Kerajaan Britania Raya.

Perbedaan Inggris, Inggris Raya, dan Britania Raya

Inggris Raya (United Kingdom)

Dikutip dari Historic UK, United Kingdom atau Inggris Raya adalah kumpulan negara berdaulat (sama seperti Prancis atau AS) yang terdiri dari empat negara yakni Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Dalam sejarahnya, pembentukan Inggris Raya bermula pada tahun 925 ketika kerajaan Inggris didirikan oleh penyatuan suku-suku Anglo-Saxon di era Inggris modern.

Kemudian pada 1536, disebut dengan Kerajaan Inggris dan Wales. Saat itu, dibentuk RUU yang diberlakukan oleh Raja Henry VIII yang secara efektif menjadikan Inggris dan Wales negara yang sama dan diatur oleh hukum yang sama.

Selanjutnya, Kerajaan Inggris (termasuk Wales) bergabung dengan Kerajaan Skotlandia untuk membentuk Kerajaan Britania Raya pada tahun 1707.

Baru pada tahun, 1801 Irlandia bergabung dan namanya kembali berubah. Namun, pada tahun 1922 Republik Irlandia menarik diri dari serikat dan hanya menyisakan Irlandia Utara.

Britania Raya (Great Britain)

Great Britain atau Britania Raya bukanlah sebuah negara melainkan pulau terbesar di Kepulauan Inggris yang menampung negara Inggris, Skotlandia, dan Wales. Pulau ini memiliki luas 209.331 km persegi.

Nama Britania berasal dari kata Romawi Britannia. Dalam istilah bahasa Inggris disebut sebagai Great Britain. Terdapat alasan mengapa kata ‘Great’ tertempel di depan Britain.

Pertama sebagai pembeda untuk Inggris dari tetangganya, Brittany yang merupakan sebuah wilayah Prancis. Alasan kedua adalah karena Raja James I, yang ingin memperjelas bahwa dia bukan hanya raja Inggris Romawi kuno, tetapi raja dari seluruh pulau (Raja Britania Raya).

Inggris (England)

England atau dalam bahasa Indonesia disebut Inggris adalah negara terbesar di Inggris Raya, baik berdasarkan daratan maupun populasi. Negara dengan ibu kota London ini menjadi bagian dari UK dan Britania Raya bersama negara lain yakni Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Jadi, itulah perbedaan antara United Kingdom, Britania Raya, dan Inggris. Semoga menambah wawasan detikers, ya!

Simak Video “

Penampakan Panjangnya Antrean 7 Km Pelayat Ratu Elizabeth II


[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *