Lulusan d3 kebidanan bisa kerja dimana

Pekerjaan bidan bisa dibilang banyak pahala yang didapat karena membantu persalinan perempuan. Salah satu cara menjadi bidan ialah dengan kuliah D3 di jurusan kebidanan. Namun, pertanyaannya, apa saja prospek kerja pemegang gelar bidan D3 selain menjadi bidan? Yuk, ketahui di artikel ini!

D3 Kebidanan banyak tersedia di berbagai universitas, politeknik, sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES) dan akademi kebidanan yang tersedia di seantero Indonesia. Jangka waktu perkuliahannya tergolong pendek, hanya dalam 3 tahun atau 6 semester kamu bisa dapat langsung bekerja membantu persalinan.

Namun, ada beberapa hal yang mesti kamu pahami sebelum berkuliah. Pertama, harus kamu pahami bahwa profesi bidan tertutup hanya untuk perempuan. Kedua, kuliah kebidanan terbilang cukup mahal. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) untuk D3 Kebidanan bisa mencapai minimal Rp5 juta per semester. Ketiga, kamu harus tahu alasan kamu kuliah jurusan ini, seperti “panggilan” atau passion untuk membantu persalinan seorang ibu yang merupakan pekerjaan mulia. Selain itu, kebutuhan tenaga bidan di Indonesia relatif tinggi, terutama di tempat terpencil. Keempat, tentunya kamu harus paham ketahanan mentalmu sendiri. Jangan sampai kamu sudah mengambil dan membayar kuliah di D3 Kebidanan, tapi ternyata kamu takut menghadapi darah atau gak kuat mental menghadapi persalinan secara langsung.

Prospek Kerja Gelar Bidan D3

Setelah lulus, seorang pemegang gelar bidan D3 ternyata punya prospek kerja yang cukup luas, berikut beberapa di antaranya!

1. Bidan

Ini tentu sangat obvious ya. Kuliah D3 Kebidanan ya tentu bisa berpraktik jadi bidan, entah itu di lembaga medis swasta ataupun lembaga medis milik pemerintah.

2. Buka praktik, salah satu prospek kerja gelar bidan D3

Jika kamu punya modal, kamu bisa buka praktek bidan secara mandiri. Pendapatannya lumayan, tapi tentunya kamu juga mesti punya modal dan kemampuan manajemen yang bagus.

3. Pengasuh anak

Ternyata, prospek kerja D3 Kebidanan tak hanya jadi bidan saja, loh! Kamu juga bisa menjadi pengasuh anak. Sebab, saat kuliah kebidanan kamu akan mempelajari perawatan bayi dan balita.

4. Penyuluh kesehatan kehamilan dan reproduksi

Dengan ilmu yang telah dipelajari, seorang lulusan D3 Kebidanan dapat menjadi konsultan atau penyuluh kesehatan di bidang kehamilan dan reproduksi. Selain memberikan penyuluhan kepada ibu hamil, lulusan D3 Kebidanan juga bisa memberikan edukasi kepada perempuan mulai dari anak-anak sampai lansia mengenai kesehatan reproduksi.

Gimana? Tertarik menjalani pendidikan kebidanan dan ambil gelar bidan D3? Kamu juga bisa loh cari informasi seputar jurusan yang kamu minati atau daftar kuliah dengan aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Gak percaya? Yuk, cobain instant approval di sini.

Oh iya, jangan lupa juga untuk asah soft skill kamu sebelum terjun menjadi bidan atau tenaga kesehatan (nakes) nantinya. Soft skill yang gak kalah penting untuk kamu asah di antaranya kemampuan komunikasi dan mendengarkan, loh.

Apalagi kalau kamu tertarik menjadi bidan, kamu harus punya soft skill yang baik. Untuk mengasah soft skill, kamu bisa mengikuti kelas Komunikasi yang Efektif di sini dan kelas Keterampilan Mendengarkan yang Efektif di sini.

Gak hanya mengasah soft skill dan upgrade diri, kamu akan dapat beragam insight dari profesional yang berpengalaman di bidangnya, plus dapat sertifikat dari institusi ternama yang dapat menunjang karier kamu ke depannya. Yuk, ikutan kelasnya sekarang secara online!

goKampus University

sekolah kapal pesiar jogja, kursus kapal pesiar jogja, sekolah perhotelan jogja, kursus perhotelan jogja, lpk perhotelan jogja, lpk kapal pesiar jogja, pelatihan kapal pesiar jogja

Prospek kerja D3 Kebidanan tidak hanya jadi bidan aja lho. Emang ada apa aja? Sebelum masuk ke prospek kerja, yuk bahas dulu tentang dunia kebidanan.

Kebidanan

Di program studi Kebidanan kamu akan mempelajari tentang bagaimana membantu proses persalinan seorang ibu. Tapi, tidak hanya sebatas proses persalinan, tapi juga mendampingi ibu saat proses kehamilan, menyusui, merawat tumbuh kembang bayi, hingga program Keluarga Berencana (KB).

Di sini kamu akan belajar lebih dalam tentang fungsi-fungsi reproduksi dan pengetahuan tentang anak. Kuliahnya nggak cuma teori lho, tapi juga banyak praktek.

Gaji Bidan

Gaji ketika kamu bekerja sebagai bidan swasta biasanya akan lebih tinggi dari gaji bidan PNS. Secara umum, rata-rata gaji lulusan Kebidanan berada pada kisaran Rp 3.000.000 sampai Rp 5.000.000.

Besaran ini belum termasuk dengan bonus-bonus yang akan kamu terima. Emang ada bonus apa aja? Ada bonus operasi, bonus uang makan, bonus transportasi, dan bonus-bonus lainnya. Tapi besarnya gaji juga terpengaruhi oleh lokasi tempatmu bekerja ya.

Biaya Kuliah Kebidanan

Biaya kuliah untuk jenjang D3 Kebidanan memang bisa di bilang mahal. Sama halnya ketika kamu kuliah di bidang kesehatan lain.

SPP untuk D3 Kebidanan sekitar Rp 6.000.000 per semesternya. Tapi tergantung di mana kamu kuliah. Karena biasanya setiap kampus akan berbeda-beda.

Prospek Kerja D3 Kebidanan

Prospek kerja D3 Kebidanan memang cukup luas. Tapi mayoritas lulusan kebidanan menginginkan untuk menjadi bidan. Ternyata tidak cuma jadi bidan aja. Ini dia beberapa prospek kerja lulusan D3 Kebidanan.

  1. Bidan

Bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan Bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Negara Republik Indonesia serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk diregister, sertifikasi dan atau secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan.

Nah, dari situ kita tahu bahwa profesi ini tertutup hanya untuk perempuan saja. Karena Bidan merupakan profesi yang erat kaitannya dengan kesehatan perempuan.

Berbeda dengan perawat yang bisa aktif di berbagai bidang spesialisasi medis, cakupan kerja bidan terbatas pada kesehatan perempuan khususnya yang terkait dengan reproduksi, kehamilan, proses melahirkan hingga pascamelahirkan.

Selain memberikan pelayanan untuk ibu hamil, bidan juga bertugas memberikan panduan kesehatan, juga melayani konsultasi perawatan bayi dan balita.

  1. Pengasuh anak/bayi

Kamu senang berinteraksi dengan anak-anak? Kalau iya, profesi ini akan sangat menyenangkan buat kamu. Pengasuh bertugas mengasah potensi anak dengan kegiatan bermain. Selain itu juga mengurus berbagai perlengkapan harian anak.

Kamu juga harus selalu memberikan informasi tentang perkembangan anak kepada orang tuanya setiap hari.

Seorang pengasuh biasanya bekerja di bawah naungan yayasan penyalur yang kemudian menghubungkannya dengan orang tua anak/bayi yang akan diasuh.

  1. Penyuluh kesehatan kehamilan dan reproduksi

Seorang lulusan Kebidanan juga dapat menjadi konsultan atau penyuluh kesehatan kehamilan dan reproduksi. Selain memberikan penyuluhan kepada ibu hamil, mereka juga bertugas memberikan edukasi kepada perempuan mulai dari anak-anak sampai lansia  mengenai kesehatan reproduksi.

Tertarik untuk kuliah D3 Kebidanan? Selain jurusan kebidanan, kamu juga bisa lho ambil kursus perhotelan dan kapal pesiar. Kalau kamu kerja di perhotelan dan kapal pesiar gaji kamu akan tinggi.

Kursus Perhotelan jogja

Kursus itu pelatihannya singkat. Sehingga kamu bisa cepat kerja dan jadi orang sukses. Kursusnya di mana? Tentunya di LKP Duta Persada Yogyakarta.Di LKP Duta Persada Yogyakarta, kamu akan diberi pelatihan terkait perhotelan dan kapal pesiar. Waktu pelatihannya tidak lama kok, cuma 3 bulan saja. Setelah itu kamu akan magang selama 6-10 bulan di hotel berbintang 4 atau 5. Setelah itu kamu akan disalurkan kerja. Enak kan? Ga usah bingung lagi buat cari kerja.

Yuk daftar di Duta Persada Jogja!!!

Masuk ke jurusan kesehatan ternyata tidak hanya bisa menjadi dokter dan perawat, melainkan bisa juga menjadi bidan. Yakni dengan menempuh jurusan pendidikan untuk kebidanan atau jurusan kebidanan. Berikut informasi detail terkait jurusan satu ini.

Jurusan kebidanan sendiri merupakan sebuah program studi yang mempelajari mengenai keilmuan dan seni dalam hal persalinan. Selain itu dipelajari juga mengenai proses menolong persalinan, nifas, masa menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, menopause, bayi baru lahir, dan fungsi organ reproduksi.

Sehingga di program studi ini, kamu tidak hanya belajar bagaimana membantu para perempuan untuk menjalani proses persalinan. Melainkan juga proses selama fase kehamilan, menyusui, tumbuh kembang bayi, dan juga program keluarga berencana.

Mengambil jurusan ini dijamin akan merasa senang, karena memang seru.

Sebab tidak hanya belajar dari segi teori namun juga praktek langsung di lapangan. Sehingga dibekali ilmu untuk membantu setiap perempuan dalam menghadapi persalinan sampai proses menyusui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *