Cara membagi uang gaji 1 juta

Seringkali, orang menganggap bahwa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta itu sulit dan tidak mungkin bagi generasi milenial. Saat ini, bahan kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan harga.

Hal ini membuat banyak orang menganggap bahwa uang Rp1 juta tidak cukup bagi keluarga sederhana. Namun, kamu juga bisa mengatur gaji kecil untuk memenuhi kehidupan sehari-hari setiap bulannya.

Dalam hal ini, pasangan suami-istri harus bekerja sama demi memenuhi kebutuhan rumah tangga. Kamu masih bisa mengoptimalkan gaji bulanan 1 juta ke bawah dengan berhemat dan mengelolanya dengan baik dan efektif.

Bagaimana cara mengaturnya? Berikut merupakan tahapan yang wajib kamu coba agar bisa membagi pengeluaran kebutuhan pokok sekaligus mempersiapkan dana darurat.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

1. Kenali Prioritas Keuanganmu dan Pasangan

Tips pertama, kamu dan pasanganmu harus menentukan prioritas keuangan sehingga dapat melakukan alokasi gaji bulanan ke setiap pos pengeluaran dengan optimal. Jika kamu dan pasangan belum memiliki rumah sendiri, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk tinggal bersama orang tua atau mencari kontrakan dengan biaya sewa yang murah.

Dengan begitu, penghasilanmu dan pasanganmu bisa memenuhi kebutuhan. Setelah menentukan prioritas, alokasi gaji juga harus tepat. Berikut adalah salah satu cara efektif mengelola pengeluaran.

cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga-dengan-gaji-1-juta

Dalam hal ini, pasangan suami-istri harus mengutamakan pengeluaran penting terlebih dahulu. Misalnya, kamu yang berpenghasilan Rp1 juta akan mengalokasikan 80% gaji untuk kebutuhan barang-barang pokok sehari-hari, seperti biaya makanan, alat mandi, pulsa, biaya transportasi, dan kebutuhan pokok lainnya.

Kemudian, sebuah keluarga juga harus mempersiapkan 10% gaji untuk dana darurat dan investasi. Jika suatu waktu butuh dana darurat, maka sudah ada persiapan uangnya. 

2. Gaya Hidup Sesuai Dompet

Untuk memenuhi seluruh kebutuhan dalam sebulan dengan gaji Rp1 juta itu sangat sulit. Namun, kamu harus menerapkan gaya hidup hemat sesuai dompet agar bisa memenuhi kebutuhan pokok dan mempersiapkan pengeluaran tidak terduga di kemudian hari.

Jika kamu harus mengambil cicilan kredit, maka kamu harus mempertimbangkan konsekuensi atas pilihan kredit tersebut agar dapat. 

Baiknya, kamu bisa menghindari tagihan kredit agar tidak kesulitan memenuhi tagihan dan bunga setiap cicilan yang harus terpenuhi. Oleh karena itu, kamu harus mengenali antara kebutuhan dan keinginan. Dalam hal ini, kamu dapat menerapkan Metode 30 hari, yakni menunda beli barang selama 30 hari.

Jika setelah 30 hari masih membutuhkan barang tersebut, maka kamu benar-benar membutuhkannya. Namun, kamu hanya menginginkan sebuah barang saat tidak lagi menginginkan barang tersebut setelah 30 hari.

3. Buat Rencana Belanja Bulanan

Setiap bulan, kamu harus menuliskan daftar kebutuhan pokok yang harus dibeli. Kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang harus terpenuhi dalam kehidupan sehari-hari dan tidak dapat tergantikan dengan hal lain, seperti alat mandi, bahan makanan, dan sebagainya.

Dengan mencatatnya, kamu bisa mengurangi daftar barang dari pos pengeluaran yang tidak terlalu penting. Hal ini juga dapat memudahkanmu untuk melakukan evaluasi pengeluaran setiap bulannya.

Baca juga: Tips Jitu Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Anti Boros

4. Beli Kebutuhan Pokok Saja

Setiap berbelanja, kamu harus bisa mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan pokok saja, seperti keperluan makanan, alat mandi, dan sebagainya. Di samping itu, pasanganmu juga harus berkontribusi dalam memenuhi tagihan listrik, pulsa, biaya transportasi, dan kebutuhan lainnya.

Pastikan kamu dan pasanganmu mengeluarkan uang sesuai dengan rencana bulanan saja dan mempertimbangkan baik-baik saat berencana membeli barang di luar daftar belanja bulanan.

Namun, kamu harus sesuaikan jumlah pengeluaran di bawah Rp1 juta agar terhindar dari utang. Oleh karena itu, pasangan suami istri harus berhemat dan mengoptimalkan gaji bulanan dengan maksimal.

5. Optimalkan

Kupon

Promo

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta selanjutnya, kamu harus mengeluarkan uang dengan efisien dengan mencari produk dengan harga lebih murah dengan kualitas yang baik.

Selain itu, kamu juga bisa mengoptimalkan kupon potongan harga agar dapat menghemat pengeluaran.

Kini, ada banyak swalayan atau aplikasi berbelanja yang menawarkan produk terbaik dengan kupon promo menarik. Adanya promo ini dapat menjadi alternatif menghemat pengeluaran dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

6. Cari Penghasilan Tambahan

Penghasilan 1 juta per bulan itu sangat pas-pasan dan hanya bisa mencukupi untuk kebutuhan pokok saja. Oleh karena itu, kamu dapat memenuhi kebutuhan sekunder dan memenuhi keinginan pribadimu dengan mencari sumber pendapatan tambahan.

Saat ini, semua orang memiliki kesempatan untuk meningkatkan penghasilan dengan berjualan online sebagai reseller, menjual jasa sesuai keahlianmu, atau menjadi seorang freelancer.

Pendapatan dari pekerjaan sampingan akan membantumu dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga lainnya di samping kebutuhan pokok sehari-hari.

Baca juga: 8 Ide Usaha Langka Menguntungkan yang Bisa Kamu Coba

7. Rutin Nabung dan Investasi

Di samping menjalankan pekerjaan sampingan, kamu juga perlu rutin menabung dan investasi agar dapat memenuhi kebutuhan sekunder atau tersier. Seringkali, orang merasa sulit menyisihkan uang tabungan dan tergoda menghabiskan uang dalam waktu singkat.

Untuk itu, kamu dan pasanganmu harus memasukan uang minimal Rp50 ribu ke rekening khusus tabungan atau instrumen investasi berisiko rendah.

Selain menekuni pekerjaan sampingan, kamu juga dapat mengoptimalkan penghasilan dengan mengalokasikan dana darurat di instrumen investasi berisiko rendah dan proses pencairan dana investasi mudah dan cepat.

Salah satu jenis investasi tersebut adalah reksa dana pasar uang. Saat ini, semua orang berkesempatan investasi reksa dana dengan modal terjangkau dengan mudah, praktis, dan aman secara online.

Demikian cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta yang bisa kamu coba. Di aplikasi tanamduit, kamu bisa berinvestasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu. tanamduit adalah aplikasi penyedia layanan investasi yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kamu dapat sesuaikan besaran jumlah investasi dengan kondisi finansialmu. Klik di sini untuk mulai berinvestasi di tanamduit.

Dibaca Normal : 4 Menit

Bagaimana cara mengatur keuangan gaji Rp 1 juta perbulan? Ini tips dari Finansialku yang bisa kamu ikuti!

Cari tahu informasi selengkapnya di artikel Finansialku berikut ini!

 

Summary

  • Berapa

    pun gaji yang kita dapatkan, kita harus melakukan pengaturan keuangan yang benar dan menjauhkan diri dari pinjaman online.

  • Un

    tuk menghindari pinjaman online, kita perlu sebuah strategi membuat anggaran yang lebih jelas dan sistematis.

 

Hidup dengan Rp 1 Juta Per Bulan

Sobat Finansialku, nggak semua pekerjaan memberikan kita bayaran atau gaji yang besar. Terlebih untuk kita yang baru meniti karir. 

Nggak peduli besarannya, kita malah terlalu sibuk mengejar karir pertama demi pengalaman untuk dijadikan batu loncatan demi mengejar level yang lebih tinggi.

Nggak jarang, ini membuat kita jadi keteteran sendiri ketika mendapatkan gaji yang tidak sesuai dengan harapan, atau lebih kecil dari rata-rata.

Bagaimana dengan satu juta, bisa bertahan selama satu bulan tanpa harus kelaparan?

Sobat Finansialku tidak sendiri, kok. Nyatanya masih banyak orang-orang di luar sana yang punya nasib serupa.

Menariknya, teman-teman kita sesama pejuang gaji Rp 1 juta ini bisa-bisa saja bertahan hidup meski gajinya jauh di bawah UMR.

Dengan pandai-pandai membagi sedikit demi sedikit pundi-pundi yang didapatkan dalam sebuah anggaran.

  • Listrik sa

    tu bulan: Rp 100 ribu

  • Beras sa

    tu bulan: Rp 200 ribu

  • Bensin s

    atu bulan: Rp 100 ribu

  • Pulsa sa

    tu bulan: Rp 100 ribu

  • Telur 3 bu

    tir: Rp 3 ribu/ hari

  • Dua ikat ba

    yam: Rp 4 ribu/ hari

  • Bawang m

    erah, bawah putih, cabe: Rp 5 ribu/ hari

  • Minyak gor

    eng ¼ liter: Rp 4 ribu/ hari

 

Ada juga yang membagi gajinya dengan anggaran seperti ini:

  • Ora

    ng tua: Rp 300 ribu

  • Bens

    in dan pulsa: Rp 150 ribu

  • Semb

    ako: Rp 200 ribu (Patungan dengan kakak)

  • Nab

    ung: Rp 100 ribu

  • Peng

    eluaran lain-lain: Rp 250 ribu

 

Melihat contoh nyata dari pembagian anggaran yang dilakukan oleh teman-teman kita di luar sana, dapat disimpulkan kalau sebenarnya kita bisa saja hidup dengan penuh syukur dan mengandalkan gaji Rp 1 juta.

Hal yang paling penting adalah bagaimana kita menjauhkan diri dari godaan pinjaman online yang menawarkan persyaratan sangat mudah juga uang yang cair dengan cepat.

 

5 Cara Mengatur Keuangan Gaji 1 Juta yang Benar Supaya Tetap Bisa Nabung

Untuk menghindarinya, kamu perlu sebuah strategi membuat anggaran yang lebih jelas dan sistematis.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, akan dibahas mengenai lima cara mengatur keuangan gaji 1 juta perbulan, yang terdiri dari:

 

#1 Buat Anggaran

Hal pertama yang tentu harus dilakukan adalah membuat anggaran. Berikut adalah contoh membuat anggaran dengan gaji Rp 1 juta.

Anggaran gaji 1 juta

 

Sebenarnya tidak ada aturan saklek mengenai persentase untuk setiap kebutuhan. Sobat Finansialku bisa menyesuaikan setiap persentasenya sesuai dengan kebutuhan lewat aplikasi Finansialku. 

 

#2 Catat Keuangan

Selanjutnya, untuk memastikan kalau pengeluaran kita sesuai dengan yang sudah dianggarkan, jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukannya, ya!

Tidak perlu malas mencatat secara manual, karena Sobat Finansialku bisa melakukan pencatatan keuangan secara otomatis di Aplikasi Finansialku.

Menu Transaksi

 

#3 Miliki Dana Darurat

Meski awalnya sulit, usahakan untuk punya dana darurat sebanyak 6 kali pengeluaran, atau dalam konteks ini sebesar Rp 6 juta.

Dana darurat ini bisa digunakan ketika ada keadaan darurat yang mengharuskan kita untuk mengeluarkan sejumlah uang, agar kita tidak menggunakan pinjaman online.

Tidak usah terburu-buru, Sobat Finansialku bisa menyisihkan sedikit demi sedikit, yang penting konsisten melakukannya setiap bulan.

[Baca Juga: Catat! JHT Itu Untuk Hari Tua Bukan Dana Darurat!]

 

#4 Miliki BPJS Kesehatan

Tidak ada yang bisa menjamin kalau kita akan selamanya sehat. Di sisi lain, kita tidak punya keyakinan bisa melunasi biaya berobat ketika sakit nanti.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memindahkan risiko tersebut ke asuransi kesehatan, sehingga kita tidak perlu mengkhawatirkan kondisi keuangan kita ketika sakit.

Asuransi kesehatan sendiri tidak terbatas pada asuransi kesehatan swasta. Pemerintah sudah lama menyediakan asuransi dengan premi yang lebih rendah, yaitu BPJS Kesehatan.

 

#5 Cari Penghasilan Tambahan

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mencari penghasilan tambahan yang bisa dilakukan di waktu luang.

Penghasilan tambahan ini bisa didapatkan dari berbagai sumber, misalnya memberikan les privat, membantu proyek teman, atau pekerjaan-pekerjaan lain yang sekiranya mampu memberikan kita penghasilan tambahan.

 

Penghasilan Rp 1 Juta Masih Bisa Hidup, Asalkan Diatur dengan Benar

Dengan pengaturan keuangan yang benar, bukan hal yang tidak mungkin untuk hidup dengan penghasilan Rp 1 juta, meski secara realistis ini tidak memberikan kita kebebasan untuk membeli apa yang kita inginkan.

Kalau kamu masih merasa kesulitan dalam mengatur keuangan dan ingin berdiskusi dengan ahli, kamu bisa melakukan konsultasi dengan perencana keuangan dari Finansialku lewat fitur ‘Konsultasi Keuangan’ di aplikasi Finansialku.

 

Apakah kamu punya pengalaman yang sama dan punya tips lain yang bisa dibagikan kepada Sobat Finansialku lainnya? Kalau ada, tuliskan di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada teman-teman pejuang gaji Rp 1 juta lainnya agar kita bisa sama-sama punya pengaturan keuangan yang baik, ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Quora. 09 Februari 2022.

    Bagaimana rasanya hidup dengan gaji 1 juta per bulan?

    . Id.quora.com – https://bit.ly/3uFnIaK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *