Apa perbedaan laptop dan komputer

Perbedaan laptop dengan komputer– Apakah kamu masih bingung mau memilih laptop atau komputer kebutuhan sehari-hari? Sudah paham belum tentang perbedaan laptop dengan komputer?

Perbedaan laptop dengan komputer tidak hanya terletak dari fisiknya saja. Tetapi juga dari segi harga, fungsional, hingga cara penggunaannya. Jika kamu bandingkan cara penggunaan laptop dan komputer, sebenarnya lebih mudah laptop.

Tapi tenang, KitaLulus sudah merangkum perbedaan laptop dengan komputer untuk kamu yang masih ragu. Langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

BACA JUGA: Laptop Lemot? Ini 6 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Terbaik 2022

Pengertian Laptop dan Komputer

Pengertian laptop dan komputer

Sebagai generasi yang lahir di tengah-tengah canggihnya teknologi, tentu kamu familiar dengan laptop dan komputer, bukan? Sebagian orang menganggap pengertian laptop dan komputer adalah untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia.

Secara singkat, laptop atau komputer jinjing adalah sebuah komputer pribadi yang memiliki ukuran lebih kecil dan lebih ringan sehingga mudah untuk dipindahkan dan dibawa kemana saja.

Sedangkan komputer adalah sebuah alat teknologi yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang sudah dirumuskan. Perangkat keras ini dibuat memang untuk membantu memudahkan berbagai pekerjaan manusia.

Sampai saat ini, masih banyak perusahaan yang menggunakan komputer untuk membantu menyelesaikan pekerjaan karyawannya. Tetapi mereka juga menyediakan laptop sebagai fasilitas tambahan. Sehingga karyawannya masih bisa bekerja dimanapun mereka berada.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Keyboard Laptop Eksternal & Tips Memilihnya

7 Perbedaan Laptop dengan Komputer yang Harus Kamu Tahu

perbedaan laptop dan komputer dari segi harga

Sejatinya, laptop adalah bentuk minimalis dari komputer yang bisa dibawa kemana-mana. Pada dasarnya, cara kerja dan sistem operasi yang dimiliki kedua alat elektronik ini adalah sama.

Perbedaan laptop dengan komputer yang paling signifikan adalah bentuknya. Komputer memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan laptop.

Nah, untuk kamu yang masih ragu ingin pilih laptop atau komputer, berikut beberapa perbedaan laptop dengan komputer yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu:

1. Mobilitas

Perbedaan laptop dengan komputer yang pertama adalah mobilitas. Laptop memiliki komponen bawaan yang sudah menyatu dengan perangkat kerasnya. Hal ini tentu membuat laptop lebih mudah untuk dibawa kemana-mana dibandingkan komputer.

Sedangkan komputer tidak bisa dibawa kemana-mana. Hal ini karena komputer membutuhkan terminal untuk tetap bisa terhubung dengan perangkat keras pendukung lainnya seperti keyboard, mouse, speaker, dan lain-lain.

2. Power

Perbedaan laptop dengan komputer yang kedua adalah power atau daya. Pada dasarnya, laptop memiliki baterai bawaannya yang bisa diisi ulang dimanapun dan kapanpun. Bahkan bisa tetap digunakan meskipun tidak diarusi listrik.

Lain halnya dengan komputer yang masih membutuhkan arus listrik untuk tetap menyala dan dapat digunakan. Jika dibandingkan cara penggunaan laptop dan komputer dari segi power, tentu laptop lebih unggul.

3. Kecepatan

beda laptop dan komputer dari segi kecepatan

Kecepatan menjadi perbedaan laptop dengan komputer selanjutnya. Jika kamu mencari yang memiliki kecepatan dan bisa bekerja dengan program software yang berat, maka sebaiknya kamu memilih laptop.

Bandingkan cara penggunaan laptop dan komputer untuk penggunaan game dan produksi video, komputer jauh lebih unggul dari laptop. Sebenarnya, laptop juga bisa digunakan untuk bermain game atau produksi video. Hanya saja tidak terlalu cepat dan sewaktu-waktu bisa lemot.

4. Spesifikasi

Jika kita berbicara mengenai perbedaan laptop dengan komputer, maka spesifikasi tidak boleh lewat. Pada umumnya, spesifikasi laptop lebih rendah dibandingkan komputer.

Hal ini bisa dilihat dari kecepatan, ruang penyimpanan, ukuran, hingga portabilitas. Jika kamu ingin mencari laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, maka kamu harus bersiap merogoh kocek yang tidak sedikit.

5. Ukuran Layar

Perbedaan laptop dengan komputer berikutnya terletak pada ukuran layar. Umumnya, komputer memiliki layar monitor yang lebih besar dibandingkan laptop. Jika kamu memilih laptop dengan layar yang besar, maka kamu juga harus bersiap dengan membawa beban yang lebih berat.

6. Ruang Penyimpanan

Satu lagi perbedaan laptop dengan komputer adalah ruang penyimpanan. Jika kamu menginginkan ruang penyimpanan untuk data dan memori lainnya yang lebih besar, maka kamu bisa memilih komputer.

Sedangkan laptop memiliki ruang penyimpanan yang tidak begitu banyak. Jika ingin lebih banyak, kamu bisa membeli drive tambahan sebagai ruang penyimpanan eksternal. Jika bandingkan cara penggunaan laptop dan komputer dari segi ruang penyimpanan, maka komputer lebih unggul.

7. Harga

Perbedaan laptop dan komputer yang terakhir adalah dari segi harga. Faktanya, rata-rata harga komputer lebih mahal dibanding laptop. Akan tetapi, harga laptop juga bisa menyamai atau bahkan lebih tinggi dari komputer jika spesifikasinya sangat tinggi.

Jika kamu bekerja di bidang non-teknologi atau tidak butuh instal aplikasi berat, bekerja dengan laptop seharga Rp3 juta – Rp7 juta sudah cukup kok. 

Itulah penjelasan terkait perbedaan laptop dengan komputer. Kamu bisa bandingkan cara penggunaan laptop dan komputer tergantung pada kebutuhan kamu. Jika kamu ingin yang mudah dibawa kemana-mana, maka laptop adalah jawabannya. Namun jika kamu menginginkan yang memiliki spesifikasi tinggi, maka komputer adalah pilihannya.

Nah, kalau kamu mau mencari kerja di KitaLulus, kamu bisa membukanya lewat ponsel, laptop, atau komputer, lho. Di KitaLulus kamu bisa mencari banyak pekerjaan yang sudah tersebar di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Kalau dari ponsel, kamu tinggal download aplikasi KitaLulus di Play Store dengan gratis. Lengkapi profil kamu dan lamar banyak pekerjaan yang tersedia. Bersama KitaLulus, melamar pekerjaan menjadi #LebihMudah karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

perbedaan laptop dengan komputerGambar oleh StartupStockPhotos dari Pixabay

Apa sih perbedaan laptop dengan komputer atau PC? – Sebagian besar dari kamu pasti pernah menggunakan komputer. Komputer pada dasarnya digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Tetapi dengan perkembangan teknologi, komputer tidak hanya berfungsi untuk mengolah data.

Sekarang komputer mempunyai banyak fitur. Komputer saat ini dapat digunakan untuk menghitung, membuat sebuah karya, bermain game, berseluncur di internet, bahkan dapat melakukan rapat secara online.

Perbedaan Laptop dan Komputer

Setelah berbagai inovasi, terdapat komputer yang lebih kecil, ringan, bisa dibawa kemana-mana, tetapi performa tidak kalah dengan yang terdahulu. Lalu apa perbedaan laptop dengan komputer atau PC?

Pertama, Penggunaan atau Mobilitas

Komputer (Desktop) berukuran besar, berat, dan mempunyai banyak alat tambahan. Sedangkan laptop berukuran lebih kecil dan ringan. Komputer desktop lebih cocok digunakan oleh pekerja kantoran atau orang yang bekerja di satu tempat saja.

Jika kamu memerlukan sebuah komputer yang praktis dan bisa dibawa kemana-mana, laptop adalah jawabannya. Laptop lebih cocok untuk pekerja yang terjun langsun ke lapangan, dan pekerja lepas yang tidak betah bekerja di satu tempat.

Performa Mesin

perbedaan laptop dengan komputerGambar oleh Remaztered Studio dari Pixabay

Jika membicarakan tentang performa dan kecepatan mesin, komputer banyak dipilih. Casing PC yang besar mampu dimasukkan alat-alat yang dapat menambah performa komputer. Maka dari itu, banyak orang yang memilih komputer jika digunakan untuk aplikasi berat, meskipun sekarang banyak laptop yang sudah menyamai performa komputer desktop.

Kapasitas Penyimpanan

Perbedaan yang ketiga adalah kapasitas penyimpanan. Komputer desktop memiliki banyak ruang untuk memasukkan hardisk maupun SSD sehingga kapasitas penyimpanannya besar. Sedangkan laptop mempunyai ruang yang terbatas, sehingga hanya dapat menggunakan maksimal 2 penyimpanan saja.

Dan itulah perbedaan laptop dengan komputer atau PC

Semua kembali ke kebutuhan kamu, jika kamu butuh performa terbaik dan tidak akan dibawa kemana-mana, pilih komputer desktop. Sekarang banyak pilihan spesifikasi komputer. Jika kamu ingin membawa pekerjaanmu kemana saja, pilih laptop dengan performa yang cukup tinggi.

Kepo in program kursus Alfabank di sini.

Bagikan :

Berikut adalah perbedaan yang berada pada komputer dan laptop.

Persamaan

  1. Laptop dan komputer sama-sama membutuhkan tenaga listrik.
  2. Laptop dan komputer sama-sama memiliki perangkat keras yang berada didalamnya.
  3. Laptop dan komputer sama-sama memiliki kemampuan untuk menjalankan perangkat lunak.
  4. Laptop dan komputer  sama-sama membutuhkan brainware untuk melakukan operasi
  5. Laptop dan komputer sama-sama mampu untuk mengakses internet

Perbedaan

  1. Laptop hanya mampu untuk mengubah beberapa komponen yang berada didalamnya. Sedangkan komputer mampu untuk mengubah semua komponen yang berada didalamnya.
  2. Laptop dapat digunakan dimana saja. Sedangkan komputer harus berdiam ditempat.
  3. Laptop memiliki baterai sehingga tidak harus selalu terhubung dengan aliran listrik. Sedangkan komputer tidak memiliki kemampuan tersebut.
  4. Laptop memiliki daya yang lebih rendah. Sedangkan komputer dengan spesifikasi besar membutuhkan daya yang lebih tinggi.
  5. Laptop memiliki semua komponen untuk menjalankan perangkat. Sedangkan komputer membutuhkan komponen lainnya seperti mouse dan keyboard untuk melakukan operasi.

Pembahasan

Pengertian komputer adalah sebauh perangkat yang terbetnuk dari berbagai macam komponen yang akan saling untuk bekerja sama dan melakukan sebuah pekerjaan dengan sangatlah rapih dan teliti.

Pengertian laptop adalah sebuah komputer yang dapat dibawa pergi kemanapun.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  perbedaan laptop aple dengan laptop yg lainnya apa? brainly.co.id/tugas/12112585

2. Materi tentang  produsen laptop merakit x laptop dalam setahun. Jumlah laptopnya tidak lebih dari 60.000. Ketidaksamaan yg mewakili jumlah laptop yg dirakit dalam sebulan ini? brainly.co.id/tugas/228021

3. Materi tentang  bagaimana cara bikin twitter dilaptop yang sama padahal laptop itu sudah ada twitternya? brainly.co.id/tugas/1753146

—————————–

Detil jawaban

Kelas:  7

Mapel:  TIK

Bab:  Bab 2 – Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kode:  7.11.2

#AyoBelajar

[jawaban]

Mata Pelajaran: Teknologi Informasi
Kata kunci: PC, Laptop

• Jawaban pendek:

Apa perbedaan komputer pc dengan laptop?

PC  atau sering kali di sebut dengan komputer pribadi merupakan kumpulan dari seperangkat alat elektronik yang terpisah pisah  yang di gabung menjadi satu kesatuan  dalam sebuah perakitan. sehingga memerlukan tempat yang lebih luas untuk penempatannya. Sedangakan Laptop adalah 

computer yang didesain khusus dengan ukuran yang rigkas, praktis dan tentunya mudah untuk dibawa kemana-mana.

• Penjelasan:

PC
PC atau yang merupakan kepanjangan dari Personal Computer  biasa kita jumpai di perumahan-perumahan, perusahaan, sekolah dll. Kelebihan dari PC ini adalah mampu mengerjakan tugas-tugas berat seperti editing video, desain grafis, gaming dll. Catatan tambahan dalam pengerjaan tugas-tugas berat diatas PC anda harus berspek tinggi. Jika spek untuk PC yang anda gunakan rendah jelas dipastikan tidak dapat mengerjakan tugas-tugas berat seperti yang On Teknologi simpulkan tadi. Terus untuk kelebihan lain PC dapat di upgrade untuk spek hardwarenya seperti penambahan kartus grafis atau yang biasa disebut VGA card, upgrade memory dan sebagainya. Untuk kelemahanya, sudah bisa dipastikan bahwa PC kurang praktis untuk dibawa kemana-mana. 

Laptop 
Laptop merupakan computer yang didesain khusus dengan ukuran yang rigkas, praktis dan tentunya mudah untuk dibawa kemana-mana. Laptop juga bisa mengerjakan tugas-tugas berat seperti layaknya PC. Laptop sendiri diambil dari kata Lap of Tap

, yang memiliki pengertian dipakai sambil dipangku di atas paha. Laptop jaman sekarang sudah lebih modern, dapat kita jelaskan seperti adanya tambahan hardware-hardware seperti Webcam, Wifi, bluetooth, SD card. Untuk ukuran laptop yang biasa kita jumpai mulai dari 13,3 inch-15 inch.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *