Cara cek pressure sony

Apak kamu ingin mengetahui smartphone Sony Xperia kamu anti air (water resistant, waterproof) atau tidak tanpa harus mengeceknya dengan cara direndam ke air? Kamu bisa menggunakan cara berikut ini untuk mengetahuinya.

BACA JUGA

  • Resmi! Inilah Penampakan dan Harga Sony Xperia Z5 Series di Indonesia

  • Inilah Konsol Game Hasil Perkawinan SONY dan NINTENDO

  • Kamera iPhone 6s Dikalahin Sony Xperia Z5, Kok Bisa?

Test Anti Air Sony Xperia Tanpa Direndam

Berbicara tentang smartphone yang bisa dibawa berenang, tentu smartphone buatan Sony adalah jawaranya. Sejauh ini Sony telah mengeluarkan berbagai macam smartphone yang memiliki sertifikasi anti air dan debu (dust and water resistant, water proof). Beberapa smartphone Sony Xperia yang memiliki sertifikasi anti air antara lain:

Sony Xperia Z Series (High End)

Sony Xperia M Series (Mid End)

Sony Xperia Mid to Low End

Walaupun memiliki sertifikat anti air, banyak dari produk Sony yang mengalami ‘kematian’ saat ditenggelamkan. Agar Xperia kamu tidak mengalami hal serupa, di artikel kali ini JalanTikus akan memberitahu bagaimana cara mengecek apakah smartphone Sony Xperia kamu bisa direndam air atau tidak.

Cara Cek Xperia Anti Air atau Tidak Tanpa Direndam Menggunakan Pressure Sensor Test

Kebanyakan smartphone Sony Xperia dengan sertifikat Anti Air, memiliki sebuah sensor yang bisa digunakan untuk mendeteksi apakah smartphone Xperia bisa direndam atau tidak, sensor ini bernama Pressure Sensor. Untuk mengakses menu ini, kamu bisa gunakan cara berikut:

  • Cari Menu Phone.

  • Masukkan test kode Sony Xperia.

*#*#7378423#*#*

Pressure Sensor Sony Xperia 1

  • Pilih menu Service test > Pressure Sensor.

    Pressure Sensor Sony Xperia 2

  • Coba tekan smartphone kamu di bagian depan dan belakang.

    Pressure Sensor Sony Xperia 3

    Jika Pressure-nya naik beberapa milibar, berarti Sony Xperia kamu aman. Namun jika tidak, lebih baik kamu jangan pernah bawa berendam smartphone Sony Xperia tersebut.

Cara lain yang bisa digunakan untuk test pressure sensor adalah dengan menggunakan aplikasi WeatherSignal.

  • Download WeatherSignal dan install seperti biasa di Android kamu.

    Weathersignal Icon

    WeatherSignal

    3.6

    Apps

    Productivity

    OpenSignal.com

    DOWNLOAD

  • Masuk ke bagian Pressure, lakukan penekanan di layar dan di bagian belakang. Jika Pressure naik, berarti aman, jika tidak berarti Sony Xperia kamu tidak aman untuk direndam.

    Pressure Sensor Sony Xperia 4

Perlu kamu ketahui, walaupun Sony Xperia memiliki sertifikat Anti Air. Pada Sony Xperia Z5 Series, kebijakan garansi sudah diubah. Setiap Sony Xperia Z5 Series mati akibat berfoto di dalam air, secara otomatis garansi tidak akan berlaku lagi.

Itulah cara mengetahui apakah smartphone Sony Xperia kamu anti air atau tidak tanpa harus direndam air. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar.

ARTIKEL

TERKAIT

15 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Paling Mudah Dan Efektif Streaming Lancar Jaya 1b151

15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Paling Mudah, Streaming Lancar Jaya!

Base War Coc Th 5 Banner

Kumpulan Formasi Base Town Hall 5 Clan War Clash of Clans Terbaik

Video Ilusi Mata Bisa Buat Juling Banner

Video Ilusi Mata Ini Bisa Buat Mata Kamu Juling

Xperia Z5 Premium Banner2

10 Fitur Terbaik Sony Xperia Z5 Premium Serta Harga dan Spesifikasi Lengkap

Why Sony Made Xperia Waterp

FAKTA! Cewek Jepang Sering Bawa Mandi Smartphone Jadi Alasan Mengapa Sony Keluarkan Smartphone Anti Air!

APPS TERKAIT

Walkman

Walkman-Material Design

9.1.4.A.2.1

Apps

Sony Mobile Communications

Flashtool Icon

Flashtool

0.9.19.8

Apps

Androxyde

Rootchecker

Root Checker Terbaru

Apps

joeykrim

Terminal Emulator

Terminal Emulator

1.0.70

Apps

Jack Palevich

Cara cek HP waterproof tidak harus merendamnya ke dalam air. Sebagaimana fitur tahan air tersebut memang harus ada pada HP kelas mid range ke atas dan menjadi hal lumrah tren saat ini. Saat ini petunjuk HP waterproof dapat kita ketahui dengan adanya sertifikasi IP67 atau IP68.

IP67 menandakan HP mampu bertahan dalam air bahkan mampu menyelam di kedalaman 1 meter. Hal tersebut dapat dilakukan selama 30 menit. IP68 merupakan indikator bahwa HP tersebut mampu bertahan dan menyelam di kedalaman 1,5 hingga 2 meter selama 30 menit.

Terapkan Cara Cek HP Waterproof yang Tepat

IP atau Ingress Protection merupakan kekuatan sebuah produk atau alat elektronik terhadap intervensi dari partikel lainnya.

Idealnya smartphone waterproof memiliki IP68 yakni angka 6 melambangkan tingkat untuk memproteksi debu sedangkan angka 8 lambang tingkat untuk memproteksi dari air.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin menguji sertifikasi IP67 serta IP68 dari HP, Anda bisa ikuti cara berikut.

Menggunakan Water Resistance Tester

Cara cek HP waterproof yakni dengan aplikasi Water Resistance Tester. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh developer bernama Ray W. Anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play.

Dilansir dari Android Police, aplikasi water resistance tester ini telah menggunakan data khusus untuk mengecek apakah HP Anda tersebut waterproof atau tidak.

Hal ini dari data yang diperoleh dari sensor tekanan barometrik. Biasanya memang digunakan untuk menentukan lokasi vertikal dari IP67 dan IP68.

Umumnya perbedaan menit dari hasil tersebut membantu pengujian dengan aplikasi Water resistance tester. Pengguna bisa melakukan uji coba dengan membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Nantinya aplikasi tersebut akan meminta Anda untuk mendiamkan HP sejenak hingga muncul pemberitahuan atau perintah yang harus Anda lakukan selanjutnya.

Biasanya perintah atau cara cek HP waterproof dengan menekan dua titik layar yang ada pada aplikasi water resistance tester. Anda tunggu hingga aplikasi menyatakan bahwa uji coba tersebut selesai.

Hal ini aplikasi mengukur tekanan perangkat. Lalu, aplikasi akan mengklaim dapat mengetahui segel IP67 serta IP68 apakah berfungsi ataukah tidak.

Banyak pengguna yang memberikan ulasan positif terhadap aplikasi cek waterproof tersebut. Bahkan ada pengguna Samsung Galaxy Note 20 ultra yang telah mencobanya dan hasilnya memang sesuai.

IP68 pada HP waterproof memang masih berfungsi dan aman dalam penggunaan. Ada pula yang mencoba menguji HP TCL 20 5G dan memperoleh hasil yang sesuai pula. HP tidak mempunyai sertifikasi IP67 dan IP68 dan tidak tahan terhadap air.

Menggunakan Waterproof Test

Anda juga bisa mencobanya dengan aplikasi waterproof Test. Dengan cara cek HP waterproof:

Pertama, Pastikan Smartphone memiliki fitur pressure sensor yakni dengan cara mendial ke *#*#7378423#*#*. Kemudian Anda pilih menu service test.

Maka Anda lanjutkan dengan mencari menu pressure sensor. Jika memang ada maka benar HP Anda memiliki pressure sensor.

Kedua, jika sudah kemudian Anda cari pada kolom search dan ketikkan Waterproof Test and Tips pada Google Play Store kemudian Anda unduh.

Ketiga, jika sudah terinstall maka Anda bisa buka aplikasi tersebut untuk lakukan cara cek HP waterproof. Pada lingkaran Press Here Anda bisa tekan pada bagian lingkaran tersebut perlahan dan semakin lama tekan dengan kuat dengan ibu jari Anda.

Keempat, hingga hasilnya menunjukkan warna hijau. Maka HP Anda masih memiliki fitur Tanah Air. Jika hasilnya warna merah maka HP Anda tidak waterproof lagi.

Hal ini di lansir dari laman The Verge bahwa Anda cukup mengunduh aplikasi secara gratis. Kemudian mengikuti petunjuk untuk menekan layar dengan kuat maka akan mendapatkan nilai lulus atau gagal dengan cara yang cepat. Cukup sederhana dan praktis merupakan perpaduan yang di sukai pengguna aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut membantu Anda memeriksa status penyegelan kedap air HP setelah perbaikan karena akan menurun seiring waktu.

Namun Anda juga perlu memperhatikan, meski menganggap nilai kelulusan benar maka jangan merendam smartphone tersebut ke dalam air untuk lakukan cara cek HP waterproof sesuai pemikiran sendiri. Hal ini justru akan membahayakan HP Anda. Oleh karena itu gunakan cara yang direkomendasikan diatas. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

Cara Mudah Cek HP Waterproof Tanpa Menggunakan Air, Coba Yuk!

Nextren.com - HP waterproof atau tahan air sudah menjadi hal yang lumrah dalam beberapa tahun terakhir.

Fitur tersebut seakan menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh HP kelas mid-range ke atas.

Saat ini, indikator HP waterproof ditandai dengan adanya sertifikasi IP67 atau IP68.

Baca Juga: Ini Dia Arti IP68 dan Seterusnya, Tingkat Anti Air di Smartphone

IP67 menandakan bahwa HP mampu tahan terhadap air dan mampu menyelam di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Sementara IP68 merupakan indikator yang mengartikan bahwa HP mampu tahan terhadap air dan mampu menyelam di kedalaman 1,5 – 2 meter selama 30 menit.

Pada umumnya, untuk menguji klaim tersebut pengguna akan memasukkan HP ke dalam air.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Chat di WhatsApp, Tanpa Perlu Blokir Kontak

Namun ternyata, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menguji sertiikasi IP67 dan IP68 HP tanpa perlu menggunakan air.

Mau tahu bagaimana caranya? Nextren akan bagikan di halaman selanjutnya ya!

Jadi cara untuk mengecek sertifikasi IP67 dan IP68 dari HP waterproof adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Water Resistance Tester.

Aplikasi tersebut dikembangkan oleh developer bernama Ray W dan bisa diunduh secara gratis lewat Google Play.

Melanisr Android Police, Water Resstance Tester menggunakan data khusus untuk mengecek kemampuan HP waterproof.

Data itu diperoleh dari sensosr tekanan barometrik yang biasanya digunakan HP untuk menentukan lokasi vertikal IP67 dan IP68.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Lokasi Penyekatan Jalan Selama PPKM Pakai Google Maps

Perbedaan menit yang dihasilkan akan membantu pengujian dengan aplikasi Water Resistance Tester.

Untuk melakukan uji coba di aplikasi Water Resistances Tester penguna bisa membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Setelah itu, aplikasi akan meminta pengguna untuk mendiamkan HP sejenak hingga muncul perintah selajuntnya.

Android Police

Tampilan aplikasi Water Resistance Tester.

Baca Juga: Cara Mengetik Dengan Satu Tangan di Redmi Note 9, Cocok Buat Ojol

Perintah selanjutnya adalah meminta pengguna untuk menekan dua titik layar yang ada di dalam aplikasi.

Tunggu beberapa saat hingga aplikasi menyatakan bahwa uji coba telah selesai dilakukan.

Dengan mengukur tekanan pada perangkat, aplikasi mengklaim bisa mengetahui apakah segel IP67 dan IP68 masih berfungsi atau tidak.

Beberapa pengguna di situs komunitas Reddit pun memberi ulasan positif terhadap aplikasi Water Resistance Tester.

Ada pengguna yang mencobanya di Samsung Galaxy Note 20 Ultra dan hasilnya sesuai.

IP68 di HP waterproof tersebut masih berfungsi dan aman untuk digunakan.

Baca Juga: Cara Konsultasi COVID-19 Via Telemedicine, Bisa Dapat Obat Gratis

Kemudian ada pula yang menguji cobanya di HP TCL20 5G dan hasilnya juga sesuai.

HP tersebut tidak memiliki sertifikasi IP67 atau IP68 sehingga disebutkan bahwa TCL20 5G tidak tahan air.

Bagi yang ingin mencoba aplikasinya bisa langsung unduh dengan klik tautan di bawah ini. (*)

Download Water Resistance Tester di sini

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *