Cara mendapatkan beasiswa sma ke luar negeri

Berbicara mengenai beasiswa, ternyata tidak hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi seperti S-1, S-2, atau S-3. Bahkan, di tingkat pendidikan menengah seperti SMA dan/atau sederajat juga banyak yang menyediakan berbagai program beasiswa SMA luar negeri yang bisa dijadikan pilihan yang menarik untuk Hunters yang masih duduk di bangku SMP dan SMA. Yuk, kita simak hingga akhir pembahasan artikel kali ini dengan ragam daftar beasiswa SMA luar negeri!

Keuntungan Mengambil Program Beasiswa SMA di Luar Negeri

Salah satu keuntungan yang utama dari bersekolah dan mengambil beasiswa SMA di luar negeri adalah bisa meningkatkan kemampuan akademis serta berbahasa asing ke tingkat yang lebih baik lagi. Dengan kualitas pendidikan yang mungkin lebih baik, secara tidak langsung akan membuat Hunters bisa meningkatkan standar kompetensi dan kualitas berpikir dan pendidikan anda jelas akan jauh lebih baik lagi. Karena menempuh pendidikan di luar negeri, maka Hunters akan secara langsung bisa mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan bahasa asing.

Berkaitan dengan penguasaan berbahasa asing, tentunya butuh sebuah adaptasi dan proses pembelajaran. Namun, apabila terus diasah maka seiring berjalannya waktu Hunters juga akan bisa memahami penguasaan bahasa asing di tempat Hunters menempuh pendidikan. Tentunya, akan menjadi sebuah nilai plus yang patut Hunters banggakan juga karena memiliki pengalaman hal baru lagi bisa berkesempatan mengenyam bangku pendidikan SMA di luar negeri.

Manfaat berikutnya dari mengambil beasiswa terutama di tingkat SMA hingga ke luar negeri, yaitu Hunters bisa mempelajari berbagai kebudayaan baru yang belum pernah Hunters dapatkan di tempat saat ini.  Setiap negara memiliki berbagai kebudayaan yang unik dengan negara asal seperti di Indonesia. Sama halnya layaknya kebahasaan, kebudayaan juga memerlukan waktu adaptasi yang mungkin akan terasa sangat lama. Namun, itu bisa menjadi bahan eksplorasi pengalaman berharga agar Hunters bisa melekatkan diri dengan kebudayaan negara lain. Dengan demikian, Hunters bisa ikut terlibat dalam kehidupan sosial di negara lain.

          Baca juga: Serba-serbi Tes IELTS untuk Persiapan Beasiswa dan Pekerjaan

Pilihan Beasiswa SMA di Luar Negeri 

1. ASEAN Scholarship MOE Singapura

Beasiswa ini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi Hunters yang memang ingin mencari beasiswa SMA di Singapura. Beasiswa ini akan memberi Hunters berbagai keuntungan yang bisa Hunters dapatkan, misalnya seperti bisa mendapatkan biaya kuliah gratis, tunjangan tahunan untuk akomodasi, beserta tiket keberangkatan ke Singapura, dsb. Terpenting, jika Hunters ragu akan tinggal di luar negeri, Singapura jadi pilihan yang cocok karena jaraknya yang dekat dari Indonesia. Untuk  Informasi selengkapnya Hunters bisa mengunjungi laman web resminya.

2. Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES)

Agak berbeda dengan beasiswa sebelumnya, beasiswa ini ditujukan untuk anak SMA yang ingin mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika Serikat. Pilihan terbaik kini datang dari Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES). Tidak perlu risau, program beasiswa ini terjamin karena dikelola langsung oleh Pemerintah Amerika Serikat dengan standar kualifikasi yang sangat ketat. Hal terpenting lainnya sebelum mengikuti program beasiswa ini adalah Hunters harus memilih jurusan yang diinginkan sesuai dengan kompetensi dan minat. 

           Baca dulu: 10 Universitas Terbaik di Dunia, Cek Faktanya!

Tuntas sudah penjabaran Minters mengenai beasiswa SMA luar negeri dan manfaat yang akan Hunters dapatkan. Apabila Hunters saat ini sedang bingung untuk mencari beasiswa SMA luar negeri yang tepat atau untuk buah kasih tercinta, Schoters sebagai jasa layanan konsultasi program beasiswa bisa menemani perjalanan menempuh study abroad-mu. Mau rekomendasi beasiswa yang cocok dan sesuai profil kamu? -> Dapatkan rekomendasinya dari mentor expert Schoters!

Dapatkan juga bantuan untuk melengkapi berkas pendaftaran beasiswa lewat berbagai layanan dari Schoters.

 

Informasi kali ini tentang Beasiswa SMA Luar Negeri Gratis Full Biaya Hidup yang bisa anda coba jika anda ingin melanjutkan pendidikan SMA SMK Sederajat di Luar negeri dengan skema beasiswa. Bagi anda yang mencari program beasiswa SMA SMK Sederajat lainnya bisa anda baca di sini.

Beasiswa SMA Luar Negeri Gratis Full Biaya HidupBeasiswa SMA Luar Negeri Gratis Full Biaya Hidup

Tentang Beasiswa SMA Luar Negeri

Ingin melanjutkan studi keluar negeri harus di persiapkan dari sekarang!

Kamu harus sudah tahu apa saja yang bisa mendorong kamu bisa lolos kuliah di luar negeri. Salah satunya adalah dengan mengikuti United World Colleges Scholarship.

UWC Scholarship adalah sekolah yang fokus utamanya adalah untuk menjadikan pendidikan sebagai kekuatan pemersatu masyarakat dunia demi masa depan yang berkelanjutan.

Program ini tersebar di 18 negara di dunia. Beasiswa ini akan memberikan pengalaman menempuh pendidikan stara kelas 11 dan 12 selama dua tahun dengan program International Baccalaureate (IB) Diploma, bagi peserta yang lolos seleksi.

Komponen Beasiswa

Jika anda dinyatakan diterima program beasiswa ini maka anda bisa mendapatkan komponen beasiswa sebagai berikut:

  1. Anda akan mendapatkan bantuan Beasiswa penuh atau parsial
  2. Anda mendapatkan Biaya sekolah
  3. Penerima program mendapatkan tempat tinggal Asrama selama menjalani pendidikan
  4. Kamar dan isinya (lemari pakaian, tempat tidur, dll)
  5. Makanan
  6. Buku-buku

Persyaratan Pendaftaran

Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri pada program ini silahkan anda lengkapi persyaratan berikut ini:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia 16 – 18 tahun
  3. Siswa yang terdaftar setidaknya pada jenjang:
  4. Kelas 11 atau 12 untuk siswa yang mengikuti Kurikulum Nasional, atau
  5. Kelas 10 untuk siswa yang mengikuti Kurikulum Internasional (IGCSE atau O Level, IB MYP, atau setara).
  6. Memiliki pencapaian akademik yang baik dengan meraih rata-rata nilai minimal di semester terakhir yaitu:
    1. 8.0 (dari 10)
    2. 4 (dari 7, jika mengikuti IB)
    3. 80 (dari 100)
    4. B (jika menggunakan skala huruf)

Prosedur Pendaftaran

Berikut ini prosedur pendaftaran program beasiswa ini:

  1. Mendaftar secara online dengan merujukportal pendaftaran. SIlahkan kunjungi di sini
  2. Aplikasi disaring oleh Komite Nasional sesuai dengan kriteria kelayakan
  3. Wawancara dan penilaian secara online bagi peserta yang lolos seleksi sebelumnya. Pada tahap ini, peserta kemungkinan akan diminta untuk mengirimkan dokumen-dokumen lain

Perlu sahabat ketahui bahwa Berdasarkan pertimbangan adanya pandemi Covid-19, seluruh proses pendaftaran akan dilakukan secara online. Apabila ingin mendaftar, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang baik

Peserta, orang tua, pendamping, atau guru tidak diizinkan untuk menghubungi panitia seleksi selama proses seleksi, terutama untuk menanyakan pembaruan pada status pendaftaran. Apabila tidak mematuhi peraturan ini, akan ada tindakan yang disesuaikan dengan pelanggarannya

Kontak Resmi

Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan anda kunjungi website resmi penyelenggara:

Website : UWC Indonesia

Kontak :  [email protected] 

Demikianlah informasi Beasiswa SMA Luar Negeri Gratis Full Biaya Hidup yang bisa anda coba. Silahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda.

5/5 – (62 votes)

Y L Tobing, M.Pd

Saya adalah penerima beasiswa BPPDN Calon Dosen 2013 S2 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Indonesia. Ingin berbagi informasi tentang beasiswa kepada sahabat daftarbeasiswa.com supaya teman-teman dapat merasakan apa yang saya rasakan yaitu menjadi Awardee sebuah program beasiswa.

header beasiswa united world college

Mau mendapatkan beasiswa penuh ke luar negeri? Yuk, simak informasi mengenai United World Colleges Scholarship berikut ini.

Di tahun 2021 apa sih impian yang ingin kamu wujudkan? Ada nggak yang ingin diterima di universitas impian melalui jalur SNMPTN/SBMPTN, berprestasi di bidang akademik/non-akademik, atau kuliah di luar negeri? Wah itu sih kayaknya wishlist sebagian besar pelajar di Indonesia ya. 

Tapi ada yang bingung nggak, mulai dari mana untuk mewujudkan impian-impianmu? Tenang saja, kali ini ada United World Colleges (UWC) Scholarship untuk mempersiapkan kamu yang ingin kuliah di luar negeri. 

UWC adalah sekolah yang fokus utamanya adalah untuk menjadikan pendidikan sebagai kekuatan pemersatu masyarakat dunia demi masa depan yang berkelanjutan. UWC tersebar di 18 negara di dunia. Kalau berhasil lolos seleksi masuk ke UWC, kamu akan menempuh pendidikan setara kelas 11 dan 12 selama dua tahun dengan program International Baccalaureate (IB) Diploma.

Lalu bagaimana dengan status sekolahnya di Indonesia? Untuk menjawab semua pertanyaanmu, lebih baik simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Cakupan Beasiswa:

  1. Beasiswa penuh atau parsial
  2. Biaya sekolah
  3. Asrama
  4. Kamar dan isinya (lemari pakaian, tempat tidur, dll)
  5. Makanan
  6. Buku-buku

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia 16 – 18 tahun
  3. Siswa yang terdaftar setidaknya pada jenjang:
    • Kelas 11 atau 12 untuk siswa yang mengikuti Kurikulum Nasional, atau
    • Kelas 10 untuk siswa yang mengikuti Kurikulum Internasional (IGCSE atau O Level, IB MYP, atau setara).
  4. Memiliki pencapaian akademik yang baik dengan meraih rata-rata nilai minimal di semester terakhir yaitu:
    – 8.0 (dari 10)
    -  4 (dari 7, jika mengikuti IB)
    – 80 (dari 100)
    – B (jika menggunakan skala huruf)
    – 3.33 (jika menggunakan 0 – 4 skala nilai)

Alur Pendaftaran:

  1. Mendaftar secara online dengan merujuk pada

    www.uwcindonesia.org/apply

  2. Aplikasi disaring oleh Komite Nasional sesuai dengan kriteria kelayakan
  3. Wawancara dan penilaian secara online bagi peserta yang lolos seleksi sebelumnya. Pada tahap ini, peserta kemungkinan akan diminta untuk mengirimkan dokumen-dokumen lain

Catatan:

  1. Berdasarkan pertimbangan adanya pandemi Covid-19, seluruh proses pendaftaran akan dilakukan secara online. Apabila ingin mendaftar, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang baik
  2. Peserta, orang tua, pendamping, atau guru tidak diizinkan untuk menghubungi panitia seleksi selama proses seleksi, terutama untuk menanyakan pembaruan pada status pendaftaran. Apabila tidak mematuhi peraturan ini, akan ada tindakan yang disesuaikan dengan pelanggarannya

Timeline Pendaftaran: 

Tanggal

Keterangan

Awal Januari 2021

Pembukaan Pendaftaran

Akhir Januari 2021

Penutupan Pendaftaran

Awal Februari 2021

Undangan ke tahap 3 bagi peserta yang terpilih

Akhir Februari 2021

Proses Seleksi Tahap 3

Awal Mei 2021

Pengumuman

Awal Juli 2021

Masa Orientasi bagi Siswa Baru

Agustus – September 2021

Keberangkatan Siswa Baru

 

Alumni UWC Indonesia (Sumber: www.uwc.org)

Jumlah kuota beasiswa penuh, parsial, dan tanpa beasiswa untuk pelajar Indonesia yang ingin sekolah di UWC berbeda-beda setiap tahunnya. Prestasi yang dimiliki peserta menjadi pertimbangan utama untuk penilaian masuk ke UWC. Beasiswa penuh dan parsial diberikan dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi orang tua dan rekomendasi dari sekolah.

Setelah lulus dari UWC dengan program IB Diploma, kamu dapat menggunakan ijazahnya untuk mendaftar kuliah di luar negeri. Tapi, bagi kamu yang ingin kuliah di Indonesia tetap bisa menggunakan ijazah IB Diploma dengan melakukan legalisasi melalui http://dikdasmen.kemdikbud.go.id/index.php/penyetaraan-ijazah-smasmk/.

Informasi Kontak:

Website: UWCindonesia.org

E-mail: [email protected]

Instagram: UWC_Indonesia

Facebook: UWCIndoNC

Twitter: UWC_Indonesia

Oh iya, dalam proses pendaftaran UWC, peserta tidak diwajibkan untuk melampirkan bukti kemampuan bahasa Inggris. Tapi apabila menguasai bahasa Inggris, kamu akan lebih dimudahkan dalam proses seleksi. Oleh sebab itu, jangan sampai kamu kalah saing dengan peserta lain ya. Yuk, tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan English Academy.

New call-to-action

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *