Cara mengurus ijazah s1 yang hilang

Jakarta

Cara mengurus ijazah yang hilang atau rusak perlu diketahui. Hal itu karena ijazah merupakan salah satu dokumen yang bersifat penting dan kerap kali dibutuhkan untuk mengurus berbagai kepentingan.

Ijazah adalah dokumen penting berisi bukti yang menyatakan bahwa seseorang telah menyelesaikan suatu jenjang studi. Ijazah juga digunakan untuk melamar pekerjaan, mendaftar sekolah jenjang lanjutan hingga perguruan tinggi.

Jika ijazah hilang atau rusak, maka perlu untuk segera diurus. Lantas, bagaimana cara mengurus ijazah yang hilang atau rusak? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Syarat dan Cara Mengurus Ijazah yang Hilang

Sebelum membahas tentang cara mengurus ijazah yang hilang, perlu diketahui terlebih dahulu syarat mengurus ijazah yang hilang atau rusak.

Sebagaimana dokumen penting lainnya, syarat mengurus ijazah yang hilang pada dasarnya membutuhkan setidaknya beberapa dokumen pendukung lainnya. Dokumen pendukung syarat untuk mengurus ijazah yang hilang antara lain seperti fotokopi KTP, fotokopi ijazah yang hilang, hingga Surat Keterangan Kehilangan.

Selain beberapa syarat tersebut, tentunya masih ada dokumen pendukung syarat lainnya yang dibutuhkan. Adapun, syarat-syarat lainnya yang diperlukan itu menyesuaikan dengan tahap dalam cara mengurus ijazah yang hilang berikut ini seperti yang dilansir dari laman Indonesia.go.id.

Cara Mengurus Ijazah yang Hilang, Begini Langkah-langkahnya

Cara Mengurus Ijazah yang Hilang, Begini Langkah-langkahnya | Foto: Getty Images/iStockphoto/Sitthiphong

Cara Mengurus Ijazah yang Hilang: Datang ke Polsek Setempat

Langkah pertama cara mengurus ijazah yang hilang atau rusak adalah dengan datang ke Polsek atau kantor kepolisian setempat. Tujuannya adalah untuk membuat surat keterangan kehilangan ijazah.

Pemohon akan diminta untuk mengisi data dan menandatangani surat keterangan kehilangan ijazah. Dan juga membawa dokumen pendukung sebagai syarat mengurus surat keterangan kehilangan ijazah itu. Salinan yang dibutuhkan setidaknya ada 2 lembar.

Adapun dokumen syarat mengurus Surat Keterangan Kehilangan ijazah di Polsek adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi ijazah yang hilang.
  • Fotokopi KTP.

Cara Mengurus Ijazah yang Hilang: Datang ke Sekolah yang Terbitkan Ijazah

Langkah selanjutnya cara mengurus ijazah yang hilang atau rusak adalah datang ke sekolah tempat menerbitkan ijazah yang hilang itu. Lapor ke bagian Tata Usaha Sekolah dan jelaskan bahwa hendak mengurus ijazah hilang atau rusak, dan minta tolong dibuatkan Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI).

Adapun syarat mengurus ijazah yang hilang di sekolah untuk membuat SKPI adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi Ijazah asli yang hilang.
  • Materai 6.000 (2 buah).
  • Pas Foto 3×4 (2 lembar).
  • Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan dari Polsek.

Dokumen SKPI akan menjadi dokumen legal pengganti ijazah asli yang hilang atau rusak. SKPI akan dibuat dengan kop sekolah dan ditandatangani Kepala Sekolah. SKPI sebaiknya difotokopi dan dilegalisir. Jika, belum segera mintalah kepada petugas TU sekolah.

Cara Mengurus Ijazah yang Hilang: Datang ke Kantor Dinas Pendidikan

Cara mengurus ijazah yang hilang atau rusak jika sekolah tempat menerbitkan ijazah asli sudah tidak ada adalah dengan datang ke kantor Dinas Pendidikan sesuai kota/kabupaten sekolah. Pihak Dinas Pendidikan dapat membuatkan SKPI dengan kop surat Dinas Pendidikan. Untuk itu siapkan materai 6.000 dan pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar.

Adapun dokumen syarat mengurus ijazah yang hilang di kantor Dinas Pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (tanda tangan diatas materai 6.000) + Fotokopi (2 lembar).
  • Surat Pernyataan Saksi 2 orang teman seangkatan sekolah (tanda tangan diatas materai 6.000) dan dibuktikan dengan fotokopi ijazah saksi yang telah dilegalisir sekolah dan fotokopi KTP (2 lembar).
  • Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan dari Polsek + fotokopi (2 lembar).
  • Fotokopi KTP (2 lembar).
  • Fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir (2 lembar).

Demikian, informasi seputar syarat dan cara mengurus ijazah yang hilang atau rusak. Semoga bermanfaat.

(wia/dhn)

Quote:

Original Posted By dirty.►Sore gan,

Ijazah s1 ane hilang gan, ane hancur bgt hidupnya emoticon-Frown

Ane kuliah pake biaya sndiri, cari duit banting tulang buat kuliah,
Eh semua perjuangan ane itu skarang hilang emoticon-Frown

Ane baru nyadar skarang,
Pas ane lg pgn daftar2 kerja baru.
Ane dah ga betah di kerjaan skarang.
Pgn daftar2 kerja lain, eh malah ijazah ane hilang emoticon-Frown

Ane ga punya rumah, keluarga ane jg tinggal nya mencar.
Jadi barang2 ane ya cuma di kamar kos ini.
Udah ane ubek2 kamar kos, ga ketemu.
Ane ga inget kapan terakhir liat ijazah nya. Karna baru butuh lg skarang.

Ane udah ke kampus ane lg (solo)
tp katanya musti ada fotokopi ijazah nya,
Lha gmana bisa ada fotokopinya orang ijazahnya aja hilang.
Untuk ngurus itu semua juga butuh waktu kira2 sebulan karna harus bolak balik kampus dan kantor pusat dinas pendidikan di smarang.

Ane beneran harus resign dulu donk berarti buat ngurus, trus tinggal di solo sebulan.
Tp klo ane resign, ane makan pake apa, tinggal dimana, sedangkan ane aja masih harus biayain adek kuliah dan kos nya dan hidupnya dia.

Ane menderita bgt skarang,
Udh ga betah tp ga bisa keluar dr kerja
Pengennya bunuh diri, tp takut dosa emoticon-Frown

Help me gan

Sore gan,Ijazah s1 ane hilang gan, ane hancur bgt hidupnyaAne kuliah pake biaya sndiri, cari duit banting tulang buat kuliah,Eh semua perjuangan ane itu skarang hilangAne baru nyadar skarang,Pas ane lg pgn daftar2 kerja baru.Ane dah ga betah di kerjaan skarang.Pgn daftar2 kerja lain, eh malah ijazah ane hilangAne ga punya rumah, keluarga ane jg tinggal nya mencar.Jadi barang2 ane ya cuma di kamar kos ini.Udah ane ubek2 kamar kos, ga ketemu.Ane ga inget kapan terakhir liat ijazah nya. Karna baru butuh lg skarang.Ane udah ke kampus ane lg (solo)tp katanya musti ada fotokopi ijazah nya,Lha gmana bisa ada fotokopinya orang ijazahnya aja hilang.Untuk ngurus itu semua juga butuh waktu kira2 sebulan karna harus bolak balik kampus dan kantor pusat dinas pendidikan di smarang.Ane beneran harus resign dulu donk berarti buat ngurus, trus tinggal di solo sebulan.Tp klo ane resign, ane makan pake apa, tinggal dimana, sedangkan ane aja masih harus biayain adek kuliah dan kos nya dan hidupnya dia.Ane menderita bgt skarang,Help me gan

Januari 2020 saya mengurus transkrip nilai dan ijasah yang terselip entah di mana. Sebenarnya sudah lama hilangnya tapi karena baru butuh untuk apply beasiswa Australia Awards Scholarship akhirnya terpaksa mengajukan pembuatan lagi. Caranya cukup mudah, hanya saja kemarin saya sempat bolak balik karena pertama ke kampus hukum Atma Jaya Yogyakarta petugas adminya tidak memberitahu bahwa harus membawa surat keterangan dari universitas bahwa benar saya adalah mahasiswa di kampus tersebut untuk meminta surat kehilangan dari kepolisian. Jadi saya menulis ini supaya yang lain tidak perlu mondar mandir seperti saya.

Pertama-tama, (seharusnya) saya datang ke kampus 2 (gedung Thomas Aquinas) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) di Babarsari untuk meminta surat keterangan bahwa benar saya adalah mahasiswa di universitas ini. Di kantor bagian admisi akan diminta membuat surat permohonan, waktu itu saya diberi kertas A4 dan pena untuk langsung menulis di sana. Isinya nama lengkap, jurusan, nomer mahasiswa, tahun kelulusan dan tujuan surat itu yaitu meminta surat keterangan pernah kuliah di UAJY untuk pengurusan surat laporan hilang pada kepolisian. Surat ditujukan pada kepala bagian Admisi UAJY. Tunggu sekitar 10 menit, jadi deh suratnya.

Dari situ langsung saya ke Polsek Depok di dekat Ambarukmo Plaza. Di sini tidak sampai 10 menit jadi suratnya. Cukup menunjukkan KTP asli dan menyebutkan hilang di mana. Surat keterangan hilang ini difotocopy ya, aslinya untuk mengajukan pembuatan ijasah pengganti, salinannya untuk mengajukan pembuatan transkrip nilai.

Langkah terakhir adalah memasukkan berkas permohonan ke bagian Admisi di kampus 2 untuk penggantian ijasah dan ke kampus 1 di Mrican untuk penggantian transkrip nilainya. O iya, diminta pas foto juga ya. Pas foto 4×6 hitam putih 4 lembar, harus berdasi dan berjas. Masing-masing 2 lembar untuk penggantian transkrip nilai dan ijasah. Sertakan juga surat permohonan untuk penggantian ijasah ditujukan pada rektor, untuk transkrip nilai ditujukan pada dekan.

Untuk ijasah tidak sampai 1 minggu sudah selesai, transkrip nilai yang agak lama, hampir 2 minggu. Waktu ambil sudah difotocopykan sekaligus cap legalisirnya.

Jadi yang harus disiapkan adalah :

  1. Surat keterangan bahwa benar mahasiswa di universitas yang bersangkutan.
  2. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
  3. Surat permohonan penggantian transkrip nilai ditujukan pada dekan.
  4. Surat permohonan penggantian ijasah ditujukan pada rektor.
  5. Pas foto 4×6 hitam putih 4 lembar.

Mudah kan. Semoga bermanfaat.

Keep smile,

H.

Iklan

Share

Menyukai ini:

Suka

Memuat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *