Kelebihan dan kekurangan bmw 320i tahun 1995

 

Jakarta – Mendengar kata BMW E36 tentu bagi sebagian orang akan langsung ingat dengan mobil sedan. Ya, mobil ini pernah sangat trend dan menjadi salah satu mobil idaman di masanya. Walaupun sudah berumur, kini banyak orang ingin membeli lagi BMW E36 dengan alasan nostalgia.

Alasan nostalgia ini menjadi alasan paling kuat bagi para pembeli BMW seri 3 yang satu ini. Bagi mereka, di saat kecil dulu mereka hanya bisa memandangi BMW E36 tetapi belum bisa memilikinya. Duh, kasih tak sampai nih ye! Beberapa tahun terakhir, ramai lagi nih para pembeli dan penjual BMW E36. Sedan yang satu ini memang punya desain yang cukup menggoda bagi pecinta BMW. Pipih, kotak, dan sporty menjadi tema dari eksterior dari mobil ini.

Tetapi sebelum Anda benar-benar membeli BMW 3-Series, pastikan Anda sudah memahami dengan baik penyakitnya. Penyakit yang dimaksud adalah kekurangan-kekurangan dan masalah yang kerap terjadi pada sedan yang lahir di era 1990-an ini. Bagi Anda yang belum pernah memiliki BMW sebelumnya dan ingin membeli E36, jangan lupa cek beberapa bagian ini.

Mesin

BMW menawarkan E36 dengan 3 varian. Ketiga varian ini tentunya lahir dengan 3 mesin yang berbeda, dimana setiap mesin ini punya karakter tersendiri. Untuk BMW 318i, mesinnya berkode M40 dengan kapasitas 1.800 cc. Mesin ini disebut punya performa yang kurang memuaskan, dan kerap disebut lambat. Nggak cocok dengan karakter BMW E36 yang cukup sporty.

Yang kedua adalah BMW 320i. Mesinnya berkode M50B20 dengan kapasitas 2.000 cc, 6 silinder. Mesin ini banyak disebut sebagai salah satu ‘mesin jahit’ karena suara berisiknya. Dan yang terakhir ada 323i.

BMW E36 323i ini punya mesin berkode M52B25 dengan kapasitas 2.500 cc, 6 silinder. Mesin ini dikenal sebagai salah satu mesin boros dari BMW E36, tetapi soal tenaga yang dihasilkan mesin paling fun to drive. Mesin M52 ini cenderung rentan rusak jika menggunakan bahan bakar dan oli berkualitas rendah.

Interior

Jika Anda membayangkan sebuah BMW E36 ini adalah sedan yang cukup luas, rasanya Anda harus berpikir ulang. Karena kabin E36 ini terasa cukup sempit, walaupun tak sempit-sempit amat.

Selain itu interior E36 ini cenderung cepat rusak. Kerusakan dapat diakibatkan oleh panasnya iklim di Indonesia yang membuat dashboard dan trim terkupas.

Model

Kalau bicara model, BMW E36 ini punya model yang sangat usang. Bayangkan saja usianya yang sudah lebih dari 25 tahun. Tentu tampilannya tak seperti mobil-mobil baru pada umumnya yang punya desain lebih sporty.

Tapi, bagi yang menyukai desain boxy dari sebuah sedan retro, E36 menjadi salah satu yang cukup cihuy. Bagian depan dan belakang mobil ini punya karakter khas dan orang awam pun dapat dengan mudah menebaknya.

Air Flow

Air flow pada mobil ini terkenal rentan rusak. Sekalinya rusak, siap-siap saja untuk mendaratkan mobil ini di bengkel. Cara mengecek mesin BMW E36 sebenarnya cukup mudah.

Dengan menginjak gas dalam-dalam atau menggeber mobil ini pada saat idle, akan kelihatan hasilnya. Jika keluar asap putih, terdapat kemungkinan ring piston dan berbagai komponen di dalam mesin ada yang rusak. Jika hanya mengeluarkan asap hitam, itu menandakan air flownya kotor.

Jika air flownya yang rusak, terkadang akan menimbulkan berbagai masalah baru. Bahkan, malah lebih banyak masalahnya kalau air flownya rusak.

Ruang Penyimpanan

Jangan berharap banyak pada ruang penyimpanan di mobil ini. Para penggemar BMW Seri 3  pun juga kerap menjadikan hal ini sebagai candaan. BMW E36 tidak punya banyak ruang penyimpanan. Bahkan di dashboard atau konsol tengah pun tak ada cup holder. Kalau mau bawa air minum ya diletakkan saja di bangku atau dijepit di paha, hehehe.

Aksesoris BMW E36

Sudah bukan hal yang aneh lagi kalau harga aksesoris dari BMW itu mahal. Aksesoris dan spare parts yang berukuran kecil hingga besar punya banderol yang lumayan. Memang tak semahal mobil baru, tetapi kalau jumlahnya banyak yang dibeli tetap saja akan mahal.

Walaupun kami menjelaskan beberapa kekurangan dari mobil ini, bukan berarti mobil ini tak ada hal positifnya. Mobil ini menjadi salah satu mobil BMW yang cukup nyaman untuk dikendarai. Feeling berkendara yang diberikan cukup asyik dengan mesin N/A yang ditancapkan. Handling dari mobil ini juga terbilang sangat mantap. Lincah untuk bermanuver, dan mudah untuk berbelok. Kesenyapan dalam kabin mobil ini tergolong cukup baik.

Untuk harganya sendiri, BMW Seri 3 ini kini dijual di pasar mobil bekas dengan kisaran Rp 30-100 jutaan. Bahkan kami sempat melihat ada yang menjual BMW E36 dengan harga lebih dari Rp 100 juta. Tentunya harga yang dibanderol berpengaruh kepada kondisi mobil.

Jika ingin mobil berharga murah, siap untuk keluarkan uang lebih. Karena biasanya mobil tersebut akan banyak mengganti parts yang rusak. Semua tergantung kepada harga dan cara Anda mengecek mobil. Jika beruntung, Anda bisa saja mendapatkan mobil murah dengan kondisi sangat baik. Apalagi BMW E36 saat ini menjadi incaran bagi pria muda dan pria paruh baya yang ingin nostalgia masa mudanya. Tertarik membeli?

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan membahas tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i, Intip Juga Pendapat Yang Punya. Mobil BMW bisa dikatakan sebagai mobil sedan premium yang cukup laris di pasaran. Salah satu model mobil BMW seri ke 3 yang banyak peminatnya di Indonesia yakni mobil BMW 320i ini nih.

6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i

6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i

Yup mas bro, salah satu model mobil BMW seri 3 yang paling terkenal yakni BMW 320i alias BMW F30. Kalau di Indonesia, BMW F30 pertama kali datang tahun 2012. Ada 3 tipe, dan salah satunya adalah tipe 320i. Tentu bagi penggunanya mobil BMW 320i ini pasti ada plus minusnya. Nah berikut ini 6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i, yakni:

No.KelebihanKekurangan1.Tampilan yang elegan dan sportyBiaya perawatan mahal2.Interior berkualitas tinggiGround clerance agak rendah3.Fitur keselamatan yang cukup mumpuni  Suara bising ban terdengar4.Mesin bandelHarga komponen mahal5.Fitur melimpahBagian atas klaster instrumen bikin pengemudi silau6.Transmisi ringanTidak ada head up display dan kamera7.Bagasi yang luas dari sebelumnyaPengoperasian fitur membingungkan

6 Kelebihan BMW 320i

Dalam penggunaannya tentu mobil BMW 320i memiliki plus minusnya nih mas bro. Nah berikut ini uraian tentang 6 Kelebihan BMW 320i dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i, yakni:

Tampilan yang elegan dan sporty

Kelebihan yang pertama dari mobil BMW 320i ini adalah Tampilan yang elegan dan sporty nih mas bro. Sebagai sebuah sedan keluaran Eropa, bentuk yang sporty dan elegan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak penggemar baik tua maupun muda.

6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i,6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i,

Interior berkualitas tinggi

Pada mobil BMW 320i ini, memiliki interior berkualitas tinggi mas bro. Desainnya juga dibuat

ergonomis yang terdiri dari ruang kabin cukup lapang di bagian kepala juga bagian kaki. Sehingga membuat penumpang nyaman berada di dalamnya.

Fitur keselamatan yang cukup mumpuni  

Fitur keselamatan mobil BMW 320i ini juga cukup mumpuni mas bro.  Mobil ini terdapat airbag di seluruh kabin baik penumpang atau pengemudi, lalu sistem ABS terbaru yakni Hydraulic Brake Assist dan fitur keselamatan canggih lainnya. Ada juga sistem audio Bang and Olufsen yang nyambung dengan fitur iDrive pada head unit.

Mesin bandel

Selanjutnya kelebihan lain dari mobil BMW 320i ini adalah Mesin yang bandel mas bro. Mesin V6 BMW TwinPower Turbo dengan empat silinder berkapasitas mesin sebesar 2998 cc. Torsi maksimum mobil mencapai angka 450 Nm pada putaran 1380-5500 rpm. Tingkat stabilitas yang tinggi ini dikarenakan sistem suspensi MacPherson Strut pada bagian depan serta multi-link pada bagian belakang BMW 320i ini.

Fitur melimpah

Kelebihan lain dari mobil BMW 320i ini yakni fitur yang meimpah mas bro. Ada BMW LaserLight, Driving Assist, Layar sentuh 10.2 inci di bagian tengah kabin, iDrive 7.0 termutakhir, Sistem navigasi BMW,  Acoustic Glazing pada kaca, dan lain sebagainya.

Transmisi ringan

Pada mobil BMW 320i ini memiliki Transmisi yang ringan mas bro. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis 8 perceptan. Sehingga perpindahan gigi sangat halus dan bikin nyaman dalam mengemudi.

Bagasi yang luas dari sebelumnya

Kelebihan lain dari mobil BMW 320i ini yan Bagasi yang luas dari sebelumnya nih. Bagasi tempat penyimpanan barang bawaan lebih leluasa dibanding generasi sebelumnya.

6 Kekurangan BMW 320i

Selain kelebihan-kelebihan tersebut diatas, mobil BMW 320i ini ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Nah berikut ini uraian tentang 6 Kekurangan BMW 320i dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i, antara lain:

Biaya perawatan mahal

Kesan Biaya perawatan mahal ini sangat melekat pada mobil BMW ya mas bro. Selain harga yang cukup tinggi, memang sering terdengar perawatannya juga mahal. Mungkin hal ini disebabkan harga spart part nya juga mahal, maka butuh perawatan yang istimewa juga mas bro. Dan perawatan yang istimewa dan hasilnya maksimal ya butuh dana yang tidak sedikit.

Ground clerance agak rendah

Mobil BMW 320i memiliki Ground clerance agak rendah mas bro. Desain jenis sedan ini membuat mobil tidak dapat berjalan mulus di segala kondisi jalan. Mobil akan lancar jika melewati jalanan mulus seperti jalan tol atau perkotaan. Tapi sulit berkendara di jalan yang bergelombang, harus ekstra hati-hati.

Suara bising ban terdengar

Hal yang dikeluhkan dari para pengguna mobil BMW 320i ini antara lain suara bising ban terdengar nih mas bro. Kalau dari segi bantingan, BMW 320i bisa dibilang cukup nyaman. Tapi  karena mobil ini menggunakan ban run flat, maka suara bising saat mobil melaju kencang dari ban RFT cukup terdengar.

Harga komponen mahal

Harga spare part pada mobil BMW 320i ini tergolong mahal mas bro. Komponen mobil BMW memang mempunyai spesifikasi yang  tinggi, agar bisa tahan lama dan awet makanya jadi mahal. Dan hal inilah yang membuat harga mobil BMW baru maupun yang bekas itu mahal bro.

Bagian atas klaster instrumen bikin pengemudi silau

Kelemahan yang jarang disadari yakni Bagian atas klaster instrumen bikin pengemudi silau mas bro. Pada kabin depan kelemahannya adalah bagian atas klaster instrumen saat terik matahari akan memantulkan sinar ke arah pengemudi, sehingga dapat mengganggu konsentrasi pengemudi.

Tidak ada head up display dan kamera

Pada mobil BMW 320i ini belum ada head up display dan kamera mas bbro. Padahal fungsi Head-Up Display tentu amat dibutuhkan, baik buat dokumentasi perjalanan atau penunjuk arah (GPS), mendengar musik, bahkan untuk berkomunikasi.

Pengoperasian fitur membingungkan

Meski fitur yang dimiliki mobil BMW 320i ini melimpah, namun tidak semua bisa langsung kita pakai tanpa mempelajarinya terlebih dahulu mas bro. Jadi butuh penyesuaian dalam mengoperasikan fitur-fitur yang ada.

6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i.6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i.

Pendapat Yang Punya Mobil BMW 320i

Selain uraian 6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i diatas, berikut ini beberapa pendapat pengguna Mobil BMW 320i mas bro, antara lain:

Muhammad asyari : Ada uang bisa beli Bagus dan terjangkau..cocok untuk keluarga kecil ..nyaman di kendarai..dan ramah lingkungan..

M.Givan : Nyaman dan Sporty, Selama 3 tahun memakai dan punya Bmw 320i F30 terasa sangat nyaman dan posisi berkendara terasa sporty dan agresif

Tony Salim : Pertama kali mencoba mobil eropa asal jerman bmw 320i tahun 2018,kenyamanan sudah tidak bisa di pungkiri dengan kekedapan yang sangat baik,dan dengan mesin 2000cc twin turbo 184hp mobil ini termasuk irit

Desain eksterior yang keren dengan led light dan back lamp yang keren dan dari sisi interior dengan led display yang bisa berganti warna sesuai mode economy,comfort dan sport,desain jok dan trim dengan balutan kulit dengan jahitan merah memunculkan kesan sportif yang sangat kental

Sound system standart dengan speaker dan subwoofer saya sudah cukup baik,dengan kapasitas hardisk yang cukup besar sehingga bisa menyimpan lagu lumayan banyak dan pengaturan radio dan volume d setir.

Demikianlah uraian mengenai 6 Kelebihan Dan Kekurangan BMW 320i serta Intip Juga Pendapat Yang Punya nih mas bro. Semoga bermanfaat.

Menyukai ini:

Suka

Memuat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *