Bolehkah memiliki alamat email lebih dari satu

Cara membuat 2 email dalam 1 HP ternyata dapat Anda lakukan secara mudah. Saat ini para pengguna smartphone Android harus mempunyai layanan email bernama Gmail dari Google.

Tanpa adanya Gmail, maka berbagai aktivitas multitasking menjadi kurang maksimal. Terutama untuk mendownload suatu aplikasi atau game pada layanan Google Play Store, diperlukan adanya verifikasi Gmail terlebih dahulu.

Baca Juga: Cek Sandi Email di HP dan Laptop Mudah, Tanpa Ubah Password!

Mempunyai akun email adalah salah satu hal penting yang perlu kita lakukan. Namun, Anda perlu tahu bahwa saat ini Google mengizinkan para penggunanya untuk dapat memiliki lebih dari 1 email. Hal ini juga dapat Anda lakukan pada perangkat Android.

Inilah Cara Membuat 2 Email dalam 1 HP Mudah

Dengan memiliki 2 akun email dalam 1 perangkat tentu dapat memudahkan para pengguna untuk mengelola sebuah email. Terutama pada setiap pesan masuk yang dianggap cukup penting.

Untuk dapat membuka akun Gmail pada satu perangkat HP dalam waktu yang bersamaan, maka Anda harus menambahkan akun terlebih dahulu.

Setelah berhasil menambahkan akun email, maka nantinya Anda dapat mengakses akun-akun tersebut kapan saja yang Anda perlukan hanya menggunakan satu HP Android.

Berikut ini beberapa pilihan cara membuat 2 email dalam 1 HP Android, antara lain:

Melalui Menu Pengaturan

Cara ini dapat Anda gunakan pada saat Anda ingin mengakses Google Play Store, Google Plus, ataupun Gmail dengan menggunakan akun berbeda.

Sebelumnya, Anda harus menambahkan akun baru terlebih dahulu, maka secara otomatis ketika membuka Play Store akan muncul opsi untuk memilih akun mana yang Anda gunakan, baik dengan Gmail atau Google+.

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

  1. Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting pada perangkat Android Anda
  2. Selanjutnya pilih General atau Umum > Accounts > +Add Account (Tambah Akun).
  3. Langkah berikutnya pilih Google > Existing (yang sudah ada). Kemudian masukkan alamat email serta password atau pilih New, apabila ingin membuat akun Gmail baru.
  4. Berikutnya ikuti petunjuk pada layar hingga selesai dan akun email baru Anda berhasil Anda tambahkan.

Baca Juga: Cara Mengeluarkan Email dari Perangkat Lain, Berikut Langkah Mudahnya

Melalui Aplikasi Gmail

Cara membuat 2 email dalam 1 Hp selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Gmail. Berikut ini beberapa langkah mudahnya”

  1. Buka aplikasi Gmail pada perangkat HP
  2. Lalu tap menu yang terdapat pada pojok kiri atas.
  3. Selanjutnya tap icon segitiga yang terdapat pada sebelah kanan nama akun
  4. Pilih +Add Account atau Tambahkan Akun
  5. Selanjutnya pilih Google.
  6. Berikutnya silahkan Anda “yang sudah ada” atau “baru” apabila ingin buat email baru terlebih dahulu. Ikuti semua langkah hingga proses berhasil.

Memanfaatkan Aplikasi Yahoo Mail

Selain menggunakan aplikasi Gmail, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Yahoo Mail untuk dapat membuat 2 email dalam 1 HP Android. Adapun panduan mudahnya antara lain:

  1. Jalankan aplikasi Yahoo Mail pada perangkat HP Android Anda
  2. Langkah berikutnya tab menu yang terdapat pada pojok kiri atas.
  3. Kemudian pilih Google
  4. Lalu masukkan alamat email Gmail Anda, lalu pilih “Berikutnya”
  5. Anda akan diminta untuk login ke Gmail, kemudian pilih tombol “Berikutnya”, masukkan kata sandi Gmail Anda dan pilih “Masuk”.
  6. Selanjutnya pilih tombol Izinkan
  7. Apabila berhasil, maka Anda akan dapat mengakses Gmail dari aplikasi Yahoo.

Jika Anda dapat akses 2 akun email atau lebih, saat akan mengakses aplikasi Gmail atau membuka Google Play Store, maka muncul pilihan ingin menggunakan akun yang mana.

Hal ini berlaku untuk cara membuat 2 email di 1 HP dengan melalui pengaturan atau aplikasi Gmail. Selain dapat membuka 2 akun email yang berbeda, berbagai aplikasi yang memerlukan akun Google juga turut berpengaruh saat Anda membuka Google Play Store, Google Plus, atau Google Drive maka nampak 2 akun.

Baca Juga: Menghapus Akun Google di HP, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Namun jika Anda menggunakan aplikasi Yahoo untuk membuat 2 email di 1 HP yang sama, ini tidak akan berpengaruh pada aplikasi lain. Dengan demikian, saat Anda aplikasi Google Play Store, maka tidak akan tampak 2 akun Gmail yang berbeda.

Jika cara membuat 2 email di 1 HP telah berhasil dan Anda ingin menambah akun lain, maka Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas. Jika setelah memiliki beberapa akun email dalam satu perangkat dan ingin menghapus salah satu dari email tersebut. Ini dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah. Perbedaannya setelah masuk dalam menu Setting > Accounts, selanjutnya pilih akun yang akan Anda hapus kemudian pilih tombol Hapus. (R10/HR-Online)

Jakarta

Saya menggunakan smartphone Android, yang ingin saya tanyakan adalah bisakah menggunakan 2 akun Gmail yang berbeda di satu ponsel yang sama. Misalnya 1 untuk email kantor dan 1 lagi untuk email pribadi. (Ronal)

Jawaban:

Smartphone Android, memiliki basis utama akun email berupa email dari Google, yaitu Gmail. Tentu saja dalam satu smartphone Android kita bisa menambahkan multiple account gmail.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tidak hanya account gmail kantor dan pribadi, kita masih bisa menambahkan lagi akun-akun Gmail yang lain.

Setelah di tambahkan akun Gmail lain, untuk berpindah akun Gmail cukup klik menu gmail, di bagian paling atas, di sebelah alamat email, akan ada tanda segitiga kecil, yang kalau diklik akan mengeluarkan lagi alamat email lain yang tadi kita masukkan. Tinggal dipilih saja, alamat email yang hendak kita baca atau gunakan.

Akun Gmail ini selain hanya untuk menerima dan berkirim email, juga bisa diatur di setiap akun untuk ter-sync dengan data google yang lain, misal alamat, calendar, google playstore, backup foto dan lain-lain.

Pada bagian setting di setiap alamat email, kita juga bisa memberi pengaturan berbeda untuk setiap alamat email, misal berapa hari email yang akan di sync, suara email masuk yang berbeda, signature email dan lain-lain.

Menu untuk menambahkan akun Gmail (dan akun-akun lain seperti media sosial dan chat) juga bisa ditambahkan via menu setting utama di smartphone, kemudian account, dan dibagian bawah ada menu +add account.

Lebih jauh, setelah menggunakan aplikasi Gmail versi 5 yang baru, akun email lain yang bukan berbasis Gmail bisa ditambahkan di satu aplikasi gmail yang sama. Misalnya akun email dari Yahoo, atau email dengan alamat domain lain.

Dulu sebelum Gmail versi 5, akun email lain seperti Yahoo harus di add di aplikasi email terpisah, tidak bisa di dalam Gmail. Aplikasi Gmail versi 5 ini minimal harus menggunakan Android OS 4.0 Ice Cream Sandwich, dan bisa di-download atau di update langsung dari playstore. Bila tidak bisa menemukan Gmail versi 5 di PlayStore, APK-nya bisa di-download dari .

Jika kita ingin lebih dari sekadar memisahkan email kantor dan pribadi, seolah-olah memiliki dua smartphone yang berbeda, bisa mencoba membuat profile user yang berbeda dalam sebuah smartphone Android. Dengan dua profil user yang berbeda, kita bisa menentukan aplikasi apa yang diperlukan untuk profil kantor, data, email, dll yang tidak bercampur dengan data dan profil pribadi.

Sayangnya fungsi ini baru bisa diaktifkan jika smartphone kita sudah menggunakan OS android 5.0 atau Lollipop. Jika tetap ingin menggunakan metode multi user dalam smartphone android sebelum OS Lollipop, bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Multiple Users yang bisa di-download . Tetapi untuk menggunakan aplikasi ini, device kita harus dalam kondisi sudah di-root.

(jsn/ash)

Caranya mudah, cukup buka aplikasi Gmail di Android, klik menu Gmail (yang biasanya berupa logo tiga baris garis di pojok kiri atas), dan pilih setting. Kemudian pilih add account. Kemudian masukkan alamat gmail anda yang lain.Tidak hanya account gmail kantor dan pribadi, kita masih bisa menambahkan lagi akun-akun Gmail yang lain.Setelah di tambahkan akun Gmail lain, untuk berpindah akun Gmail cukup klik menu gmail, di bagian paling atas, di sebelah alamat email, akan ada tanda segitiga kecil, yang kalau diklik akan mengeluarkan lagi alamat email lain yang tadi kita masukkan. Tinggal dipilih saja, alamat email yang hendak kita baca atau gunakan.Akun Gmail ini selain hanya untuk menerima dan berkirim email, juga bisa diatur di setiap akun untuk ter-sync dengan data google yang lain, misal alamat, calendar, google playstore, backup foto dan lain-lain.Pada bagian setting di setiap alamat email, kita juga bisa memberi pengaturan berbeda untuk setiap alamat email, misal berapa hari email yang akan di sync, suara email masuk yang berbeda, signature email dan lain-lain.Menu untuk menambahkan akun Gmail (dan akun-akun lain seperti media sosial dan chat) juga bisa ditambahkan via menu setting utama di smartphone, kemudian account, dan dibagian bawah ada menu +add account.Lebih jauh, setelah menggunakan aplikasi Gmail versi 5 yang baru, akun email lain yang bukan berbasis Gmail bisa ditambahkan di satu aplikasi gmail yang sama. Misalnya akun email dari Yahoo, atau email dengan alamat domain lain.Dulu sebelum Gmail versi 5, akun email lain seperti Yahoo harus di add di aplikasi email terpisah, tidak bisa di dalam Gmail. Aplikasi Gmail versi 5 ini minimal harus menggunakan Android OS 4.0 Ice Cream Sandwich, dan bisa di-download atau di update langsung dari playstore. Bila tidak bisa menemukan Gmail versi 5 di PlayStore, APK-nya bisa di-download dariJika kita ingin lebih dari sekadar memisahkan email kantor dan pribadi, seolah-olah memiliki dua smartphone yang berbeda, bisa mencoba membuat profile user yang berbeda dalam sebuah smartphone Android. Dengan dua profil user yang berbeda, kita bisa menentukan aplikasi apa yang diperlukan untuk profil kantor, data, email, dll yang tidak bercampur dengan data dan profil pribadi.Sayangnya fungsi ini baru bisa diaktifkan jika smartphone kita sudah menggunakan OS android 5.0 atau Lollipop. Jika tetap ingin menggunakan metode multi user dalam smartphone android sebelum OS Lollipop, bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Multiple Users yang bisa di-download. Tetapi untuk menggunakan aplikasi ini, device kita harus dalam kondisi sudah di-root.

Karena perang yang sedang terjadi di Ukraina, kami untuk sementara akan menjeda penayangan iklan Google dan YouTube kepada pengguna yang berada di Rusia. Pelajari lebih lanjut.

Jika ingin memperoleh penghasilan di YouTube atau mengklaim bonus Shorts, Anda perlu mengaitkan akun AdSense yang telah disetujui untuk memperoleh penghasilan dan menerima pembayaran.

Penting: Anda hanya boleh memiliki satu akun AdSense dengan nama penerima pembayaran yang sama, sesuai

: Anda hanya boleh memiliki satu akun AdSense dengan nama penerima pembayaran yang sama, sesuai Persyaratan dan Ketentuan AdSense . Akun AdSense hasil duplikasi yang dibuat melalui YouTube tidak akan disetujui, dan monetisasi untuk channel YouTube yang dikaitkan juga akan dinonaktifkan. Saat memulai akun AdSense baru, buat satu akun saja melalui YouTube Studio. Anda tidak dapat melakukannya di situs lain (seperti halaman beranda AdSense).

Membuat dan menautkan akun AdSense

Membuat akun AdSense dan menautkannya ke channel Anda merupakan langkah penting untuk menerima pembayaran di YouTube. Perhatikan bahwa jika Anda sudah tergabung dalam Program Partner YouTube, Anda dapat mengubah akun AdSense yang ditautkan jika perlu. Anda juga dapat memonetisasi lebih dari satu channel YouTube menggunakan akun AdSense yang sama.

 AdSense for YouTube Creators

Dapatkan berita, info, dan tips terbaru di channel YouTube Kreator

bonus Shorts? Jika demikian, periksa

Apakah Anda mencoba mengklaim? Jika demikian, periksa petunjuk AdSense ini yang spesifik untuk bonus Shorts

Anda dapat membuat akun AdSense baru dan menautkannya ke channel:

  1. Login ke YouTube Studio.
  2. Di menu kiri, pilih tab Penghasilan.
  3. Klik MULAI di kartu Daftar ke Google AdSense.
  4. Saat diminta, masukkan sandi akun YouTube Anda dan lakukan autentikasi ulang jika diperlukan.
  5. Pilih Akun Google mana yang ingin Anda gunakan untuk AdSense.
    1. Catatan: jika Anda sudah menggunakan AdSense untuk alasan lain di luar YouTube, login ke Akun Google yang digunakan dengan akun AdSense Anda yang sudah ada.
  6. Anda kini login ke AdSense. Setelah login, verifikasi apakah alamat email Anda sudah benar di bagian atas halaman. Jika alamat email salah, klik Gunakan akun lain untuk mengganti akun.
  7. Lanjutkan penyiapan akun Anda. Berikan info kontak Anda dan kirimkan pendaftaran akun AdSense Anda.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan diarahkan kembali ke YouTube Studio, tempat Anda akan melihat pesan yang memverifikasi tanda terima pendaftaran akun AdSense Anda. AdSense akan memberi tahu Anda melalui email setelah akun disetujui, yang dapat memerlukan waktu hingga beberapa hari. Setelah disetujui, Anda akan melihat konfirmasi dalam YouTube Studio di kartu Daftar ke Google AdSense bahwa akun AdSense Anda sudah disetujui dan aktif.

Jaringan multi-channel (MCN): Jika Anda adalah channel afiliasi yang berpartner dengan MCN, Anda harus menautkan akun AdSense milik Anda ke channel. Mengakses akun AdSense pihak ketiga, bahkan dengan seizin mereka, merupakan pelanggaran terhadap

: Jika Anda adalah channel afiliasi yang berpartner dengan MCN, Anda harus menautkan akun AdSense milik Anda ke channel. Mengakses akun AdSense pihak ketiga, bahkan dengan seizin mereka, merupakan pelanggaran terhadap Persyaratan Layanan AdSense

Saya tidak tahu apakah saya sudah memiliki akun AdSense atau belum

Cari email yang berasal dari “AdSense” atau “[email protected]” di kotak masuk Anda.

Anda hanya boleh memiliki satu akun AdSense dengan nama penerima pembayaran yang sama, sesuai Persyaratan dan Ketentuan AdSense . Jika Anda diketahui memiliki akun duplikat, akun AdSense Anda tidak akan disetujui dan Anda akan diminta untuk menutup akun terkait lainnya.

Saya telah memiliki akun AdSense yang disetujui

  1. Login ke akun YouTube Anda, lalu buka https://studio.youtube.com/channel/UC/monetization
  2. Klik Mulai di kartu “Daftar ke Google AdSense”.
  3. Anda harus memasukkan sandi akun YouTube dan mengautentikasi ulang. Pelajari cara mengautentikasi ulang akun YouTube.
  4. Pilih Akun Google yang ingin digunakan untuk login ke AdSense. Jika Anda sudah menjadi penayang AdSense, Anda harus login dengan Akun Google yang digunakan untuk mengakses akun AdSense yang sudah ada. Akun ini mungkin berbeda dengan kredensial login yang Anda gunakan untuk login ke YouTube.
  5. Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran AdSense. Pastikan bahwa email yang benar berada di bagian atas halaman. Jika akun yang ditampilkan adalah akun yang salah, klik “Gunakan akun lain” untuk mengganti akun.
  6. Klik Setujui Pengaitan.
  7. Anda akan dialihkan kembali ke halaman Penghasilan di YouTube Studio.
  8. Setelah Anda menghubungkan akun AdSense, kami akan menandai langkah ini dengan tanda “Selesai” berwarna hijau di kartu “Daftar ke Google AdSense”.

Menyiapkan AdSense menggunakan akun Pengelola Konten

Jika Anda diberi hak untuk mengelola akun Pengelola Konten , Anda dapat mengaitkan akun AdSense dengan akun tersebut.

  1. Login ke akun Pengelola Konten.
  2. Buka Setelan.
  3. Di bawah bagian Ringkasan, Anda akan melihat AdSense (mungkin Anda perlu men-scroll untuk melihatnya).
  4. Klik Edit.
  5. Klik Lanjutkan ke AdSense.
  6. Anda harus memasukkan sandi akun YouTube dan mengautentikasi ulang. Pelajari cara mengautentikasi ulang akun YouTube.
  7. Pilih Akun Google yang ingin digunakan untuk login ke AdSense. Jika Anda sudah menjadi penayang AdSense, Anda harus login dengan Akun Google yang digunakan untuk mengakses akun AdSense yang sudah ada.
  8. Jika diminta, masukkan sandi untuk akun AdSense Anda. Sandi ini mungkin berbeda dengan kredensial yang Anda gunakan untuk login ke YouTube.
  9. Konfirmasikan channel YouTube yang akan dikaitkan dengan akun AdSense, lalu pilih bahasa utama untuk channel tersebut. Meskipun Anda telah memilih satu channel YouTube untuk melengkapi proses pengaitan akun AdSense, YouTube akan menampilkan iklan di semua channel yang tertaut dengan Pengelola Konten Anda.
  10. Klik Setujui Pengaitan dan tambahkan info penagihan Anda, jika diminta.

Setelah melengkapi proses ini, Anda akan dialihkan kembali ke YouTube. Pelajari lebih lanjut waktu tunggu peninjauan pengajuan AdSense

Masalah umum

Gunakan informasi di bawah untuk memecahkan masalah umum saat mencoba menautkan akun AdSense ke channel Anda.

Saya mencoba membuat akun AdSense baru, tetapi tidak disetujui karena saya sudah memiliki akun

Anda hanya boleh memiliki satu akun AdSense dengan nama penerima pembayaran yang sama, sesuai Persyaratan dan Ketentuan AdSense. Jika Anda diketahui memiliki akun duplikat, akun AdSense Anda yang baru dibuat tidak akan disetujui.

Telusuri kotak masuk email Anda untuk mencari email dari “AdSense” dengan subjek “Anda sudah memiliki akun AdSense”. Pesan ini akan berisi info tentang akun AdSense Anda yang sudah ada. Dengan info ini, Anda memiliki dua pilihan untuk mengatasi masalah tersebut:

Menggunakan akun (lama) yang sudah ada

  1. Login ke YouTube Studio lalu klik Ubah Pengaitan.
  2. Di menu pemilihan akun, pilih Akun Google yang menggunakan akun AdSense (lama) yang sudah ada.
  3. Klik Setujui Pengaitan.

Anda akan dialihkan kembali ke YouTube Studio, dan di sini Anda dapat melihat akun AdSense yang ditautkan ke channel Anda.

Menggunakan akun baru yang baru saja Anda buat

Pertama, Anda harus menutup akun (lama) yang sudah ada

  1. Login ke akun AdSense lama Anda.
  2. Ikuti langkah-langkah di sini untuk menutup akun Anda.

Setelah akun lama ditutup, login ke akun AdSense yang baru untuk mengonfirmasi bahwa Anda telah menutup akun yang lama.

Catatan: Perlu waktu beberapa hari agar akun AdSense baru Anda disetujui dan ditautkan ke channel YouTube Anda.

Masalah terkait Verifikasi Alamat (PIN)

Anda harus menyelesaikan verifikasi alamat (PIN) di AdSense untuk mempertahankan monetisasi channel dan menerima pembayaran.

Jika Anda telah menautkan akun AdSense baru ke channel Anda, kartu verifikasi PIN akan dikirimkan ke alamat rumah/kantor Anda setelah saldo Anda mencapai $10. Kartu verifikasi PIN ini akan menyertakan kode PIN yang akan Anda masukkan di AdSense untuk memverifikasi alamat Anda.

Jika telah menautkan ke akun AdSense yang sudah ada, Anda mungkin perlu menunggu minimal 3 minggu untuk menerima kartu verifikasi PIN yang dikirim melalui pos. Jika Anda belum menerimanya setelah 3 minggu, Anda dapat meminta penggantian kartu verifikasi PIN.

Pastikan alamat yang tersimpan di AdSense cocok dengan alamat yang dikenali oleh kantor pos setempat. Alamat yang benar dapat membantu kantor pos setempat mengirimkan kartu verifikasi Anda. Jika berbeda, Anda harus mengubah alamat pembayaran di akun AdSense Anda agar sama dengan alamat pengiriman.

Jika Anda membutuhkan bantuan terkait verifikasi alamat (PIN), lihat referensi Bantuan ini:

  • Masalah terkait PIN
  • Mengatasi masalah PIN

Apa yang terjadi jika saya tidak memverifikasi alamat saya?

Jika Anda tidak memverifikasi alamat dalam waktu 4 bulan, monetisasi channel Anda akan dijeda. Jeda ini meliputi akses ke fitur seperti:

  • Langganan channel
  • Super Chat, dan lain-lain

Monetisasi akan dilanjutkan setelah Anda memverifikasi alamat.

Masalah lainnya

Saya mendapatkan pesan error “Maaf, ada yang tidak beres” di YouTube Studio

Pesan error ini mungkin muncul saat Anda mencoba melakukan perubahan dengan email yang tidak dikenali oleh YouTube Studio. Untuk memecahkan masalah ini, coba langkah berikut ini:

  • Saat menautkan akun AdSense, YouTube Studio akan meminta Anda untuk menanggapi perintah Verifikasi Diri Anda. Pastikan Anda melakukan verifikasi menggunakan alamat email yang Anda gunakan untuk login ke YouTube.

    Anda kemudian akan diminta untuk memilih Akun Google untuk menggunakan AdSense. Dalam hal ini, Anda dapat memilih alamat email yang berbeda dengan yang Anda gunakan untuk login ke YouTube Studio.
     

  • Jika channel Anda ditautkan ke Akun Bisnis, Anda harus login menggunakan alamat email yang digunakan untuk membuat channel Anda. Jika Anda tidak dapat login menggunakan alamat email tersebut, pulihkan akun Anda dengan mengikuti tips untuk menyelesaikan langkah-langkah pemulihan akun.

AdSense meminta saya untuk mendaftar melalui URL situs

Saat menautkan akun AdSense baru ke channel YouTube Anda, jangan membuat akun AdSense di google.com/adsense atau adsense.com untuk tujuan ini. Jika hal tersebut dilakukan, akun Anda akan ditolak dan monetisasi akan dinonaktifkan untuk channel Anda. Sebagai gantinya, buat akun AdSense langsung dari YouTube Studio.

Error lainnya

Jika Anda mengalami error teknis lainnya yang tidak dijelaskan di halaman ini, coba langkah berikut ini:

  • Tutup semua tab browser.
  • Hapus cache dan cookie browser.
  • Gunakan jendela pribadi atau samaran (untuk memastikan tidak ada Akun Google lain yang login).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *