Modal 15 juta usaha apa

Ide Usaha Modal 15 Juta Paling Laris dan Menguntungkan 4 menit membaca

4 menit membaca

Siapa bilang kalau membangun usaha membutuhkan modal yang besar? Hanya dengan bermodalkan Rp15 juta, kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat lo. Saat ini, banyak sekali ide usaha modal Rp15 juta yang bisa kamu jadikan pilihan, baik itu dalam bentuk franchise maupun dalam bentuk inovasi baru yang sedang hits di kalangan masyarakat.

Namun perlu diketahui, meskipun terdapat banyak sekali ide usaha modal Rp15 juta untuk dijadikan pilihan, kamu juga perlu melakukan observasi terkait jenis bisnis apa yang sedang hits di masyarakat.

Hal itu bertujuan agar bisnis yang akan kamu jalani memiliki peluang besar untuk meraup keuntungan.

Jika masih bingung, yuk kita cari tahu bersama-sama mengenai ide usaha modal Rp15 juta yang paling laris serta mengutnungkan untuk saat ini. Apa saja sih?

Ide Usaha Modal 15 Juta Paling Laris

1. Frozen Food

Frozen food - Ide Usaha Modal 15 Juta Paling Laris dan Menguntungkan

Ide usaha modal Rp15 juta yang pertama akan kita bahas yaitu bisnis frozen food. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya frozen food sangat membantu dalam hal kepraktisan dan efisiensi, khususnya untuk ibu rumah tangga.

Jika sedang tidak masak di rumah, frozen food terkadang menjadi alternatif makanan yang paling sering ada di dalam persediaan kulkas.

Melihat fakta yang ada, maka tak heran apabila bisnis frozen food bisa dijadikan sebagai pilihan ide usaha modal Rp15 juta yang paling laris dan menguntungkan.

Selain itu kamu juga tidak perlu menunggu lama untuk balik modal lo. Jenis Frozen food sangat beragam mulai dari makanan lauk pauk seperti siomay, batagor, sosis, nugget, ataupun bakso, hingga makanan ringan seperti kebab, piscok, dadar gulung, dan dimsum.

Untuk perhitungan biaya, maka hanya dengan modal Rp15 juta saja kamu sudah bisa mendapatkan beberapa hal berikut ini:

Alat produksi : Rp5 Juta

Bahan baku: Rp5 Juta

Gaji karyawan: Rp3 Juta

Kemasan: Rp1 Juta

Biaya Operasional: Rp1 Juta

Total Modal: Rp15 Juta

Sebagai langkah awal, kamu tidak perlu merekrut karyawan, sehingga modal yang kamu butuhkan bisa saja kurang dari Rp. 15 juta.

2. Minuman

Minuman - Ide Usaha Modal 15 Juta Paling Laris dan Menguntungkan

Selain frozen food, minuman juga merupakan salah satu ide usaha modal Rp15 juta yang paling laris dan menguntungkan untuk saat ini, khususnya untuk minuman dingin.

Hal itu dapat dimaklumi, karena selain mengurangi dahaga, minuman dingin juga terkenal karena sangat menyegarkan.

Apalagi jika dikonsumsi pada siang hari saat cuaca sedang panas menyengat.

Saat ini sudah banyak jenis minuman hits yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai peluang usaha, mulai dari bubble tea, cheese tea, thai tea, hingga aneka ragam kopi.

Nah, untuk jenis bisnis satu ini, kamu bisa memilih antara franchise ataupun membangun bisnis dari awal secara mandiri.

Jika kamu membangun bisnis secara mandiri, maka modal awal bisa ditentukan sendiri, mulai dari alat produksi, biaya operasional, bahan baku, hingga kemasan bisa saja hanya membutuhkan modal kurang dari Rp15 juta.

Tetapi jika kamu ingin menjalin kemitraan dengan beberapa brand minuman yang sudah memiliki nama di kalangan masyarakat, ada kemungkinan modal yang kamu keluarkan bisa saja lebih dari itu.

3. Catering Makanan

Catering makanan - Ide Usaha Modal 15 Juta Paling Laris dan Menguntungkan

Ide usaha modal Rp15 juta selanjutnya yaitu catering makanan. Bisnis satu ini sangat cocok dilakukan untuk ibu rumah tangga yang ingin mencari uang untuk diri sendiri.

Modalnya pun tidak terlalu besar karena bisa dilakukan di rumah tanpa harus menyewa lahan atau tempat dengan memanfaatkan peralatan dapur yang dimiliki.

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa ide usaha modal Rp15 juta ini juga memiliki berbagai macam jenis lo. Sehingga ada baiknya jika kamu juga menentukan jenis bisnis catering seperti apa yang diinginkan.

Mulai dari catering rumahan, catering kantoran, hingga makanan anak bisa kamu jadikan sebagai pilihan.

Selain itu, kamu juga harus melengkapinya dengan berbagai perlengkapan. Untuk ide usaha modal Rp15 juta ini kamu tidak perlu membeli perlengkapan baru.

Manfaatkan peralatan masak yang dimiliki, sehingga kamu hanya perlu mengeluarkan modal untuk alat-alat yang belum dimiliki saja.

Kemudian kamu juga harus mempersiapkan kemasan yang sesuai dengan jenis bisnis catering yang kamu pilih.

Sebagai contoh, jika kamu memilih catering makanan anak maka gunakanlah kemasan yang lucu dan berwarna.

Sedangkan jika kamu memilih bisnis catering makanan rumahan, maka gunakanlah kemasan yang sederhana namun juga menyertakan informasi seputar kontak dan informasi lainnya. 

Karena biasanya bisnis catering rumahan akan bisa lebih jauh berkembang dari mulut ke mulut.

Jika ditotal maka modal yang harus kamu keluarkan bisa saja hanya mencapai Rp15 juta bahkan kurang.

4. Franchise Makanan

Franchise makanan - Ide Usaha Modal 15 Juta Paling Laris dan Menguntungkan

Berbicara mengenai bisnis, tentunya kita tidak bisa melupakan yang namanya franchise makanan. Tidak hanya menjadi salah satu ide usaha modal Rp15 juta yang bisa dijadikan pilihan.

Franchise makanan juga sering kali dilakukan oleh para pelaku usaha sebagai langkah awal mereka untuk turun di dunia pebisnisan. Mengapa?

Melalui franchise makanan, kamu tidak perlu membuat perencanaan bisnis sejak awal melainkan hanya menjalankan bisnis yang sudah ada dan memiliki nama di pangsa pasar.

Modal untuk bisnis franchise makanan bervariasi, ada yang mencapai Rp 100 juta bagi brand-brand terkenal, namun ada juga bisnis franchise makanan yang membutuhkan modal dibawah Rp15 juta.

Tak hanya itu, dengan sejumlah modal yang kamu keluarkan, kamu bahkan sudah mendapatkan berbagai hal yang diperlukan. Mulai dari kemasan, gerai apabila diperlukan, hingga bahan-bahan produksi yang dibutuhkan.

Saat ini peluang bisnis dan ide usaha modal 15 juta sudah sangat banyak dan memberikan peluang bagi para pelaku usaha untuk berkembang di dunia bisnis.

Meski begitu, tentu saja kamu memerlukan modal untuk memulainya. Jika kamu ingin memulai bisnis tetapi belum memiliki modal yang cukup, tak perlu khawatir.

Segera ajukan pinjaman saja di CekAja.com. Dengan persyaratan yang mudah dan proses yang cepat, kamu bisa segera memiliki bisnis idaman tanpa perlu memikirkan modal.

Pinjaman Dana Online Proses Cepat

Pengajuan bisa melalui menu di bawah ini & Dapatkan Dana Dalam 24 Jam Cek Aja di Sini

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha

Jakarta

Usaha modal 20 juta bisa terbilang modal yang lumayan besar. Untuk beberapa jenis usaha, modal Rp 20 juta juga cukup untuk membuat bisnis dengan skala medium.

Jadi, dengan modal segitu kamu bisa memanfaatkannya untuk meraup keuntungan yang banyak. Simak beberapa rekomendasi ide usaha modal Rp 20 juta di bawah ini yuk!

Rekomendasi Usaha Modal Rp 20 Juta

1. Usaha Kaca Film Mobil

Mengutip e-book bertajuk 100 Peluang UKM Terdahsyat karya Rizal Calvary Marimbo, salah satu ide usaha modal Rp 20 juta yang bisa dilakukan adalah usaha kaca film mobil. Pasalnya, usaha ini bisa dibilang tidak seribet usaha bengkel otomotif.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Usaha ini merupakan bisnis dalam bidang jasa pemasangan dan pengadaan kaca film mobil. Peluang besar utamanya mungkin ada di kota-kota besar. Dengan modal Rp 20 juta saja, usaha ini bisa jalan.

Namun, dengan catatan kamu perlu menyiapkan kaca film untuk target pasar kelas menengah ke bawah. Biasanya kaca film per mobil itu harganya Rp 800 ribu.

Modal untuk target pasar menengah ke bawah, kamu bisa meraup keuntungan hingga 40% untuk setiap mobil. Jika kamu ingin menarik pelanggan lain, mungkin kamu bisa turunkan sedikit keuntungannya.

2. Usaha Modifikasi Mesin Motor

Modifikasi mesin motor juga bisa menjadi ide peluang usaha modal Rp 20 juta selanjutnya. Pelayanan modifikasi mesin atau korek mesin ini bisa lebih menggiurkan dibandingkan servis biasa.

Harga sekali modif mesin bisa mencapai Rp 700 ribu per mesin. Apalagi jika pelanggan meminta untuk memperlancar aliran bahan bakar, buangan angin atau memperbesar rongga blok mesin, pastinya akan ada biaya lebih dong?

Dengan modal Rp 20 juta, kamu bisa memiliki bengkel seluas 7 m² atau bisa juga untuk menyewa toko. Siapkan dana Rp 15-20 jutaan untuk membeli peralatan bengkel. Misalnya, alat tuner, kompresor dan lain sebagainya.

3. Usaha Merangkai Bunga

Ajen Dianawati dalam bukunya bertajuk 20 Usaha Sampingan Paling Menguntungkan, menyebutkan bahwa usaha merangkai bunga bisa menjadi peluang ide usaha modal Rp 20 juta.

Rangkaian bunga ini bisa dijadikan hadiah untuk orang-orang tersayang. Modal usaha yang perlu disiapkan yaitu Rp 10-20 juta untuk biaya sewa usaha dan biaya operasional.

Banyak orang juga yang membeli karangan bunga. Pasalnya kiriman bunga ini selain bisa jadi tanda ucapan selamat, bisa juga menjadi pengganti diri seseorang karena tidak bisa hadir dalam suatu acara.

Selain itu, peluang usaha ini juga bisa dikerjakan oleh siapa saja. Hanya modal kreatif dan ketelatenan juga sudah cukup, untuk memasarkan karya-karya karangan bunga.

4. Usaha Katering Makanan

Usaha katering juga bisa menjadi ide bisnis menguntungkan yang bisa dilakukan, bahkan dengan modal di bawah Rp 20 juta. Alasannya, karena banyak orang yang tidak memiliki kemampuan masak maupun waktu untuk memasak.

Jadi, hal itu bisa kamu manfaatkan untuk menjadi solusi bagi mereka. Peluang bisnis makanan juga masuk dalam daftar peluang bisnis terprospektif, karena berhubungan dengan banyaknya jenis makanan yang bisa dibuat.

5. Usaha Ternak Ayam Potong

Usaha ternak ayam potong juga bisa dijadikan ide usaha modal 20 juta di kampung maupun di desa lho. Alasannya, karena di desa cenderung masih banyak lahan yang bisa dijadikan area ternak ayam.

Permintaan akan daging ayam juga memang tinggi. Modal Rp 20 juta, bisa cukup untuk membuat kandang, membeli bibit ayam ratusan ekor hingga untuk pakannya.

6. Warung Sembako

Membuka usaha seperti warung sembako rumahan juga termasuk ide bisnis yang bisa dilakukan dengan modal Rp 20 juta. Kamu bisa menggunakan modal tersebut untuk membeli etalase seperti meja, rak dan lain-lain, biaya listrik hingga produk jajanan hingga bahan pokok (kopi, gula, beras, gula, kecap dan lain-lain).

7. Usaha Bakmi

Ichsanudin A.MI dalam buku berjudul Umat Islam Harus Kaya, menuliskan bahwa usaha bakmi merupakan ide usaha yang bisa dilakukan dengan modal Rp 20 juta. Segmen pasar usaha ini yang dituju adalah segmen menengah, bisa dilakukan dengan menggunakan gerobak keliling atau membuka toko.

8. Usaha Cuci Motor

Jasa cuci motor bisa menjadi usaha dengan modal Rp 20 juta yang bisa kamu coba. Modalnya bisa digunakan untuk membeli alat mesin salju, steam, selang air dan lain-lain. Untuk membuka usaha ini, usahakan tempatnya ada di pinggir jalan atau area strategis lainnya.

9. Bisnis Fashion Hijab

Bisnis fashion hijab cocok menjadi ide usaha modal 20 juta bagi pemula. Apalagi saat ini, banyak model hijab yang bisa dikreasikan.

Kamu bisa memilih untuk memproduksi sendiri hijabnya atau bisa beli aneka hijab lainya dari penjual lain. Jika ingin membuka toko, modalnya bisa digunakan untuk sewa tempat, membeli lemari display, hanger, etalase dan lain-lain.

10. Bisnis Fashion Pakaian

Selain hijab, kamu bisa juga memulai bisnis pakaian muslim misalnya. Seperti kita tahu, mayoritas masyarakat kita kan beragama Islam, jadi bisnis ini akan sangat cocok untuk dicoba. Dengan modal Rp10-20 juta kamu bisa sewa kios, belanja aneka pakaian, hingga biaya untuk promosi.

11. Pet Shop

Bagi kamu yang hobi, cinta atau memiliki ketertarikan ke hewan peliharaan, buka pet shop bisa menjadi ide usaha dengan modal 20 juta. Selain menyalurkan hobi, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan finansial.

Modal tersebut bisa digunakan untuk membeli berbagai jenis kandang, makanan hewan, sewa tempat, obat dan vitamin hewan, aksesoris hewan hingga biaya listrik dan air.

12. Usaha Konter

Membuka konter untuk jualan kuota, pulsa, hingga aksesoris HP juga bisa dengan modal Rp 20 jutaan. Modal tersebut mungkin bisa cukup untuk membuka konter skala medium ya. Adapun hal yang perlu dipersiapkan yaitu tempat usaha bisa kios atau di rumah kamu sendiri, etalase kaca, kursi dan meja dan deposit pulsa serta aneka jenis paket data.

13. Jualan Bakso

Selain bakmi, bakso bisa dijadikan ide usaha modal 20 juta dengan skala medium. Modal yang diperlukan bisa untuk menyewa kios, membeli bahan-bahan, peralatan dan beberapa meja dan kursi untuk pelanggan.

Bakso merupakan makanan yang banyak disukai masyarakat yang harganya relatif murah. Jadi, usaha ini juga terbilang bisa menjanjikan.

14. Usaha Souvenir

Di musim pernikahan, bisnis ini akan menjadi bisnis yang paling banyak dicari. Selain pernikahan, souvenirnya juga bisa untuk acara ulang tahun dan event tertentu lainnya.

Dengan modal Rp 20 juta, cukup untuk membeli bahan baku, internet, biaya listrik, paket sampel hingga promosi. Harga souvenir bisa disesuaikan dengan tingkat kesulitan membuat dan jenis bahannya ya.

15. Usaha Jualan Mainan Anak

Saat ini, banyak juga yang menjadikan mainan anak sebagai ide usaha. Modal 20 juta bisa cukup untuk membeli aneka mainan anak dari produsen, lalu kamu jual lagi.

16. Laundry Rumahan

Modal usaha Rp 20 juta bisa dibuat untuk membuka bisnis laundry. Bisnis laundry merupakan jenis usaha jasa cuci. Peluangnya pun cukup besar, karena usaha ini menjadi solusi bagi mereka sibuk bekerja atau bagi orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci.

Usaha ini cenderung tidak memerlukan banyak tenaga kerja. Dengan modal segitu, kamu bisa membeli alat cuci, pengering, deterjen, pewangi dan lain-lain.

17. Usaha Salon

Modal 20 juta juga cukup untuk membuka usaha salon. Caranya bisa dengan sewa tempat, membeli peralatan dan perlengkapan salon, cermin, kursi, meja dan lain-lain.

18. Konveksi

Usaha konveksi bisa dibangun bermodalkan biaya Rp 20 juta. Dengan menyediakan ruangan atau tempat untuk menjahit dan memotong pakaian, sisa modalnya bisa digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan pendukung lainnya.

19. Tanaman Hias

Bagi kamu yang suka berkebun, usaha jualan tanaman hias cocok untuk dicoba sebagai ide usaha modal Rp 20 juta. Jangan lupa menyiapkan lahan yang cukup untuk menjadi tempat berbagai jenis tanaman hiasnya.

20. Kedai Kopi

Kedai kopi bisa menjadi rekomendasi usaha modal Rp 20 juta lho. Usaha ini cocok untuk menargetkan penikmat kopi atau para anak muda. Saat ini, kamu juga bisa menggunakan sistem waralaba untuk berbagai brand kopi yang sudah terkenal.

Itu tadi daftar contoh ide usaha modal 20 juta yang bisa jadi rekomendasi peluang usaha yang bisa kamu coba. Detikers tertarik buka usaha yang mana nih?

Simak Video “

Google Pangkas 6% Karyawan Secara Global


[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *