Arti nama robbi zidni ilman

Jakarta

Doa belajar sebaiknya dibaca saat memulai kegiatan tersebut yang bisa berlangsung online atau tatap muka. Dalam tulisan ini ada tujuh pilihan doa belajar yang bisa dipilih detikers.

Mengawali kegiatan dengan berdoa artinya berharap Allah SWT ridho pada kegiatan yang dilakukan. Selain itu, Allah SWT juga diharapkan ridho pada ilmu yang diperoleh dan bermanfaat bagi sesama.

Bacaan doa belajar dalam Arab, latin, dan artinya

Berikut ada tujuh pilihan doa belajar sesuai sunnah yang bisa dibaca detikers:

1. رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Arab-latin: Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-sholihiin

Artinya: “Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.”

2. رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Arab-latin: Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi’a warzuqni fahma

Artinya: “Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik.”

3. اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Arab-latin: Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni wa zidni ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulli halin.

Artinya: “Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu https://www.detik.com/tag/doa-sebelum-belajar yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.”

4. اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan latin: Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah ‘alainaa bima’rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karuniaMu bagi kami, wahat Dzat yang Maha Pengasih,”

5. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Bacaan latin: Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

6. اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ, وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ, وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ, وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

Bacaan latin: Allahumma innii a’uudzu bika min ‘ilmin laa yanfa’u wa qolbin laa yakhsya’u wa du’aa-in laa yusma’u wa ‘amalin laa yurfa’u

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, doa yang tidak didengar, dan amal yang tidak diterima.”

7. اَللّٰهُمَّ اَلْهِمْنَاعِلْمًانَفْقَهُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَنَوَاهِيَكَ وَارْزُقْنَافَهْمًانَعْلَمُ بِهٖ كَيْفَ نُنَاجِيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَا. اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَافَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَاِلْهَامَ الْمَلاَءِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan latin: Allaahumma alhimnaa ‘ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na’lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Allaahummar zuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhal mursaliina wa ilhaamal malaa ikatil muqarrabiina birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Artinya: “Ya Allah, berilah kami ilham berupa ilmu, yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan-Mu, dan karuniailah kami pemahaman, yang dengannya kami dapat mengetahui bagaimana kami bermunajat kepada-Mu, Wahai Dzat yang Paling Pengasih.

Ya Allah, karuniakanlah kepada kami pemahaman seperti pemahaman para Nabi, daya hapal seperti daya hapal para Rasul, dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, berkat rahmat Engkau, wahai Dzat yang Paling Pengasih di antara para pengasih.”

Detikers tak perlu khawatir jika tak segera hafal bacaan doa belajar. Doa bisa dibaca dengan bahasa yang dipakai sehari-hari, dengan niat yang tulus dan memohon hanya pada Allah SWT.

Berdoa ketika menuntut ilmu merupakan salah satu amalan yang diajarkan Rasulullah SAW. Dengan penjelasan ini semoga detikers tak lagi lupa baca doa belajar ya.

Simak Video “

Doa di Nusa Dua, Luhut Harap Rusia-Ukraina Damai Saat G20


[Gambas:Video 20detik]
(row/nwy)

Robbi zidni Ilman nafian​ berarti “Tuhanku, tambahkanlah ilmu yang bermanfaat”

Penjelasan:

Lafadz “Robbi zidni Ilman” (tanpa nafian) terdapat dalam Al-Quran surat Thaha ayat ke 114. Ibnu Hajar menyebutkan dalam kitab Fathul Baari bahwa ayat ini menunjukkan pentingnya ilmu, sehingga kita perlu berdo’a (dan berusaha) agar mendapat ilmu. Adapun ilmu yang dimaksud disini adalah ilmu syari’at (ilmu agama).

Sementara itu, lafadz “ilman nafian” terdapat pada do’a yang diriwayatkan dari hadist shahih Ibnu Majah yaitu “Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon thoyyibaa wa ‘amalan mutaqobbalaa” yang berarti “Ya Allah, aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyyib dan amalan yang diterima”. Hadist tersebut menunjukkan pentingnya ilmu yang bermanfaat, dimana salah satu makna ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang berujung pada amal shaleh (bukan ilmu yang hanya disimpan di ingatan namun tidak diamalkan).

Pelajari lebih lanjut :

Amal shaleh di lingkungan keluarga : brainly.co.id/tugas/3280615

Detil jawaban :

Kelas          : 1 SMA

Mapel         : Agama Islam

Bab             : Meniti Hidup Dengan Kemuliaan

Kode           : 10.14.6

Kata kunci : ilmu, amal

Doa sebelum belajar lengkap latin dan artinya dilampirkan berikut ini. Robbi Zidni Ilma Warzuqni Fahma adalah doa yang sebaiknya pelajar baca sebelum memulai pembelajaran atau mengaji.

Belajar adalah kewajiban bagi setiap insan, bahkan Islam memerintahkan belajar sejak kecil hingga ajal menjemput.

Dalam rangka supaya para pencari ilmu dalam proses belajar atau mengaji diberi kemudahan dan keberkahan ilmu, maka doa sebelum dan sesudah belajar sangat dianjurkan, misalnya untuk anak TK, anak PAUD, anak SD di sekolah, dan seterusnya.

Doa Sebelum Belajar

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً

رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Latin:

Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla.

Robbi zidni ilma nafi’a warzuqni fahma.

Artinya:

“Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul.”

Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

robbi zidni ilma warzuqni fahma artinya

Doa Setelah Belajar Arab Latin dan Artinya

Usai melakukan proses belajar atau mengaji, para pencari ilmu juga sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah belajar. Berikut doanya:

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tiba’ahu, wa arinal bathila bathilan warzuqnaj tinabahu

Artinya:

“Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Demikian doa belajar dan mengaji. Semoga kita mendapatkan ilmu yang berkah dan manfaat. Amin. Wallahu a’lam. (MZN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *