Cara menghubungkan cpu ke monitor laptop

Dalam pekerjaan saya sebagai penerjemah, saya sering memerlukan monitor tambahan untuk membantu pekerjaan saya. Praktiknya, biasanya monitor kedua saya gunakan untuk membuka referensi, software pendukung lain, atau berbagai sarana pendukung lainnya. Masalah timbul ketika saya tidak berada di depan desktop andalan. Saya seringkali kesulitan karena tidak memiliki monitor tambahan yang dapat membantu pekerjaan saya. Saya sempat mempertimbangkan untuk membeli monitor portabel tambahan. Namun saya urung membelinya setelah menemukan bahwa ternyata laptop juga dapat digunakan sebagai monitor tambahan, dan solusi ini bahkan merupakan fitur bawaan Windows 10!

Sebelum menggunakan tips ini, kamu perlu memperhatikan dua syarat untuk memanfaatkan laptop sebagai monitor eksternal, namun syarat ini sangat sederhana sehingga dapat dengan mudah dipenuhi oleh laptop modern. Pertama, laptop tersebut memiliki fitur Bluetooth (hampir semua laptop punya), kedua, harus menjalankan OS Windows 10!

Setelah itu, maka kita masuk ke langkah persiapan. Pertama kita harus melakukan pengaturan terlebih dahulu. Di laptop yang ingin kamu gunakan sebagai monitor tambahan, buka Settings > System > Projecting to this PC atau jika tidak ingin ribet, langsung saja ketikkan Projecting to this PC di Search Bar atau Cortana yang terletak pada Taskbar. Atur pilihan ke Available everywhere dan di opsi Ask to Project to this PC atur ke Every time a connection is requested.

Sebagai opsi tambahan, kamu bisa mengaktifkan permintaan PIN saat melakukan pairing jika ingin meningkatkan keamanan. Oya, jangan lupa untuk menonaktifkan toggle This PC can only be discovered for projection when it is plugged in, karena jika tidak, maka kalau laptop tersebut tidak ditancapkan ke charger, maka dia tidak akan terdeteksi sebagai monitor kedua.

Setelah itu, pada mesin utama kamu, tekan tombol Windows + P. Kamu akan mendapatkan opsi seperti ini.

 Pilih Connect to a wireless display. Kamu akan diminta untuk menunggu sejenak hingga laptop yang kamu jadikan sebagai monitor kedua tersambung.

Pilih Connect untuk menyambungkan, dan pilih Yes di laptop yang dijadikan monitor kedua untuk mengonfirmasi.

Nah, setelah tersambung, untuk proyeksi pilih Extend untuk menjadikan lingkup kerja atau workspace kamu menjadi luas, dan kamu bebas memindah-mindah jendela tampilan antar monitor. Uniknya, laptop yang kamu jadikan monitor kedua akan tetap mempertahankan wallpaper dan tampilan desktopnya. Hanya saja kamu jadi bebas memindah-mindah jendela aplikasi dari mesin utama ke laptop yang dijadikan monitor kedua tersebut! Solusi ini sangat luar biasa karena Windows langsung menganggap bahwa laptop kedua kamu adalah monitor tambahan.

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan memanfaatkan solusi ini. Baterai laptop memiliki batas tertentu, dan tentu saja kamu harus membawa dua charger untuk memanfaatkan laptop sebagai monitor terus menerus. Berbeda dengan monitor eksternal sungguhan yang mendapat daya langsung dari baterai laptop kamu. Selain itu, terkadang kamu akan mendapati lag karena koneksi Bluetooth jelas bukan solusi terbaik untuk melakukan konsep dual monitor, apalagi jika kamu menggunakannya untuk bermain game. Namun jika kamu seperti saya, hanya memerlukannya untuk mengetik dan pemanfaatan ringan, maka solusi ini akan sangat membantu.

Kamu punya tips lain terkait memanfaatkan laptop sebagai monitor eksternal? Sumbangkan wawasan kamu di kolom komentar!

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Apakah Anda sedang mencari tahu bagaimana cara menjadikan laptop sebagai monitor? Butuh bantuan untuk menyiapkannya? Maka artikel ini akan menunjukkan langkah-langkah cara laptop sebagai monitor yang dapat dengan mudah untuk Anda ikuti.

Meskipun tampak seperti proses yang sederhana di mana Anda hanya perlu menghubungkan laptop ke desktop dengan kabel HDMI, namun kenyataannya tidaklah demikian. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasannya dibawah ini.

Berikut Cara Menjadikan Laptop Sebagai Monitor

Sebelum menggunakan tips ini, Anda perlu memperhatikan dua syarat untuk menjadikan laptop sebagai monitor. Pertama, laptop tersebut memiliki fitur bluetooth (hampir semua laptop punya) dan kedua, harus menjalankan OS Windows 10.

Nah, jika Anda ingin menampilkan di layar yang lebih besar (monitor, TV, proyektor, dll). Maka Anda dapat melakukannya hanya dengan menghubungkan layar tambahan ke laptop Anda.

Namun, Anda tidak dapat menghubungkan laptop ke PC dengan kabel untuk membuat laptop Anda menampilkan apa yang dihasilkan oleh PC. Anda bisa memakai fitur bawaan seperti windows atau menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

1. Menggunakan Miracast di Sistem Windows

Simak tutorial dibawah ini untuk mengetahui cara menjadikan laptop sebagai monitor.

Pada laptop yang ingin digunakan sebagai tampilan sekunder:

  1. Pilih menu dan masuk ke pengaturan (ikon roda gigi)
  2. Klik ikon sistem dan pilih ‘projecting to this pc’ di menu sebelah kiri
  3. Pastikan Anda sudah mengubah menu drop–down pertama menjadi tersedia
  4. Kemudian, konfigurasikan pengaturan lain sesuai keinginan Anda
  5. Jika sudah selesai, kembali ke PC utama Anda

Pada monitor PC Utama yang ingin yang ingin Anda gunakan sebagai laptop tampilan sekunder:

  1. Pilih ikon Notification atau Action center di pojok kanan bawah taskbar
  2. Klik hubungan pada menu di bagian bawah menu geser notifikasi
  3. Pilih laptop ketika laptop yang Anda sambungkan sudah muncul
  4. Selanjutnya, kembali ke laptop Anda dan terima koneksi
  5. Jika sudah, pada PC utama klik kanan pada desktop dan pilih pengaturan tampilan
  6. Dari menu tampilan, pastikan dibagian bawah Anda telah memilih untuk ‘perluas desktop ke tampilan ini’
  7. Atur ulang tampilan desktop dan laptop Anda dengan cara menarik dan melepas ikon tampilan di bagian atas layar ‘pengaturan tampilan’

2. Menggunakan HDMI/ Kabel Input Video

Untuk melakukan cara ini, Anda memerlukan komputer yang berfungsi dengan monitor, laptop dan kabel HDMI. Semua pengaturan akan dilakukan pada PC. Perhatikan cara menjadikan laptop sebagai monitor dibawah ini.

  1. Siapkan kabel HDMI, masukkan satu sisi ke konektor yang sesuai dengan laptop Anda
  2. Disisi lain, sambungkan ke konektor HDMI di komputer
  3. Dengan tidak adanya konverter khusus dari DVI, port VGA atau tampilan pada HDMI di salah satu perangkat. Anda dapat menggunakan konektor yang diperlukan
  4. Selanjutnya jika dirasa gambar belum lulus secara otomatis, klik fn + f4
  5. Kemudian, pilih parameter ‘layar’
  6. Pergi ke bagian ‘mengatur pengaturan layar’
  7. Jika layar belum terdeteksi, klik ‘mencari’
  8. Pada menu pop up ‘beberapa layar’ silahkan pilih ‘perluas layar ini’
  9. Dan selesai, sekarang Anda dapat menggunakan laptop sebagai monitor kedua untuk komputer

Selain kedua cara diatas, Anda juga bisa menggunakan program pihak ketiga seperti SpaceDesk. Disini, Anda hanya perlu mengunduh Space Desk Driver di sistem utama Anda dan SpaceDesk Viewer di laptop yang ingin Anda gunakan.

Penutup

Demikian sedikit informasi dari Yerros tentang cara menjadikan laptop sebagai monitor yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua, sekian dan selamat mencoba!

Anda dapat menghubungkan Chromebook ke monitor atau TV menggunakan port HDMI, DisplayPort, DVI, VGA, atau USB-C.

Menampilkan layar Chromebook di monitor

  1. Di kanan bawah, pilih waktu.
  2. Pilih Setelan .
  3. Di bagian “Perangkat”, pilih Layar.
  4. Pilih Cerminkan Layar Bawaan. Opsi ini akan muncul saat monitor Anda terhubung.

Tips: Untuk menampilkan layar Chromebook di monitor Anda saja, tekan dan tahan Kurangi kecerahan .

Menyesuaikan layar

  1. Di kanan bawah, pilih waktu.
  2. Pilih Setelan .
  3. Di bagian “Perangkat”, pilih Layar.
  4. Untuk menyesuaikan layar Chromebook, pilih Layar Internal. Untuk menyesuaikan layar monitor, pilih nama monitor.
    • Memperbesar atau memperkecil item di layar: Di bagian “Ukuran tampilan”, pilih salah satu opsi.
    • Memutar layar: Di bagian “Orientasi”, pilih salah satu opsi.
  5. [Opsional] Di bawah tab monitor, Anda juga dapat:
    • Mengubah ketajaman layar: Di bagian “Resolusi”, pilih salah satu opsi.
    • Mengubah frekuensi pembaruan layar: Pilih rasio pembaruan yang lebih tinggi untuk memperbarui konten di layar dengan lebih cepat.

Tips: Untuk memindahkan jendela atau aplikasi dari satu layar ke layar lain dengan cepat, pada keyboard, tekan Penelusuran  + Alt + m atau Peluncur  + Alt + m.

Menggunakan adaptor untuk menghubungkan Chromebook ke monitor

Terkadang Anda memerlukan kabel adaptor untuk menghubungkan Chromebook ke monitor. Untuk mengetahui jenis kabel yang Anda perlukan, lihat petunjuk yang disertakan dengan Chromebook Anda.

  1. Temukan port keluaran dan masukan di Chromebook. (Jika Anda tidak yakin port mana, lihat petunjuk yang disertakan dengan Chromebook.)
  2. Gunakan 2 port ini untuk menemukan adaptor yang tepat (misalnya, DisplayPort ke HDMI).
  3. Colokkan adaptor ke monitor, lalu ke Chromebook.

Menggunakan layar atau monitor HDR

Beberapa Chromebook memiliki layar rentang dinamis tinggi (HDR) atau mendukung HDR melalui monitor eksternal berkemampuan HDR. Jika Chromebook atau monitor eksternal Anda tidak mendukung HDR, video akan diputar dalam rentang dinamis standar (SDR).

Menggunakan docking station

Bergantung pada model Chromebook, Anda dapat menghubungkan 1-3 monitor eksternal. Temukan docking station besertifikasi “Kompatibel dengan Chromebook”.

Memecahkan masalah koneksi

Jika Anda menggunakan kabel USB-C untuk menghubungkan Chromebook ke monitor atau docking station, kecepatan kabel harus cukup cepat untuk mendukung koneksi. Jika Anda mencoba terhubung dengan kabel USB-C dan monitor tidak merespons, atau Anda menerima pesan “Kabel mungkin tidak mendukung layar”, coba langkah-langkah berikut.

I bertaruh, ada kalanya Anda hanya ingin komputer Anda berfungsi ganda sebagai layar eksternal. Yah, itu tidak terlalu sulit. Menyiapkan layar laptop Anda sebagai monitor eksternal hanya memerlukan sedikit pemahaman tentang opsi koneksi, sistem operasi, dan beberapa penyesuaian.

Gunakan layar laptop Anda sebagai monitor eksternal

Jika Anda siap untuk memaksimalkan PC Windows, Anda sudah memiliki dan menghemat uang daripada membeli monitor kedua khusus, tutorial ini untuk Anda.
Buka Pengaturan Windows > Sistem. Pilih Memproyeksikan ke PC Ini. Pilih salah satu opsi yang ditawarkan. Buka desktop atau laptop yang ingin Anda gunakan sebagai komputer utama perangkat.Tekan Tombol Windows+P & pilih bagaimana Anda ingin layar ditampilkan.Pilih opsi Perluas.Periksa apakah nama perangkat Anda tersedia sebagai opsi untuk menghubungkanMulai menggunakan beberapa layar segera
Menggunakan layar laptop Anda sebagai monitor eksternal adalah salah satunya hal terakhir yang dipertimbangkan pembeli ketika mereka pertama kali membelinya. Namun, ada baiknya menjadikannya sebagai salah satu opsi.

Untuk memulai, buka Pengaturan Windows di laptop yang ingin Anda gunakan sebagai tampilan kedua.

Pilih Sistem > Memproyeksikan ke PC Ini.

Di sini, Anda dapat memilih pilihan yang paling sesuai dengan situasi dan kebutuhan keamanan Anda. Misalnya, Anda dapat memilih salah satu opsi berikut.
PC Windows dan ponsel dapat memproyeksikan ke PC ini saat Anda mengatakan OK – Ubah pengaturan dari Always Off menjadi Available Everywhere atau Available Everywhere on Secured Networks bergantung pada lokasi dan keamanan jaringan Anda. Minta untuk memproyeksikan ke PC ini – Di sini, pilih antara Pertama kali saja atau Setiap kali koneksi diminta, tergantung pada apakah Anda keberatan jika diminta setiap kali Anda menggunakan laptop sebagai monitor. Memerlukan PIN untuk memasangkan – Anda dapat memilih untuk membuat PIN jika Anda khawatir tentang perangkat lain yang memproyeksikan datanya ke layar laptop Anda. Mode ini sangat direkomendasikan saat Anda menggunakan koneksi publik atau perangkat bersama. PC ini hanya dapat ditemukan untuk proyeksi saat dicolokkan – Banyak pengguna rumahan memilih ini untuk memastikan mereka memiliki perangkat dan menghemat masa pakai baterai.
Setelah Anda selesai memilih opsi, catat nama PC di bagian bawah jendela pengaturan karena Anda harus memilihnya saat memilih perangkat yang akan disambungkan.

Baca:PC Anda tidak dapat memproyeksikan ke layar lain, Coba instal ulang driver

Sekarang, pindah ke bagian kedua yang melibatkan menghubungkan komputer utama Anda.

Mengkonfirmasi laptop Anda diatur untuk proyeksi, pergi ke desktop atau laptop yang ingin Anda gunakan sebagai perangkat utama Anda dan tekan Win+P

Pilih bagaimana Anda ingin layar ditampilkan.

Pilih Perpanjang jika Anda ingin laptop Anda berfungsi sebagai monitor kedua sejati yang memberi Anda ruang layar tambahan untuk produktivitas.

Anda sekarang akan melihat nama perangkat laptop Anda sebagai pilihan untuk menghubungkan. Setujui tindakan dan Anda dapat mulai menggunakan beberapa layar segera.

Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan Anda, tekan tombol Putus untuk memutuskan koneksi.

Terkait:
Cara mencerminkan layar Windows ke perangkat lainCara memproyeksikan layar komputer Windows Anda ke TV
Dapatkah saya menggunakan dua laptop sebagai monitor ganda?

Ya, Anda dapat menggunakan dua laptop sebagai monitor ganda. Di PC utama Anda, gunakan pintasan Windows Key + P untuk membuka pengaturan proyeksi tampilan PC Anda. Pilih Perluas dari daftar opsi. Ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan laptop Anda sebagai monitor kedua saat Anda memproyeksikannya.

Baca: Monitor eksternal tidak terdeteksi dengan laptop Windows

Apa yang terjadi ketika Anda menghubungkan dua laptop dengan HDMI?

Jika Anda beruntung, tidak akan terjadi apa-apa. Di sisi lain, jika Anda kurang beruntung, kedua laptop akan mengalami korsleting. Itu karena pemancar HDMI mengirimkan sinyal daya 5V. Jadi, saat Anda menyambungkan 2 pemancar bersama-sama, Anda mengirim +5V dari kedua sisi, yang dapat merusak perangkat Anda, jika tidak dirancang dengan sirkuit perlindungan.

Sekarang baca: Cara menyiapkan 3 monitor di laptop Windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *