Cara agar tidak gugup saat interview

Dibaca Normal : 10 Menit

Rasa gugup tak seringkali tak bisa terhindarkan saat akan interview kerja.

Lakukan cara ini untuk mengatasi gugup saat interview kerja sehingga Anda tampil meyakinkan dan alhasil bisa diterima di tempat kerja yang Anda inginkan.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Hadapi Interview Kerja Dengan Percaya Diri

Setelah mengirimkan surat lamaran pekerjaan, bukan berarti Anda bisa bernafas lega. Masih ada tantangan berikutnya yang lebih menegangkan yakni interview kerja.

Diterima untuk bekerja adalah sebuah kebanggan dan pencapaian di mana calon pekerja akan dapat menghasilkan uang dari pekerjaan itu, termasuk memberikan kebanggaan jika mampu diterima sebagai bagian dalam tim perusahaan bergengsi dan paling diidamkan.

Bisa jadi Anda lulusan dari universitas bergengsi dengan Indeks Prestasi Kumulatif yang mengagumkan, tapi apakah penampilan Anda dalam menjawab setiap pertanyaan interview kerja dapat memukau mereka?

Tantangan ini harus dihadapi oleh setiap orang yang akan melamar pekerjaan, termasuk Anda.

Lantas, bagaimanakah caranya agar dapat mengatasi gugup saat interview kerja agar dapat meyakinkan pihak pewawancara dan diterima kerja di perusahaan yang diidamkan?

9-Cara-Mengatasi-Gugup-Saat-Interview-Kerja-2-Finansialku

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan]

 

Sebelum masuk dalam pembahasan cara mengatasi rasa gugup saat menghadapi interview kerja, sudahkah Anda merencanakan uang hasil pendapatan Anda untuk investasi?

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan men-download ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku, ada Panduan Berinvestasi Saham, Panduan Berinvestasi Reksa Dana, serta ada Panduan Berinvestasi Emas:

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

 

Simak pembahasan berikut dan buktikan sendiri bahwa Anda dapat mengatasi diri Anda sendiri dari rasa gugup saat interview kerja.

 

#1 Lakukan Persiapan

Sebelum berperang, ketahui siapa lawan Anda secara mendetail. Persiapan ini juga harus dilakukan oleh para karyawan yang akan menghadapi interview kerja.

Lakukan penelitian terhadap perusahaan yang sedang Anda lamar.

Kenali setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut, cari tahu secara jelas pergerakan perusahaan hingga kompetitor yang menjadi saingan dari perusahaan tersebut.

Pengetahuan adalah kekuatan, oleh sebab itu, ketahui yang bisa Anda ketahui dan semakin banyak Anda tahu, Anda akan semakin percaya diri dan dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh pihak pewawanara dengan lebih tenang.

First Jobber, Hati-hati! Ada 14+ Pertanyaan Interview yang Menjebak 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Mutiara Oprah Winfrey Yang Membawa Kesuksesan Bagi Hidup Anda]

 

Jika Anda mendapatkan bocoran tentang siapakah yang akan mewawancarai Anda, ini adalah kesempatan yang baik di mana Anda bisa melihat profil mereka di LinkedIn dan mempelajari peran mereka di perusahaan tersebut.

Anda bisa juga menjabarkan tiga hingga lima pertanyaan yang Anda prediksi akan ditanyakan oleh pihak pewawancara. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan jawaban yang sekiranya akan dilontarkan.

Pelajari misi dan visi dari perusahaan tersebut. Yakinkan bahwa passion Anda yang sesuai dengan posisi yang Anda inginkan akan sangat berkontribusi terhadap kemajuan dan juga prospek dari perusahaan yang sedang Anda lamar.

Persiapan yang semakin matang akan menambah kepercayaan diri Anda dalam menghadapi serangan pertanyaan yang mengarah kepada Anda.

 

#2 Berlatih

Menghafalkan jawaban bukanlah cara yang ampuh untuk mengatasi rasa gugup saat interview kerja. Latihan untuk menjawab setiap pertanyaan dengan tenang akan sangat menolong.

Semakin Anda sering berlatih, semakin Anda siap untuk menghadapi interview kerja. Latihan berbicara di depan kaca dengan postur tubuh yang baik dan juga menggunakan kontak mata akan dapat membuat Anda tidak gemetar di depan pewawancara.

 

#3 Pikirkan Sebuah Percakapan

Interview kerja memang terasa seperti sebuah sesi yang menegangkan bagi para calon pekerja. Rasa gugup timbul karena takut mengatakan hal-hal yang kurang berkenan atau bingung dalam mengutarakan apa yang ada di dalam pikiran.

Buat pikiran Anda semakin ringan dengan memikirkan interview kerja layaknya sebuah percakapan dengan orang yang baru Anda kenal.

Pewawancara yang Anda hadapi juga seorang manusia biasa. Siapa tahu, mereka juga merasa gugup ketika akan mewawancarai Anda. Mereka pun butuh persiapan juga bukan?

Jangan lupa untuk tersenyum dan memberikan salam hangat ketika membuka sebuah percakapan.

 

#4 Percaya Diri & Berpikir Positif

Ketika menerima panggilan untuk interview kerja, sebetulnya Anda telah lulus screening tahap pertama di mana CV Anda telah berhasil meyakinkan mereka. Namun, agar lebih meyakinkan akan kemampuan Anda, mereka ingin berbincang dengan Anda lebih lanjut.

Ketika Anda merasa kepercayaan diri mulai melemah dan membuat tangan Anda bergetar, taruh tangan Anda di pangkuan, jangan di atas meja.

Wasapada! Jangan Lakukan Hal ini Ketika Wawancara Kerja! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Robert Louis Stevenson: Simpan Ketakutan Anda Pada Diri Anda Sendiri]

 

Ketika gugup, tarikan nafas Anda akan lebih cepat. Jika dibarengi dengan bersuara, tak heran jika suara akan bergetar dan akan terlihat rasa gugup yang semakin terpancar.

Tarik nafas panjang dan keluarkan perlahan sebelum Anda masuk ke dalam ruang interview. Lakukan ini secara berulang hingga Anda berasa tenang dan percaya diri.

Tingkatkan rasa percaya diri Anda dengan meyakini kemampuan Anda dan Anda akan meyakinkan pihak pewawancara akan profile diri Anda yang sesuai dengan posisi yang sedang dicari oleh perusahaan tersebut.

 

#5 Perhatikan Postur Tubuh

Postur tubuh perlu Anda perhatikan saat interview kerja.

Rasa percaya diri terlihat secara fisik dari cara seseorang berdiri atau duduk.

Usahakan Anda duduk dengan bahu yang tegap dan jangan membungkuk. Cara ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

 

#6 Jangan Lupa Dokumen Penting

Saat interview kerja, tak jarang para pewawancara akan menanyakan sertifikat asli yang Anda pernah dapatkan sebagai lampiran dalam surat lamaran Anda.

Mereka ingin memastikan keaslian dan kebenaran dari data yang mereka dapatkan.

Siapkan dokumen itu dalam satu map yang telah Anda masukkan ke dalam tas yang akan Anda bawa pada saat hari interview kerja.

Masih dalam tahap menulis CV? Kurang yakin dengan format CV yang Anda buat?

Gunakan Template CV dari Finansialku yang akan menarik perhatian pihak HRD dari perusahaan yang Anda idamkan.

 

#7 Anggap Pewawancara sebagai Teman

Untuk membantu Anda dalam memberikan jawaban terbaik dan dapat berpikir dengan lebih jernih, tanamkan dalam benak Anda bahwa pewawancara adalah teman Anda, bukan musuh atau seseorang yang sedang mengorek-ngorek tentang diri Anda.

Anda bisa menciptakan atmosfer yang lebih ringan dan santai namun tetap profesional saat melakukan interview kerja.

 

#8 Persiapan Terakhir Namun Bukan paling Akhir

Usahakan untuk datang 30 menit lebih awal sebelum jadwal interview kerja dengan pewawancara. Ambil waktu tenang dengan menarik nafas dan mengeluarkannya lewat mulut sehingga Anda lebih rileks.

Jangan biarkan kemacetan membuat Anda terlambat untuk jadwal waktu interview kerja yang dapat menurunkan penilaian pewawancara terhadap Anda dan Anda dianggap tidak mampu bekerja dengan disiplin.

Perbedaan Orang Sibuk dan Orang Produktif Melihat Waktu Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Mutiara Oprah Winfrey Yang Membawa Kesuksesan Bagi Hidup Anda]

 

Usahakan Anda sudah sarapan terlebih dahulu jika wawancara dilakukan di pagi hari atau makan siang terlebih dahulu jika interview dijadwalkan pada siang hari.

Jangan sampai perut Anda mengganggu waktu penting Anda ini.

Pilih kemeja terbaik yang akan memberikan penampilan menarik perhatian pewawancara saat pertama kali melihat Anda secara fisik.

Istirahat yang cukup di malam hari akan membuat Anda tubuh Anda lebih siap menghadapi waktu interview kerja

 

#9 Berdoa

Berdoa merupakan salah satu jalan yang perlu Anda lakukan.

Rasa tenang dan keyakinan bisa Anda dapatkan dengan berdoa. Utarakan keinginan Anda kepada sang Pencipta akan pekerjaan yang menjadi passion Anda.

 

Percaya Diri dan Selalu Optimis

Apapun hasil dari interview kerja, yakinlah bahwa itu adalah jawaban terbaik dari Tuhan.

Ketika Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan tersebut, tetap berpikir positif bahwa Anda sedang dipersiapkan untuk ladang pekerjaan lain yang lebih baik.

Tetap optimis bahwa Anda akan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan diri Anda dan menghasilkan pendapatan yang sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang Anda miliki.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 8 April 2013. 10 Cara Menekan Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja. Liputan6.com – https://goo.gl/otyEXN
  • Herman Yudiono. 8 Langkah Sederhana Agar Anda Tidak Gugup Saat Wawancara Kerja. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/BQCPNt
  • Admin. 8 Cara Ampung Atasi Grogi Saat Wawancara Kerja. Terapiotak.com – https://goo.gl/7tEXfv

 

Sumber Gambar:

  • Interview Kerja – https://goo.gl/jW3WKU
  • Gugup Sebelum Interview – https://goo.gl/8co3wZ

 

IDXChannel – Beberapa cara mengatasi grogi saat interview ini akan membantumu menghadapi masalah.

Seperti diketahui cara mengatasi grogi saat interview sangatlah diperlukan agar tenang menjawab sejumlah pertanyaan. 

Lalu apa saja cara mengatasi grogi saat interview kerja? Simak penjelasannya. 

1. Persiapkan Diri dan Materi dengan Matang

Menurut The Balance Careers, cara pertama yang harus dilakukan dalam mengatasi grogi saat interview adalah untuk mencari tahu segala hal tentang perusahaan tempat melamar. 

Cobalah untuk mengenali produk yang dimiliki perusahaan, budaya perusahaan, target jangka panjang atau misi perusahaan, dan siapa saja pesaing ataupun brand yang bekerjasama dengan perusahaan.

Anda bisa melakukan beberapa persiapan sebagai langkah awal kita dalam menghadapi interview. 

Tujuannya agar ketika nanti pewawancara menanyakan mengenai perusahaan, Anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang perusahaan tersebut.

2. Jangan Lupa Berlatih

Jangan merasa angkuh dengan tidak melakukan persiapan. 

Baca Juga:
Intip Doa Agar Lulus Tes Interview Kerja

Anda yang sudah puas selalu tetap berlatih dalam mengatasi grogi saat interview.

Cobalah untuk berlatih berbicara di depan kaca dan menganggap bayangan Anda di kaca adalah pewawancara. 

Tatap matanya saat berbicara, agar terkesan serius dalam bekerja dan memperhatikan.

Selain itu penting untuk tidak menghafal jawaban.

Karenanya, bagilah informasi ke dalam beberapa poin penting. Ini dilakukan agar Anda terlihat lebih natural dalam menjawab dan terlihat lebih siap.

3. Buat Pertanyaan yang Mungkin Ditanyakan

Selanjutnya dalam mengatasi grogi saat interview adalah dengan mencoba mengantisipasi pertanyaan apa yang mungkin akan muncul dan ditanyakan.

Anda bisa mencari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ketika wawancara dan bagaimana cara menjawabnya.

Coba juga untuk mencari pertanyaan jebakan agar nantinya Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan baik.

Ketika sudah melakukan hal ini, saat interview pastinya akan lebih siap dan dapat memberikan kesan  baik kepada pewawancara.

4. Berpikir Positif dan Tenang

Ketika melakukan interview kerja adalah untuk tetap berpikir positif dan tenang. 

Jangan sampai Anda memikirkan hal yang tidak penting yang nantinya hanya membuat semakin grogi.

Anda bisa mencoba untuk memikirkan hal-hal yang membuatmu senang. 

Selain itu, Anda juga bisa berbicara dengan orang yang kamu sayangi atau teman untuk mendapat dukungan lebih.

Apabila Anda tidak bisa melakukan interview kerja ini sendirian, kamu bisa juga mengajak seseorang untuk menemani pergi ke lokasi.

Hal ini akan membantumu tetap bisa memfokuskan pikiran terhadap hal yang positif dan menjadi tetap tenang. 

5. Datang Lebih Awal dan Berpakaian Rapi

Tidak ada salahnya untuk datang lebih awal ketika melakukan interview kerja. 

Perusahaan akan lebih menghargai perilaku ini dan Anda pun sudah mendapat satu poin plus bahkan sebelum memulai wawancara.

Secara khusus, ketika interview kamu disarankan untuk datang 15-30 menit lebih awal agar Anda tidak terlalu terburu-buru dan tetap bisa menenangkan diri.

Menurut Forbes, datang lebih awal memang menjadi salah satu cara untuk mengatasi grogi saat interview kerja.

6. Anggap Pewawancara sebagai Teman

Langkah lainnya yang bisa kamu gunakan dalam mengatasi grogi saat interview kerja adalah dengan menganggap pewawancara sebagai teman.

Ketika Anda melakukan hal ini lebih tenang dan tidak terlalu tegang dan melakukan interview layaknya sedang berbicara dengan teman kamu.

Selain itu, usahakan lebih rileks dalam memberikan jawaban. 

Tak hanya itu, pikiran Anda juga akan lebih teratur.

7. Berdoa

Langkah terakhir yang tidak kalah penting dari cara mengatasi grogi saat interview adalah dengan berdoa. 

Mintalah kepada Tuhan untuk memberikan kekuatan dan ketenangan dalam dirimu agar tidak grogi saat interview. 

Dengan Anda berdoa mungkin bisa lebih rileks dan tenang terhadap dirimu dan juga interview kerja yang akan Anda lakukan.

Hal ini  juga bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda dan yakin bahwa kamu akan melakukan interview kerja yang lancar dan baik.

Itulah beberapa cara mengatasi grogi saat interview kerja. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *