Cara mengatasi laptop overheat saat main game

Bermain game adalah sesuatu yang mungkin telah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Akan tetapi pengalaman bermain game tentu hanya bisa dinikmati apabila kamu bisa bermain dengan nyaman. Salah satunya adalah ketika suhu laptopmu masih berada pada kondisi normal alias tidak terlalu panas bahkan sampai overheat. Oleh karena itu pada artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi laptop cepat panas saat main game dengan singkat, jelas dan padat sehingga kamu dapat menerapkannya secara mandiri di rumah ketika kamu ingin bermain game.

Baca juga:

Jadi apa saja cara mengatasi laptop cepat panas saat main game itu? Simak di bawah ini ya!

1. Selalu gunakan kipas tambahan apabila kamu ingin bermain dalam waktu yang relatif lama

Cooling pad atau kipas tambahan yang biasanya dipakai di bawah laptop dapat membantu mengurangi overheat pada laptop, dengan cara mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop, sehingga sirkulasi udara menjadi lancar. Akan tetapi kamu harus hati-hati karena jika salah dalam menggunakannya kipas tambahan justru bisa membawa debu masuk ke dalam laptop. Oleh karena itu bersihkan cooling pad yang kamu miliki sebelum menggunakannya pada laptopmu dari debu-debu yang terlihat ataupun tidak terlihat.

Namun menggunakan cooling pad kurang efektif apabila desain perangkat laptop yang kamu miliki dibuat sirkulasi udaranya di bawah monitor. Apabila desainnya seperti itu, maka sebaiknya tidak perlu menggunakan cooling pad karena karena tidak akan begitu berguna. Sebab udara hanya berputar-putar saja disitu.

Apabila kamu ingin menggunakan cooling pad, sangat direkomendasikan untuk memilih coolpad yang memiliki tiga kipas, karena memiliki tingkat redam suhu yang relatif lebih baik apabila dibandingkan dengan cooling pad yang hanya memilki dua kipas saja.

2. Melakukan pembersihan total

Langkah kedua untuk mengatasi laptop cepat panas saat main game adalah dengan cara membongkar atau membuka total laptopmu, kemudian bersihkan komponen hardware terutama fan dari debu dan kotoran yang dapat menyumbat sirkulasi udara di dalam laptop.

Sedikit tips ketika kamu ingin membongkar laptop, pastikan kamu menggunakan sarung tangan untuk menghindari listrik statis. Selain itu pelajari dulu arsitektur laptop yang kamu miliki agar kamu tidak merusak beberapa bagian laptop ketika berusaha untuk membukanya.

Baca juga:

3. Perhatikan kondisi thermal paste

Ada banyak komponen di dalam laptopmu, salah satunya adalah processor. Processor adalah salah satu komponen yang cepat panas dan oleh karenanya biasanya pabrik akan memberikan semacam gel atau thermal paste dalam proses produksinya. Pemberian thermal paste ini digunakan untuk membantu mempercepat pemindahan energi panas dari processor, atau dengan kata lain mereduksi atau mengurangi panas yang dihasilkan oleh processor.

Thermal paste adalah salah satu komponen yang penting di dalam laptop, tetapi jarang diperhatikan. Apabila laptop masih baru, biasanya tidak ada masalah pada thermal paste, akan tetapi tetapi setelah digunakan bertahun-tahun, lama-kelamaan thermal paste akan mengering. Oleh karena itu ketika kamu membongkar laptopmu dan menemukan bahwa thermal paste berada dalam kondisi kering atau sudah mau habis, kamu dapat menggantinya dengan thermal paste yang baru.

Apabila kondisi thermal paste tidak kamu perhatikan, bisa jadi thermal paste sudah mengering dan membuat processormu mengalami overheat ketika bermain game. Pada kondisi yang paling parah, laptopmu bisa mati dengan sendirinya.

Baca juga:

4. Istirahatkan laptop

Apabila kamu sudah bermain lebih dari 8 jam (asumsinya laptop modern), maka seharusnya kamu memberikan kesempatan bagi laptopmu untuk beristirahat kurang lebih selama 30 menit dalam kondisi mati. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga agar komponen laptop memiliki umur yang lebih panjang karena tingkat panas dikurangi sehingga komponen tersebut dapat beristirahat dengan baik.

Baca juga:

5. Perhatikan tempatmu meletakan laptop

Tempat meletakkan laptop sangat penting untuk diperhatikan. Hal itu disebabkan karena penempatan laptop dapat mempengaruhi sirkulasi udara yang dimiliki oleh laptopmu sehingga secara langsung mempengaruhi tingkat penyerapan atau tingkat keefektifan pendinginan laptop. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penempatan laptop adalah sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan.

Sangat disarankan untuk meletakan laptopmu pada bidang yang datar. Jangan menempatkan laptop pada kasur, atau bahkan dipangku karena hal itu akan membuat arus panas sulit dialirkan sementara memangku laptop dapat membahayakan diri sendiri karena laptop mengandung engeri listrik, radiasi, dan suhu panas yang berbahaya bagi tubuh.

Apabila kamu meletakan laptop pada kasur yang empuk, hal itu membuat laptop menjadi sangat cepat panas. Kejadian itu dapat terjadi karena alas kasur akan menyerap panas laptop, yang berarti laptop berada pada alas yang panas. Oleh karena itu menggunakan laptop pada kasur dalam jangka waktu yang lama sangat tidak disarankan karena sangat tinggi risiko menyebabkan komponen laptop mengalami kerusakan.

Apabila kamu punya uang lebih, kamu dapat membeli meja khusus untuk menggunakan laptop.

Selain lima cara di atas, berikut ini cara-cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi laptop yang cepat panas saat main game. Penasaran kan? Berikut listnya. 

  1. Membuat ruang atau celah di bawah bidang tempat laptop berada untuk sirkulasi udara
  2. Membatasi aktivitas bermain game dengan jam-jam tertentu
  3. Mengatur brightness agar tidak terlalu tinggi
  4. Tempatkan pada meja atau alas yang dingin bila tidak menggunakan cooling pad
  5. Memastikan kipas berfungsi dengan normal
  6. Melihat pengaturan BIOS untuk mensetting kecepatan kipas dan pendinginan yang lain pada umumnya
  7. Jangan memainkan game yang memiliki spesifikasi di atas laptopmu karena akan memicu kerja yang sangat berat dan melebihi beban komponen hardware laptopmu
  8. Kalau bisa, bermainlah di ruangan ber-AC

Itulah beberapa cara mengatasi laptop cepat panas saat main game khususnya untuk mengantisipasi pada laptop yang sudah sangat berumur alias tua dan memiliki spesifikasi yang terbatas. Pada prinsipnya laptop dibuat dengan spesifikasi masing-masing, oleh karena itu laptop akan selalu memiliki keterbatasan tertentu baik dari segi kecepatan ataupun fitur-fitur tertentu. Apabila kamu ingin menggunakan laptopmu untuk bermain game, maka idealnya kamu juga harus memiliki laptop yang memiliki hardware yang mendukung. Tetapi tentu saja hal itu bisa jadi terkendala pada budget yang kamu miliki. Tetapi tentu saja, tidak ada yang tidak bisa dengan kerja keras. Apabila kamu ingin mendapatkan laptop untuk bermain game, maka rencanakanlah keuanganmu dan bekerjalah lebih keras untuk itu.

Selamat bermain game dan pantau terus DosenIT untuk artikel-artikel menarik berikutnya ya!

Cara Mengatasi Laptop Panas Saat Bermain Game AAA

Main game kayak Cyberpunk 77 atau game ultraviolence yang super intens kayak Ghostrunner memang bikin kamu lupa waktu. Namun, game-game dengan grafis yang berat dan sistem yang kompleks kerap mempertemukanmu sama satu masalah yakni “bagaimana cara mengatasi laptop panas alias overheating?”

Panas pada laptop dan PC dapat berakibat pada menurunnya performa dan membuatnya mengalami konsleting. Tentu kamu nggak mau hal ini terjadi, bukan? Segera lakukan cara ampuh di bawah ini untuk mengurangi overheating pada laptop gaming.

Menghubungkan Laptop dengan Daya

Panas nggak wajar pada laptop bisa terjadi memberikan daya yang cukup pada saat menjalankan game yang intensif. Kondisi ini ditandai sama baterai yang drained. Kalau kamu menemukan ciri yang satu ini, coba sambungkan laptop ke charger dan diamkan beberapa saat hingga daya mencapai 50% atau lebih.

Pastikan kamu nggak overcharging laptop karena alih-alih mengurangi panas berlebih, kondisi ini bikin laptop makin panas dan bikin baterai menggembung.

Mengurangi Intensitas

Frame per Second

(FPS)

FPS alias frame rate per second yang tinggi memang penting banget buat esports. Semakin tinggi pengaturan FPS maka semakin smooth pula gambar dalam game, dan efek ghosting alias bayangan dalam pergerakan karakter pun semakin nggak keliatan.

FPS tinggi memastikan game nyaman buat dimainkan dan bikin kamu lebih mudah buat berkonsentrasi. Masalahnya, pengaturan FPS tinggi ini suka bikin laptop jadi panas.

Kalau kamu menemukan kasus seperti ini, cobalah buat menurunkan tingkat FPS. Jika suhu laptop kembali normal, berarti permasalahannya ada pada beban kerja yang berat karena FPS tinggi.

 

Baca Juga: Cara Membersihkan RAM di Laptop Biar Nggak Lagging

 

Mengganti Charger

Charger bisa menjadi penyebab panas nggak wajar pada laptop. Usia charger yang terlalu lama atau penyok pada bagian kabel bikin ia nggak mampu mendistribusikan panas dengan baik.

Ganti charger apabila laptop selalu overheating saat diisi daya atau ketika ia nggak mampu mengisi daya dengan maksimal dalam kurun waktu tertentu. Jika membeli charger baru, lakukan perawatan buat memperpanjang lifespan-nya seperti nggak asal-asalan menggulung kabel atau menginjak kabel charger.

Mengistirahatkan Laptop Sejenak

Layaknya player, laptop juga butuh istirahat. Kalau kamu merasa sudah terlalu lama bermain game dan suhu laptop makin tinggi, matikan game dan shut down laptop sampai suhunya normal lagi.

Penggunaan laptop berjam-jam non-stop berdampak buruk buat kesehatan dan bikin laptop menjadi cepat aus. 

 

Baca Juga: Deretan Game PC 2022 yang Paling Ditunggu

 

Pakai

Cooling Pad

Cooling pad sudah terbukti dapat menurunkan tingkat panas berlebihan di laptop kamu. Gadget yang satu ini bekerja dengan memberikan sirkulasi udara segar ke dalam fan laptop lewat putaran anginnya yang kencang.

Sebelum main game di laptop, kamu bisa terlebih dahulu meletakkannya di atas cooling pad dan menyesuaikan putaran kipas sesuai dengan suhu laptop pada saat itu.

Pilih Laptop Anti Overheat

Ada rencana buat ganti laptop? Sebelum membeli, kamu harus memilih yang terbaik supaya nggak menyesal. Pastikan kamu membeli laptop yang nggak cuma punya RAM besar dan senjata prosesor tangguh, tetapi juga punya mesin mumpuni yang nggak gampang panas.

Beruntungnya, Acer menghadirkan koleksi laptop gaming Predator Triton 500 dengan fasilitas 3D Aeroblade 4th gen yang memberikan airflow 45% lebih baik daripada generasi sebelumnya. Sirkulasi panas yang baik ini membuat kinerja laptop menjadi lebih stabil dan laptop pun lebih durable. 

Cara Mengatasi Laptop Panas

 

Baca Juga: Acer Predator Triton 500 SE, Laptop Gahar dan Ringan untuk Gamer Sejati

 

Selain anti-overheating, kualitas FPS dan resolusi yang lebih tinggi 26% dari gen-9 bikin laptop gaming ini cocok buat aktivitas main game kelas berat kayak Genshin Impact yang penuh sama landscape menarik atau horror survival yang mengintimidasi seperti Phasmophobia. Lebih cakep lagi, kamu juga bisa multitasking dengan Predator Triton 500, misalnya kayak menyunting video sambil tetap menyalakan game.

Lewat fasilitas di atas ditambah dengan refresh rate up to 300 Hz dan RGB keyboard yang stylish, ini piranti wajib buat hardcore gamers yang menginginkan kenyamanan ultimate waktu main game profesional, terutama dengan konsep FPS. Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan Predator Triton 500 di Acer e-Store dan toko-toko offline terdekat di kota kamu. Kamu juga akan mendapatkan garansi 3 tahun service dan spareparts serta promo menggiurkan lainnya! Are you ready to play?

 

Jadi, itulah cara mengatasi laptop panas yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa juga untuk menggunakan laptop yang bisa menunjang hobi kamu bermain game ya, seperti laptop gaming dari Acer. 

Pantau terus Official Website Acer Indonesia serta ikuti media sosial Acer Indonesia dan Predator Gaming Indonesia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut juga rangkaian produk dan promo terkini lainnya.

 

Spesifikasi Predator Triton 500

Processor

Intel Core i7-10875H

Graphic Card

NVIDIA GeForce RTX™ 2080 SUPER /

NVIDIA GeForce RTX™ 2070 SUPER

RAM

16 / 32 GB DDRIV

Storage

2* 512GB SSD NVMe

OS

Windows 10 Home + Office Home & Student 2019

Refresh Rate

300 Hz

Display

15.6″ FHD LED, G-Sync Support 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *