Cara lulus cpns 2021

CPNS 2021 sudah di depan mata. Bagaimana nih taktik kamu untuk bisa lolos CPNS di tahun ini? Untuk bisa lolos CPNS, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut ini lho!

CPNS 2021 sudah di depan mata. Bagaimana nih taktik kamu untuk bisa lolos CPNS di tahun ini? Untuk bisa lolos CPNS, kamu juga harus punya taktik sendiri mengingat kamu akan bersaing dengan jutaan orang dari seluruh Indonesia. Jika kamu butuh tips lolos CPNS 2021, coba baca di bawah ini!

Tips Lolos CPNS 2021

Sudah bukan rahasia lagi, setiap tahun pasti pendaftaran CPNS selalu dibanjiri oleh peserta. Apalagi di tahun ini, pasti akan lebih membludak dari 2019, apalagi karena 2020 tidak ada seleksi CPNS. Jadi semua yang sudah menunggu-nunggu untuk tes CPNS akan mendaftar di tahun ini.

Nah, kalau sudah begitu, tentu kamu harus punya cara ampuh yang membuat kamu bisa lolos CPNS 2021. Berikut ini tips lolos CPNS 2021 yang bisa Dik Lulus coba terapkan.

1. Rencanakan jadwal belajarmu

Tips lolos CPNS 2021 pertama yang perlu Dik Lulus lakukan adalah merencanakan jadwal belajar untuk bisa mengasah soal-soal ujian SKD. Luangkanlah waktu belajar secara intensif yang bisa kamu gunakan untuk berlatih soal, mempelajari kisi-kisi, membaca berbagai materi. 

2. Rajin latihan soal-soal tes

Seperti kata pepatah “practice makes perfect” nah begitu juga saat kamu ingin lolos seleksi CPNS di tahun ini. Rajinlah melatih diri dengan mengerjakan soal-soal tes untuk mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. 

Seperti yang kita tahu, di CPNS kamu akan dua kali melalui tes, pertama tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) dan SKB (Seleksi Kemampuan Bidang).

Sekarang, tidak sulit buat menemukan contoh soal CPNS. Kamu bisa berlatih soal-soal CPNS, bisa melalui soal yang kamu temukan di internet, melalui buku soal, atau juga aplikasi yang menyediakan soal CPNS.

3. Mengenali dan mempelajari kisi-kisi dan materi CPNS

Jangan sampai kamu mengabaikan hal yang satu ini dari tips lolos CPNS 2021! Cobalah untuk mencari tahu seperti apa kisis-kisi dan materi CPNS di tahun lalu. 

Kamu bisa menemukan kisi-kisi tersebut dalam buku atau juga aplikasi yang dapat menjadi pedoman untuk belajar tes CPNS.

4. Ikut kelompok belajar atau bimbel

Belajar sendiri buat beberapa orang kadang terasa berat dan cepat membuat ngantuk. Apa Dik Lulus termasuk tipe seperti itu? 

Nah, kamu bisa mengatasi masalah belajar kamu dengan membentuk kelompok belajar bersama teman-teman, atau juga ikut bimbel CPNS baik tatap muka atau juga kelas online.

5. Selalu update informasi mengenai CPNS

Walau BKN sudah mengumumkan detail untuk pendaftaran CPNS di tahun ini, jangan sampai kamu tidak lagi memperbarui informasi seputar CPNS. Bukan tidak mungkin ada perubahan ketentuan, perubahan tanggal. Atau juga bisa jadi BKN memberikan kisi-kisi mengenai tes seleksi. 

Untuk itu, jangan lupa terus memperbarui informasi mengenai CPNS!

6. Persiapkan dokumen yang diperlukan

Mengingat kelengkapan dokumen merupakan syarat mutlak, tips lolos CPNS 2021 ini tak boleh kamu lewatkan. 

Pastikan kamu sudah menyiapkan seluruh kebutuhan dokumen untuk pendaftaran dengan lengkap. Jangan lupa, pastikan lagi apakah semua dokumen tersebut valid dan tepat sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh instansi dan formasi yang dibuka.

7. Memperhatikan passing grade

Tidak ada salahnya juga kamu memperhatikan passing grade, agar tidak gagal. 

Memang, seperti apa sih passing grade dalam tes CPNS? Mari kita pelajari sistem passing grade dari pelaksanaan seleksi CPNS 2019. 

Di CPNS 2019, passing grade tercantum dalam Permenpan RB No. 24 Tahun 2019. 

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 24/2019 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2019, para pelamar dengan jalur formasi umum dan formasi khusus tenaga pengamanan siber (cyber security) harus melampaui passing grade sebesar 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 65 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Dan kamu akan dinyatakan lulus bila passing grade perbagian (TKP, TIU, TWK) memperoleh nilai SKD minimal 271 poin dari jumlah 100 soal. 

8. Istirahatkan pikiran sebelum ujian dimulai

Saat kamu sudah mendekati hari ujian, usahakan untuk mengistirahatkan pikiran. Untuk sementara, jauhkan dulu latihan soal, materi, dan lainnya. Ini cara terbaik untuk menghindari cemas yang bisa kamu alami. 

Pikiran yang tenang akan memudahkan kamu saat mengerjakan soal ujian.

Apalagi nantinya kamu akan mengerjakan soal tes berbasis CAT yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Jangan sampai karena kelelahan, malah menyulitkan kamu saat mengerjakan soal.

9. Pahami lokasi tes

Tips lolos CPNS 2021 selanjutnya, datanglah lebih awal ke lokasi tes. Ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti terjebak macet, tersesat menuju lokasi, dan lainnya.

Datang lebih awal juga membantu kamu untuk lebih tenang.

10. Teliti dan memperhatikan waktu

Saat mengerjakan soal-soal SKD dan SKB, kamu harus lebih teliti. Sebab, akan banyak soal-soal tes yang menjebak, dengan jawaban yang mirip-mirip. Dengan teliti, kamu juga bisa menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Perlu kamu ketahui juga, dalam tes CPNS nanti, memperhatikan waktu adalah hal yang penting. Jangan sampai kamu membuang banyak waktu hanya untuk mengerjakan satu soal. Kerjakan terlebih dahulu soal yang menurut kamu mudah, seperti soal yang sifatnya hafalan. Tentunya jenis soal ini tidak akan memakan banyak waktu dibanding soal logika atau hitungan. 

Soal SKD terdiri dari 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP.

Beruntungnya, dalam sistem CAT, kamu bisa menandai soal yang kamu kira ragu jawabannya benar atau salahnya. Jadi, jika kamu masih ada waktu tersisa, kamu bisa cek ulang beberapa soal yang masih ragu.  

Selanjutnya, kamu bisa mengerjakan soal-soal TKP dahulu. Soal-soal TKP ini berisikan pertanyaan seputar dirimu, dan tentunya tidak akan memakan banyak waktu. Tidak ada jawaban yang benar atau salah, hanya ada nilai paling tinggi dan paling rendah. 

Nah, itulah tips lolos CPNS 2021 yang bisa kamu mulai coba. Spesial untuk kamu, kami juga berikan saran untuk mendownload aplikasi KitaLulus. Di aplikasi KitaLulus, kamu bisa menemukan ribuan latihan soal lengkap dengan pembahasan materi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengikuti try out atau juga mengikuti kelas online.

Suara.com – Tes CPNS 2021 akan jadi momen penting bagi pesertanya. Agar lulus, para peserta sampai belajar siang malam agar bisa memasuki jenjang karier PNS yang menjanjikan. Selain itu kalian juga dapat mengikuti lima tips lulus SKD CPNS 2021 berikut ini.

Peminat lowongan kerja PNS pun tak pernah surut dari tahun ke tahun, sehingga setiap peserta harus menghadapi kemungkinan tidak lulus ujian SKD CPNS 2021. Oleh karena itu, simak tips lulus SKD CPNS 2021 di bawah ini dengan baik.

Ujian SKD CPNS 2021

SKD merupakan kependekan dari Seleksi Kompetensi Dasar yang terdiri atas materi ujian tes wawancara kebangsaaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik Pribadi (TKP). Agar Anda bisa lulus tes SKD, berikut tips lulus SKD CPNS 2021. 

Baca Juga: Tips Jika Ingin Lolos Tes CPNS Ala Asn Institute

1. Sering berlatih soal

Tips lulus tes SKD yang pertama, kita harus sering-sering latihan soal-soal tes SKD. Mulailah untuk mempelajari soal CPNS dari sekitar 3-5 tahun sebelumnya.

Pola soal biasanya tidak jauh dari soal-soal ujian di tahun-tahun sebelumnya. Dengan berlatih soal, kita menjadi terbiasa dalam memecahkan soal dan melihat formasi soal CPNS. Sehingga akhirnya, karena sudah terbiasa kita menjadi lebih siap untuk menghadapinya. 

2. Baca soal secara teliti

Tips lulus SKD CPNS 2021 sangat persis dengan tips lulus ujian SD, SMP, sampai SMA. Hal yang harus kita lakukan adalah membaca soal secara teliti dalam mengerjakan soal.

Baca Juga: Contoh Latihan Soal TWK CPNS 2023, Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Jika kita terburu-buru, kita bisa melewatkan hal penting dari soal dan akhirnya salah memberikan jawaban. Fokus pada soal dan jangan berambisi untuk selesai dengan cepat, yang terpenting adalah ketepatan dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. 

3. Kelola waktu dengan baik

Nah, ini memiliki hubungan erat dengan tips lulus SKD CPNS 2021 poin nomor dua. Kita tidak perlu terburu-buru saat mengerjakan soal. Hal yang harus kita lakukan pertama-tama adalah memanajemen waktu dengan baik agar bisa menjawab semua soal.

Jika tidak bisa mengelola waktu dengan baik, ini bisa berpengaruh pada skor total SKD, dan nantinya akan berdampak pada kelulusan passing grade. Cobalah kelola waktu dari sejak latihan soal. Buatlah timer untuk setiap meter. Sehingga Anda mengetahui berapa menit waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan satu soal ujian. 

4. Jawab soal dari yang paling mudah dulu

Seperti biasa, ini adalah tips lulus SKD CPNS 2021 yang sudah diketahui umum tapi sering juga dilupakan. Mengerjakan soal yang mudah lebih dulu adalah cara agar kita bisa menggunakan waktu semaksimal mungkin.

Kita tidak perlu berkutat dengan soal-soal CPNS yang sulit bagi kita saat itu atau membingungkan. Pindah saja dulu ke soal yang dapat kita kerjakan dulu, kemudian nanti kita kembali ke soal yang memiliki kesulitan tinggi. 

5. Kerjakan soal dengan cepat dan tepat

Tips lulus SKD CPNS 2021 kali ini berkaitan dengan cara kita mengerjakan soal. Kalau kita memilih mengerjakan soal yang mudah dulu meskipun tidak berurutan, kita akan menjadi lebih cepat. Waktu ujian kita terbatas, jadi lebih baik jika mengerjakan soal yang kita bisa kerjakan lebih dulu. Baru nanti ketika ada kesempatan untuk mengoreksi jawaban, kita bisa koreksi.

Agar bisa melakukannya, kita harus sering-sering latihan soal. Kita bisa melakukan simulasi dengan memasang timer saat mengerjakan sebuah soal. Bila kita membutuhkan waktu lama dalam mengerjakan soal, itu berarti kita masih butuh waktu latihan soal agar bisa mengerjakan soal secepat dan seakurat mungkin. 

Demikian lima tips lulus SKD CPNS 2021. Hal yang perlu kita lakukan adalah rutin belajar bukan belajar satu malam sebelum ujian. Rutin mengerjakan soal akan membuat otak kita ingat dengan persamaan-persamaan dan menghafal banyak istilah serta kosa kata dan itu akan mempermudah kita untuk menjawab soal. Nah, semoga tips ini berguna untuk Anda.

Kontributor : Mutaya Saroh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *