Cara membuka rekening di singapura

Siapa yang tak mengenal Singapura? negara yang berdekatan dengan pulau Batam ini menggapai PDB per kapita sebesar USD 72,766.000 dari laporan badan statistiknya (Singapore Department of Statistics) pada Tahun 2021. PDB atau Produk Domestik Bruto adalah total nilai produksi dan jasa yang dihasilkan semua orang atau perusahaan dalam satu negara.

Angka tersebut naik dibanding tahun 2020 yang hanya bertahan pada level USD 60,752.000. Negara yang menduduki peringkat ke 2 pada kategori Kemudahan Berbisnis Bank Dunia periode 2020 ini, menerapkan strategi Tourist Refund Scheme atau klaim untuk pengembalian Pajak atas Barang dan Jasa (Good and Service Tax) sebesar 7% yang Anda bayarkan saat pembelian di toko yang berlogo Tax Free atau Bebas Pajak.

Sistem ekonomi Singapura telah tertempa menjadi pilar utama perekonomian dalam regional Asia, salah satu indikatornya adalah sistem perbankannya yang memainkan peranan penting dalam menjamin keuntungan dan data substansial nasabah. Selain itu, lembaga perbankan di Singapura membolehkan perusahaan asing untuk melakukan transaksi internasional ke berbagai destinasi dengan biaya yang proporsional, sistem yang cepat dan aman.

Apabila Anda tertarik untuk melakukan ekspansi ke Singapura, dan mencoba untuk membuka rekening perusahaan disana, maka simak dulu pembahasan dari kami berikut ini!

Syarat Pembukaan Rekening Bisnis di Singapura

Persentase pertumbuhan ekspor Singapura yang tumbuh sekitar 33,6%  pada periode akhir Juli 2022 lalu, turut mendorong naiknya prakiraan pendapatan pemerintah untuk 2028 mendatang, yang rilis pada angka SGD 137.005. Hal tersebut dikarenakan pemerintah Singapura, bukan hanya membuka peluang bagi pengusaha asing untuk berniaga secara masif, tapi juga memberikan keringanan pada sistem pajaknya.

Komponen penting dalam pembukaan rekening bisnis di Singapura ialah berkas persyaratannya, Kami akan uraikan beberapa diantaranya:

  1. Daftar Pemegang Saham dan Direktur;
  2. Salinan Paspor Atau Kartu Identitas Nasional Singapura Dari Semua Direktur;
  3. Salinan Akta Perusahaan Dan Anggaran Dasar;
  4. Tanda Daftar Perusahaan Singapura Milik Asing;
  5. Company Domicile Permit;
  6. Penerima Manfaat Sebenarnya;
  7. Informasi Latar Belakang Ultimate Beneficial Owner Dalam Bentuk Website Atau CV;
  8. Informasi Latar Belakang Profesional Tentang Eksekutif Inti;
  9. Keputusan Direksi Perusahaan;
  10. Kegiatan Usaha Yang Diusulkan;
  11. Model Atau Profil Bisnis;
  12. Gambaran Rencana Bisnis;
  13. Target Market Perusahaan;
  14. List of Potential Suppliers or Vendors;
  15. Aktivitas Transaksi Perbankan Yang Diantisipasi;
  16. Surat Referensi Dari Hubungan Perbankan Bisnis Sebelumnya (Opsional);
  17. Other Company-Specific Documentation.

Pada tahapan verifikasi, Bank yang bersangkutan akan meminta dokumen asli maupun dokumen tambahan perusahaan, jadi jangan lupa siapkan dokumen salinan dan dokumen aslinya ya.

Proses Pembukaan Rekening Bisnis di Singapura

Prosedur pembuatan rekening bisnis Singapura akan sangat tergantung pada Bank dan jenis rekening yang Anda pilih. Akan tetapi, langkah-langkah pengaktifannya secara general dapat dikurasikan dalam daftar berikut:

  1. Pilih bank dan jenis rekening (pilihan mata uang dan varian rekening bisnis dari bank tersebut);
  2. Fill in the account opening form required by the Bank;
  3. Siapkan dokumen legal perusahaan dan dokumen pendukung yang diinfokan oleh Bank;
  4. Sertakan Keputusan Direksi yang menyetujui pembukaan rekening dan penandatangan rekening;
  5. Berikan bukti identitas dan alamat tempat tinggal untuk masing-masing pemegang saham perusahaan, pemilik manfaat akhir, dan daftar direktur; dan
  6. Submit all documents along with the initial minimum deposit.

Formulir permohonan Anda akan ditinjau dalam waktu kurang lebih 1 hingga maksimal 4 minggu, dalam prosesnya Bank akan memberitahukan kekurangan dokumen dan persyaratan lain yang harus dipenuhi. Apabila telah lengkap, Bank akan menyetujui permohonan Anda, dan memberikan semua fasilitas yang disediakan seperti nomor rekening, kartu debit maupun kredit, serta keuntungan dan syarat dalam penggunaannya.

Keuntungan Memiliki Rekening Bisnis di Singapura

Kebanyakan Bank di Singapura tidak membebankan biaya pembuatan rekening kepada nasabahnya (dengan persyaratan tertentu), dan biaya administrasi bulanan yang dibebankan senilai SGD 10 hingga SGD 40 tiap bulannya. Beberapa Bank bahkan tidak menargetkan biaya bulanan sama sekali kepada spesifikasi nasabah berbentuk startup, perusahaan kecil dan pedagang. Agar mereka dapat lebih fokus pada kebutuhan bisnisnya, bukan pada biaya perbankan.

Seperti biaya pembuatan rekening, ambang batas minimum yang ditetapkan oleh masing-masing Bank juga memiliki perbedaan. Beberapa Bank mencantumkan peraturan saldo ambang batas minimum sebesar SGD 1.000 bahkan hingga SGD 3.000. Apabila saldo dibawah ambang batas minimum, maka biaya penalti yang dibebankan berkisar SGD 15 sampai SGD 35. 

Bahkan beberapa bank menawarkan setoran awal untuk rekening perusahaan rendah senilai SGD 500, dan juga membebaskan persyaratan saldo bulanan rata-rata minimum dan gratis biaya administrasi bulanan dalam jangka waktu tertentu.

Gratis biaya transfer adalah layanan unggulan yang umum digunakan untuk transfer dana SGD dari satu Bank ke Bank lainnya. Apabila transfer dilakukan melebihi batas teritorial negara maka akan dikenakan biaya tambahan berkisar SGD 10 hingga SGD 40.

Things to Consider If You Want to Open a Business Account in Singapore

Beberapa alasan yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum melangkah ke level yang lebih serius untuk membuka rekening perusahaan di Singapura, diantaranya:

  1. Pemegang rekening harus memiliki entitas perusahaan di Singapura;
  2. Pastikan apakah Bank tersebut memberikan layanan pembukaan rekening secara virtual, atau kehadiran Anda wajib mewakili perusahaan pada proses pembuatan rekeningnya;
  3. Dewan Direksi wajib menandatangani beberapa dokumen tertentu dari Bank;
  4. Setoran awal minimal USD 1.000 atau SGD 3.000 dan Saldo ditahan minimal USD 1.000;
  5. Transaksi dibatasi pada beberapa negara, hal ini mengacu pada regulasi pertahanan keamanan dan politik Singapura;
  6. Transfer uang dengan jumlah besar dari rekening perusahaan ke rekening personal dibatasi, kecuali hal tersebut merupakan keuntungan dari perusahaan; dan
  7. Kebijakan Bank berbeda-beda terkait limit transfer harian dan bulanannya.

Alternatif Pembukaan Rekening Bank untuk Perusahaan di Singapura

Itulah beberapa persyaratan cara membuka rekening bisnis di Singapura. Untuk bisnis berkembang yang ingin melakukan ekspansi ke market Singapura namun belum memiliki entitas ataupun memenuhi kelengkapan dokumen yang diharuskan untuk membuka rekening di Singapura, ada berbagai teknologi finansial yang dapat membantu bisnis Anda mengatasi hal ini.

Salah satunya, all-in-one finance platform Aspire menyediakan solusi akun multi-valas yang dapat dikelola melalui satu dashboard Aspire, yang mencakup mata uang rupiah, USD, hingga dollar Singapura / SGD, dan banyak lainnya. Akun Aspire dapat digunakan untuk menerima maupun mengirimkan dana ke rekening virtual maupun rekening bank lainnya, dan akan langsung terhubung dengan anggaran dan laporan budgeting perusahaan.

Untuk kebutuhan transfer, Aspire juga menyediakan fasilitas transfer virtual account untuk manajemen pengeluaran ataupun pendapatan perusahaan. Semua ini dapat diakses tanpa harus melewati proses pembukaan rekening konvensional yang ribet. Cek halaman fitur Aspire untuk mengetahui fitur Aspire lainnya yang dapat digunakan untuk membantu mengurus keuangan operasional bisnis menjadi semakin praktis dan efisien. 

Terus berkembang bersama Aspire!

Baik Anda tinggal di luar negeri atau bukan penduduk di Singapura, Anda tetap dapat membuka rekening bank pribadi di Singapura tanpa harus mengunjungi Singapura. Namun, pemilik bisnis asing atau non-residen perlu mengunjungi bank untuk membuka rekening bank perusahaan di Singapura .

Perwakilan bank akan mewawancarai pelamar sebelum membuat keputusan akhir apakah Anda disetujui untuk membuka rekening bank perusahaan di Singapura atau tidak.

Alasan utama kebanyakan orang asing membuka rekening bank di Singapura adalah karena faktor keamanan yang dibawa Singapura bagi individu dan bisnis. Selain itu, meski banyak bank lain di dunia yang dinilai aman bagi individu dan bisnis yang ingin membuka rekening bank asing untuk tabungan, investasi, dan perdagangan, bank di Singapura selalu menjadi pilihan pertama dan diperhatikan demi kenyamanan pemegang rekening. masuk ke sistem perbankan untuk mengelola akun.

Di bank lain, transaksi internasional seringkali membutuhkan banyak waktu dan harus melalui banyak panggilan dan pertukaran yang rumit antara bankir dan pemegang rekening.

Baca lebih lajut:

Kami hanya akan memberi tahu Anda berita terbaru dan bermanfaat.

Pusat ekonomi di Asia Lingkungan bisnis yang ramah dan transparan

Buka Rekening Bank Luar Negeri Di Singapura | Hanya Dari US $ 899

Biaya layanan rekening bank Singapore Open

Dari

KAMI $ 499

Service Fees

  • Perusahaan Singapura dipersilakan untuk membuka rekening di banyak bank di dunia
  • Prosedur pembukaan rekening bank disederhanakan dan tidak bertele-tele
  • Konvensi sertifikasi tinggi – Apostille tidak diperlukan.
  • Layanan Nominee Lokal memenuhi syarat
  • Memfasilitasi Anda untuk mengatur pertemuan profesional dengan staf bank dalam wawancara

Mendirikan perusahaan di Singapura

Membuka Rekening Bank Bisnis di Singapura

Singapura adalah pusat keuangan yang berkembang dengan reputasi internasional. Sistem perbankan Singapura termasuk yang terkuat di dunia. Sektor perbankan terlibat dalam berbagai layanan keuangan termasuk fungsi peminjaman dan pengambilan simpanan tradisional serta aktivitas perbankan investasi perusahaan. Selain kelebihan tersebut, perusahaan juga dapat dengan leluasa memindahkan dana lintas negara. Rekening multi-mata uang, internet banking, kartu kredit, akun pembiayaan perdagangan selalu tersedia.

Meskipun sebagian besar bank besar di dunia terkonsentrasi di Singapura, Bank bersedia membuka rekening perusahaan baik untuk perusahaan Singapura atau perusahaan luar negeri selama dokumen KYC (Kenali klien Anda) tersedia dengan cukup.

Rekening Bank Singapura dan Rekening Bank Internasional

Perusahaan Singapura dipersilakan untuk membuka rekening di banyak bank di dunia, yaitu bank lokal (OCBC, DBS, UOB, dll.) Atau bank Internasional (Maybank, UOB Malaysia, Smasa berlaku merkrd Chartered, dll.). Selain itu, bank luar negeri dengan pajak rendah atau bebas pajak juga tertarik pada Singapore Incorporations seperti Euro Pacific Bank (Puerto Rico), CIM (Swiss), Maubank (Mauritius), Bendura Bank (Liechtenstein), dll.

Karena informasinya dirilis ke Pemerintah Singapura, prosedur pembukaan rekening bank menjadi sederhana dan mudah. Konvensi sertifikasi tinggi – Apostille tidak diperlukan.

Jasa Nominee Singapura memenuhi syarat dan tersedia sebagai layanan khusus perusahaan kami.

Kantor terkemuka kami memfasilitasi Anda untuk mengatur pertemuan profesional dengan staf bank dalam sebuah wawancara. Tenaga kerja lokal kami yang antusias sangat ingin mendukung Anda dengan masalah yang mendesak.

Dokumen yang diperlukan untuk membuka rekening bank di Singapura

  • Dokumen perusahaan:
    • Sertifikat Mengkonfirmasi Pendirian Perusahaan (formulir ACRA)
    • Profil bisnis
    • Konstitusi
    • Resolusi
    • Sertifikat Saham
  • Bukti Identifikasi:
    • Paspor Asli semua anggota
    • Nomor pajak (kode timah)
    • Kartu identitas semua anggota
  • Bukti Penduduk:
    • Tagihan utilitas asli sebagai bukti alamat tempat tinggal (tagihan listrik, tagihan air, dll.).
  • Bukti Operasi Bisnis, jika ada:
    • Perjanjian kantor sewa.
  • Bukti Sumber Dana / Kekayaan:
    • Dokumen untuk menunjukkan Sumber Dana Individu:
      • Laporan Bank 6 Bulan Terakhir. ATAU
      • Surat Referensi Bank 3 bulan saat ini
    • Dokumen untuk menunjukkan Sumber Dana Perusahaan (JIKA perusahaan telah beroperasi lebih dari 1 tahun, dan memiliki rekening bank bisnis):
      • Laporan bank perusahaan (setidaknya setengah tahun)
      • Laporan akuntansi dan audit
      • Jabatan
      • Bereputasi baik
  • Bukti Bisnis (Enam Bulan Terakhir dengan Potongan Perusahaan Rekanan)
    • Pesanan dikonfirmasi
    • Kontrak penjualan
    • Faktur pembelian
    • Catatan pengiriman
  • Dokumen Referensi Lainnya:
    • Informasi Produk atau Layanan, seperti:
      • Situs web pelamar
      • Leaflet / Brosur Pelamar
      • Sertifikasi Mutu
    • Informasi tentang rekanan (Pemasok, Pembeli, Pelanggan), termasuk negara terkait dan Produk atau Layanan mereka, seperti :
      • Situs web counterparties
      • Leaflet / Brosur Counterparties
      • Dibutuhkan modul bisnis dengan perusahaan terkait.
      • Rencana bisnis
    • Dokumen untuk menunjukkan pengalaman yang relevan dari Direktur, Penandatangan Resmi, Pemilik Keuntungan:
      • Surat Ketenagakerjaan yang Relevan
      • Sertifikat yang Relevan
      • Lisensi Relevan
      • CV

share image

Mau tahu tentang jenis program kuliah, institusi, proses pendaftaran, biaya hidup mahasiswa dan hiburan di Singapura? Halaman ini memuat informasi ringkas seputar hal-hal tersebut.

 

1. Program apa sajakah yang bisa dipilih?

Pendidikan lanjutan (post-secondary) memberikan sertifikat dan diploma untuk pendidikan yang terutama diperoleh di Politeknik dan Institusi Pendidikan Swasta hingga pendidikan tinggi setingkat Sarjana (S1), Pascasarjana / Master (S2), dan Doktor (S3).

 

Anda bisa melihat daftar program pendidikan yang tersedia di institusi pendidikan lanjutan dan pendidikan tinggi di sini di situs Hotcourses.

 

2. Apa sajakah jenis institusi pendidikan yang ada di Singapura?

Sektor Pendidikan Tinggi di Singapura terdiri dari 4 universitas lokal, 5 politeknik dan sejumlah Private Education Organisations (PEIs) atau Institusi Pendidikan Swasta. Selain itu, Singapura memiliki banyak institusi pendidikan kelas dunia seperti French university – INSEAD, Massachusetts Institute of Technology, dan US business schools seperti University of Chicago Graduate School of Business.

 

Untuk memastikan bahwa PEIs di Singapura menjaga standar kualitas yang tinggi dan praktik bisnis yang baik, telah dibentuk Dewan Pendidikan Swasta atau Council for Private Education (CPE). Semua PEI di Singapura harus memperhatikan kerangka pendaftaran yang ditingkatkan atau Enhanced Registration Framework (ERF) untuk bisa mendaftar ke CPE.

 

Ini menjamin bahwa PEI di Singapura memenuhi standar pendaftaran tertentu dan kewajiban legislatifnya untuk melindungi kebutuhan mahasiswa yang mendaftar ke pusat pendidikan mereka. Mereka juga diwajibkan untuk mendapatkan sertifikasi dari EduTrust jika mereka menerima mahasiswa internasional. Klik di sini untuk mengetahui institusi-institusi yang diakreditasi oleh CPE.

 

3. Bagaimana proses pendaftarannya?

Begitu Anda telah menetapkan pilihan program kuliah dan institusi, Anda harus mengajukan aplikasi secara langsung ke universitas atau perguruan tinggi tersebut. Anda bisa mendapatkan formulir pendaftaran di situs institusi dengan mengklik tautan (link) situs institusi pendidikan yang Anda minati dari situs kami. Anda juga bisa mengirimkan berbagai pertanyaan khusus melalui email dari situs web Hotcourses.

 

4. Bagaimana proses mendapatkan visa pelajar di Singapura?

Mahasiswa internasional wajib mengajukan permohonan untuk mendapatkan visa yang disebut Student Pass (kartu izin tinggal mahasiswa) untuk belajar di Singapura. Kecuali mereka yang memegang Dependent Pass (DP) atau Immigration Exemption Order (IEO).

 

Permohonan untuk mendapatkan Student Pass dapat diajukan ke Immigration & Checkpoints Authority (ICA). Persyaratan dan prosedur untuk mengajukan Student Pass berbeda-beda, tergantung pada jenis  institusinya.

 

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

 

 

5. Berapa biaya hidup mahasiswa di Singapura?

Standar hidup di Singapura termasuk di antara yang tertinggi di Asia. Namun, dibandingkan dengan negara-negara barat, biaya hidup di sini relatif rendah, dan harga kebutuhan pokok seperti makanan dan pakaian sangat wajar.

 

Jika Anda pindah ke apartemen tanpa perabot (kosong), Anda harus membeli barang-barang seperti kulkas, mesin cuci, dan mebel lainnya. 


 

Pengeluaran terbesar Anda adalah uang kuliah Anda, diikuti oleh biaya akomodasi dan makan. Seorang mahasiswa internasional di Singapura, rata-rata, cenderung mengeluarkan  sekitar S$750 sampai S$2,000 per bulan untuk biaya hidupnya. Tentu saja jumlah ini bervariasi, bergantung pada gaya hidup dan program kuliah Anda.

 

6. Berapa anggaran untuk hiburan?

Berbelanja dapat dikatakan merupakan hiburan pengisi waktu nasional di Singapura, namun pusat-pusat perbelanjaan yang luar biasa besarnya dan butik di sepanjang Orchard Road menawarkan banyak barang dengan harga yang mungkin tidak sesuai dengan anggaran seorang mahasiswa.

 

Sebagai gantinya, kunjungilah pasar-pasar barang bekas (flea markets). Lime Flea market diselenggarakan Sabtu kedua dan keempat setiap bulan, menjual pakaian antik dan aksesoris buatan tangan desainer, Clark Quay juga mengadakan pasar rapih menjual berbagai perhiasan kecil pada hari Minggu dan Thieves Market yang terkenal pada hari Minggu juga layak dikunjungi karena orang cenderung menjajakan semuanya dan apa saja yang ada di sini, dan Anda bisa beruntung mendapatkan barang bagus dengan harga murah!

 

Pergi ke bioskop juga merupakan kegiatan yang gemar dilakukan masyarakat di Singapura, dan harga tiketnya biasanya sangat terjangkau, sekitar S$10. Ada semua film Hollywood yang biasa beredar, tetapi ada juga film China, Jepang, dan Korea pilihan dengan terjemahannya dalam bahasa Inggris.

 

Kegiatan pengisi waktu nasional lainnya bagi penduduk setempat adalah makan-makan. Kunjungilah Chinatown dan Little India untuk menyicipi berbagai makanan Asia paling asli dan terjangkau harganya yang dapat Anda temukan di Singapura. Selain itu, jangan lewatkan Singapore Food Festival atau Festival Makanan Singapura. Acara ini diadakan setiap tahun pada bulan Juli dan menampilkan masakan Singapura terbaik; pastikan Anda berkeliling mendapatkan kupon gratis untuk mencoba kepiting pedas Singapura yang sangat terkenal!

 

Bagi para pecinta pesta, kehidupan malam Singapura tidak akan mengecewakan. Beberapa klub buka sepanjang malam karena memiliki izin buka 24 jam sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan tempat untuk berdansa hingga dini hari. Di Singapura juga terdapat Zouk, klub malam kelas dunia yang selalu ramai pengunjung (artis-artis selebriti yang sedang melakukan tur sering kali terlihat di sini).

 

Pemandangan kehidupan malam kebanyakan terpusat di tiga Dermaga – Boat, Clarke dan Robertson; terdapat pula berbagai klub dan bar di Chinatown, Sentosa, dan di dekat Pembangkit Tenaga Listrik St James. Yang tidak boleh dilewatkan untuk merasakan gaya kehidupan malam Singapura adalah karaoke! Terdapat banyak sekali bar karaoke di sekitar kota dan pada umumnya, Anda hanya akan mengeluarkan sekitar S$30 per jam untuk sebuah kamar karaoke pribadi.

 

7. Bagaimana cara membuka rekening bank di Singapura?

Membuka sebuah rekening bank di Singapura sangatlah mudah. Untuk melakukannya Anda harus membawa setoran awal (biasanya S$100) jika Anda berusia di bawah 21 tahun, dan Student Pass (kartu izin tinggal mahasiswa) atau surat penerimaan dari institusi pendidikan Anda. Anda akan mendapatkan sebuah kartu ATM sehingga Anda dapat mengambil uang dari mesin-mesin ATM di sekitar kota, fasilitas ini juga mengizinkan Anda membayar melalui NETS (sistem pembayaran non tunai Singapura).

 

8. Apa saja pekerjaan paruh waktu di Singapura?

Mahasiswa internasional pada umumnya tidak diizinkan bekerja di Singapura. Ini mencakup pekerjaan berbayar atau tidak berbayar (sukarela) selama mereka memegang Student’s Pass (Kartu Izin Tinggal Mahasiswa) yang masih berlaku. Jika Anda melanggar ketentuan ini, Anda berisiko untuk dituntut. Ada beberapa pengecualian untuk peraturan ini. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak silakan klik di sini.

 

Untuk informasi lebih rinci Anda juga bisa menghubungi Kementerian Tenaga Kerja atau Ministry of Manpower (MOM).

 

9. Apa yang dimaksud dengan pekerjaan sukarela?

Pekerjaan sukarela dianggap sebagai pekerjaan tidak berbayar dan, dengan demikian tidak diizinkan di Singapura untuk para mahasiswa internasional saat mereka masih memegang Student’s Pass.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *