Freon ac bertahan berapa lama

Freon AC, mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Komponen AC yang satu ini memang memiliki peranan yang sangat penting. AC bisa dingin, semua itu juga berkat freon yang dihembuskan dengan bantuan kipas yang ada di dalam AC. Tak mengherankan, komponen yang satu ini kerap menjadi bagian dari tips merawat AC. Bahkan mungkin Anda juga pernah diberi tawaran untuk mengisi ulang freon atau menambah freon oleh tukang servis AC. Pertanyaannya, apakah mengisi ulang freon itu benar-benar perlu?

Kecurangan Oknum Tukang Servis AC
Perlu Anda ketahui, freon adalah salah satu komponen dalam AC yang paling awet. Masa pakainya bisa sangat lama. Bahkan jika tidak ada kerusakan, freon ini bisa bertahan 3 tahun lebih. Kini ada tukang servis AC yang menawari Anda untuk mengisi atau menambah freon AC?

Jika Anda dihadapkan pada situasi seperti ini, sebaiknya jangan langsung percaya dan memutuskan untuk mengisi ataupun menambah freon AC. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sangat jarang freon rusak, apalagi sampai perlu diisi lagi. Satu-satunya kondisi di mana AC perlu diisi freon kembali adalah saat pipa freon ini rusak dan perlu diganti. Karena itulah, agar AC bekerja normal kembali, freon harus diisi lagi.

Tips Merawat AC Agar Awet
Sebenarnya freon ini bisa saja tidak perlu diisi atau ditambah sama sekali. Selama Anda merawat AC dengan baik, kondisi isi freon seperti ini tidak perlu terjadi. Karena itu, sangat penting bagi setiap pemilik AC untuk menerapkan tips merawat AC. Setidaknya, bersihkan filter AC secara rutin.

AC sendiri sebaiknya dibersihkan setiap 3 atau 9 bulan sekali. Tentu saja, semakin sering dibersihkan semakin baik. Udara yang dihembuskan oleh AC juga lebih bersih. Membersihkan AC pun tidak harus selalu dengan bantuan tukang servis AC. Anda bisa melakukannya sendiri. Tentu saja, Anda perlu menggunakan alat yang tepat untuk itu. Menjaga kebersihan AC dan menerapkan tips merawat AC akan memberi banyak manfaat bagi kesehatan maupun keawetan AC itu sendiri. Namun saat Anda mencari AC yang awet dan tahan lama, tampaknya Anda harus memilih AC Sharp.

Isi%20Ulang%20Freon%20AC%2C%20Apakah%20Perlu%202.png

Harus Isi Freon Setiap Cuci AC? Benarkah? Ini Faktanya– Pernahkah Anda mendengar kata freon? Terlebih saat cuci AC? Freon adalah istilah yang akan Anda dapatkan ketika membeli alat elektronik untuk mendinginkan sesuatu. Jadi, ketika Anda membeli AC, lemari es, dan sebagainya, maka Anda akan bertemu dengan istilah freon ini.

Simpelnya, freon adalah beberapa senyawa alifatik yang bertujuan sebagai bahan pendingin. Freon berbentuk cairan, dan sebagian lainnya berbentuk gas. Di dalam freon terkandung senyawa hidrogen, bromin, dan klorin yang sangat rendah viskositas dan titik didihnya, sehingga mampu menjadi bahan pendingin.

Ketika hendak mencuci AC, biasanya ada beberapa teknisi yang menawarkan untuk mengisi freon juga. Namun, haruskah isi freon setiap cuci AC?

Jenis-jenis Freon

Sebelum mengetahui tentang pengisian freon, kenali terlebih dahulu jenis-jenis freon/ Anda mungkin pernah mendengar istilah freon 11, freon 12, freon 22, dan lain-lainnya. Itu adalah jenis-jenis freon yang digunakan di dalam alat elektronik seperti AC misalnya.

Di dalam AC, freon yang dihembuskan kipas membuat AC mampu mengubah udara yang dihirupnya menjadi lebih dingin. Apabila freon sudah berkurang di dalam AC, maka AC akan semakin sulit menghembuskan udara dingin lagi. Dengan kata lain, kinerjanya sudah tidak optimal lagi.

Namun, hal yang mesti Anda ketahui adalah, freon di dalam AC itu bertahan setidak-tidaknya 3 tahun. Justru akan semakin awet ketika Anda lebih sering melakukan pembersihan, cuci, dan service AC selama 3 bulan sekali. Atau setidaknya 6 bulan sekali. Dengan demikian AC akan menjadi awet dan penggantian freon hanya perlu dilakukan dalam waktu 3-4 tahun sekali.

Baca Juga : Ciri Freon AC Habis yang Bisa Membahayakan Keluarga 

Jadi, apakah setiap cuci AC harus mengisi freon? Tentu saja tidak. Karena justru mencuci AC itu ditujukan untuk membuat freon semakin tahan lama. Kadang-kadang, ada tukang service yang curang terus meminta penggantian dan pengisian ulang freon setiap pencucian. Itu berarti Anda harus mengganti atau mengisi freon setiap 3 bulan sekali.

Tentu saja, sebaiknya Anda tidak harus percaya dengan tukang service yang curang seperti itu. Karena seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa freon hanya harus diganti kalau sudah di atas 3 tahun.

Baca Juga : Komponen AC Rumahan dan Fungsinya 

Kondisi Harus Mengisi Ulang Freon

Ada kondisi tertentu yang bersifat kerusakan AC namun membuat Anda harus segera mengisi ulang freon. Penyebabnya adalah adanya kebocoran pipa. Kebocoran tersebut membuat freon habis dan keluar semuanya. Hasilnya, Anda mesti mengisi ulang freon.

Ciri yang paling kentara adalah banyaknya muncul gumpalan bunga es. Kemudian, bunga es ini akan menetes dari evaporator. Hasilnya, pipa akan menjadi bocor. Bunga es tersebut muncul karena proses kondensasi, dan penyebabnya adalah karena tekanan freon terlalu rendah.

Baca Juga : Alasan Kenapa AC Bisa Mengalami Kondensasi 

Tapi tidak hanya itu, Anda juga mesti mengganti pipa yang bocor tersebut. Ada beberapa penyebab pipa tersebut mudah bocor, misalnya karena pipa yang AC gunakan terlalu tipis atau mudah berkarat. Karena itu, sebaiknya gunakan pipa yang berkualitas tinggi agar masalah tersebut tidak terjadi.

Masalah lain misalnya ketika pemasangan pipa tersebut tertekuk lalu patah. Tentunya, Anda mesti memilih teknisi yang handal untuk melakukan pemasangan pada pipa tersebut. Pipa luar yang menyambungkan antara AC indoor dengan AC outdoor. Seharusnya, pipa yang berkualitas tinggi juga akan bertahan sampai lebih dari 3 tahun.

Namun masalah cukup berat akan terjadi bila ternyata pipa yang bocor adalah pipa dalam. Biasanya, pipa tersebut ada di evaporator AC. Pipa tersebut apabila tidak rutin mendapatkan cuci AC, maka akan mudah korosi, kotor, dan mudah rusak.

Memperbaiki evaporator secara total akan lebih sulit apabila evaporatornya sudah rusak. Kebocoran karena korosi tersebut juga akan mudah merambat ke mana-mana. Bahkan kondisi seperti ini memaksa Anda untuk mengganti AC baru.

Terakhir, pipa sambungan atau flaring yang juga rawan bocor. Meski demikian, proses perbaikannya masih terhitung lebih mudah ketimbang pipa dalam dan pipa luar. Sambungan ini sering bocor karena kualitas pipa yang kurang baik, atau pemasangannya yang kurang tepat. Terpenting, rata-rata melakukan pengisian freon terus menerus setiap cuci AC hanya karena kenakalan tukang service. Jadinya, ketika jasa service langsung menawarkan Anda untuk mengisi ulang Freon setiap usai melakukan cuci AC, tanyakan dulu apakah ada kebocoran dan sebagainya. Karena itu, pilihlah teknisi jasa service AC yang terpercaya, profesional, serta TRANSPARAN seperti AbangBenerin sehingga Anda tidak perlu kuatir lagi akan pengisian freon yang tidak Anda perlukan.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin

Pernah merasa AC di kamar menjadi panas? Apalagi jika AC tersebut sudah dinyalakan sejak pagi hari. Bila ya, Anda perlu waspada karena bisa jadi ini tanda freon di dalam mesin AC sudah habis.

Freon merupakan senyawa kimia yang biasa digunakan dalam AC, kulkas, dan peralatan elektronik lainnya yang menghasilkan suhu udara dingin. Bahan kimia ini biasanya sebagai fluida penyerap bahan pendingin ruangan.

Ciri-Ciri Freon AC Habis

Jangan pernah biarkan freon AC habis terlalu lama, ya. Selain membuat ruangan terasa nggak nyaman, AC pun akan jadi cepat rusak. Dalam situasi terburuk, freon AC yang sudah habis bisa beresiko mengeluarkan zat racun yang berbahaya.

Pasalnya, menghirup freon bisa menyebabkan iritasi pada area mata, hidung, dan lidah. Selain itu, pada tahapan serius, senyawa ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan hingga luka bakar pada kerongkongan.

Apalagi, bila Anda terhirup dalam jumlah yang besar. Gejala ini dapat menyebabkan detak jantung yang tak teratur dan paling buruk adalah kematian.

Untuk itu, Anda harus memahami dan memperhatikan ciri-ciri freon AC rumah yang sudah habis. Seperti apa? Simak berikut ini.

1. Suhu ruangan terasa tidak dingin

Semestinya AC dapat bekerja untuk menjaga kelembapan udara dan menstabilkan suhu ruangan dengan mengeluarkan hawa dingin. Nah, Anda harus berhati-hati bila ruangan mulai terasa tidak dingin, meski telah dinyalakan seharian dengan suhu yang paling rendah.

Kalau kondisinya sudah seperti ini, sebaiknya Anda segera memanggil jasa servis AC untuk mengganti freon. Bila Anda memaksa AC bekerja dan tetap menyala, justru bisa memperparah kondisi AC.

2. Pipa AC tidak dingin

Salah satu ciri lain dari freon AC yang habis adalah pipa AC yang mulai terasa tidak dingin. Terlebih, jika Anda menemukan adanya tumpukan bunga es pada unit pipa instalasi indoor atau outdoor, maka jelas hal ini perlu Anda waspadai.

Kondisi ini kerap terjadik karena tekanan freon pada AC mulai berkurang. Untuk itulah Anda perlu segera memeriksanya.

3. Lampu indikator berkedip

Ciri selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah indikator lampu timer. Setiap unit AC indoor pasti memiliki indikator lampu timer. Nah, biasanya lampu ini akan berkedip untuk memberikan signal bahwa ada masalah pada komponen dalam AC, seperti tekanan freon yang habis ataupun kompresor AC.

4. Air AC bocor

Freon AC yang habis juga bisa menyebabkan penggumpalan pada bagian evaporator AC. Inilah yang bisa menyebabkan terjadi kebocoran pada AC. Jika ini sudah terjadi paa AC di rumah, maka sebaiknya segera Anda periksa dan perbaiki, ya!

5. AC mengeluarkan hawa panas

Ketika freon AC sudah habis, AC justru akan mengeluarkan udara panas. Hal ini terjadi karena AC sudah tidak bisa menyerap udara panas secara maksimal dan mengubahnya menjadi udara sejuk pada ruangan.

6. Mesin bagian luar AC tidak panas

Pada kondisi normal, unit outdoor AC pasti akan mengeluarkan udara panas, terutama ketika sedang digunakan. Perubahan ini biasanya terjadi karena ada pergantian tekanan dari rendah menjadi tinggi secara mendadak.

Nah, jika komponen luar rumah mulai terasa tidak panas, maka Anda perlu segera  memanggil jasa servis AC untuk menambahkan freon.

7. Tagihan listrik membengkak

Tanda berikutnya yang menunjukkan kalau nit AC mulai kehabisan cairan freon adalah tagihan listrik yang membengkak. Hal ini terjadi karena AC cenderung bekerja ekstra dan memakan banyak energi listrik agar bisa bekerja secara normal.

Jadi, bila tagihan listrik Anda mulai mahal, maka Anda harus segera memeriksa AC di rumah dan memperbaikinya.

8. AC mengeluarkan bunyi yang berisik

Ketika AC Anda mulai menghasilkan suara bising, maka ini bisa menjadi tanda bahwa freon AC sudah perlu diisi ulang.

Kerusakan seperti ini juga bisa menjadi indikasi adanya kebocoran gas pada pendingin ruangan yang perlu Anda waspadai.

Tidak hanya mengganggu kualitas tidur, tetapi kondisi ini juga dapat membuat AC cepat rusak. Maka dari itu, Anda harus segera memeriksanya sebelum terlambat, ya.

9. Merasakan gejala keracunan

Anda harus berhati-hati karena freon AC yang habis juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Senyawa pada freon yang berbau, tentu akan mudah terhirup oleh Anda.

Ketika Anda mulai merasakan gejala keracunan, maka Anda harus segera lakukan pengecekan freon pada AC.

Umumnya, penggunaan freon AC bisa bertahan hingga tiga tahun. Jadi, sebaiknya Anda melakukan pengecekan freon AC secara rutin setiap tahunnya agar terhindar dari bahaya kesehatan tubuh, ya.

***

Nah, itu dia 9 ciri freon AC yang sudah habis. Tidak sulit untuk mengetahui tanda-tandanya, bukan? Pastikan Anda tidak menyepelekannya karena hal ini bisa membahayakan kesehatan, loh.

Bila AC sudah tidak bisa Anda gunakan lagi, jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru.

Anda bisa mendapatkan berbagai model AC dari merek-merek ternama hanya di Ruparupa. Situs belanja online  satu ini menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga dengan kualitas terbaik.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi produk pendingin ruangan yang bisa Anda coba.

Beli di sini

Dapatkan di sini

Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *