Berapa hari kirim paket dari amerika ke indonesia

Kirim Paket dari Amerika ke Indonesia Berapa Hari?

Kirim Paket dari Amerika ke Indonesia – Apakah Anda sudah mengetahui berapa hari kirim paket dari Amerika ke Indonesia menggunakan ekspedisi? Ekspedisi menyediakan layanan kirim barang antarnegara dengan pelayanan yang bervariasi satu sama lain.

Amerika Serikat adalah salah satu negara dengan aturan paling ketat di dunia, termasuk dalam hal perizinan atau kegiatan ekspor impor. Tidak semua jenis barang bisa dengan bebas keluar masuk.

Terdapat beberapa jenis benda terkena batasan impor atau ekspor, umumnya hal ini ditangani oleh US Customs and Border Protection, alias bea cukai Amerika. Oleh karenanya, pengirim perlu menyertakan dokumen lengkap.

Terlebih lagi mengirim barang antarnegara prosesnya tidak seperti kiriman antarkota atau antarpulau. Harus melewati tahapan demi tahapan yang panjang dan rumit, sebaiknya Anda lebih teliti sebelum memutuskan.

Biaya Pengiriman Paket dari Amerika ke Indonesia

Kirim barang dari Amerika ke Indonesia bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung pada penyedia layanan. Setiap penyedia jasa tentu menyediakan tarif juga layanan berbeda, sangat penting untuk bersikap cermat.

Layanan pengiriman paket menuju dalam negeri biasanya sudah mencakup pengurusan bea cukai, meliputi biaya masuk, pph, cukai, hingga ppn. Terkadang diperlukan biaya tambahan juga namun sifatnya opsional tergantung kondisi.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda, gunakan jasa pengiriman door to door, paket akan dijemput di tempat pengirim menuju penerima. Sehingga pelanggan tidak perlu lagi mengantarkan ke kantor cabang penyedia layanan.

Para importir bahkan lebih menyukai sistem door to door ini karena bisa lebih cepat tanpa harus mengurus berbagai proses rumit. Sistem ini tentunya mempunyai kelebihan serta kelemahan dibandingkan sistem lainnya.

Biaya Pengiriman Barang dari Luar Negeri ke Indonesia

Apabila Anda ingin mengetahui secara detail mengenai berapa hari kirim paket dari Amerika ke Indonesia, maka bisa langsung menghubungi call center penyedia jasa. Biaya kirim tergantung pada pilihan jalur pengiriman.

Pada umumnya, ongkos kirim melalui jalur laut relatif lebih terjangkau daripada jalur udara. Apabila menginginkan jalur lebih cepat, maka disarankan menggunakan jalur udara saja dibandingkan jalur lain.

Setiap ekspedisi menetapkan tarif berbeda dalam pelayanannya, tergantung jenis barang, pilihan jalur, ataupun beratnya. Supaya lebih hemat, Anda perlu membandingkan harga satu layanan dengan pihak lain secara teliti.

Terkadang, ada juga ekspedisi yang menawarkan berbagai diskon atau penawaran menarik khusus event tertentu, misalnya hari jadi atau harbolnas. Pastikan Anda sudah menghitung berat paket sebelum diserahkan.

Pengiriman Barang dari Luar Negeri ke Indonesia Berapa Hari

Berapa hari kirim paket dari Amerika ke Indonesia menggunakan ekspedisi sangat bervariasi. Proses pengiriman memakan waktu bervariasi, paling cepat 4 hari, paling lambat bisa sampai 10 hari (transportasi udara).

Sedangkan jika menggunakan transportasi laut, estimasi paket sampai ke alamat tujuan adalah sekitar 8 hingga 12 minggu atau dua setengah bulan. Pengiriman menggunakan moda transportasi laut juga sudah mencakup kepabeanan.

Bagaimana supaya paket cepat sampai ke tujuan tanpa ada masalah sama sekali? Anda perlu memastikan bahwa alamat penerima sudah tertulis secara lengkap dan benar, jangan sampai terlewat, termasuk kode pos.

Pastikan nomor handphone penerima masih aktif, sehingga memudahkan kurir ketika ingin mengantarkan ke alamat tujuan. Jangan lupa tambahkan deskripsi berupa jenis barang, jumlah atau nilai.

Baca Juga : Jasa Import Borongan Mudah

Kenapa Paket dari Luar Negeri Lama?

Salah satu penyebab mengapa proses pengiriman menjadi lebih lama dari estimasi normal adalah karena warehouse mungkin sedang penuh. Sehingga barang terpaksa harus tertunda sampai warehouse lebih lega.

Faktor lain adalah adanya kesalahan, misalnya pengirim tidak menuliskan alamat secara lengkap. Berapa hari kirim paket dari Amerika ke Indonesia akan semakin lama dan menyusahkan kurir dalam mencari alamat tujuan.

Pengiriman Barang Dari Amerika ke Indonesia? Ini Penyedia Jasanya! 7 menit membaca

7 menit membaca

Saat ini perdagangan lintas batas sudah semakin mudah seiring dengan berkembangnya layanan penjualan online. Sehingga memudahkan orang untuk membeli barang dari satu negara untuk dikirim ke negara lain.

daftar penyedia pengiriman barang dari amerika serikat ke indonesia

Pertumbuhan e-commerce per tahunnya diprediksi sekitar 17 hingga 20 persen. Seiring dengan bertambahnya pengguna telepon genggam pintar yang semakin menjadi pilihan utama para generasi milenial untuk berbelanja.

Tren belanja secara online di Indonesia juga semakin meningkat setiap tahunnya. Menurut statistik, di Indonesia sekitar 13 persen rata-rata dari pendapatan per bulan masyarakat digunakan untuk keperluan belanja online.

Perkembangan e-commerce membutuhkan perusahaan jasa pengiriman barang impor dari luar negeri ke Indonesia untuk mempermudah pemesanan dan pengiriman barang yang dijual dari website di luar negeri.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui perusahaan-perusahaan logistik yang bisa melayani pengiriman barang dari luar negeri. Khususnya dari Amerika Serikat ke Indonesia. 

Daftar Perusahaan Logistik Internasional

Beberapa perusahaan logistik internasional sudah memiliki reputasi dan nama baik dalam mengirimkan paket dari luar negeri termasuk dari Amerika ke Indonesia. Berikut beberapa di antaranya.

1. DHL

DHL - Pengiriman Barang Dari Amerika ke Indonesia Ini Penyedia Jasanya

DHL Express Logistics merupakan anak perusahaan Jerman bernama Deutsche Post DHL. DHL memberikan layanan untuk individu hingga bisnis dengan berbagai solusi. Meliputi penyimpanan dan distribusi, bea cukai, asuransi, solusi supply chain, pengiriman, dan industri.

Saat ini, DHL mempekerjakan lebih dari 325.000 orang dan beroperasi di Amerika, Asia Pasifik dan Eropa. Pada 2016, pendapatan perusahaan ini mencapai Euro 57 miliar.

2. UPS

UPS - Pengiriman Barang Dari Amerika ke Indonesia Ini Penyedia Jasanya

UPS Supply Chain Solutions merupakan salah satu perusahaan logistik asal Amerika yang didirikan pada 1907.

Layanan yang diberikan meliputi kontrak logistik, konsultasi, pengiriman dan pengangkutan hingga broker pabean. UPS menghasilkan USD 61 miliar pada tahun 2017, karena pengaruh Amazon dan eBay.

3. FedEx

FedEx - Pengiriman Barang Dari Amerika ke Indonesia Ini Penyedia Jasanya

Federal Express berdiri pada 1971 berkantor pusat di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Memiliki 325.000 karyawan di seluruh dunia, perusahaan ini memberikan layanan antara lain post-delivery, pengiriman kilat, 3PL (Third Party Logistics) dan pengiriman barang.

FedEx terkenal dalam pengiriman sehari semalam dengan sistem pelacakan real-time. Pada tahun 2017, FedEx menghasilkan lebih dari USD 60 miliar.

4. SNCF

SNCF - Pengiriman Barang Dari Amerika ke Indonesia Ini Penyedia Jasanya

The SNCF Group adalah perusahaan kereta api milik Perancis. Perusahaan ini menyediakan berbagai layanan seperti pengangkutan dan pengiriman barang, optimalisasi supply chain, pengiriman ekspres dan kontrak logistik.

5. Kuehne+Nagel

Kuehne+Nagel - Pengiriman Barang Dari Amerika ke Indonesia Ini Penyedia Jasanya

Kuehne+Nagel berdiri pada tahun 1890 di Bremen, Jerman dimana saat ini berkantor pusat di Swiss dan menyediakan solusi supply chain untuk berbagai industri.

Perusahaan ini menyediakan layanan pengiriman barang lewat udara, laut, darat hingga kontrak logistik dan logistik terintegrasi.

Kuehne+Nagel merupakan salah satu perusahaan pengiriman jalur laut terbaik di dunia dengan pertumbuhan hingga dua digit setiap tahunnya.

6. DB Schenker

DB Schenker - Pengiriman Barang Dari Amerika ke Indonesia Ini Penyedia Jasanya

DB Schenker anak perusahaan kereta api Jerman, Deutsche Bahn AC. Grup Schenker memberikan layanan pada industri-industri kompleks seperti minyak dan gas, dirgantara, kelautan, dan lainnya. Perusahaan ini memiliki 95.700 karyawan di 2000 lokasi di seluruh dunia.

7. Nippon Express

Nippon Express - Pengiriman Barang Dari Amerika ke Indonesia Ini Penyedia Jasanya

Nippon Express didirikan pada tahun 1937 dan berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Memperkerjakan lebih dari 33.153 karyawan di Amerika, Eropa, Afrika dan Asia. Perusahaan ini khusus melayani pengangkutan barang-barang berat, instalasi dan konstruksi.

8. C.H. Robinson

C H Robinson - Pengiriman Barang Dari Amerika ke Indonesia Ini Penyedia Jasanya

C.H. Robinson berdiri pada 1905 dan berkantor pusat di Minnesota, Amerika Serikat. Perusahaan ini merupakan penyedia layanan 3PL (Third Party Logistics).

Dengan mitra sebanyak 66.000 penyedia jasa transportasi di seluruh dunia. Termasuk operator pengangkut kendaraan bermotor, kereta api, angkutan udara dan laut.

9. CEVA

CEVA - Pengiriman Barang Dari Amerika ke Indonesia Ini Penyedia Jasanya

CEVA sebelumnya dikenal dengan TNT, berdiri pada tahun 1946 di Australia. CEVA melayani sektor automobile, teknologi, kesehatan, ritel.

Dan energi yang tersebar di 950 lokasi di seluruh dunia. Pada tahun 2017, perusahaan ini berhasil meraup pendapatan sekitar USD 7 miliar.

10. Panalpina

Panalpina - Pengiriman Barang Dari Amerika ke Indonesia Ini Penyedia Jasanya

Panalpina adalah perusahaan logistik asal Swiss yang berdiri pada tahun 1935. Grup Panalpina memiliki 500 kantor di 70 negara dan bermitra di 90 negara tambahan.

Perusahaan ini melayani 9 industri inti. Seperti manufaktur, baju, telekomunikasi, mobil, bahan kimia, konsumsi dan ritel, energi, hi-tech dan perishables (barang yang tidak tahan lama).

Perkembangan tren industri logistik

Logistik secara sederhana dapat diartikan sebagai perpindahan barang dari A ke B untuk tujuan bisnis, dan merupakan bagian krusial dalam supply chain. Karena harus memastikan aliran barang antara titik asal ke titik tujuan berjalan lancar.

Dalam ekonomi modern, istilah logistik tidak hanya mengacu pada perpindahan barang fisik tapi mencakup pengelolaan waktu dan informasi. Sementara itu, pengertian dari perusahaan logistik adalah penyedia layanan penyimpanan dan pengiriman.

Sebagian besar perusahaan logistik, disebut juga perusahaan 3PL (Third Party Logistics) menangani berbagai aspek termasuk manajemen supply chain, pengemasan, pengiriman, bahkan keamanan.

Menurut riset terbaru Transparency Market Research, total valuasi pasar logistik global diperkirakan mencapai USD 15,5 triliun pada 2023 dengan CAGR (Compound Annual Growth Rate atau Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan) sebesar 7,5% dari 2016 hingga 2024.

Meningkatnya perdagangan global di negara-negara berkembang, kemajuan infrastruktur, plus kemajuan teknologi informasi dan transportasi menjadi faktor utama pendorong pertumbuhan pasar logistik global.

Secara geografis, Asia Pasifik merajai pasar logistik global. Karena kontribusi signifikan dari Tiongkok, India, Singapura, Indonesia, Jepang dan Malaysia.

Ketika arus perdagangan internasional mengalir deras dan ekosistem ekonomi modern terus berkembang, penggunaan layanan logistik di berbagai sektor seperti manufaktur, ritel, perdagangan hingga perbankan meningkat secara signifikan.

Faktor yang mempengaruhi sistem jasa pengiriman barang impor di Indonesia

Dalam sistem jasa pengiriman barang impor ada beberapa faktor krusial yang cukup mempengaruhi bagaimana memulai pengiriman barang ke Indonesia dari luar negri yang mudah, murah, dan cepat.

Yang perlu diketahui adalah tidak semua penyedia pengiriman barang yang menguasai pasar lokal seperti TIKI atau JNE dapat dengan mudah menyediakan jasa pengiriman barang dari luar negri ke Indonesia.

Penyedia jasa pengiriman barang dari luar negri ke Indonesia yang cukup diminati. Karena harga yang cukup murah dan juga memiliki kerjasama dengan EMS (Express Mail Service) adalah Pos Indonesia.

EMS merupakan salah satu jasa pengiriman barang internasional yang berada di 190 negara yang ditawarkan oleh penyedia jasa pengiriman barang yang tergabung di Universal Postal Union (UPU) dari seluruh dunia.

Tujuan utamanya untuk mengharmonisasi sistem pengiriman barang internasional di seluruh dunia sesuai dengan standar yang diberikan.

Di Indonesia, hanya Pos Indonesia yang tergabung dalam UPU, maka dari itu, hanya Pos Indonesia yang dapat menyalurkan pengiriman barang EMS dari luar negeri di seluruh Indonesia ataupun sebaliknya.

Akan tetapi, Pos Indonesia tidak menjamin dan membantu pengirim atau penerima barang dalam masalah bea cukai jika timbul dalam proses pengiriman barang.

Biasanya, dibutuhkan waktu sekitar 7-10 hari dari barang tiba di Indonesia sampai ke tujuan di wilayah Jakarta melalui bea cukai jika tanpa ada masalah atau pengecekan yang ketat.

Apabila petugas bea cukai meminta dokumen tertentu atau barang yang anda kirim bermasalah, barang dapat di tahan sampai 14-21 hari kerja.

Beberapa kemungkinan lain nya yaitu barang kiriman dapat di sita ataupun barang di kembalikan ke origin pengirim jika syarat impor dan dokumen impor tidak lengkap.

Faktor cukup krusial lainnya mengenai kendala pengiriman barang ke Indonesia adalah sistem birokrasi pemerintahan Indonesia yang cukup ketat dalam proses bea cukai dan importasi barang ke Indonesia.

Beberapa konsumer belanja online mengeluhkan betapa sulit nya membeli barang dari luar negri yang digunakan untuk kepentingan pribadi (bukan komersil) meskipun hanya dalam jumlah kecil.

Karena banyaknya syarat yang di butuhkan untuk mengimpor barang yang di beli dari luar negeri. Dibandingkan dengan negara-negara tetangga yang mungkin dapat memberikan peraturan yang lebih jelas mengenai syarat dari tiap barang yang di perbolehkan untuk di impor.

Atau dokumen-dokumen yang di butuhkan dalam proses importasi, Indonesia mungkin cukup tertinggal dalam hal ini.

Faktor lainnya adalah pajak barang yang cukup tinggi untuk mengimpor barang ke Indonesia. Meskipun dalam jumlah yang kecil.

Meskipun pemerintah sudah memberikan keringanan untuk paket kiriman dari luar negri hingga USD75, harga barang yang terkena pajak masih cukup tinggi.

Ditambah dengan gabungan dari pajak tambahan yaitu pajak pertambahan nilai, pajak importasi, pajak pendapatan pph21, dan pajak pertambahan nilai barang mewah.

Karena itu, untuk dapat menumbuhkan industri perdagangan di Indonesia, pemerintah perlu menyesuaikan pajak-pajak yang mempengaruhi kemudahan dalam sistem importasi barang ke Indonesia.

Daftar perusahaan logistik yang mampu melakukan pengiriman barang dari Amerika ke Indonesia memang masih dikuasai oleh perusahaan luar negeri. 

Pinjaman Dana Untuk Bisnis Logistik? Ajukan di KTA Permata Bank

Untuk kamu yang ingin berbisnis logistik namun belum memiliki modal usaha yang cukup, kini kamu bisa ajukan pinjaman dengan KTA Permata.

KTA Permata tersedia dengan limit yang beragam. Paling kecilnya ada di nominal Rp5 juta dan nilai terbesar ialah Rp300 juta.

Mengenai tingkat suku bunganya, KTA Permata masih tergolong kompetitif, kurang lebih sekitar 0,88 persen-1,69 persen saja dengan aturan bunga tetap sampai akhir pelunasan kredit.

Lalu menyoal masa tenornya, Permata Bank memberlakukan aturan tenor yang cukup lama untuk produk unggulannya ini, yaitu mulai dari 6 bulan hingga 3 tahun.

Apabila kamu tertarik untuk bisnis logistik dengan KTA Permata, kamu bisa membaca secara detil dulu mengenai besaran biaya-biayanya dan syarat pengajuan dari pinjaman tersebut, di bawah ini.

Besaran biaya-biaya lainnya

  • Biaya provisi: 4% atau minimal Rp150 ribu
  • Biaya pelunasan dipercepat: 7% dari sisa pinjaman
  • Biaya keterlambatan: 5% dari cicilan per bulan atau minimal Rp150 ribu

Syarat Pengajuan KTA Permata

  • WNI dengan minimal usia pengajuan 21-50 tahun
  • Memiliki kartu kredit dengan minimal pemakaian 9 bulan dan limit Rp7 juta
  • Fotokopi e-KTP, NPWP (pengajuan diatas Rp50 juta), dan fotokopi kartu kredit
  • Wajib telepon PT Fix Line
  • Berada di coverage area KTA Permata, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Karawang, Cikarang, Medan, dan Palembang.

Apabila semua persyaratan telah dipenuhi, kamu bisa langsung melakukan pengajuan pinjaman KTA Permata ini lewat CekAja.com. Pengajuan di CekAja jauh lebih praktis karena dilakukan secara online.

Permata Bank Card Snippet

KTA Permata Bank

  • Pinjaman tunai hingga Rp. 300 Juta
  • Suku bunga diterapkan oleh Bank Permata dimulai dari hanya 0,88%

Ajukan Sekarang

Belum lagi, CekAja juga bakal merekomendasikan kamu produk pinjaman lainnya jika pengajuan di Permata Bank tidak sesuai dengan profilmu.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung andalkan CekAja sebagai solusi terbaik untuk membangun bisnis logistikmu.

Pinjaman Dana Tunai Segala Kebutuhan

Pengajuan Online, Proses Cepat, Cicilan Ringan, & Bunga Rendah

Cek Aja di Sini

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *