Perbedaan gergaji potong dan belah

Ketahui Perbedaan Gergaji Potong dan Belah di Sini

Meskipun terlihat mirip, ternyata perbedaan gergaji potong dan belah cukup signifikan. Gergaji adalah perkakas pertukangan yang sering Anda temukan saat proses pembangunan bangunan maupun kebutuhan penebangan kayu di hutan. Alat kerja ini pasti dimiliki oleh seorang tukang yang pekerjaannya erat dengan kegiatan memotong.

Namun, gergaji juga banyak ditemukan di rumah, di mana perkakas ini digunakan untuk kebutuhan renovasi atau perbaikan. Nah, karena fungsinya yang cukup beragam, gergaji pun memiliki beberapa jenis, termasuk gergaji potong dan belah. Berikut ini berbagai perbedaan gergaji potong dan belah. 

Apa Perbedaan Gergaji Potong dan Belah?

Secara umum, perbedaan gergaji potong dan belah dapat ditemukan pada bentuk, fungsi, dan arah ketajamannya. Simak berikut ini penjelasan lengkap perbedaan gergaji potong dan belah yang kerap digunakan untuk kegiatan renovasi maupun pembangunan konstruksi.

1. Perbedaan Bentuk

Gergaji punya beragam bentuk yang disesuaikan dengan fungsinya, termasuk juga gergaji potong dan belah yang memiliki bentuk berbeda antara satu dengan yang lain. Perbedaan bentuk antara dua jenis gergaji ini bisa dilihat pada bagian mata gergaji atau bagian runcing dan tajam yang dipakai untuk memotong.

Gergaji potong memiliki mata yang ramping. Sementara itu, gergaji belah memiliki mata berbentuk melebar ke arah samping. Perbedaan bentuk mata gergaji ini bisa Anda jadikan acuan saat membedakan gergaji potong dan belah. 

2. Perbedaan Fungsi

Perbedaan gergaji potong dan belah yang berikutnya adalah fungsinya. Selama ini, Anda mungkin tahu fungsi gergaji adalah untuk memotong kayu atau membagi kayu menjadi beberapa bagian sesuai dengan keinginan. Namun, memotong di sini tak sekadar membuat potongan beberapa kayu. Arah potongan yang dilakukan dengan gergaji juga jadi perhatian.

Kalau Anda ingin memotong kayu atau benda lain dengan arah tegak lurus terhadap seratnya, maka yang dibutuhkan adalah gergaji potong. Namun, kalau Anda ingin membelah kayu sesuai dengan seratnya, maka yang dibutuhkan adalah gergaji belah. Dalam hal ini, memotong didefinisikan sebagai membagi kayu menjadi beberapa bagian, sedangkan membelah menjadikan kayu tersebut dua bagian sesuai arah seratnya.

Baca juga: Perbedaan Mesin Circular Saw dan Jig Saw

3. Perbedaan Arah Ketajaman

Perbedaan gergaji potong dan belah juga bisa dilihat dari arah ketajamannya. Gergaji potong memiliki arah ketajaman satu sisi ke depan dan satu sisi lainnya ke belakang. Sementara itu, gergaji belah punya arah ketajaman yang berbeda-beda. Pastinya, arah ketajaman gergaji potong dan belah ini disesuaikan dengan fungsinya.

Arah ketajaman gergaji potong yang ke sisi depan dan belakang bakal memudahkan proses pemotongan kayu menjadi beberapa bagian. Di sisi lain, arah ketajaman gergaji belah yang berbeda-beda memudahkan proses pembelahan kayu menjadi dua bagian sesuai dengan arah seratnya. 

4. Perbedaan Sudut Tajam

Gergaji potong dan belah juga dapat dibedakan berdasarkan sudut tajamnya selain dari arah ketajaman. Anda dapat mengamati perbedaan gergaji potong dan belah dari sudut tajam yang dipakai untuk memotong maupun membelah kayu. Kembali lagi, perbedaan sudut tajam antara sudut potong dan belah ini disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.

Pada gergaji potong, sudut tajam bagian mata berukuran sekitar 45 derajat sampai dengan 30 derajat. Sisi mata yang dikikir untuk menciptakan keruncingan juga selang-seling. Sedangkan pada gergaji belah, sudut tajam bagian mata berukuran 60 derajat dan tidak ada sisi tajam lain kecuali bagian ujung mata gergaji.

Cara Kerja Gergaji

Dalam ilmu fisika yang dipelajari di sekolah, gergaji merupakan pengungkit jenis ke-3 dengan letak titik kuasa berada di antara titik beban dan titik kuasa. Pada praktiknya, cara kerja gergaji adalah mata gergaji yang runcing menghadap ke bidang untuk kemudian dilakukan pemotongan.

Mata gergaji yang runcing akan membelah maupun memotong kayu seiring dengan gesekan yang terjadi antara keduanya. Anda sebagai orang yang mengoperasikannya harus terus menggerakkan gergaji maju dan mundur agar bagian yang ingin dipotong segera terbelah.

Baca juga: 4 Cara Dempul Kayu dengan Mudah dan Hasil Memuaskan

Tips Menggunakan Gergaji

Gergaji adalah perkakas tajam yang jika salah penggunaannya bisa membahayakan siapa pun yang sedang menggunakannya. Oleh karena itu, jika Anda belum terlalu ahli menggunakan gergaji untuk memotong maupun membelah, berikut tips aman menggunakannya. Tips ini berlaku untuk gergaji potong maupun gergaji belah.

  1. Sebelum memotong maupun membelah, buat alur sebagai patokan bagian yang akan dipotong maupun dibelah. Alur ini akan memudahkan Anda saat proses pemotongan sehingga hasilnya presisi dan sesuai keinginan.
  2. Posisikan gergaji dengan sudut 30 derajat saat Anda akan memulai proses pemotongan maupun pembelahan. Agar lebih efektif, mulailah menggergaji bagian sisi yang makin lama sudutnya akan makin mengecil.
  3. Kalau sudah siap, mulailah memotong kayu dengan menggunakan gergaji. Pastikan Anda selalu waspada dan hati-hati saat menggunakan gergaji untuk memotong kayu. Perhatikan posisi tangan Anda agar tidak terlalu dekat dengan gergaji demi menghindari kecelakaan kerja.
  4. Karena gergaji potong dan belah tidak punya mesin untuk mengoperasikannya secara otomatis, maka Anda harus menggunakan tenaga diri sendiri untuk memotong maupun membelah kayu. Sekadar tips, jangan terlalu menggebu-gebu di awal proses pemotongan atau Anda akan kelelahan di tengah jalan proses pemotongan kayu.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai perbedaan gergaji potong dan belah berdasarkan bentuk, fungsi, arah ketajaman, dan besar sudut tajamnya. Baik gergaji potong maupun belah, keduanya sering dipakai pada bidang yang terbuat dari kayu atau batang kayu itu sendiri. Apabila membutuhkan gergaji, Anda bisa mendapatkannya di Klopmart sebagai toko bangunan online yang jual gergaji kayu. Klik di sini untuk menemukan berbagai perkakas lain yang mendukung proyek konstruksi Anda!

Sumber rujukan:

  • https://www.ketikanku.com/2017/10/perbedaan-gergaji-potong-dan-belah.html 
  • http://dionmloto.blogspot.com/2017/01/perbedaan-gergaji-belah-dan-gergaji-potong.html 
  • https://www.pengelasan.net/gergaji/

Cek harga klik Media

Admin Klopmart

09 Des 2022

Cek harga klik disini

Gergaji ada dua macam yaitu gergaji potong dan gergaji belah. Sesuai dengan namanya, gergaji belah hanya cocok untuk memotong kayu searah dengan seratnya. Prinsip pemotongannya seperti tatah (chisel). Sedang kan gergaji potong sangat cocok untuk memotong kayu tegak lurus dengan arah seratnya. Prinsip pemotongannya seperti mengiris dengan pisau.

Gergaji yang dijual murah seharga 20 ribu-an kebanyakan berjenis gergaji belah. Jenis gergaji ini sangat sulit dipakai untuk memotong kayu atau bambu. Sebaliknya gergaji potong masih bisa dipakai untuk membelah papan atau kayu walaupun kurang maksimal. Jadi jika anda ingin membeli satu gergaji saja untuk dua pekerjaan, maka sebaiknya anda membeli gergaji potong.

 Untuk membedakan kedua jenis gergaji tersebut kita bisa melihat profil gigi-nya. Pada gergaji belah bagian yang tajam hanya terdapat pada bagian bawah gigi sedangkan pada gergaji potong bagian yang tajam terdapat pada sisi-sisi gigi. Gambar di bawah ini menjelaskan perbedaan tersebut.

Dari sini bisa dipahami kenapa harga gergaji potong lebih mahal dibanding gergaji belah karena proses pembuatannya lebih rumit dibanding gergaji potong. Pada gergaji potong membutuhkan teknik pengasahan  dari dua arah.

Share this:

Menyukai ini:

Suka

Memuat…

Kenali Perbedaan 6 Jenis Gergaji. Wajib Tahu Agar Tak Salah Saat Memotong

Kesalahan pemilihan jenis gergaji dapat membuat hasil potongan yang kurang baik.

IDEAonline – Meski kamu jarang menggunakan gergaji, tak ada salahnya kamu mengenali jenis gergaji.

Siapa tahu, suatu hari kamu membutuhkannya.

Gergaji merupakan alat bantu pertukangan yang mudah ditemukan di mana saja.

Alat ini biasanya digunakan untuk memotong kayu, besi, atau pipa.

Rupanya gergaji terdiri atas berbagai jenis.

Masing-masing jenis gergaji memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Baca Juga : Bosan Pakai Warna Kayu, Intip 3 Tips Memilih Warna Pintu Fasad Rumah

Gergaji sebaiknya disesuaikan dengan bahan yang akan dipotongnya, karena masing-masing jenis memiliki hasil potong yang berbeda-beda.

Kesalahan pemilihan jenis gergaji dapat membuat hasil potongan yang kurang baik.

Malahan mata gergaji dapat cepat tumpul dan akhirnya patah.

Beberapa jenis gergaji memang dapat diganti matanya, tapi ada juga yang tidak dapat diganti, otomatis harus diasah dengan alat khusus atau diganti dengan gergaji baru.

Baca Juga : 6 Inspirasi Desain Dinding Beraksen Unik, Ubah Tampilan Ruang

 

Gergaji pada umumnya dapat dibedakan dari matanya.

Gergaji yang berfungsi untuk memotong kayu memiliki mata yang kasar dan jarak antarmata renggang, sedangkan gergaji pemotong besi memiliki mata yang lebih halus dan jarak antar mata
lebih rapat.

Berikut ini perbedaan 6 jenis gergaji yang perlu diketahui.

1. Coping saw

Bentuknya gergaji ini serupa huruf “U”, sehingga mempermudah pengguna untuk membuat potongan melengkung pada triplek atau papan.

Mata gergaji kecil, tipis, dan tajam, serta dapat diganti.

Baca Juga : Inspirasi Desain WOHO, Kantor Konsultan Menyatu dengan Rumah Tinggal

Workshop Heaven

Coping saw

2. Handsaw

Handsaw atau gergaji tangan berfungsi untuk memotong balok kayu.

Mata gergaji ini besar dan jarak antarmata renggang, sehingga cocok untuk memotong kayu tebal.

Mata gergaji tidak dapat diganti, jika tumpul harus diasah dengan alat khusus.

Lie-Nielsen Toolworks

Handsaw

Baca Juga : 6 Inspirasi Desain Dapur Berkonsep Monokrom, Cocok untuk Rumah Mungil!

3. Crosscut saw

Jenis gergaji yang satu ini digunakan untuk memotong kayu secara melintang.

Forestry Suppliers

Crosscut saw

Baca Juga : Inspirasi Desain Dapur Warna Kuning Cerah, Ubah Basement Jadi Terang

4. Backsaw

Backsaw memiliki mata yang kaku, sehingga cocok untuk memotong sudut dan mengikis.

B&Q

Backsaw

Baca Juga : Inspirasi Desain Hunian Mikro 26 M2, Tetap Lega Berkat Furnitur Kompak

5. Keyhole saw

Sesuai namanya, gergaji jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan dibuat khusus untuk memotong di bagian-bagian yang sempit.

Fine Tools

Keyhole saw

Baca Juga : Inspirasi Desain Rumah 40 m2, Nyaman dan Apik Pakai Furnitur Jadi

6. Hacksaw

Gergaji khusus untuk memotong logam ini juga dapat digunakan untuk memotong plastik atau pipa.

Mata gergaji halus, jarak antar mata rapat, dan dapat diganti. (*)

Baca Juga : Terasa Lebih Luas, Contek 5 Inspirasi Desain Apartemen Tipe Studio

Wikipedia

Hacksaw

 

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan

Penulis : Alfa Editor : Alfa

Sebelum woodworking menjadi trend di Indonesia, kita hanya mengenal satu jenis gergaji kayu, gergaji Western Style, dan mungkin beberapa dari kita juga belum mengenal perbedaan gergaji potong dan gergaji belah. Setelah youtube dan woodworking menjadi tren dan lifestyle di Indonesia, mulai banyak jenis gergaji yang ada di pasaran.

A. Western Style

Gergaji ini gergaji yang paling umum dan paling tua di Indonesia, bentuknya sangat familiar, dengan gagang besar dan bilah pisaunya yang mengerucut kecil di ujung. Ini adalah gergaji Push Saw, dimana untuk menggunakannya, menggunakan teknik dorong. Ada 2 jenis yang paling umum Belah dan Potong, dimana Gergaji Belah umumnya memiliki gigi yang lebih besar dan jarang-jarang, sedangkan Gergaji Potong memiliki gigi yang lebih halus dan lebih rapat.

B. Japanese Style

Berbeda dengan Western Saw, Japanese Saw atau Gergaji Jepang, adalah Pull Saw, dimana penggunaannya kita tarik. Gergaji jepang memiliki banyak jenis dan punya banyak nama, ada 3 yang paling umum, Ryoba dengan 2 mata (belah dan potong), Kataba untuk keperluan umum potong dan Dozuki (dengan tulangan atas) untuk pemotongan atau pembuatan sambungan.

Dua “style” gergaji diatas saat ini sudah menjadi perkakas umum di Indonesia, tapi dari masing-masing gergaji diatas, masih ada kategori-kategori  lagi didalamnya, tergantung peruntukannya.

1. Dove Tail Saw / Tenon Saw / Backsaw

Lem kayu dan lem hpl Crona - Dove tail Saw e1625931095308

Gergaji ini biasa digunakan untuk membuat sambungan atau membuat potongan yang tipis, untuk Western Style, bentuknya lebih kecil dari gergaji standar, dan bilahnya tidak mengerucut, lebarnya sama dari handle ke ujung. Untuk Japanese Style, biasa menggunakan Dozuki.

2. Rip Saw / Gergaji Belah

Lem kayu dan lem hpl Crona - Rip saw e1625931146141

Seperti namanya, gergaji ini khusus untuk belah, dengan mata besar dan jarang-jarang. Untuk gergaji Jepang, bisa menggunakan Ryoba.

3. Crosscut Saw / Gergaji Potong

Lem kayu dan lem hpl Crona - crosscut saw fix e1625931455886

Ini juga sama seperti namanya, diperuntukan untuk potong. Untuk gergaji Jepang, kita menggunakan Kataba. Gergaji potong memiliki mata yang lebih kecil dan lebih rapat dibandingkan gergaji belah.

4. Coping Saw / Gergaji Ukir

Lem kayu dan lem hpl Crona - coping saw e1625931557366

Gergaji yang diperuntukan untuk membuat pola, bentuknya seperti catok atau huruf C dengan mata gergaji kecil. Coping Saw mungkin bisa diibaratkan Scroll Saw manual.

5. Fret Saw

Lem kayu dan lem hpl Crona - fretsaw e1625931596575

Bentuknya mirip dengan Coping Saw, bahkan kadang sekilas susah untuk membedakannya. Fret Saw biasanya memiliki rahang yang lebih dalam, dan mata pisau yang lebih ditujukan untuk pemotongan pola dan radius yang lebih kecil dan rapat.

6. Flush Cutting Trim Saw

Lem kayu dan lem hpl Crona - lawson his.co .uk flash cutting trim saw e1625931649561

Bentuknya kecil seperti pisau, dengan bilah yang lentur dan mata yang kecil dan rapat. Gergaji ini biasa digunakan untuk memotong/memangkas dowel atau memangkas sisa kayu.

7. Hacksaw / Gergaji Besi / Metal

Lem kayu dan lem hpl Crona - hacksaw e1625931726989

Ini gergaji yang biasa kita gunakan untuk memotong besi, bentuknya mirip seperti Coping Saw tapi matanya lebih panjang dan lebih lebar.

Gergaji mungkin perkakas yang wajib buat woodworking, minimum 2 jenis gergaji yang harus kita punya, gergaji potong dan gergaji belah, walaupun kita bisa mendapatkan keduanya hanya dari satu gergaji, gergaji jepang Ryoba. Saat ini gergaji Jepang memang jauh lebih mahal dibandingkan gergaji Western Style yang ada di Indonesia, tapi ini karena belum banyak gergaji Western yang bermerk yang masuk ke Indonesia, jika nanti sudah masuk, kemungkinan besar harganya bisa lebih mahal dari gergaji Jepang.

Menggunakan gergaji yang tepat untuk pemotongan, akan membuat pekerjaan menjadi efisien dan tentunya akan memudahkan kita dalam proses pembahanan.

 

Artikel dibuat oleh: Om Doneeh (Hobikayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *