Cara ninggiin badan usia 17

Guna menghindari resiko kalau-kalau batas usia pertumbuhan telah berakhir, maka kita perlu mencari tahu bagaimana cara meninggikan badan di usia 17 tahun. Ya, jangan sampai nanti menyesal kenapa dulu tidak melakukan upaya meninggikan badan.

Badan yang tinggi dan ramping merupakan idaman setiap orang. Meski tinggi badan juga dipengaruhi faktor bawaan, namun bukan berarti tak ada hal yang bisa dilakukan agar bisa lebih tinggi dari orang tua. Anda tetap bisa menambah inci dengan beberapa cara alami dan sehat.

latihan cobra cukup efektif meninggikan badan di usia 17 tahun

Kebanyakan orang akan berhenti mengalami pertumbuhan saat usianya menginjak 18 tahun, namun ada beberapa yang masih tetap dapat bertambah tinggi hingga umur 25 tahun. Kunci utama mengalami pertumbuhan badan yang maksimal sebenarnya mudah, yaitu makan, tidur, dan olahraga teratur.

Lantas Bagaimana Cara Meninggikan Badan Usia 17 Tahun ?

Mari kita bahas masing-masing cara meninggikan badan untuk usai 17 tahun berikut ini.

Tidur cukup

Para analis menyarankan para remaja agar tidur 8-11 jam setiap hari kalau ingin tubuhnya tinggi maksimal. Selain cukup tidur, kualitas istirahat juga perlu diperhatikan agar tak sampai terganggu. Hal ini dikarenakan hormon pertumbuhan (HGH) baru diproduksi secara alami setelah seseorang berada dalam kondisi terlelap.

Nutrisi memadai

Tentu saja kita harus mengonsumsi makanan yang sehat kalau ingin bertambah tinggi. Beberapa nutrisi penting yang harus ada setiap hari antara lain:

  • Kalsium: membantu pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis. Sumbernya antara lain produk susu, sayuran berdaun hijau, dan lain-lain.
  • Vitamin D: meningkatkan pertumbuhan tulang dan otot. Karena kekurangan vitamin D dapat menghambat pertumbuhan, maka banyak-banyaklah makan ikan, jamur, serta berjemur di bawah sinar mentari pagi.
  • Protein: membangun otot. Paling tidak 1-2 dari 3 kali waktu makan kita harus menyertakan protein di dalamnya. Sumber protein yang terkenal antara lain telur, daging, kacang-kacangan, tahu, dan lain sebagainya.

Selain 2 nutrisi penting di atas, Anda juga perlu memperoleh asupan karbohidrat dan mineral yang cukup agar proses pembentukan otot serta tulang dapat berjalan maksimal.

Saatnya olahraga

Tidak ada gunanya mengonsumsi makanan yang dapat meninggikan badan di usia 17 tahun kalau tidak diiringi dengan olahraga atau aktivitas fisik yang memadai. Pasalnya nutrisi untuk pertumbuhan tulang akan banyak terbuang, tidak mampir ke tulang, jika Anda tidak beraktivitas.

Berikut beberapa jenis latihan yang dapat menambah tinggi badan seseorang.

  • Cobra

Gerakan yang biasanya terdapat dalam olahraga yoga ini dapat meregangkan otot dan tulang belakang sehingga menjadi lebih panjang. Untuk melakukannya, Anda tinggal berbaring telungkup di atas matras, lalu posisikan kedua telapak tangan di bawah bahu untuk menyanggah tubuh.

Setelah itu, angkat tubuh ke atas sejauh yang Anda bisa. Ulangi setiap 5-30 detik sekali. Variasi pose cobra lainnya seperti super cobra stretch juga harus dicoba.

  • Bergelantungan

Kalau ada palang di rumah atau taman sekitar, maka lakukan gerakan menggelantung sambil mengangkat-turunkan kaki untuk meluruskan tulang belakang. Hanya dengan bergelantungan selama (total) 30 menit setiap minggu, akan membuat tubuh lebih panjang. Bonusnya, bahu juga jadi semakin lebar dan gagah.

  • Peregangan

Latihan yang melibatkan gerakan peregangan juga dapat menambah tinggi karena ketika stretching, Anda memberikan ruang bagi otot dan tulang untuk bertumbuh. Pilihlah 1 atau beberapa dari gerakan berikut untuk dilakukan: dry land swim, pelvic shift, pilates roll over, forward spine stretch, cat stretch, bow down, forward bend, wall stretch, table, hingga bridge.

  • Melompat

Melompat dengan 1 kaki atau dari 1 titik ke titik lain, menendang, lompat tali, merupakan tipe latihan lain yang juga dapat menambah tinggi. Baca juga: 100 Cara Alami Memanjangkan Kaki Agar Lebih Tinggi

  • Berenang

Olahraga yang membuat seluruh anggota tubuh bergerak ini dapat meningkatkan tinggi badan secara drastis. Kalau ingin memperoleh tinggi optimal, ada baiknya Anda berenang selama 5 jam  setiap harinya. Dan dari semua gaya renang, yang terbaik untuk menambah tinggi adalah gaya dada.

  • Basket

Melompat dan meregangkan tubuh saat memasukkan bola ke keranjang lawan merupakan alasan utama mengapa olahraga ini termasuk salah satu cara meninggikan badan usia 17 tahun.

Biasakan tegak

Entah saat duduk, berbaring, berdiri, atau berjalan, pastikan postur tubuh tetap tegak. Membungkuk akan membuat tulang punggung melengkung sehingga membuat tubuh lebih pendek dari yang seharusnya. Tak hanya itu, postur bungkuk juga kurang sedap dipandang dan tidak sehat.

Agar tubuh terlihat tinggi maksimal, pastikan untuk selalu tegak.

Hindari hal yang menghambat pertumbuhan

Jika ada hal yang bisa memicu pertumbuhan, maka sebaiknya ada pula yang dapat menghambatnya. Kecanduan obat-obatan dan alkohol semasa remaja bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan seperti hipotiroidisme, arthritis dini, kondisi abnormal dari hormon pertumbuhan, dan lain sebagainya. Selain makanan, benda lain yang Anda konsumsi juga memengaruhi tinggi badan.

  • Kopi

Selama ini banyak orang berpendapat bahwa kopi tak berpengaruh apa-apa pada tinggi badan seseorang, namun kalau seseorang tidak tahan terhadap efek kafeinnya, maka pola tidurnya bisa terganggu. Dan kurang tidur = menghambat produksi HGH = menghalangi pertumbuhan.

  • Rokok

Para remaja rawan menjadi perokok aktif maupun pasif. Jangankan yang perokok aktif, hasil studi bahkan mendapati para remaja yang sering terekspos asap rokok (perokok pasif) biasanya juga memiliki badan pendek.

  • Steroid

Tak hanya menurunkan jumlah sperma, namun steroid juga bisa meningkatkan tekanan darah dan resiko penyakit jantung. Penderita asma yang menggantungkan dirinya pada alat hisap berbasis steroid didapati lebih pendek ketimbang orang lainnya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin menambah tinggi maksimal di usia 17 tahun hindari obat ini. Konsultasikan dengan dokter untuk alternatif obat lain dengan efek samping minimal.

Demikian beberapa cara meninggikan badan usia 17 tahun yang bisa Anda coba. Segera praktikkan dan buktikan hasilnya.

3 Referensi

proses editorial

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentangkami di sini.

The effects of aging: can they be reversed?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/307383.php)6 Step Anti-Aging Beauty Routine for Youthful Skin. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/anti-aging-routine-skincare)Skin Care Ingredients With Anti-Aging Effects. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-anti-aging-ingredients)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Terima kasih atas saran dan masukannya! Kami akan meningkatkan kualitas layanan kami agar lebih bermanfaat.

DokterSehat.Com – Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh tinggi? Selain menambah kepercayaan diri, tubuh yang tinggi juga memudahkan Anda yang ingin bekerja di bidang yang mengharuskan sesoerang memiliki postur tubuh tinggi, seperti tentara, polisi, atlet, hingga model. Usia 17 tahun adalah periode terbaik jika Anda ingin menambah tinggi badan. Lantas, bagaimana cara meninggikan badan usia 17 tahun?

8 Cara Meninggikan Badan untuk Usia 17 Tahun (Paling Efektif)

Pertumbuhan Tinggi Badan Seseorang

Dikutip dari Healthline, 60-80 persen tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik, sementara sisanya gaya hidup dan asupan nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan terjadi sejak masa kanak-kanak hingga akhir masa pubertas. Antara pria dan wanita memiliki batas masa pertumbuhan tinggi badan yang berbeda.

Pada pria, pertumbuhan tinggi badan berakhir sekitar usia 18-20 tahun, sedangkan wanita sekitar usia 14-15 tahun. Namun, ada beberapa orang yang bahkan masih mengalami masa pertumbuhan hingga usia 25 tahun, walaupun sangat jarang terjadi. Tingkat kecepatan pertumbuhan tinggi badan pun berbeda-beda, ada yang cepat, ada juga yang lambat.

Cara Meninggikan Badan Usia 17 tahun dengan Cepat

Seseorang akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang signifikan pada saat memasuki masa pubertas, yakni usia 14-17 tahun. Saat memasuki usia 17 tahun, sebenarnya tingkat pertumbuhan sudah mulai mengalami penurunan. Namun, Anda tak perlu khawatir karena tinggi badan masih bisa bertambah di usia tersebut. Berikut adalah cara meninggikan badan usia 17 tahun yang bisa diterapkan.

1. Olahraga Teratur

Cara cepat meninggikan badan usia 17 tahun adalah dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Ini terutama untuk jenis olahraga yang memiliki banyak gerakan melompat, berlari, dan meregangkan tubuh, yang mana ketiga gerakan tersebut menyebabkan terjadinya kontraksi pada lempeng pertumbuhan.

Cara meninggikan badan usia 17 tahun dengan cepat melalui beberapa jenis olahraga, di antaranya:

  • Basket
  • Renang
  • Badminton
  • Sepak bola
  • Lompat tali (skipping rope)

Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan olahraga, seperti:

  • Pull-up
  • Squat jump
  • Stretching

2. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Selain faktor genetik, tinggi badan seseorang juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya. Jika ingin tubuh Anda tinggi, dan saat ini masih berusia 17 tahun, maka salah satu cara meninggikan badan usia 17 tahun dengan cepat adalah dengan memperbanyak asupan nutrisi yang berguna untuk merangsang pertumbuhan tulang.

Terkait pertumbuhan tulang, jenis vitamin dan nutrisi yang wajib dikonsumsi adalah:

  • Kalsium, zat yang sudah terbukti dapat membantu pertumbuhan tulang, pun mencegah terjadinya
  • Protein, berfungsi untuk membangun dan menguatkan otot-otot tubuh.
  • Vitamin D, vitamin ini memang bertugas untuk merangsang pertumbuhan tulang dan otot. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang kekurangan vitamin D cenderung memiliki hambatan dalam pertumbuhannya.

3. Tidur yang Cukup

Usia 17 tahun merupakan waktu yang ideal untuk Anda menambah tinggi badan. Menambah tinggi badan pada usia tersebut perlu juga diimbangi dengan tidur yang cukup dan teratur, mengapa? Tentu karena hormon pertumbuhan (HGH) bekerja saat tubuh dalam kondisi tidur.

Usahakan agar Anda memiliki waktu tidur yang ideal, yakni 8-11 jam per hari. Tak hanya tidur, istirahat yang cukup juga menjadi suatu keharusan agar tinggi badan bisa bertambah dengan cepat.

4. Tubuh Selalu dalam Keadaan Tegak

Badan yang bungkuk hanya akan membuat tulang punggung melengkung dan menyebabkan Anda terlihat lebih pendek dari tinggi sebenarnya. Mumpung masih dalam masa pertumbuhan, biasakan tubuh untuk selalu dalam posisi tegak, baik saat duduk maupun berdiri.

Selain membiasakan tubuh untuk tegak, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter ortopedi untuk dilakukan pengobatan atau pembetulan postur tubuh.

5. Ubah Gaya Hidup

Tidak bisa dipungkiri, gaya hidup menjadi salah satu faktor penyebab sulitnya tinggi badan bertambah pada anak remaja atau sedang di masa pertumbuhan. Oleh karena itu, cara meninggikan badan usia 17 tahun dengan cepat tentunya juga harus melepaskan diri dari gaya hidup yang tidak sehat, seperti:

  • Merokok

Usia remaja menjadi masa-masa di mana seseorang mulai mengenal rokok, bahkan menjadi perokok. Hati-hati terhadap rokok jika Anda ingin tinggi. Menghindari rokok (baik aktif maupun pasif) menjadi salah satu cara meninggikan badan umur 17 tahun dengan cepat. Sejumlah studi mengatakan jika remaja yang merokok cenderung memiliki tubuh pendek.

Kendati studi tersebut tidak serta merta menguatkan dampak negatif rokok terhadap pertumbuhan badan, namun alangkah baiknya jika Anda tetap menghindari rokok. Lagipula, rokok juga memiliki dampak negatif lainnya bagi kesehatan tubuh.

  • Minum Alkohol

Alkohol juga diklaim sebagai penyebab terhambatnya pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, mengonsumsi alkohol akan mengakibatkan timbulnya sejumlah penyakit seperti radan sendi (arthritis) dan hipotiroidisme.

  • Kopi

Efek kopi terhadap terhambatnya pertumbuhan tinggi badan sebenarnya tidak langsung. Kandungan kafein dalam kopi membuat seseorang jadi sulit mengantuk. Akibatnya, tidur menjadi tidak teratur. Padahal, waktu terbaik untuk hormon pertumbuhan bekerja adalah ketika kita sedang tertidur.

  • Penggunaan Steroid

Steroid umumnya digunakan pada penderita asma. Di samping manfaat steroid untuk meredakan gejala asma, sayangnya efek samping steroid tidaklah bagus. Selain mengurangi jumlah sperma, steroid berakibat pada terhambatnya pertumbuhan badan.

Anda yang mungkin kini menggantungkan diri kepada steroid, namun masih ingin meninggikan badan, baiknya berkonsultasi kepada dokter untuk mencari alternatif pengobatan lain. Atau, tanyakan apakah ada cara meninggikan badan usia 17 tahun lainnya yang bisa ditembuh untuk penderita asma.

6. Aktif

Asupan nutrisi dan istirahat cukup tidak menjamin Anda akan bisa meninggikan badan secara cepat, bahkan saat usia Anda sebenarnya sedang mudah-mudahnya untuk bertambah tinggi. Senantiasa menggerakkan tubuh adalah cara meninggikan badan usia 17 tahun yang paling tepat. Ini agar hormon pertumbuhan dan otot terus mengalami rangsangan.

Mulai dari sekarang, lawan rasa ‘mager’ Anda dan lakukan sejumlah kegiatan seperti berolahraga, jalan-jalan sore, dan berbagai kegiatan fisik lainnya.

7. Hindari Stres Berlebih

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres. Faktornya banyak, dan pada usia remaja biasanya berkaitan dengan beban pelajaran di sekolah. Stres adalah hal yang wajar, namun jangan sampai berlarut-larut.

Selain berpotensi menimbulkan penyakit, stres juga mengakibatkan hormon-hormon pada tubuh tidak dapat bekerja optimal, termasuk hormon pertumbuhan (HGH). Akibatnya, tubuh Anda sulit bertambah tinggi kendati sedang dalam masa pertumbuhan.

Menghindari stres berlebih adalah cara meninggikan badan usia 17 tahun dengan cepat dan efektif. Guna menghindari stres, alihkan dengan melakukan kegiatan-kegiatn positif seperti menggeluti hobi, hingga bersosialisasi dengan keluarga maupun teman-teman.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Cara meninggikan badan usia 17 tahun yang cepat dan efektif sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Ya, perbanyak saja minum air putih. Tak bisa disangkal, air putih menyimpan nutrisi yang baik untuk merangsang pertumbuhan tulang. Setidaknya minum 8-10 gelas air putih setiap hari agar tubuh cepat bertambah tinggi.

Usia 17 tahun merupakan masa krusial dalam proses pertumbuhan tinggi badan. Pada usia ini, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, masih ingin bertambah tinggi atau tidak, karena setelah lewat 17 tahun, pertumbuhan badan akan semakin sulit, kendati masih memungkinkan.

Jadi, untuk Anda yang kini berusia 17 tahun, jangan sia-siakan kesempatan yang masih ada. Terapkan cara meninggikan badan usia 17 tahun di atas dengan disiplin. Konsultasikan juga hal ini kepada dokter terkait guna mendapatkan metode ideal lainnya demi mempercepat pertumbuhan. Semoga bermanfaat!

 

Sumber:

How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? – https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height (Diakses pada 21 Februari 2019)

DokterSehat

|

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *