Perbedaan toner dengan micellar water

Sumber: pexels.com/MikhailNilov

Jika kamu menyukai diri kamu sebagai seorang pecandu perawatan kulit, kamu harus selalu mencari produk perawatan kulit baru untuk ditambahkan ke rak kecantikanmu. Tapi tahukah kamu, apa sebenarnya fungsi setiap produk skincare dan kapan kamu harus menggunakannya? 

Berbicara tentang produk perawatan kulit, toner dan micellar water adalah dua produk perawatan kulit yang sering membingungkan. Dilansir dari Be Beautiful, simak ulasan tentang perbedaan toner dan micellar water serta kapan harus menggunakannya.

Perbedaan Toner dan Micellar Water

Apa itu Toner?

Toner digunakan setelah kamu menghapus riasan dan membersihkan wajah dengan sabun pembersih muka. Toner ini terdiri dari air dengan bahan-bahan yang bagus untuk kulit seperti gliserin, acids dan antioksidan yang diformulasikan di dalamnya. Toner bekerja untuk menjaga tingkat pH kulit, mengecilkan pori-pori, menghilangkan selsel kulit mati dan memberikan hidrasi pada kulit. Toner juga membersihkan bagian wajah yang tidak bisa dibersihkan oleh tisu dan pembersih. Terakhir, toner wajah menghilangkan minyak berlebih dan membuat kulit kamu lebih halus dan plumpy.

Apa itu Micellar Water?

Micellar water pada dasarnya adalah kombinasi minyak dan air yang membantu membersihkan riasan dan kotoran dari wajah kamu. Tetesan minyak kecil yang disebut misel dicampurkan secara kimia ke dalam air. Formulanya mampu mengeluarkan kotoran, minyak, dan kotoran dari wajah, sehingga membuatnya bersih dan terhidrasi. 

Micellar water adalah produk pembersih yang menghilangkan riasan, membersihkan wajah dan melembabkan sekaligus. Namun tujuan utamanya adalah membersihkan minyak, riasan yang membandel dan kotoran dari wajah. 

Lebih dari itu, penggunaan produk micellar water ini secara konsisten pada kulit dapat meningkatkan permeabilitas kulit. Artinya, produk yang kamu gunakan setelah micellar water dapat menjangkau lebih dalam ke kulit dan benar-benar membuat perbedaan nyata pada kulit. Micellar water adalah pilihan yang sangat baik untuk pemilik kulit kering dan sensitif. Produk ini komposisinya alami yang menghidrasi dan bekerja sebagai pembersih wajah.

Perbedaan Toner dan Micellar Water dalam Penggunaannya

Gunakan micellar water sebelum melakukan tahapan skincare. Tahap ini adalah langkah pertama dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Tuang sedikit micellar water pada kapas dan usapkan ke wajah kamu untuk membersihkannya. Karena formulanya ringan, seringkali kamu tidak perlu membilas dengan air.

Langsung cuci muka dengan pencuci muka, kemudian gunakan toner sesuai jenis kulit kamu. Toner membantu menutup pori-pori dan mengembalikan kelembapan yang hilang dalam proses pembersihan. Toner juga membersihkan kulit kamu secara menyeluruh dan membuatnya bersinar dan sehat. Lanjutkan dengan pelembap.

Sebagai perbedaan toner dan micellar water dalam penggunaannya, air misel adalah pembersih yang sangat lembut dan menghidrasi untuk menghilangkan riasan, kotoran, dan kotoran. Toner, di sisi lain, digunakan setelah sabun cuci muka untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit. Dengan campuran bahan yang tepat, toner juga bisa menghidrasi dan mengencangkan kulit.

Micellar water, adalah tahap awal double cleansing untuk menghapus riasan dan kotoran sebelum mencuci muka dengan sabun wajah. Sedangkan toner tidak digunakan untuk menghapus riasan dan membersihkan wajah. Toner mempersiapkan kulit untuk memungkinkan serum dan pelembab menembus lebih dalam dan lebih cepat. Namun dengan air misel yang diterapkan di awal urutan skincare, juga membantu meningkatkan daya tembus kulit saat diaplikasikan skincare. 

Jadi, toner tidak memiliki kualitas yang sama dengan micellar water untuk membersihkan. Namun jika kamu menggunakan sabun pembersih wajah, maka kamu pasti membutuhkan toner setelahnya.

Salah satu keunggulan toner dibanding micellar water adalah pada jenis kulit yang diaplikasikan. Micellar water cenderung tidak bagus untuk kulit berminyak atau berjerawat. Toner, di sisi lain, telah dibuat dalam variasi yang luas untuk hampir semua masalah kulit.

Rekomendasi Produk Toner dan Micellar Water

Sumber: cnfstore.com

Yves Rocher Hydra Vegetal Hydra 2IN1 Micellar Water cocok sebagai pilih produk pembersih wajah kamu. Diformulasikan khusus untuk jenis kulit normal hingga kombinasi, produk ini mampu membersihkan kulit dari makeup dan kotoran tanpa membuatnya kering. Hasilnya wajahmu akan bersih sempurna. Kulit akan terhidrasi, kencang, dan terasa segar. Formulanya mengandung lebih dari 88% bahan yang berasal dari alam, seperti Maple sap dan Blue AGave Sap dari Organic Farming. Selain itu juga bebas pewarna, bebas silikon, bebas paraben, dan bebas mineral oil. 

Sumber: cnfstore.com 

Energizing Vitamin C Mist Toner dari Trilogy yang memberi efek menyegarkan, calming, efektif mengangkat kotoran, serta memberikan cahaya dan hidrasi untuk kulit kusam. Toner untuk kulit berminyak ini bersifat meningkatkan energi pada kulit wajah dengan cara disemprotkan pada wajah. Mudah meresap pada kulit dan memiliki aroma citrus yang unik. 

Formula yang dimiliki terdiri dari bahan-bahan alami seperti Vitamin C (sodium ascorbyl phosphate), mandarin, tangerine, ylang ylang, aloe vera. Vitamin C akan membantu untuk mencerahkan kulit dan mendorong produksi kolagen, mandarin dan tangerine untuk menyegarkan serta berfungsi sebagai antiseptik, yang terakhir ylang-ylang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kulit dan mengontrol produksi sebum. 

Cocok untuk semua jenis kulit, toner mist serbaguna ini juga bisa dimanfaatkan sebagai face mist untuk membuat hasil makeup lebih tahan lama. Pilihan sangat ideal bagi kamu yang ingin mendapat hasil kulit bercahaya dan cerah alami. 

Pelajari lebih lanjut, Cara Memakai Serum dalam 5 Tahapan untuk Hasil Optimal

Nah, setelah mengetahui perbedaan toner dan micellar water untuk hasil kulit bersih, terapkan tahapan skincare dasar ini. Kamu bisa menemukan berbagai produk toner dan micellar water yang bagus dan berkualitas hanya di situs belanja online C&F Store atau di gerai-gerai C&F terdekat di kotamu. 

Saat ini, dunia skincare sedang berkembang pesat yang semakin memudahkan banyak wanita untuk memiliki kulit yang sehat. Belum lagi adanya trend trend, Seperti anjuran untuk melakukan double cleansing yang membuat produk pembersih semakin beragam seperti micellar water dan toner. 

 

Keduanya terlihat mirip, tapi tidak sama. Lalu, apa bedanya? Yuk, kita cari tahu perbedaan micellar water dan toner.

 

 

1. Bahan Dasar yang Digunakan

Jika melihat tampilannya, kedua produk skincare ini sama sama berbentuk cair. Micellar water sendiri merupakan percampuran air juga minyak yang diformulasikan untuk mengangkat sisa make up juga kotoran yang menempel pada wajah.

 

Dalam micellar water kandungan minyaknya relatif kecil. Menggunakan micellar akan membuat wajah bersih tetapi tetap terhidrasi. Untuk kulit kering akan membuatnya lebih lembap, tetapi untuk jenis kulit berminyak akan mengangkat minyak berlebih. 

 

Manfaat micellar yang lainnya adalah mampu untuk mengangkat kotoran pada wajah dan tentunya mampu membersihkan make up. Sementara, toner terbuat dari bahan air yang ditambahkan dengan bahan aktif lainnya, seperti kandungan antioksidan, bahan aktif gliserin, dll.

 

Di mana bahan-bahan tersebut akan membantu untuk menjaga pH kulit, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori dan juga menghidrasi kulit. 

 

Keduanya memang diciptakan untuk membantu membersihkan wajah, tetapi bahan yang digunakan berbeda. Kandungan pada toner juga mampu membuat kulit lebih halus serta menghilangkan minyak berlebih.

 

Baca juga: Masih Belum Tahu Apa Perbedaan Toner dan Essence? Yuk, Cari Tahu di Sini

 

 

2. Toner Tidak untuk Membersihkan Make Up

Perlu dipahami bahwa toner tidak difungsikan untuk membersihkan noda yang berat. Sementara, micellar water bisa membersihkan make up tebal sekalipun. Mengingat di dalam kandungannya terdapat minyak. 

 

Dengan mengetahui perbedaan micellar water dan toner ini bisa membantu #BeautyHaulSquad memilih produk yang tepat. Toner umumnya akan membantu membersihkan dari dalam. Apalagi kandungan bahannya juga hanya berupa air dan tidak ada campuran minyak.  

 

 

3. Urutan Penggunaannya

Selain dari bahan, #BeautyHaulSquad juga bisa melihat perbedaan dari urutan pemakaiannya. Setelah seharian beraktivitas atau menggunakan make up, wajah harus dibersihkan lebih dahulu. 

 

Micellar water bisa langsung dituangkan pada kapas untuk membersihkan make up. Barulah nanti bisa mencuci muka seperti biasanya. 

 

Toner digunakan setelah mencuci muka dan setelah kamu mengeringkannya. Karena akan lebih efektif diaplikasikan ketika wajah sudah kering dan bersih. Sehingga kotoran yang tersisa atau yang tertinggal bisa sekalian diangkat. Kandungan dari toner juga bisa menutrisi kulit wajah. 

 

Toner memiliki dua jenis yakni exfoliating toner dan hydrating toner. Jika ingin mengangkat sel kulit mati, gunakan exfoliating toner dan untuk hidrasi kulit gunakan hydrating toner. 

 

Baca juga: 8 Rangkaian Urutan Pemakaian Skincare yang Benar di Malam Hari

 

 

Lalu, Mana yang Lebih Baik? Micellar Water atau Toner?

Jika ditanya mana yang lebih baik, hal itu kembali lagi pada jenis kulit masing-masing orang. Keduanya merupakan produk yang baik untuk membantu merawat wajah.

 

Masing-masing kulit memang akan memiliki ketahanan tersendiri pada skincare. Penting bagi #BeautyHaulSquad untuk memperhatikan kandungan dalam micellar water dan toner. 

 

Tak jarang ada yang mengeluhkan mengalami bruntusan setelah menggunakan micellar water ataupun mengalami iritasi kulit setelah menggunakan toner.  

 

Untuk itu, pastikan bahwa kondisi kulit memang cocok dengan skincare yang akan digunakan. Ada beberapa ciri yang bisa diketahui saat skincare tidak cocok di kulit.

 

 

Jangan lupa untuk membaca tiap kandungannya karena setiap produk ada yang dikhususkan untuk kulit sensitif, berminyak ataupun kulit normal. 

 

Pastikan juga cara penggunaannya sudah tepat, karena pemakaian yang salah juga membuat kulit bermasalah. Untuk toner memakainya jangan digosok, melainkan ditepuk agar bisa meresap sempurna.

 

Toner juga ada baiknya minim akan kandungan alkohol dan diaplikasikan pada wajah bersih. Penggunaan micellar water sebaiknya tidak terlalu sering agar wajah tidak lagi bruntusan.

 

 

Bila masih ragu, #BeautyHaulSquad bisa mencoba melakukan skin patch test terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kulit bereaksi terhadap kandungan micellar water dan toner yang digunakan atau tidak.

 

Micellar water dan toner bisa menjadi satu rangkaian yang bisa membantu menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Setelah mengetahui perbedaan micellar water dan toner ini, diharapkan bisa membantu banyak orang untuk bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Jakarta, CNN Indonesia

Berbagai jenis perawatan kulit dan kecantikan semakin banyak bermunculan. Saat ini Anda mungkin mengenal istilah micellar water, toner, dan essence. Apa kegunaan dan perbedaan dari ketiga produk tersebut?

Dokter yang juga skincare expert, Danar Wicaksono mengatakan persamaan tiga produk tersebut adalah tergolong sediaan dalam istilah medis.

“Jadi, ketiganya punya fungsi sama, bertugas untuk mengirimkan bahan aktif yang terkandung di dalam masing-masing produk,” kata Danar dalam webinar Herborist Rose Series Launch, Rabu (27/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Perbedaan ketiganya terletak pada pengaplikasian dan bahan aktif yang dikirim. Berikut beda micellar water, toner, dan essence:

1. Micellar water

Micellar water sebenarnya tak berbeda dengan cairan pembersih atau cleansing di dunia perawatan wajah. Namun, micellar water memiliki kandungan air yang lebih banyak.

“Dia mirip air yang memang tugasnya untuk membersihkan,” kata Danar

Micellar water merupakan pembersih wajah yang bisa digunakan sehari-hari. Cairan ini mudah menghilangkan kotoran hingga menghapus make up yang ada di wajah.

Micellar water terbuat dari air murni dengan pH yang lebih seimbang, di dalamnya juga terdapat glycerin dan surfaktan. Micellar water bisa menarik berbagai jenis kotoran di wajah, bahkan minyak yang kerap keluar dari pori-pori.

Micellar water umumnya tidak menyebabkan iritasi dan rata-rata cocok digunakan semua jenis kulit.

2. Toner

Toner biasanya digunakan pada tahap kedua pembersihan muka. Toner digunakan setelah mencuci muka dengan sabun pembersih. Toner berfungsi untuk mengembalikan pH atau tingkat keasaman wajah yang menurun setelah mencuci muka.

Kandungan yang terdapat dalam toner dapat membantu menutrisi kulit. Toner juga menyiapkan kulit untuk menerima rangkaian skincare berikutnya.

3. Essence

Sementara itu, essence merupakan persilangan antara toner dan serum. Essence memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit. Tak hanya itu, essence memiliki kemampuan untuk menutrisi kulit karena di dalamnya terdapat antioksidan dan berbagai bahan aktif lainnya.

“Essence memiliki sifat membuat kulit lebih kenyal. Penggunaannya bebas, Anda bisa menggunakannya atau tidak itu tergantung pilihan,” kata Danar.

Itulah perbedaan micellar water, toner, dan essence. Ketiganya bisa digunakan dalam rangkaian skincare rutin Anda.

“Jika Anda ingin menggunakan ketiganya tidak masalah, karena ketiganya memiliki kemampuan yang sama dan sama pentingnya untuk kulit,” ucap Danar.

(tst/ptj)

[Gambas:Video CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *