Mengapa bunyi tidak dapat merambat diruang hampa

Bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa udara karena di ruang hampa udara tidak ada partikel yang dapat merambatkan bunyi. Bunyi termasuk gelombang mekanik yang memerlukan medium untuk perambatannya. Sehingga bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa udara seperti di luar angkasa.

Pembahasan

Bunyi berasal dari getaran benda yang dihasilkan sumber bunyi. Bunyi dapat terdengar oleh telinga manusia melalui media perambatan. Sifat bunyi salah satunya adalah dapat merambat melalui media tertentu seperti media padat, cair, dan gas. Gelombang bunyi dihasilkan dari getaran benda yang menyebabkan gangguan pada kerapatan medium. Artinya, bunyi tidak dapat merambat melalui media khusus seperti ruang vakum atau ruang hampa udara. Hal ini karena pada ruang vakum atau ruang hampa udara tidak ada media yang dapat dijadikan sebagai rambatan gelombang bunyi.

Contoh ruang hampa udara seperti di luar angkasa. Ketika berada di luar angkasa, para astronot berkomunikasi dengan menggunakan radio. Adapun, bunyi merambat paling cepat melalui media perambatan zat padat. Berdasarkan perjelasan tersebut, berikut syarat yang harus dipenuhi untuk terjadinya bunyi:

  • Ada sumber bunyi berupa getaran benda.
  • Terdapat media untuk perambatan bunyi.
  • Ada alat penerima bunyi yaitu pendengaran.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang contoh perambatan bunyi melalui benda padat, cair, dan gas brainly.co.id/tugas/31066478
  2. Materi tentang peran benda gas dalam perambatan bunyi brainly.co.id/tugas/31066478
  3. Materi tentang contoh perambatan bunyi melalui udara brainly.co.id/tugas/30342611

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Fisika

Bab: Bunyi

Kode: 11.6.9

#TingkatkanPrestasimu #SPJ6

Jakarta

Bunyi merupakan gelombang yang menghasilkan dua hal, yakni nada dan desah. Namun bunyi tidak dapat merambat melalui hal ini.

Dikutip dari buku ‘Fisika Kelompok Teknologi dan Kesehatan’ karya Osa Pauliza, bunyi merupakan gelombang longitudinal. Bunyi tidak dapat dilihat tetapi bisa didengar dari suatu sumber getaran sampai ke telinga.

Lantas, bunyi tidak dapat merambat melalui apa?

Bunyi tidak dapat merambat melalui vakum (hampa udara). Pasalnya, bunyi adalah salah satu jenis gelombag mekanik sehingga perlu medium dalam perambatannya.

Sehingga, bunyi tidak dapat merambat melalui udara hampa, seperti di luar angkasa. Oleh karena itu, para astronot di ruang angkasa hampa udara biasa berkomunikasi menggunakan radio.

Adapun, bunyi merambat paling cepat melalui zat atau benda padat. Tercatat, pada besi cepat rambat bunyi mencapai 5.120 ms⁻1 dan pada aluminium mencapai 5.000 ms⁻1.

Sementara itu, bunyi dapat merambat dalam zat padat, cair, dan gas. Contoh perambatan bunyi melalui benda cair adalah ketika dua batu diadu di dalam air, bunyi yang ditimbulkan dapat kita dengar.

Kemudian, contoh bunyi melalui benda padat adalah pada mainan telepon-teleponan. Pada waktu bermain, telepon-teleponan bunyi akan merambat melalui benang sampai ke telinga kita.

Terakhir, contoh bunyi merambat melalui gas adalah ketika ada orang berbicara dan burung berkicau serta suaranya masuk ke telinga. Hal itu sama halnya dengan bunyi guntur.

Jadi, detikers sudah paham kan bunyi tidak dapat merambat melalui benda apa dan dapat merambat di benda apa saja?

Simak Video “

Konsep Multiverse dalam Sudut Pandang Agama


[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *