Berapa lama sekolah paket c

Jakarta (29/09/2017) Masih ada pertanyaan baik dari masyarakat, bahkan pengelola pendidikan kesetaraan “Berapa tahun program Paket C diselesaikan?” Ada yang menduga program pendidikan kesetaraan bisa dipadatkan sehingga bisa diselesaikan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, bahkan jika perlu langsung ikut ujian nasional.

Penjenjangan pendidikan kesetaraan tidak menggunakan kelas, tetapi menggunakan tingkatan atau derajat kompetensi. Adapun tingkatan dan derajat kompetensi pendidikan kesetaraan diatur sebagai berikut:

  • Program Paket A setara SD terdiri dari dua tingkatan, yaitu Tingkatan 1 setara Kelas I-III/derajat kompetensi Awal dan Tingkatan 2 setara Kelas IV-VI/derajat kompetensi Dasar.
  • Program Paket B setara SMP terdiri dari dua tingkatan, yaitu Tingkatan 3 setara Kelas VII-VIII/derajat kompetensi Terampil 1 dan Tingkatan 4 setara Kelas IX/derajat kompetensi Terampil 2.
  • Program Paket C setara SMA terdiri dari dua tingkatan, yaitu Tingkatan 5 setara Kelas X/derajat kompetensi Mahir 1 dan Tingkatan 5 setara Kelas XI-XII/derajat kompetensi Mahir 2.

Berdasarkan Permendiknas Nomor 3 Tahun 2008 tentang Standar Proses Program Paket A, PB dan Paket C, dinyatakan bahwa Program Paket A Tingkatan 1/Awal (Setara Kelas I-III) mempunyai beban   102   SKK   dengan   kegiatan   pembelajaran   yang dilaksanakan minimal 17 SKK per semester. Artinya dapat disimpulkan bahwa lama pembelajaran pada Tingkatan 1 adalah 6 semester, yaitu 102 SKK dibagi 17 SKK sama dengan 6 (enam) semester atau tiga tahun. Program Paket A Tingkatan 2/Dasar (Setara Kelas IV-VI) mempunyai beban   102   SKK   dengan   kegiatan   pembelajaran   yang dilaksanakan minimal 17 SKK per semester. Lama pembelajaran pada Tingkatan 2 adalah enam semester (3 tahun).

Dengan demikian Program Paket A setara SD secara keseluruhan ditempuh selama 6 tahun. Jika peserta didik berasal dari lulusan pendidikan keaksaraan fungsional (SUKMA II) langsung menempuh Tingkatan 2 derajat kompetensi Dasar dengan lama belajar 3 tahun.

Program Paket B Tingkatan 3/Terampil 1 (Setara Kelas VII – VIII) mempunyai beban 68 SKK setara dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan minimal 17 SKK per semester. Artinya dapat disimpulkan bahwa lama pembelajaran pada Tingkatan 3 adalah 4 semester, yaitu dari 68 SKK dibagi 17 SKK sama dengan 4 (empat).  Sedangkan Paket B Tingkatan 4/Terampil 2 (Setara Kelas IX) mempunyai beban 34 SKK setara dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan minimal 17 SKK per semester. Artinya lama pembelajaran pada Tingkatan 4 adalah dua semester.

Di sinilah menjawab pertanyaan berapa lama pembelajaran Paket B dilaksanakan, yaitu enam semester atau tiga tahun. Bukan dua tahun karena hanya terdiri dari dua tingkatan.

Program  Paket  C  (IPA/IPS)  Tingkatan  5/Mahir  1  (Setara  Kelas  X) mempunyai beban 40 SKK setara dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan minimal 20 SKK per semester. Lama pembelajaran pada Tingkatan 5 adalah 2 semester, yaitu dari 40 SKK dibagi 20 SKK sama dengan 2 (empat). Program Paket C (IPA/IPS) Tingkatan 6/Mahir 2 (Setara Kelas XI-XII) mempunyai beban 82 SKK setara dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan minimal 21 SKK per semester. Disimpulkan lama pembelajaran pada Tingkatan 6 adalah empat semester, pembulatan dari pembagian 82 dibagi 21. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Paket C diselesaikan dalam jangka waktu enam semester atau tiga tahun.

Kondisi di atas diasumsikan secara normal, dalam arti dimulai dari awal. Berbeda halnya jika peserta didik putus sekolah yang memiliki dokumen rapor terakhir, tidak harus memulai dari awal tetapi cukup meneruskan semester berikutnya.

Sejatinya pendidikan kesetaraan menganut pola tes penempatan. Tes penempatan ini berbasis pada rekognisi pengalaman masa lampau untuk memberi penghargaan kepada orang dewasa yang sudah lama lulus dari suatu jenjang pendidikan. Misalnya seseorang (dewasa) lulus SMP sudah dua puluh tahun yang lampau, saat ini ingin menempuh Paket C. Yang bersangkutan bisa mengikuti tes penempatan, dan boleh jadi akan langsung ditempatkan pada Tingkatan 6 setara kelas XI atau Tingkatan 6 Setara Kelas XII, tidak harus memulai dari awal. Sudah barang tentu bergantung pada hasil tes penempatan.

Prinsipnya tidak ada percepatan (akselerasi) pada pembelajaran pendidikan kesetaraan. Namun demikian beban belajar menggunakan satuan kredit kompetensi memungkinkan peserta didik menyelesaikan pembelajaran berbasis SKK dengan menggunakan modul. Kecepatan penempuhan SKK bisa saja berbeda antar peserta didik, dan bahkan dapat melampaui lama tempuh normal. Hal ini bisa saja, namun perlu dipersiapkan betul modul yang disusun berdasarkan silabus yang berbasis SKK.

Saat ini sedang disusun dan dikembangkan silabus dan modul pelajaran yang dapat digunakan belajar mandiri dengan penempuhan SKK, dan tentu saja berdasarkan kurikulum 2013. Sebelum kurikulum 2013 bagi pendidikan kesetaraan selesai perangkatnya, saat ini masih menggunakan kurikulum lama berdasarkan Permendiknas nomor 14 Tahun 2007. Kita tunggu saja. [fauziep]

Sekolah kejar paket c Tahun Ajaran 2021-2022


PKBM GLOBAL MANDIRI
KECAMATAN KEMAYORAN KODYA JAKARTA PUSAT
Jl. D BENDUNGAN JAGO No.3A  Jakarta Pusat
Telp.021 4204034 /082125005388 PAKET C IPA (SMA-IPA) PAKET C-IPS       (SMA-IPS)            BERIJAZAH NEGARA 

Tempat pendaftaran RESMI ujian Paket A Paket B Paket C-IPA Paket C-IPS  berijazah Negara untuk seluruh Indonesia dan Luar Negeri.  Ikuti Ujian Persamaan Ujian Kesetaraan berijazah Negara.
Ujian Paket A ( Setara SD ) Ujian Paket B ( Setara SLTP SETARA SMP ) & Ujian Paket C IPA
( SETARA SLTA SETARA SMA SETARA SMU IPA ) & Paket C IPS ( SETARA SLTA SETARA SMA SETARA SMU)MENERIMA PENDAFTARAN :

HOMESCHOOLING SD

HOMESCHOOLING SMP

HOMESCHOOLING SMA IPA / IPS

KEJAR PAKET A SETARA SD

KEJAR PAKET B SETARA SMP

KEJAR PAKET C SETARA SMA

KEJAR PAKET C SETARA SMA IPA / IPSWAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARANPKBM GLOBAL MANDIRI
KECAMATAN KEMAYORAN KODYA JAKARTA PUSAT
Jl. D BENDUNGAN JAGO No.3A  Jakarta Pusat
Telp.021 4204034
(LOKASI DI DEPAN BEKAS BIOSKOP RAHAYU/ DI BELAKANG PASAR KEMAYORANPENDAFTARAN UNTUK SEKOLAH KEJAR PAKET C SAMPAI TANGGAL 30 APRIL 2020DAFTAR SEGERA

DOWNLOAD FORMULIR
ATAU
FORMULIR ONLINE 

TELAH DIBUKA 
PENDAFTARAN KEJAR PAKET C (SMA IPA-IPS), KEJAR PAKET B (SMP) DAN KEJAR PAKET A (SD).  PENDAFTARAN TELAH DIBUKA MULAI SEKARANG SABTU DAN MINGGU BUKA.UNTUK INFORMASI HOMESCHOOLING SILAKAN DI KLIK DI SINI

  • Kejar Paket A adalah program pendidikan pada jalur nonformal setara dengan SD/MI bagi siapapun yang terkendala ke pendidikan formal atau memilih Pendidikan Kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan. Pemegang ijazah Program Paket A memiliki hak eligiblitas yang sama dengan pemegang ijazah SD/MI
  • Kejar Paket B adalah program pendidikan pada jalur nonformal setara dengan SMP/MTs bagi siapapun yang terkendala ke pendidikan formal atau memilih Pendidikan Kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan. Pemegang ijazah Program Paket B memiliki hak eligiblitas yang sama dengan pemegang ijazah SMP/MTs
  • Kejar Paket C adalah program pendidikan pada jalur nonformal setara dengan SMA/MA bagi siapapun yang terkendala ke pendidikan formal atau memilih Pendidikan Kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan. Pemegang ijazah Program Paket C memiliki hak eligiblitas yang sama dengan pemegang ijazah SMA/MA.
  • Pendaftaraan dapat langsung datang ke
  • Pkbm Global mandiri di Jl.D Bendungan Jago No.3A kemayoran Jakarta Pusat (patokannya belakang pasar kemayoran atau depan bekas bioskop rahayu bendungan jago)
  • Kegiatan Belajar Mengajar PAKET A setara SD
    dilaksanakan setiap hari Sabtu & Minggu Di PKBM GLOBAL MANDIRI

 Syarat Untuk mendaftar Paket A ( Setara SD )

–          Mengisi Formulir Pendaftaran yang sudah disediakan .–          Foto Copy Akte lahir 5 lembar
–          Foto copy kartu keluarga 2 lembar

–          Foto copy raport terakhir 2 lembar

–          Menyerahkan Pas foto ukuran 2×3 (3 lembar) , 3×4 (7 lembar) .  ( Berpakaian kemeja putih polos , backgroun warna merah )

–          Membayar Uang Pendaftaran dan pendidikan sesuai ketentuan

–          Usia calon siswa tidak dibatasi  ( usia wajar dikmen – diatas 12 tahun keatas )

–          Juga menerima Siswa Drop Out SD/MI atau Tidak Lulus SD/MI .CARA BAGI SISWA YANG TIDAK DAPAT DATANG SAAT MENDAFTARCara ICetak formulir yang dikirim  kemudian di isi dan di SCAN dan kirimkan ke [email protected]
Scan juga ijazah dan foto dan kirimkan ke [email protected]– Cara II:
Mengirimkan syarat-syarat pendaftaran yang diperlukan melalui TIKI/POS ke   alamat:PKBM GLOBAL MANDIRIJl. D BENDUNGAN JAGO NO.3A RT 07 RW 01 KELURAHAN UTAN PANJANGKECAMATAN  KEMAYORAN JAKARTA PUSAT– Cara III:
Boleh diwakilkan oleh saudara/teman yang ada di Jakarta dengan membawa syarat-syarat pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan di tempat pendaftaran.BELAJAR MANDIRI
Bagi Siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar karena berbagai alasan (berhalangan),  akan diberikan modul atau ringkasan materi pembelajaran serta menandatangani kontrak belajar mandiri.dengan ketentuan mandiri 50%,tutorial 30 % clasikal 20%.

Kejar Paket A   setara SD merupakan  program DEPDIKNAS dalam menyelesaikan masalah pendidikan Non formal ,Bagi pelajar yang mempunyai keterbatasan waktu belajar di pendidikan  formal, putus sekolah, konsentrasi belajar ,Drop Out ,homeschooling dll. Dalam Program Paket A, Siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) diwajibkan untuk terlebih dahulu mengikuti kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).Ijazah dari Paket A ini berpenghargaan sama dengan Ijazah Sekolah Dasar (SD) yang dapat dipergunakan untuk melamar kerja, melanjutkan sekolah ke jenjang Pendidikan SMP ( Sekolah Menengah Pertama ) Negri maupun Swasta.

Kejar Paket B   setara SMP merupakan  program DEPDIKNAS dalam menyelesaikan masalah pendidikan Non formal ,Bagi pelajar yang mempunyai keterbatasan waktu belajar di pendidikan  formal, putus sekolah, konsentrasi belajar ,Drop Out ,homeschooling dll. Dalam Program Paket B, Siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) diwajibkan untuk terlebih dahulu mengikuti kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).Ijazah dari Paket B  ini berpenghargaan sama dengan Ijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dapat dipergunakan untuk melamar kerja, melanjutkan sekolah ke jenjang Pendidikan SLTA ( Sekolah Lanjut Tingkat Atas ) Negri maupun Swasta.

Kejar Paket C   setara SLTA merupakan  program DEPDIKNAS dalam menyelesaikan masalah pendidikan Non formal ,Bagi pelajar yang mempunyai keterbatasan waktu belajar di pendidikan  formal, putus sekolah, konsentrasi belajar ,Drop Out ,homeschooling dll. Dalam Program Paket C, Siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) diwajibkan untuk terlebih dahulu mengikuti kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).Ijazah dari Paket C ini berpenghargaan sama dengan Ijazah Sekolah lanjut tingkat atas (SLTA) yang dapat dipergunakan untuk melamar kerja, melanjutkan sekolah Ke perguruan tinggi Negri maupun Swasta.UNTUK SEKOLAH KEJAR PAKET C MEMPUNYAI 2 PROGRAM / JURUSANIPA DAN IPS

  • Pendaftaraan dapat langsung datang ke
  • Pkbm Global mandiri di Jl.D Bendungan Jago No.3A kemayoran Jakarta Pusat (patokannya belakang pasar kemayoran atau depan bekas bioskop rahayu bendungan jago)
  • Kegiatan Belajar MengajarKEJAR  PAKET C setara SLTA
    dilaksanakan setiap hari Sabtu & Minggu Di PKBM GLOBAL MANDIRI

 Syarat Untuk mendaftar Paket C ( Setara SLTA )

–          Mengisi Formulir Pendaftaran yang sudah disediakan

.–          Foto Copy Ijazah SMP 5 lembar ( 2 di legalisir )
–          Foto copy kartu keluarga 2 lembar

–          Menyerahkan Pas foto ukuran 2×3 (3 lembar) , 3×4 (7 lembar) . ( Berpakaian kemeja putih polos , backgroun warna merah )

–          Foto copy Raport terakhir 2 lembar

–          Membayar Uang Pendaftaran dan pendidikan sesuai ketentuan–          Usia calon siswa tidak dibatasi  ( usia wajar dikmen – diatas 12 tahun keatas )

–          Juga menerima Siswa Drop Out SMA/SMK atau Tidak Lulus SMA/SMK .CARA BAGI SISWA YANG TIDAK DAPAT DATANG SAAT MENDAFTARCara ICetak formulir yang dikirim  kemudian di isi dan di SCAN dan kirimkan ke [email protected]
Scan juga ijazah dan foto dan kirimkan ke [email protected]– Cara II:
Mengirimkan syarat-syarat pendaftaran yang diperlukan melalui TIKI/POS ke   alamat:PKBM GLOBAL MANDIRIJl. D BENDUNGAN JAGO NO.3A RT 07 RW 01 KELURAHAN UTAN PANJANGKECAMATAN  KEMAYORAN JAKARTA PUSAT– Cara III:
Boleh diwakilkan oleh saudara/teman yang ada di Jakarta dengan membawa syarat-syarat pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan di tempat pendaftaran.BELAJAR MANDIRI
Bagi Siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar karena berbagai alasan (berhalangan),  akan diberikan modul atau ringkasan materi pembelajaran serta menandatangani kontrak belajar mandiri.dengan ketentuan mandiri 50%,tutorial 30 % clasikal 20%.PENDAFTARAN SEKOLAH KEJAR PAKET C jakarta,bogor,beksasi,tangerang,bandung,seluruh indonesia dan dari luar negri 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *