Pengalaman trainee manager mie gacoan

Halo kamu, di tulisan aku kali ini aku ingin berbagi pengalaman OJE ku di McD yang bertepatan di Bandung, ini adalah kali pertamanya aku sebagai jobseeker terjun langsung di dunia kerja. Pertama kali? Yup, motivasi aku untuk bekerja adalah mengisi waktu ke gapyear- an ku selepas SMA huhu…

Sebenernya banyak suka duka kalau keinget pengalaman Oje, kenapa tuh? Nanti juga kamu tau, ok langsung aja aku cerita.

Jadi kenapa bisa kefikiran ngelamar di McD?

Aku ingin kerja di sana karena dulu mcd adalah tempat makan favorit ku semasa kecil, mainan happy mealnya, badut duduk dengan senyum lebarnya dan juga ada salah satu sodaraku yang pernah kerja di sana selama dia kuliah saat di semarang.

eh salah badut

Sebagai orang yang bener-bener baru pertama kali cari kerja (fresh graduated SMA), bisa di bilang aku masih polos, seperti burung yang di lepas dari sangkarnya lalu keluar menemui dunia sesungguhnya. Ngerti ga maksdunya? Jadi gini maksudnya, dulu lingkungan aku Cuma di sekolah yang di awasi dan di bimbing oleh guru-guru, dan setelah lulus kita mencari tujuan masing-masing tanpa bimbingan siapapun ada yang lanjut kuliah dan nyari kerja, hal ini menjadikan aku harus berani dan ga malu, aku merasa bahwa aku memang harus aktif cari sana sini. Aku baca-baca blog para pencari kerja, dengan pengalaman mereka aku tahu bagaimana gambaran rasanya menjadi jobseeker dan menguatkan hati ini untuk berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

Saat itu aku ga tau gimana caranya ngelamar di McD, bingung ngelamar sebagai apa, bingung bentuk surat lamarannya seperti apa, maklum lah pertama jadi jobseeker, lalu kuputuskan aku harus nanya langsung ke pegawainya.

6 juli 2018

Aku ke gramedia merdeka, dengan tujuan nyari kerja di daerahsana, tetapi fokus utama ku tetap nyari pegawai Mcd agar bisa di tanya-tanya.Kebetulan saat itu hari jum’at jam 12 an dimana waktu itu lagi sepi. Oh ya digramedia merdeka ada counter ice cream mcd, langsung deh aku ke sana, sksd lahaku ke mba pegawai mcd. Banyak banget pertanyaan yang aku lontarkan, sepertiaku mewawancarai mba nya haha, tapi mba nya enjoy dan baik banget. Jadipertanyaan yang aku tanyain kurang lebih kaya gini

  1. Cara ngelamar ke McD

Di mcd kita bisa taruh lamaran kita langsung ke storeterdekat atau di mana aja bisa, beda sama resto lain yang biasanya hanya bisadi drop di pusat.

  • Nyantumin posisinya sebagai apa?

Crew Store (untuk lulusan min SMA sederajat)

  • Kalau ga berpengalaman gimana?

Coba dulu aja, nanti pasti di pertimbangin sama pihakmanager sesuai kinerja kamu saat Oje (akan ku bahas nanti)

  • Ijazah belum turun bisa pakai SKL?

Bisa, lampirkan dulu aja nanti kalau ada panggilaninterview, kamu jelasin kenapa ga pakai ijazah.

  • Surat lamarannya ketik atau tulis tangan?

Bisa dua-duanya, terserah pilih yang mana

  • Pakai map atau apa?

Kesannya aneh ya aku nanya ini haha, kenapa aku nanya ini,Karena saat aku sma dulu di materi buat surat lamaran kerja itu pake map biola,ternyata zaman sekarang itu pake nya amplop coklat. Untung aja aku menanyakanitu, kebayang ga sih kalo aku ngelamar pake map biola, pasti udah di tolakduluan dan  surat lamaranya bisa bercecerkemana-mana

  • Terus surat lamarannya di kasih ke siapa?

Bisa di taruh ke kasir, atau kamu bisa langsung ngehampirinmanager in charge, biasanya manager McD itu yang berpakaian putih ke abu-abu angitu dan pakai dasi.

Oh ya aku kasih saran, sebelum kamudrop cv di tempat manapun mending kamu tanyai dulu pegawai nya apakah adalowongan atau engak, jangan sampai ternyata kita udah drop tapi ternyata ga adalowongan, tau ga nasib surat lamaran kita beserta lampiran-lampirannya kemana?Ya tentunya di buang karena mereka emang lagi ga butuh pegawai, kebayang ga tuhbiaya buat surat lamarannya hangus begitu saja huhu…

Ok perjuanganku berlanjut esok hari, dari semalan sepulangdari gramedia aku langsung buka laptop dan buat surat lamaran lalu pergi ketukang fotokopi. Ada 3 surat lamaran yang aku buat untuk drop ke 3 tempatyaitu, mcd Dago, IP, dan BIP.

Dengan penuh harap aku pergi ke-3 tempat tersebut, yangpertama Mcd Dago. Surat lamaran udah tersimpan rapih di dalam tas dan hanyalangsung di drop, saat aku ingin menyerahkan surat lamaran ke manager yangkelihatannya lagi sibuk tapi tetep aku hampiri

Aku (A), Manager (M)

A : “Halo pak permisi Saya mau drop surat lamaran bisa?”

M : “Maaf kita lagi ga buka lowongan untuk perempuan disiniudah cukup pegawai perempuannya, kita lagi butuh laki-lagi karena kekuranganpegawai untuk pesan antar”

JLEB, harapanku musnah guys untukngelamar di mcd dago, padahal ini store ini deket sama rumahku kurang lebihCuma 1,5 KM aja, ok langsung deh aku meninggalkan mcd dago, dan berharap penuhsama mcd ip/bip.

Sesampainya di McD BIP, aku ga ngelihat ada manager yanglagi jaga di depan, yaudah aku langsung drop lamaran ke kasir dengan berbagaidoa yang aku panjatkan agar ini menjadi rezekiku wkwk…

Tujuan terakhir ialah McD IP, saat itu counter lagi ramai,dan ga memungkinkan aku ke kasir, akhirnya aku tanya lah ke satpam

Aku(A) , satpam (S)

A : “Pak saya mau drop cv kemana ya?

S : “Oh tunggu sebentar ya”

Beberapa menit kemudian ada pegawai mcd dengan topi birunyangehampirin aku

Aku sebut Pegawai(P)

P :“bisa di titip ke saya neng, kebetulan mcd mau buka geraibaru di setiabudi jadi butuh banyak pegawai”

Wihhh aku SENENG SEKALI degernya artinya aku berkemungkinanbesar bisa di terima disini haha PD amat ya..

Terus aku cek lagi surat lamaran ku besertalampiran-lampirannya, siapatahu ada yang kelewat

P : “di tunggu aja ya neng panggilannya”

A : “ok siap, terimakasih pak”

                Sesampainyadi rumah dan hari-hari selanjutnya, aku mantengin HP terus, takutnya adapanggilan tapi ga keangkat, fikiranku kalut desertai rasa gelisah dan was-wasmemikirkan panggilan yang tak pasti, apakah aku akan di panggil atau malah diskip karena kualifikasi yang aku punya ga memenuhi standar. Yang biasanya hpselalu di matiin kalau lagi tidur, aku biakan menyala setiap saat, maafkan akuHP kamu ga aku kasih istirahat tidur juga huhuhu..

Selang beberapa hari, ada telfon dengan nomor asing yangmasuk….

Penelfon (N), Aku (A)

N : “Halo, atas nama Yunda?”

A : “iya ini saya”

N : “ tanggal 13-14 juli OJE ya di McD Ip,dari jam 10 pagi,pakai baju hitam putih dan sepatu pantofel

A : “oh iya bu siap, kira-kira Oje itu ngapain aja ya?

N : “iya jadi selama 2 hari itu nanti kamu akan dilihatkinerja nya bagus atau tidak”

A : “okay bu terimakasih”

Langsung dah tuh loncat loncat kegirangan karena adapanggilan oje(Training), pokonya harus maksimal dan harus keterima.

Tapi rasa gundahku belum berhenti sampai disitu, masihmemikirkan celana hitam dan sepatu pantofel, lah kan aku ga punya, beli juga sayanguang deh. Disini aku bingung masa iya pakai sepatu pantofel (iya sepatu yangaku maksud itu sepatu pantofel paskibra dengan hak) kan aneh ya, setelahgoogling ternyata pantofel yang dimaksud adalah sepatu pantofel kerja tanpahak, Alhamdulillah ada. Sepatu itu ku beli hampir 6 tahun lalu yang samsek gapernah di pakai, karena setelah di lihat-lihat ini ga cocok untuk main, karenauntuk kerja. Di lap lah sepatu itu dan celana hitam ku pinjem dari teman. Gamodal banget ya haha

13 juli 2018

Jam 9.40 aku otw, kebayang ga tuh berani banget otw jamsegitu. Untungnya ga macet dan setibanya aku di sana pas jam 10.00.

Sesampainya di sana aku bingung harus ngapain dan kemana,langsung aku nanya ke mas pegawainya kalau aku mau OJE hari ini. Ternyata adajuga yang OJE yang se-shift bareng aku namanya teh Annisa. Kita berdua di suruhuntuk nyimpen tas di Crew Room, jadi disana ada loker untuk penyimpanan baranggitu.

Kita disuruh duduk dan menunggu arahan dari manager, setelahnunggu beberapa menit manager datang dan nge absen nama kita.

Manager (M), Aku (A)

Manager : “nama kamu siapa?”

A : “Saya Yunda bu”

M: “hmm kamu ga di make up ya? Sana make up dulu, mintabantuan yang ada di crew room”

A : aduhhhh harus di make up? Lah aku ga bisa, punya make upaja enggak, sautku dalam hati

Untungnya pegawai disana baik-baik dan mau nge make up inaku hihi..

Oh ya jujur aku tuh ga bisa makeup, paling-paling Cumapelembab bibir dan bedak marck yang kupunya wkwk..

Setelah selesai makeup kita yang OJE di arahin sama mas yangaku hampirin tadi, aku lupa namanya sebut saja ka gery. Oh ya OJE itu pastiakan di tempatkan di Lobby dan Kitchen, untuk hari pertama aku di tempatkan dilobby dengan tugas-tugas sebagai berikut:

  1. Ngangkatin sampah makanan di atas meja danngelap
  2. Ngepel
  3. Nyapu
  4. Memastikan toilet selalu kering
  5. Ngelap kaca

Secara kasarnya bisa di bilang kita tuh jadi cleaningservice nya.

Kita di kasih tau kalau alat pel (mop), lap (towel), sarungtangan (hand gloves) itu macem-macem berdasarkan warnanya dan harus sesuaitempat penggunaannya, kalau salah dan katahuan kita bisa dapet peringatan.

Bersih- bersih di lobby, terkadang aku ngangkatin sisa-sisamakanan yang masih layak makan dengan porsi yang banyak, ingin nangis lihatnyamembuang makanan begitu saja, kan mubazir ya, tapi ya gimana lagi namanyarestaurant pasti penyumbang sampah makanan terbanyak.

Saat di lobby lantai atas ketika lagi nyapu, ada ibu-ibuyang manggil aku untuk mintaa tissue, aku bingung dong ya untuk apa, karenabiasanya udah di kasih. Saat mau ngasih tisunya….

 OMG!!! NOOOO

Ternyata anak ibunya muntah banyak bangetttttt dong di mejasama lantai, aku panik masa iya aku harus ngelap muntahannya, dan ngepel karenaini kan udah salah satu tugas aku. Karena bingung harus kaya gimana, akupanggil tuh kak gery, untungnya dia mau bantuin aku.

Oh ya Pokonya selama OJE kita harus rajin, jangan kelihatanmales-malesan, pernah suatu ketika, saat aku bingung mau ngapain karena lantaidan meja udah pada bersih, aku jalan-jalan tuh nyari sampah siapa tau dapet,ehh pak manager manggil aku dia bilang

M: “kamu kenapa jalan-jalan aja?”

Aku kaget dong, padahal niatku lagi nyari sampah ini pak L, langsung deh akubilang

A: “saya lagi nyari sampah pak karena udah pada bersih semuanya”

M: “tugas kamu di sini kan bukan itu saja, ada banyak, lakukan yang lainnya saja

A: “Iya pak maaf”

Dari situ aku khawatir kalau penilaian aku jelek, karenaudah dapet peringata kaya gitu, takutnya aku ga akan diterima kerja disini.

jadi intinya kalau semuanya udah perfect, tetep kita gaboleh diem, harus cari kerjaan, jadi di mata manager kita akan terlihat rajin.

Selama OJE, aku baru tau rasanya kerja itu seperti apa,mental kesiapan kerja kita betul-betul di uji, seberapa kuatkah kita apakahakan mengeluh kecapean atau malah berhenti di tengah jalan. Karena ada salahsatu cowo yang shift OJE nya masuk jam 2, di hari pertama dia kaya udahkecapean banget dan lelah, akhirnya di hari kedua dia ga dateng. Jujur sih emngbadan pegel-pegel banget dari pundak,tangan, dan kaki yang di pijet pun lamahilangnya.

Saat OJE kita dapet break 30 menit dan dapet jatah paketpanas 1, enak gat tuh? Apalagi kalau udah jadi pegawainya, wah bosen sihpastinya

Hari ke-2

Di hari ke-dua, yang OJE bertambah banyak kalau di totalnyampe lah 10 orangan, tapi beda-beda jam shiftnya. Anehnya mereka yang barumasuk OJE, kemarin di interview saat aku lagi jam kerja, aku dan teh annisa gadi interview, hmm mungkin kebijakan setiap manager itu beda beda kali ya.

di hari ke-2 ini aku di tempatin di kitchen, di sana aku ditugasin untuk wrap nasi. Di awal kita di ajarin gimana cara ngebungkusnya,sulit sih di awal-awal, kalau ga rapih pasti di ulang, dan akhirnya terbiasadan horeee bisa rapih juga setelah ngebungkus ratusan nasi, selama 8 jam tuh,bisa kebayang ga?

Di kitchen aku ngelihat semua kesibukan para pegawai dengantugasnya masing-masing.

Di restaurant cepat saji seperti McD, jangan harap kita bisaberleha-leha, semuanya sibuk ga ada tuh yang duduk-duduk, lagipula kita ga akannemuin kursi di kitchen. Ya dari namanya juga cepat saji, menuntut pegawainyaagar sigap selalu apalagi kalau 24 jam, ga ada jam berentinya, kecuali kalaulagi sepi ya.

Setelah 8 jam kerja kita beres, kita di bolehin pulang samamanagernya, di sana kita di kasih tau untuk nunggu panggilan maksimal 10 hari,lewat dari hari itu, kita ga lolos.

Akhirnya 2 hari OJE sudah ku lewati dan berbekal badan yangpegal pegal, aku belajar banyak sih selama 2 hari itu, gimana caranyamengahadapi customer yang butuh bantuan, sigap dalam bertindak, selalu ramah,dan saling menghargai . ya itu adalah salah satu pengalaman berharga untukku,

Hari demi hari aku staytune memantau HP, dengan harap-harapcemas aku sangat menginginkan bisa bekerja di tempat tersebut. 10 hari lebihsudah kulalui, ternyata aku menunggu hal yang sia-sia…

Aku mencoba lamar ke mcd lagi

Sebar lamaran sana-sini sudah ku lakukan, uang yang kukeluarkan juga cukup banyak. Stress, khawatir akan masa depan, pemasukan yangtidak pasti, membuatku lelah untuk melamar lagi, terasa semua perjuangankusia-sia begitu saja, sempat aku ingin mengakhiri langkahku, bukan Karena putusasa, aku memikirkan pengeluaranku yang seharusnya bisa ku pakai untuk mengenyangkanperut ini atau berharap yang tak pasti untuk lamar suatu pekerjaan, memangmenjadi jobseeker itu kadang menyakitkan.

8 Agustus 2018

Aku kuatkan niatku lagi untuk mencari pekerjaan, 4 lamaranku buat, salah satunya untuk McD simpang Dago, aku tak tahu pasti apakah adalowongan atau malah aku akan dapat penolakan seperti dahulu ketika aku kanmelamar disini. Hampir sebulan berlalu sejak aku ingin melamar disini, tentusesampainya di sana aku tanya kepada kasir apakah McD sedang buka loker atau tidak,saat itu mba kasir diam sejenak seperti memikirkan sesuatu, lalu dia menjawab,“iya lagi ada lowongan, drop aja lamarannya.”

Mendengar perkataan itu perasaanku harap-harap cemasbukannya bahagia, kenapa? Aku sudah sering mendapat kata-kata seperti itu, yangpada akhirnya itu semua hanya menjadi harapan semata, terlalu sakit jikanyatanya aku tak dapat panggilan seperti yang di janjikan “tunggu saja panggilannya”.

Kurang lebih seminggu aku mendapatkan panggilan, danternyata dari McD simpang dago, di situ aku di beritahu bahwa hari senin akudapat undangan interview dan test.

Selama ini, aku tak tahu bagaimana tipe soal yang biasanya di pakai, aku yang tak bisa menggambar takutnya ada soal yang mengharuskan kita menggambar rumah/pohon/ atau orang seperti soal psikotes pada umumnya. Setelah mendapatkan panggilan itu aku bergegas mencari public space yang menyediakan wifi gratis, ya saya memang sangat ga modal. Alhamdulillah ada salah satu tempat dekat rumah yang menyediakan wifi kencang, dimana itu? Di masjid al-manar, yup masjid. Saat itu malam minggu biasanya ada kajian rutin. Orang-orang pergi ke sana untuk mendengar kajian, aku malah wifian haha, maafkan aku ya Allah . Ku download tutorial cara menggambar test psikotes, belajar berbagai macam tipe soal psikotes, semalam suntuk ku belajar sampai jam 2 pagi, seniat itu aku mencari dan mendapat pekerjaan. Tibalah hari senin, sudah banyak di luar sana kalau ga salah ada 18 orang yang mengenakan pakaian putih hitam sepertiku, lalu kami di suruh unutuk duduk di lobby atas. Selang bebrapa menit ada bapak manager yang memberi arahan kepada kita bagaimana cara untuk test tulis, kau tahu bagaimana tipe soalnya? Sangat-sangat jauh dari apa yang sudah aku pelajari, soalnya kurang lebih ada 20-30 dan pertanyaannya kurang lebih bagaima cara kita menangani customer, ga ada tuh soal di suruh gambar psikotes, test warteg, ga akan ada haha, aku baru sadar tempat yang aku lamar ini adalah restaurant bukan tempat seperti ritel yang kerjanya dalam penjualan barang yang membutuhkan pegawai memiliki intelegensi yang tinggi. Tapi aku tidak menyesal, hal itu itung-itung membersiapkan diriku terhadap berbagai macam test.

Oh ya aku berkenalan dengan beberapa orang disana, ada 2orang yang ku kenal lebih dan kumintai nomer mereka sebut saja el dan fit. Kitasama-sama lulusan tahun 2018 yang baru saja memulai untuk bekerja, jadi rasanyalebih dekat karena senasib, karena ada beberapa orang yang sudah lulus lebihlama dan mempunya pengalaman kerja dimana-mana tentunya sangat jauh dari kami.

Setelah test kami di suruh menunggu sesi interview, aku baruingat saking fokusnya aku belajar psikotes aku tidak belajar untuk mempersiapkansesi interview, untungnya aku kebagian sesi interview cukup lama, dalam waktumenunggu itu kumanfaatkan belajar lewat youtube untuk menghadapi interviewer,sekitar 30 menit berlalu, aku di panggil untuk kedalam.

Ada rasa grogi dalam diri ini, ku kayinkan diriku bahwa akubisa menghadapinya.

Berkenalanlah aku dengan bapak manager namanya Pak Lukman,aku di tanya banyak hal seperti ceritakan dirimu, sekolah dimana, umur berapa,dulu pernah ikut kegiatan apa aja selama sekolah, dan pertanyataan yang membuataku sempet down adalah saat di tanya

Aku (A), Pak Lukman (L)

L: Jadi pengalaman kerja kamu apa aja?

Sumpah Aku bingung untuk jawab pertanyaan ini, Karena jujur belum pernah kerja dalam jangka waktu yang cukup lama dan terikat dalam instansi manapun. Dengan PD nya aku jawab

 A: Sebenernya sayabelum pernah bekerja terikat selepas saya SMA pak, tapi dulu saya punya pengalamanmenjadi Mc Birthday Party, Videografer, video editing yang tentunya mendapatkanuang dan juga berjualan saat masih sekolah dulu”

Dan disitu bapaknya nanya-nanya skill ku seputar pengalamanaku videoediting, rada melenceng sih yah haha tapi untung bapaknya asik bisa diajak ngobrol yang di luar topik. Dan di situ aku banyak nanya seputar McD Kebapaknya, dan di jawab dengan baik dan ngasih tahu aku banyak hal, danblablabla…

 Dan tiba-tibabapaknya bilang

L: “hmm kalau begitu pengalaman kamu sangat jauh ya daribidan F&B”

Waduh mampus!!!!

Apakah bapak meragukan aku untuk bapak pekerjaan? Sempetnyesel kenapa aku bilang pengalaman yang sungguh jauh dari bidang F&B, tapisetelah di fikir-fikir, enggak kok aku yakin itu adalah hal yang terbaik yangudah aku ucapkan, kenapa? Lah kalau aku ga bilang pengalamanku, apa yang bisaaku ceritakan? Sebenernya para interviewer kan hanya ingin melihat cara kamumenyampaikan dan meyakinkan mereka.

Sebuah pengalaman interview yang mengasikkan bagiku di interviewpak lukman, kalau bapak baca ini,

Halo pak! Apa kabar? Hehe

Ah ga mungkin juga sih bisa mampir dan baca tulisan ini haha…

Setelah beberapa menit aku interview akhirnya beres, saataku ingin mengambil tas ku, el bilang “yun kenapa kamu interview lama banget?Yang lainnya mah asa sebentar”, ku jawab “oh ya Masa sih, padahal kayanya Cumasebentar deh”. Ku tak tahu pastinya berapa menit sesi yang berlangsung tadi,tapi sepertinya memang benar jika lumayan lama, karena tadi aku banyak bertanyamengenai McD.

Kita di suruh menunggu panggilan selanjutnya, ntah apakahbenar aku akan di panggil atau tidak, karena aku sangat kefikiran tentangpertanyaan pengalaman kerja, beberapa hari berlalu aku sudah pasrah menunggu.

Di hari kamis malam sekitar set12 malam saat aku sedang asyik menonton TV (maklum ga punya kerjaan), Hp ku ada di kamar, saat sedang fokus menonton aku menyadari ada bunyi yang bukan berasal dari Tv, lalu ku tersadar bahwa itu adalah panggilan Hp, langsung ku ambil seketika, dan benar aku mendapatkan panggilan dari MCD Dago, allhamdulillah aku lolos sesi interview, ku SMS el dan fit, ku tanyai apakah mereka mendapatkan panggilan untuk Oje di McD, dan ya kami bertiga mendapatkannya, di hari minggu  kebetulan aku se-shift bareng el dengan beda jam. Sayangnya fit tidak ikut OJE Karena sakit. Bukan hal yang asing bagiku untuk OJE kerena sebelumnya aku sudah pernah , disini aku Oje hanya sehari dan dari 8 jam kerja 4 jam aku di bagian lobby, 4 jam di bagian kitchen. Aku merasakan hawa yang berbeda disini, jujur pegawai disini sangat ramah, kami yang oje di peringati agar selalu tebar senyuman kepada setiap orang bukan hal yang di paksakan tapi sangat mudah bagiku walau sedang lelah. Aku memaksimalkan diriku saat OJE benar-benar sudah totalitas dan hampir tak ada yang terlewatkan, mungkin OJE ku sebelumnya di Ip adalah menjadi bahan pelajaran untuk ku agar lebih siap lagi, dan ya ku bisa maksimal di OJE kali ini.

Di sana aku juga kenal dengan salah satu pegawai yang jugabaru beberapa bulan kerja disana, inisial namanya R, dia mewanti-wanti aku apasaja yang tak boleh aku lewatkan, apa saja yang harus aku lakukan, jujur senangbisa di beri bimbingan seperti itu.

Saat break, aku memilih duduk di atas, karena di bawah sudahpenuh. Kebetulan ada R yang sedang break juga, tak fikir lama aku langsung izinuntuk semeja dengannya. Kami bercerita banyak hal, aku juga tanya kepada dia,berapa orang yang di panggil untuk OJE dalam 3 hari ini, dia bilang bahwa padahari jum’at ada 3 orang, sabtu ada 2 orang, dan minggu saat ini 2 orang. Jadikesimpulannya ada 7 orang yang lolos dari sesi interview dari 18 orang. Oh yadan salah satu hal yang membuatku terkejut, ternyata dia adalah mantan pacarteman SMP ku dulu haha… sungguh kebetulan.

Selepas break aku di tugaskan untuk wrap nasi, ok ini halyang sudah pernah aku lakukan sebelumnya, sebisa mungkin aku harusmembungkusnya dengan rapih dan cepat. 4 jam berlalu, terasa sangat singkatuntuk ku, tak seperti OJE sebelumnya aku merasa waktu seperti diperlambat danbadan pegal-pegal, kali ini tidak. Aku di persilahkan pulang oleh manager, akudi tanyai apa saja yang sudahku lakukan seharian ini, di akhir kata dia bilang“tunggu panggilan selanjutnya ya dalam 7 hari”, aku ingin memastikan apakah 7hari adalah waktu maksimal, lalu ku tanya “pak bagaimana jika dalam 7 hari sayabelum dapat panggilan”, di jawab “maaf sepertinya kamu tidak lanjut”.

Lagi-lagi dengan penuh harap, aku menunggu dengan cemastakut-takut aku tak mendapatkan panggilan, aku dan el saling bertukar kabarapakah salah satu dari kami ada yang sudah mendapatkan panggilan. 7 hariberlalu, aku stress, aku terus-terusan bertanya pada diriku kesalahan apa yangsudahku perbuat, apakah ada sesuatu yang aku lewatkan? Apakah di mata manageraku itu tak layak?, negative thingking pun menyerbu, alih-alih ingin mengoreksikesalahan, hal ini membuatku putus asa.

4 hari kemudian aku mendapatkan kabar bahwa tanggal 4september 2018 aku di dipersilahkan hadir untuk mengikuti masa orientasi dan ttd kontrak.

Tau rasanya mendengarkan kabar tersebut?

AKU SEDIH, loh loh loh, why?

2 hari sebelumnya aku di kabarkan harus pindah rumah, takbisa berkutik banyak, aku sudah merelakan bahwa aku tak akan memilikikesempatan bekerja di McD karena sudah lewat batas waktu. Tapi ternyata, akumendapatkan panggilan untuk lanjut di McD. sisi lain aku senang mendapatkanpanggilan artinya apa yang telah aku lakukan sudah baik, sisi lain aku haruspindah rumah, aku sangat sedih karena aku pindah ke tempat yang sangat jauh,yaitu Katapang, jika kamu melihatnya di maps, kau akan tahu bagaimana gambaranjauhnya antara Katapang-Dago. Lagipula aku ini hanya mengandalkan antar jemputayah, tak tega aku jika setiap hari seperti ini terus. Akhirnya ku putuskan akumelepas McD, dengan berbagai pertimbangan. Berat rasanya, ketika teringat olehperjuanganku mencari kerja sana sini yang ga dapet-dapet, tapi ini ku lepasbegitu saja. Aku juga merasa bersalah kepada pihak McD yang sudah memberikankesempatan untuk ku bekerja disana tetapi ku tinggalkan. Aku sangat menyesalkansikapku tidak professional kepada mereka, aku tak berpamitan untuk mengundurkandiri, dan ini sepertinya ber efek pada pengalamaku selanjutnya.

Dan setelah itu aku kembali bergelarkan “Job Seeker”.

Ingin ku tuntaskan pengalaman Oje ku, dan ini yang ter akhirke-3

Dari semua cabang yang ada di bandung totalnya kurang lebihada 9 store, 7 tempat sudah ku lamar yaitu:

  1. Istana Plaza
  2. BIP
  3. Simpang Dago
  4. Kopo
  5. Buah-batu
  6. Soekarno-hatta
  7. Gatot subroto

Widih gila ga tuh? Kok segitu ngebetnya sih ngelamar di McD?sebuah prinsip yang pernah ku pegang adalah ‘sebarlah cv sebanyak-banyaknya’,jadi sebenrnya ga Cuma mcd yang ku lamar.

Oh ya tapi sebenrnya ada alasan lagi juga kenapa aku inginkerja di sini, kerja di sini itu banyak kelebihan di banding resto-resto lainseperti:

  1. Untuk perempuan kita di perbolehkan berhijab
  2. Selama menjadi jobseeker, aku suka down duluanterhadap syarat tinggi badan ketika ingin melamar, kebanyakan perusahaan kaliini mereka menetapkan tinggi minimal 155 cm, bagaimana dengan kabarku yanghanya 151 cm? STRES BRO, untungnya mcd tinggi sepertinya bukan point utama,karena yang paling mereka lihat adalah kualitas kerja mu.

Oh ya aku pernah dapet penolakan langsungkarena tinggi badanku kurang saat ingin melamar ke Gramedia. Jadi giniceritanya

Saat masa-masa pertama aku job seeker danaku mengunjungi gramedia, aku ingin drop cv ke ruang karyawan, sesampainya disana hal pertama perekrut lakukan adalah “tolong buka sepatu kamu”, bingungdong ya mau di apain aku, “berdiri tegak ya, hmmm tinggi kamu kurang 6 cm,disini ketentuannya 157”, what?, “jadi bu saya ga bisa ya?”, “iya ga bisa”, okedeh bu makasih banyak”.

  • Gaji di McD, walaupun ga UMR (sebelum setahun kerja), di sana kita dapat salary yang cukup dengan 20 hari kerja dalam sebulan (gaji tiap daerah sepertinya berbeda ya), plus di sana kita dapat jatah paket panas 1 tiap break
  • Selama OJE di mcd, aku ga ngerasa di sana ada senioritas, semua pegawainya ramah-ramah jadi asik pokonya

Saat itu, ku putuskan untuk melamar kembali ke MCDbubat,kopo,dan soekarno-hatta. Rasa penasaran ini memuncak untuk mencoba lagi.

Keesokan harinya, aku mendapatkan panggilan dari mcd bubat,bahwa besok aku di persilahkan untuk menghadiri sesi interview, aku senanglamaranku di lihat dan di respon. Keesokan pagi jam 10 aku tiba di sana, laluaku menjumpai seseorang yang juga menunggu sesi interview, saat kedatanagn kamiada manager yang kebingungan

“pak saya mau interview, kemarin dapat panggilan”

“interview? Loh kok saya ga tau ya, ga ada yang konfirmasike saya, tunggu ya”

Kami berdua pun kebingungan,bagaimana nasib kami, takutnyaada orang yang jahil menelefon kami

Hampir 20 menit berlalu, ada ibu manager yang mendatangikami, lalu di interview lah aku.

Interviewnya hanya sebentar, ia bertanya apakah aku pernahkerja sebelumnya atau tidak, blablabla

Ibu managerpun langsung memberitahu bahawa sabtu-minggubesok aku OJE.

Tibalah harinya, aku melakukan oje untuk yang ke-3 kalinya, ku lakukan semaksimal mungkin agar penilaian ku baik. Oh ya ada kejadian baru yang aku alami kali ini, seperti OJE sebelumnya aku selalu menjaga washtafel dan toilet selalu kering, syukurlah di toilet mcd bubat ini ga ada jet spray nya, mereka pakai air otomatis yang keluar dari klosetnya, jadi kemungkinan toilet becek itu kecil. Aku pasti selalu bulak-balik untuk memastikan agar semua bersih, saat kulihat sepertinya toilet sedikit becek, ku ambil mop berwarna merah, saat ingin ku mop…. Aku melihat sesuatu yang tak terduga AH GILE SIH INI SIAPA YANG BERAK SAMPE BERCECERAN GINI ingin kabur rasanya melihat kuning-kuning itu di lantai jijik ga sih lihatnya, apalagi ini tugasku untuk membersihkannya uwih… mau kabur dari toilet tapi nanti takut manager melakukan penilaian minus terhadapku jika menemukan sesuatu yang kotor ini karena ini masih tanggun jawabku. Ku bulatkan keberanianku ke kitchen untuk mengambil hand gloves dan mengambil tissue toilet yang panjang untung mengelapnya, yeahhhh berhasil berhasil I did it!!!

Dua hari ku lewati, dan aku di persilahkan untuk pulang olehbapak manager, dia berkata “nanti tunggu panggilan dalam waktu seminggu ya,saya dengan rekan sudah melakukan penilaian terhadap kamu, dan sudah sesuaiekspetasi, kalau saya sreg dalam waktu 2-3 hari pasti akan kamu panggil” terbangggku menderkannya, tanda-tanda seperti mau di panggil nih. Oh ya bu manager jugabilang sebelum ia pulang “sebelum kamu pulang nanti t tinggalkan nomer telfonkamu ke pak ******* ya” ku jawab “siap bu”.

Tau hasilnya apa? Terhitung 19 hari sampai aku menulis ini, tak ada panggilan dari mereka. (sampai ditulis saat bulan oktober 2018)

Ntah lah, sudah lelah ku mencari kerja, tak tahu di mana akuakan mendapatkannya, semua terasa sia-sia bagiku.

Yup sampai disini ku ceritakan pengalaman suka-duka ku, jikakamu  bisa mampir dan membaca tulisankukarena mendapatkan panggilan OJE atau mau melamar ke McD, semangat ya!!! Semogalolos, dan semoga rezeki kita dapat di lancarkan Aamiin, doakan  aku ya hehe…

Iklan

Bagikan ini:

Menyukai ini:

Suka

Memuat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *