Hunter x hunter berapa episode

Halaman ini berisi artikel tentang seri manga. Untuk kegunaan lain, lihat Hunter × Hunter (disambiguasi)

Hunter × Hunter (bahasa Jepang: ハンター×ハンター, Hepburn: Hantā Hantā, disingkat: HxH) adalah sebuah seri manga shōnen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshihiro Togashi. Manga ini mulai dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Jump sejak tanggal 16 Maret 1998, meskipun sering kali mengalami hiatus berkepanjangan sejak tahun 2006. Hingga bulan Oktober 2018, 380 bab telah dibundel menjadi 36 volume oleh Shueisha. Ceritanya berfokus pada seorang bocah lelaki bernama Gon Freecss, yang mengetahui bahwa ayahnya—yang sudah meninggalkannya sejak masih kecil, sebenarnya merupakan seorang Hunter ternama di dunia, sebuah profesi berlisensi bagi mereka yang berspesialisasi dalam—tetapi tidak terbatas pada—pencarian hal tak lazim layaknya menemukan spesies hewan langka atau tidak dikenal, berburu harta karun, mengunjungi wilayah-wilayah yang belum terjamah, atau memburu individu yang melanggar hukum. Meskipun ditinggalkan oleh ayahnya, Gon berangkat untuk mengikuti jejaknya, mengikuti Ujian Hunter yang ketat, dan akhirnya menemukan ayahnya. Sepanjang perjalanan, Gon bertemu para Hunter lainnya, termasuk para karakter utama seperti Kurapika, Leorio, dan Killua, dan juga bertemu paranormal. Inspirasi asli untuk manga ini berasal dari hobi Togashi yang suka mengoleksi.

Pada tahun 1999, Hunter × Hunter diadaptasi menjadi seri anime sebanyak 62 episode yang diproduksi oleh Nippon Animation dan disutradarai oleh Kazuhiro Furuhashi. Anime-nya ditayangkan perdana di Jepang pada saluran Fuji TV dan tayang hingga tahun 2001. Tiga animasi video asli (OVA) terpisah yang berjumlah 30 episode kemudian diproduksi oleh Nippon Animation dan dirilis di Jepang sejak tahun 2002 hingga 2004. Seri anime kedua yang diproduksi oleh Madhouse ditayangkan di Nippon Television sejak bulan Oktober 2011 hingga September 2014 sebanyak 148 episode, bersama dua film animasi yang dirilis pada tahun 2013. Beragam album audio, permainan video, musikal, dan media lainnya yang didasarkan dari Hunter × Hunter juga dirilis. Manga-nya telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dirilis di Amerika Utara oleh Viz Media sejak bulan April 2005. Kedua seri anime juga telah dilisensi oleh Viz, dengan seri pertamanya telah ditayangkan di Funimation Channel sejak tahun 2009, sementara seri keduanya ditayangkan perdana di blok pemrograman Toonami milik Adult Swim sejak tanggal 16 April 2016.

Hunter × Hunter mendapatkan kesuksesan kritis dan finansial dan menjadi salah satu seri manga terlaris terbitan Shueisha, dan telah terjual sebanyak 72 juta kopi di Jepang saja hingga tahun 2018.

Memori Kurapika (クラピカ追憶編, Kurapika Tsuioku-hen), sebuah manga dua bagian yang ditulis oleh Togashi sebagai prekuel dari film animasi pertama, diterbitkan pada edisi 3 dan 10 Desember 2012 dari Weekly Shonen Jump[3]. Penulis Tokyo Ghoul, Sui Ishida membuat storyboard 69 halaman dari bab manga yang menggambarkan masa lalu Hisoka, Hunter × Hunter. Papan cerita dirilis secara digital melalui Shōnen Jump+ pada 2 Juni 2016[4].

Untuk animenya sendiri, cerita Hunter x Hunter hampir sama dengan di manga hanya saja memiliki penyajian cerita yang sedikit berbeda dengan jalan cerita di manga. Untuk adaptasi animenya sendiri pun diproduksi oleh Studio Nippon Animation dan Viz Media dan siaran di Fuji TV pada tanggal 16 Oktober 1999 sampai 31 Maret 2001 dengan jumlah episode mencapai 62 episode. Pada tahun 2011, Hunter x Hunter pun diadaptasi kembali menjadi sebuah anime oleh Madhouse dan VAP dengan siaran di Nippon Television Network Corporation pada tanggal 2 Oktober 2011 sampai 24 September 2014 dengan jumlah episode mencapai 148 episode. Di Indonesia sendiri, anime Hunter x Hunter hanya yang versi pertamanya saja (tahun 1999) yang cuma tayang di Indonesia dengan siaran awal di TV7 (sekarang Trans 7) dan disiarkan ulang kembali oleh Spacetoon.

Sebelum serial televisi anime pertama dibuat, sebuah adaptasi film pendek dari Hunter × Hunter ditampilkan sebagai bagian dari “Jump Super Anime Tour” 1998 bersama dengan adaptasi serupa dari Seikimatsu Leader den Takeshi! dan One Piece[5]. Diproduksi oleh Studio Pierrot dan disutradarai oleh Noriyuki Abe, ini menggambarkan peristiwa awal manga hingga pelayaran laut Gon dari Pulau Paus.

Sebuah adaptasi film oleh staf anime televisi kedua yang disebut Hunter × Hunter: Phantom Rouge, menampilkan cerita asli, diumumkan pada Maret 2012. Film ini dirilis pada 12 Januari 2013 oleh Toho.[6][7][8] Cerita ini berpusat pada upaya Gon dan teman-temannya untuk mengambil mata Kurapika yang dicuri oleh Omokage, pendahulu Hisoka di Rombongan Phantom. Film ini didasarkan pada cerita manga yang tidak dipublikasikan yang ditulis oleh Yoshihiro Togashi sekitar 10 tahun sebelumnya.[9]

Film kedua, berjudul Hunter × Hunter: The Last Mission, diumumkan setelah debut film pertama. Film ini memiliki beberapa fokus pada Netero, ketua Asosiasi Pemburu saat Gon dan teman-temannya menemukan rahasia gelap di balik masa lalunya. Film ini dirilis pada 27 Desember 2013[10], dan DVD dan Blu-ray dirilis pada 23 Juli 2014.

Di box office Jepang, Phantom Rouge meraup $12.595.288, dan The Last Mission meraup ¥850 juta[11] ($8,71 juta), menjadikan total pendapatan kotor box office Jepang kedua film tersebut menjadi $21,31 juta.

Drama dan teater musikal

[

sunting

|

sunting sumber

]

Terdapat dua musikal yang dibuat berdasarkan Hunter × Hunter. Musikal pertama, Musical Hunter × Hunter (ミュージカル ハンター×ハンター), ditampilkan pada Desember 2020.[12] Musikal ini adalah kisah orisinal yang muncul antara akhir dari alur terkait Yorknew City dan awal alur Greed Island. Musikal kedua, Musical Hunter × Hunter: The Nightmare of Zoldyck (ミュージカル ハンター×ハンター ナイトメア・オブ・ゾルディック), ditampilkan pada Agustus 2002.[12] Musikal ini menceritakan kembali saat Kurapika, Leorio, dan Gon pergi untuk menjemput Killua kembali dari tanah keluarganya setelah akhir Ujian Hunter. Kedua musikal tersebut telah dirilis dalam bentuk DVD dan CD audio terpisah, serta rilis DVD ganda dari Marvelous Entertainment.[13][14][15] Terdapat juga drama live-action berjudul Real Stage Hunter × Hunter: “A Longing for Phalcnothdk ~ A Spider’s Memory ~” (リアルステージ ハンター×ハンター「A Longing for Phalcnothdk 〜蜘蛛の記憶〜」), yang ditampilkan 16 kali di Theater Sun-mall, Shinjuku, Tokyo selama bulan Agustus 2004.[16][17][18] Drama ini menceritakan kembali final Phantom Troupe pada alur Kota Yorknew. Drama ini dirilis dalam bentuk DVD di Jepang pada 10 Desember 2004.[16]

Video game

[

sunting

|

sunting sumber

]

Ada sepuluh video game eksklusif Jepang berdasarkan Hunter × Hunter, banyak di antaranya dikembangkan atau diterbitkan oleh Konami atau Bandai. Mulai dari permainan peran dan strategi hingga game aksi dan petualangan. Ini termasuk judul untuk WonderSwan,[19] WonderSwan Color,[19][19][19] Game Boy Color,[20][21] Game Boy Advance,[22] PlayStation,[23][24] dan PlayStation 2.[25] Sebuah game berdasarkan adaptasi anime kedua dirilis di PlayStation Portable pada tanggal 20 September 2012. Karakter dari waralaba telah muncul bersama dengan properti Weekly Shonen Jump lainnya dalam game pertarungan Jump Super Stars dan Jump Ultimate Stars untuk Nintendo DS, J-Stars Victory VS untuk PlayStation 3 dan PlayStation Vita,[26][27] dan Jump Force untuk Windows, PlayStation 4 dan Xbox One.[28]

Barang Dagangan Lainnya

[

sunting

|

sunting sumber

]

Seri yang terdiri tiga buku film berdasarkan serial anime pertama dan ditulis oleh Nobuaki Kishikan telah dirilis oleh Shueisha dari 3 Desember 1999 hingga 24 Agustus 2001.[29][29][29] Sebuah buku panduan untuk anime berjudul Hunter × Hunter Characters Book: World × Character × Blessing (Hunter × Hunter World × Character × Blessing) diterbitkan oleh Shueisha pada Januari 2001. Sebuah buku panduan untuk manga berjudul Hunter × Hunter: Hunters Association Official World and Character Guide (Hunter × Hunter) diterbitkan oleh perusahaan pada tanggal 4 Juni 2004.[30] Ada juga permainan kartu perdagangan yang ekstensif oleh Bandai,[31] figur karakter dan dagang,[32][33] dan berbagai koleksi lainnya.[34][35][36]

Pranala luar

[

sunting

|

sunting sumber

]

Liputan6.com, Jakarta – Kabar gembira datang dari mangaka Hunter x Hunter. Setelah hiatus selama empat tahun, Hunter x Hunter hadir kembali untuk para penggemarnya di dunia.

Kabar kembalinya manga Hunter x Hunter bukan isapan jempol belaka. Karena sumber informasinya langsung datang dari mangakanya sendiri, Yoshihiro Togashi.

Ternyata, ia diam-diam membuat akun Twitter dengan akun @Un4v5s8bgsVk9. Dalam cuitannya ia membagikan informasi “empat episode lagi untuk saat ini” tulisnya dalam bahasa Jepang.

Namun, ia belum banyak menyiapkan bab baru dan hanya beberapa halaman yang baru diselesaikannya. Tak hanya potongan desain karakter, ia juga membuat sebuah pohon besar yang mengundang banyak kiasan dari para penggemarnya.

Salah satu mangaka yang mengunggah ulang kicauan tersebut adalah Yusuke Murata, kreator One Punch Man. Kicauan ulang itu sekaligus mengonfirmasi bahawa akun tersebut adalah milik Togashi.

Terakhir kali, Togashi memproduksi manga Hunter x Hunter chapter alias bab 390 yang dirilis penerbit Shueisha pada November 2018. Setelah itu, tak ada lagi kabar soal manga karya pengarang yang juga dikenal menggarap Yu Yu Hakusho dan Level E ini.

Hunter x Hunter pun diadaptasi kembali menjadi sebuah anime oleh Madhouse dan VAP dengan siaran di Nippon Television Network Corporation pada 2 Oktober 2011 sampai 24 September 2014 dengan jumlah episode mencapai 148 episode. Sementara di Indonesia sendiri, anime Hunter x Hunter hanya yang versi yang pertama saja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Hunter x Hunter adalah anime shounen yang diadaptasi dari serial manga karya Yoshiro Togashi yang sudah berjalan lama, yang dimulai pada tahun 1998 dan masih belum berakhir. Keberhasilan manga ini memunculkan adaptasi anime pertama pada tahun 1998 dan satu lagi pada tahun 2011.

Versi 1999 dari serial anime Hunter x Hunter memiliki total 92 episode, termasuk Original Video Animations (OVA), sedangkan versi 2011 ditayangkan hingga 2014 dan berjumlah 148 episode disertai dua film yang merupakan cerita sampingan.

Kedua versi menceritakan kisah yang sama dimulai dari titik yang sama, tidak seperti serial anime Fullmetal Alchemist yang memiliki dua versi yang memiliki perbedaan cerita yang banyak.

1. Hunter x Hunter (1999)

Hunter x Hunter

  • Episode: 62
  • Tayang: 1999-2001

Ceritanya mengikuti petualangan Gon yang menemukan bahwa ayahnya yang dikatakan sudah meninggal tidak benar-benar mati tetapi adalah seorang Hunter legendaris. Alih-alih merasa sedih, Gon memutuskan untuk mengikuti jejak ayahnya dan menjadi Hunter yang hebat.

Pekerjaan Hunter tidak mudah, dan Gon harus lulus ujian untuk menjadi Hunter resmi. Dia berteman dalam perjalanan ini dengan Killua, Kurapika serta Leorio, dan mereka semua harus saling membantu mengatasi rintangan apa pun.

Adaptasi anime versi 1999 yang digarap Nippon Animation ini memiliki penyajian yang jauh lebih baik dari 2 arc pertama. Seperti khas anime jadul, ada episode filler yang sangat menghibur dan anime secara keseluruhan memiliki nada yang lebih serius daripada versi yang baru.

Serial anime Hunter x Hunter versi ini pernah ditayangkan di stasiun televisi swasta nasional Indonesia. Salah satu yang paling ikonik adalah lagu opening versi dub yang dibawakan vokalis band Padi.

Baca juga: 21 Anime Jadul yang Pernah Tayang di TV7

2. Hunter x Hunter: Yorknew City

Hunter x Hunter: Yorknew City

  • Episode: 8
  • Tayang: 2002

Setelah bertemu kembali dengan Gon dan teman-temannya, Kurapika menjelaskan kepada mereka risiko yang ditanggungnya karena kemampuannya. Percaya bahwa target balas dendamnya tidak lagi hidup dan pencarian mata rekannya yang jatuh benar-benar dapat dimulai, Kurapika segera menerima pesan yang memberitahukan bahwa semua Spider masih hidup.

Setelah banyak diskusi antara teman-temannya, Gon, Kurapika dan teman-temannya memutuskan untuk memburu salah satu anggota Spider yang kemampuannya pada akhirnya bisa mengakibatkan kekalahan dan kematian Kurapika.

3. HUNTER×HUNTER: Greed Island

HUNTER×HUNTER: Greed Island

  • Episode: 8
  • Tayang: 2003

Setelah pertempuran dengan Spider, pencarian Ging berlanjut saat Gon dan Killua memutuskan untuk sekali lagi mencoba membeli game langka “Greed Island”.

Namun, Gon datang dengan rencana yang lebih baik, yaitu menjadi sukarelawan untuk menyelesaikan permainan untuk miliarder yang memilikinya.

Tetapi beberapa pelatihan harus dilakukan, karena kemampuan Gon dan Killua masih dalam tahap pengembangan dan “Greed Island” bukanlah permainan yang mudah untuk dimainkan oleh siapa saja.

Ini adalah permainan terkenal yang dapat dengan mudah menyebabkan kematian seseorang.

4. HUNTER×HUNTER: Greed Island Final

HUNTER×HUNTER: Greed Island Final

  • Episode: 14
  • Tayang: 2004

Melanjutkan petualangan mereka di Greed Island, Gon dan Killua berlatih keras di bawah bimbingan Biscuit untuk persiapan yang lebih baik dalam mencoba permainan.

Dengan kemampuan mereka yang meningkat pesat dan ancaman pembunuh pemain yang mengancam Greed Island, Gon dan rekan-rekannya melanjutkan permainan meskipun ada bahaya yang akan mereka hadapi dengan aktivitas permainan dan pertemuan dengan pemain lain.

5. Hunter x Hunter (2011)

Hunter x Hunter (2011)

  • Episode: 148
  • Tayang: 2011

Adaptasi anime Hunter x Hunter kali ini ditangani studio Madhouse yang banyak dipuji.

Animasi dari serial anime Hunter x Hunter ini begitu halus, menakjubkan dan menjadi lebih baik seiring perkembangan seri. Di versi ini juga menggunakan lebih banyak komedi daripada versi yang lebih lama.

Versi 2011 ini mengikuti lebih dekat ke manga, hampir kata demi kata. Jadi jika kamu lebih suka menonton anime yang paling sesuai dengan manga, versi yang lebih baru adalah yang terbaik.

6. Hunter x Hunter: Phantom Rouge

Hunter x Hunter: Phantom Rouge

  • Episode: 1 Film
  • Tayang: 2013

Kurapika menjadi Hunter untuk membalas dendam pada kelompok kejahatan Kelas-A Phantom Troupe yang membantai klannya karena mata mereka yang unik.

Mata klan Kurta berubah merah pada saat marah atau agitasi emosional dan dianggap sebagai harta yang paling indah di dunia.

Kurapika terus mengejar Phantom Troupe tetapi pihak tak dikenal telah mencuri “mata merahnya”. Dengan bantuan Gon, Killua dan Leorio, nyawa Kurapika terselamatkan.

Namun, Phantom Troupe muncul di depan mereka dan menghalangi jalan mereka. Identitas sebenarnya dari seseorang dengan tato laba-laba No.4 akan segera terungkap.

7. Hunter x Hunter: The Last Mission

Hunter x Hunter: The Last Mission

  • Episode: 1 Film
  • Tayang: 2014

Hunter terkuat yang pernah ada di Asosiasi Hunter dibagi menjadi “terang” dan “gelap”, dan masing-masing berjalan di jalurnya masing-masing.

Sisi “gelap” mulai bergerak untuk membantai semua Hunter! Tindakan apa yang akan dilakukan Gon ketika banyak kejahatan Netero dan Asosiasi Hunter terungkap?

Berikut ini daftar urutan arc dengan nomor chapter serta perbandingan episode antara anime versi 1999 dengan 2011 sejauh ini:

ArcChapter MangaEps (1999)Eps (2011)Hunter Exam 1-38 1-31 1-21Zoldyck Family 39-43 32-36 22-26Heavens Arena 44-63 37-44 27-36Yorknew City 64-119 45-70 37-58Greed Island 120-185 71-9259-75Chimera Ant 186-318 –76-136Hunter Chairman Election 319-339 –137-148Dark Continent 340-348–Succession Contest349-390–

Jadi ada jalan keluar lainnya yaitu dengan menyelesaikan anime versi 1999 dan kemudian menonton yang versi baru dari episode 75, alih-alih memulai dari awal. Perlu diingat bahwa gaya animasinya sangat berbeda, dan jika kamu kurang menikmati transisi begini, lebih baik tonton saja anime 2011 dari awal.

Saat ini manga Hunter x Hunter masih hiatus, tapi Yoshihiro Togashi lewat Twitter mengabarkan kalau cerita lanjutan sedang dalam proses pembuatan.

Untuk mengikuti Hunter x Hunter ini bisa tonton secara legal lewat layanan streaming VIU, ya!

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *